Sudah 5 Hari, Belum Ada Kejelasan dari AnterAja

Selamat pagi,

Saya sebagai penjual dari toko My Gadget Indonesia di aplikasi Tokopedia. Pada tanggal 3 Agustus lalu, saya ada pesanan Samsung Galaxy S22 Ultra 512 GB, saya pun langsung proses dan mengirimkannya lewat ekspedisi Anteraja pada hari yang sama.

Namun hingga hari ini, Senin (8/8/2022) pukul 06.05 WIB, status pengiriman masih belum ada update. Update terakhir masih pada hari Kamis (4/8/2022) pukul 05.10 WIB dengan keterangan “Parcel menuju ke hub Jakarta Timur (proses transit).

Kendala ini sudah masuk Pusat Resolusi Tokopedia. Mohon dibantu untuk kejelasan barang saya ini bagaimana? Karena ini sudah lewat estimasi pengiriman, yakni seharusnya barang tersebut paling lambat diterima oleh pembeli, kemarin Minggu (7/8/2022) pukul 23.59.

Doa dan harapan saya barang tersebut segera sampai dan tidak hilang, karena sejak tanggal 6 Agustus 2022, saya sudah mengajukan komplain untuk mempertanyakan update pergerakan paket saya, jawaban dar CS Anteraja selalu disuruh menunggu karena masih dalam estimasi pengiriman.

Setelah lewat estimasi pengiriman, saya masih disuruh menunggu 3 x 24 jam lagi untuk investigasi, sungguh sangat mengecewakan.

Bukti dm / chat dari CS Anter Aja lewat Twitter
Bukti dm / chat dari CS Anter Aja lewat Twitter

Sebagai UMKM kecil yang bergerak di bidang hp dan gadget, sungguh sangat merugikan kami, khususnya dalam hal waktu dan cashflow kami, mohon perhatian dari pihak Tokopedia dan Anteraja.

Karena kalau sampai barang tersebut hilang. Saya pun harus kembali menunggu proses klaim asuransi dari Tokopedia, karena semua barang, saya wajibkan diasuransikan. Mohon tanggapan Tokopedia dan Anteraja. Terima kasih.

Andy Yuwono
Kota Mojokerto, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:11    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Andy Yuwono

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Andy Yuwono yang berjudul: “Sudah 5 Hari, Belum Ada Kejelasan dari AnterAja” di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Sudah 5 Hari, Belum Ada Kejelasan dari AnterAja

  • 8 Agustus 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Kalau sampai hilang penjual tidak perlu menunggu asuransi, uang penjualan akan langsung diteruskan ke saldo penjual, yang menunggu asuransi adalah pembeli. Saya adalah pembeli sudah 3x barang hilang dalam 2 bulan pakai ekspedisi ini, dan hilangnya semua di hub jakarta timur. Yang 2 sudah cair klaimnya, yang 1 masih proses klaim.
    Pembeli tidak bisa pilih ekspedisi kalau pakai gratis ongkir, kalau lagi apes hilang tinggal klaim asuransi, cuma mesti sabar.

    • 9 Agustus 2022 - (02:22 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas pencerhannya ya. Ini di Tokopedia ya? Jadi uangnya langsung diteruskan ke penjual kalau sudah ada konfirmasi dari Anter Aja bahwa barang itu hilang. Konsumen pun dapat ganti setelah proses klaim ya?

      • 9 Agustus 2022 - (03:49 WIB)
        Permalink

        Ya tokopedia, kl sudah ada konfirmasi hilang seller disuruh upload ktp buat klaim. Setelah itu transaksi dianggap selesai dana diteruskan ke saldo penjual dan pembeli menunggu dana dari asuransi.
        Konfirmasi hilang menunggu 5 hari kerja sejak pengajuan komplain di tokopedia (bukan komplain di anteraja), jika pihak anteraja tidak ada kabar otomatis dianggal hilang. Jadi ditunggu saja prosesnya.

      • 12 Agustus 2022 - (03:23 WIB)
        Permalink

        Benar Gan, kalau kami sebagai seller. Apa kata buyernya karena yang memilih buyer

    • 12 Agustus 2022 - (02:21 WIB)
      Permalink

      Aneh juga… Saya juga 2x hilang di anteraja hub jaktim, status diam tidak berubah.
      Yang pertama saya pakai debit online, proses refund seperti pakai kartu kredit, total waktu sebulan atau lebih, harus follow up terus.

      Yang sekarang untungnya pakai transfer rekening, biasanya refund jauh lebih cepat karena langsung masuk ke saldo refund, tapi saya belum komplain karena baru telat sehari.

      Ini tips untuk pembeli yang beli barang di Tokopedia dan barangnya hilang oleh Anteraja: Langsung komplain di Tokopedia Care saja, nggak usah buang waktu nanya barang ke pihak Anteraja karena akan di suruh nunggu 3x24jam, setelah itu di suruh nunggu lagi, lagi, dan lagi tanpa ada ujungnya.

      Biar tim Tokopedia Care saja yang kontak pihak Anteraja. Kalau dalam 3x24jam pihak anteraja tidak bisa memberikan kepastian di mana barang kita, Tokopedia langsung menyatakan bahwa barang itu hilang, dan uang di refund.

      Kalau untuk seller lebih cepat sih prosesnya, saat Tokopedia menyatakan bahwa barang itu hilang, uang langsung dibalikan ke seller, tapi kalau buyer harus follow up terus.

      Aman kalau Tokopedia, pada akhirnya, seller dan buyer akan mendapatkan kembali uangnya.

  • 9 Agustus 2022 - (02:31 WIB)
    Permalink

    Mohon kejelasan dan tanggapan dari pihak Tokopedia dan Anteraja atas status barang saya.

  • 9 Agustus 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Barang mahal berani pakai anteraja, lihat keluhan anteraja di MK rata2 paket hilang kalau pakai jasa anteraja.

    • 9 Agustus 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Siap Gan, terima kasih buat masukannya. Karena yang memilih dari customer / pembeli.

      • 13 Agustus 2022 - (06:49 WIB)
        Permalink

        Untuk seller marketplace, sebaiknya non-aktifkan dulu jasa kirim entaraja. Saya lihat lagi banyak masalah. Apalagi kalau jualannya barang mahal.

        Memang jasa kirim buyer yang pilih, tapi kan pilihannya ada di tangan seller.

    • 11 Agustus 2022 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Kalo lagi ada program free ongkir tgl 9-12 & tgl 25 di Tokopedia, ekspedisi otomatis Tokopedia yang pilihin. Ga ada opsi buat ngganti ekspedisi. Kecuali ga pake free ongkir itu bisa bebas milih ekspedisi. Saya pelanggan Tokopedia. Dan saya jujur lebih seneng pake Si Cepat. Biasanya kalo pas lagi free ongkir, saya coba check out dulu pake metode pembayaran virtual account. Nah nanti diklik detail pesanan, disitu tertera ekspedisi otomatis yang dipilihkan Tokopedia. Kalo ekspedisinya bukan Si Cepat saya cancel orderannya dan nyoba cari toko lain. Itu satu2nya cara buat buyer biar tau ekspedisi apa yang otomatis dipilihkan oleh Tokopedia.

  • 9 Agustus 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Dah, kalem aja. Tokopedia loh.. marketplace oranye mah bisa-bisa kena stroke kalau jual barang mahal terus hilang

    • 9 Agustus 2022 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Siap Gan, terima kasih buat masukannya. Karena yang memilih dari customer / pembeli.

  • 10 Agustus 2022 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Kalo saya sebagai konsumen olshop, begitu tahu pesanan saya dikirim pakai anter aja, saya langsung menghela nafas. Pasti lambat saya terima. Yah mungkin sesuai namanya. Yang penting “anter aja” masalah sampainya kapan bukan urusan.

  • 10 Agustus 2022 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Pengiriman jakarta selatan – sukabumi dari tanggal 4 Agustus 2022 sampai sekarang tanggal 10 Agustus 2022. Belum nyampe juga.
    status masih di Jaktim.

    Sudah 5 hari barang baru pindah dari jaksel ke jaktim, ini parah.

    Mulai dari kasus ini, saya udah ga mau lagi pakai layanan jasa ekspedisi ini.
    Mending bayar mahal dikit tapi ga lemot.

  • 12 Agustus 2022 - (03:26 WIB)
    Permalink

    Terus viralkan Guys, supaya ada perbaikan dari Tokopedia dan Anter Aja

  • 12 Agustus 2022 - (03:27 WIB)
    Permalink

    Meski barang sudah sampai, namun tidak ada tanggapan dari Tokopedia dan Anter Aja

  • 14 Agustus 2022 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Parah, asli anter aja aku dah emosi di tokped kerjasama sama jasa lelet, tidak kompeten, sampe skarang paket ku gk sampe” Masih stack di wilayah itu aja kurirnya gk ada, di chat csnya gk dijawab, mau kasar” Aja

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Sudah 5 Hari, Belum Ada Kejelasan dari AnterAja

oleh Andy Yuwono dibaca dalam: 1 menit
29