Masalah “Late Pick Up” dari Kurir di Shopee

Dear Pihak Shopee dan partner,

Selaku konsumen yang cukup sering transaksi, saya merasa tidak puas dengan pelayanan kalian. Kali ini saya ingin menceritakan masalah late pick up dari ID Express. Di mana proses pick up yang sudah diset melalui aplikasi Shopee namun tak kunjung datang. Malahan terdapat historical “Gagal pick up” tanpa reason yang jelas (gambar terlampir).

Kronologinya saya sebagai seller menerima pesanan yang mana memang membutuhkan waktu yang cukup cepat (minimal sesuai schedule/SLA). Melalui aplikasi saya tidak bisa menentukan expedisi apa yang akan digunakan untuk proses pengirimannya (dalam kasus ini buyer memilih reguler). Paket saya set untuk proses pick up di tanggal 26 Juni pkl 18:00-23:00 dan ekspedisi yang bertugas untuk pick hp adalah expedisi ID Express.

Okelah saya tunggu proses pick up-nya sesuai schedule. Namun hingga jam 10 kurir tak kunjung datang untuk pick up. Saya agak curiga saat itu, lalu saya coba cek di aplikasi dan ada keterangan gagal pick up. Di sini saya merasa ditipu, kenapa? karena sama sekali tidak ada kejelasan gagalnya kenapa dan tidak ada satupun kurir yang menghubungi untuk pick up.

Dari situ saya komplain ke Shopee di Layanan Platinum pkl 22:24. Terhubung dengan CS Higa dimana menginfokan akan ditindaklanjuti dan dimaksimalkan sesuai schedule. Namun apalah itu proses tindak lanjutnya, sampai dengan saya menulis surat ini tidak kunjung ada proses pick up.

Sudah dihubungi juga by call (Leader Habibi), infonya tidak bisa pick up sesuai schedule dimana saya sudah berikan kelonggaran untuk menunggu hingga pkl 12 malam. Solusi yang diberikan sangat merugikan saya dimana saya yang disini sudah dirugikan waktu menunggu proses pick up, malah disarankan untuk drop off.

Saya sebagai pengguna yang mana sudah dalam status Platinum juga merasa layanannya sama aja mau status biasa ataupun platinum. Tidak ada bedanya.

Beberapa experience saya juga sangat mengecewakan di Shopee. Mulai dari proses pick up/lost item karena late pick up (sudah di cancel namun barang masih di pick up)/Proses pencairan uang hasil jualan yang mana sudah dikonfirmasi namun belum masuk ke saldo.

Saya ingin pihak Shopee menganggap serius komplain saya ini dan juga beberapa pihak lainnya yang bertanggungjawab atas keluhan saya teraebut.

Doni Wibowo
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:17    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Masalah “Late Pick Up” dari Kurir di Shopee

    • 29 Juni 2022 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Betul mas bro
      Id ekspress sekarang cari counternya aja susah request pick up gak ada yg ambil sampai paket cancel otomatis

  • 27 Juni 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Kalau buyer minta cepat ya drop off aja kali. Minta pickup kendalanya banyak. Kurir overload atau sdh lewat jam kerja. Usaha dikit napa kan namanya juga buka usaha. dengan memberikan service lebih ketimbamg mengharapkan service. Sy sbagai seller lebih suka drop off ketimbang pickup yg bisa2 dijemput keesokan harinya

    8
    3
    • 28 Juni 2022 - (01:52 WIB)
      Permalink

      Saya pernah pesanan sampai 7 hari kurirnya ga respon pake sicepat. Saya komplain tuh.
      Kebangetan kalo sampe lebuh dr 3 hari ga di pick up

    • 29 Juni 2022 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Coba tanya sama yg buat surat lokasi dimana
      Di Jakarta aj cari agen id ekspress jauh2 lokasinya
      Dan request pick up bukan saat promosi gak di pickup sampai paket cancel otomatis

    • 29 Juni 2022 - (09:50 WIB)
      Permalink

      Ini ud biasa lah, kalo lg overload yah pasti bisa gagal pickup. Kalo emg buyer butuh cepat kenapa ambil pengiriman reguler yah. Disini kt jg musti ngertiin posisi pihak ekspedisi ga cuman ngelayanin kita seorang. Masih byk orderan yg perlu di pickup ngejar deadline untuk pengiriman prioritas next day dsb.

      2
      1
  • 28 Juni 2022 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Pick up itu fitur dari kurir expedisi dan sudah ada SOP sama Shopee, pasti juga shopee sudah melihat proposal setiap expedisi bagaimana untuk rekanan.

    Nah itu masih enak, saya pembeli di Tokopedia, kurir lama amat pick up dan selalu di luar estimasi sampai dan CS Tokopedia sangat lemot dalam laporan pembeli yang melaporkan barang di luar estimasi. Dan masih saja di pakai Tokopedia kurir espedisi yang itu itu aja.

    Kalau Shopee, pembeli memang ditinggikan, cuma banyak juga penjual nakal, saya dinakalin terus sama penjual di shopee…

    Maksud saya, itu kurir ID Express dimatikan aja di pengaturan kurir.

    3
    1
  • 28 Juni 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Kalo gw pribadi seh drop..ga pernah pick up..kaga jelas..ya namanya nya usaha,,cape wajar..ada hasil dari usaha kita

  • 28 Juni 2022 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Nonaktifkan saja ekspedisi ID EXPRESS nya apalagi gajelas tempat ekspedisi nya dimana. Gagal pickup mungkin karena emang ga ada kurir nya, sediakan ekspedisi yang sudah besar dan banyak aja biar ga ribet.

  • 28 Juni 2022 - (16:23 WIB)
    Permalink

    kalo aku sih semua ID Express, SiCepat, J&T, SPS, semuanya klik Antercounter. tinggal chat kurir minta di jemput. ada yg bayar, ada yg gratis. yah tergantung dari kurirnya juga.

  • 28 Juni 2022 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Seharunya anter ke counter pak kalo urgent.. soalnya kalo minta pick up kadang kurirnya yang gak bisa (alesanya macam” libur laah sudah d luar jam kerja lah dll) mending ekspedisi yang gini d patiin aja pilihannya ambil yng jnt JNE si cepat yang jelas dan banyak outlet untuk drop up

      • 29 Juni 2022 - (21:08 WIB)
        Permalink

        Ahhh sudahlah masih banyak yang lebih penting yang harus di tangani oleh pihak shopee ataupun pihak ekspedisi dari pada menanggapi komplenan anda 🤣🤣
        Gak penting ngeluh kayak gitu
        Sekira pihak ID lambat pikup ya udahlah matikan aja ekspedisi nya ,sekira mau cepat antar sendiri aja ke konter

      • 4 Juli 2022 - (00:50 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf ni sebelumnya ya pak. Jangan selalu menyalahkan kurir expedisi karna telat pickup. Atau e-commerce. Anda merequest pickup sore. Dan Anda bilang di beri kelonggaran sampe jam 12 malam untuk di pickup.. Sepertinya Anda kurang minum aqua nih.. Makanya pak sekali sekali maen ke gerai ekpedisi Anda untuk melihat proses mereka bekerja dan seberapa banyak paket yang ada. Mulai si kurir datang bawa paket, di proses, di manifest, di sortir. Di buat gabungan paket per wilayah. Kalo ngurusin pickup terus sampe malam lah kapan paketnya mau jalan… Yang ada telat berangkat malah di komplen sama seller dan pembeli.. Apalagi jakarta yang notabene kota macet parah. Jangan manja dikit dikit marah dikit dikit complen. Kecuali Anda request pickup sejak pagi sampai sore belum ada yg datang, wajar Anda komplen..

  • 28 Juni 2022 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Puji Syukur saya pakai ID Ekspress semua aman lancar jaya. Saya juga seller yang dulu pernah kerja di expedisi, kalau mau aman ya memang drop off.
    Kalau ada rejeki lebih berbagi sedikit dengan kurir entah itu makanan atau minuman, kalau hari raya meski entah apa rupanya kurir saya juga saya kasih sesuatu meskipun bukan sesuatu yang mahal atau istimewa.
    Karena saya sangat sadar para kurir ini sangat membantu usaha kita, dan alhamdulillah semua kurir yang ambil paket ke saya semuanya tidak ada kendala, bahkan meskipun cuma 1 paket itu akan dipick up oleh mereka.
    Seller senang, kurir happy dan buyer pun bahagia..

  • 28 Juni 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    kalau pilih pengiriman reguler atau trucking pilih pickup seharusnya anda antar sendiri di layanan drop point expedisi terdekat dari toko anda bukan kurir yang ngambil paketnya ke toko anda , kalau pilih counter langsung kirim ke pusat expedisinya kecuali kurir instan gosend atau grab kurir yang datang ke toko anda, anda gagal paham, ngopi dulu biar paham

    1
    3
  • 29 Juni 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Klo ada option drop off mending drop off aza sih…biar g bikin pusing..kecuali kita udh punya kurir langganan.. bisa pake pickup.. tinggal kontak aza kurirnya..

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Masalah “Late Pick Up” dari Kurir di Shopee

oleh Wibowo dibaca dalam: 1 menit
17