Surat Pembaca

Paket Kiriman Diterima oleh Orang yang Tidak Saya Kenal

Semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan sebuah komplain atas 2 kiriman transaksi via marketplace Shopee, menggunakan jasa pengiriman SiCepat, yang statusnya sudah diterima oleh orang yang tidak saya kenali.

Nomor resi pengiriman: 004066429797 dan 004066429797, keterangannya sudah diterima oleh Ayu sebagai resepsionis. Saya sangat menyayangkan kejadian ini karena salah satu isi kiriman merupakan kemeja yang akan saya gunakan pada acara pre-wedding hari ini dan belum saya terima juga. Tidak ada konfirmasi sama sekali dari kurir saat mengantar kiriman dan saya terkejut ketika kedua kiriman statusnya sudah diterima.

Saya menghubungi layanan call center SiCepat pada hari ini (7 Agustus 2022) pukul 12:30 dan terhubung dengan CS SiCepat atas nama Irma dan sudah disampaikan untuk dicek dan diinvestigasi oleh petugas lapangan. CS SiCepat menyampaikan bahwa permintaan saya agar dihubungi kembali untuk update-nya sudah diteruskan ke tim CS SiCepat, tetapi sampai pukul 3 sore tidak ada konfirmasi apa pun dari CS SiCepat untuk update laporan ini.

Sangat disayangkan atas kualitas pelayanan CS SiCepat yang sangat mengecewakan dan tidak bisa memenuhi permintaan customer untuk menerima update kiriman yang sudah menjadi haknya.

Akhirnya saya menghubungi kembali sore harinya pukul 16:21 dan terhubung dengan CS SiCepat atas nama Dimas. Dimas sampaikan sudah dikoordinasikan ke tim SiCepat Pancoran untuk pengecekan ke alamat saya dan alamat kiriman tersebut diantar.

Alamat saya adalah alamat rumah dan tidak ada resepsionis. Sangat disayangkan sekali ketika kurir mengantar tidak ada konfirmasi apa pun. Saya juga tidak habis pikir dengan penerima kiriman atas nama Ayu yang langsung saja mengambil kiriman yang padahal bukan menjadi miliknya. Harusnya jika dikonfirmasi tidak ada orang atas nama penerima kiriman bisa langsung mengembalikan kepada kurir.

Karena kelalaian dan SOP yang tidak dijalankan dengan baik oleh kurir SiCepat, acara pre-wedding saya bisa jadi batal, karena sampai saat ini kiriman belum diterima. Kemeja yang saya pesan adalah kemeja couple dan tidak mungkin digantikan dengan kemeja lain, ditambah acara sudah dalam hitungan jam. Saya sangat kecewa dengan kejadian ini dan menjadi terakhir kalinya saya menggunakan layanan SiCepat. Penanganan laporan lamban, tidak ada update sama sekali dan kurir tidak amanah dalam mengantarkan kiriman kepada customer.

Acara pre-wedding yang batal ini pun tidak bisa dikembalikan biayanya dan DP yang sudah dibayarkan menjadi hangus. Saya berharap ini adalah kejadian terakhir dan tidak ada lagi kejadian yang sama dikemudian hari dan saya menuntut ganti rugi dari SiCepat atas kejadian ini. Menjadi pelajaran agar perusahaan SiCepat bisa bertanggung jawab atas kejadian ini.

Terima kasih.

Muhammad Farid Henafi
Jakarta Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 11/8/2022): Penulis menyatakan transaksi di Shopee di atas sudah selesai.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Muhammad Farid Henafi

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Farid Henafi dengan judul https://mediakonsumen.com/2022/08/09/surat-pembaca/paket-kiriman-diterima-oleh-orang-yang-tidak-saya-kenal dan https://mediakonsumen.com/2022/08/11/klarifikasi/respon-cepat-shopee pada tanggal 9 Agustus 2022 dan 11...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Benar sekali ini judul masalah nya pada tanggung jawab jasa kurir tp pada menyalahkan costumer pada memberi saran agar jasa kurir dapat memperbaiki pelayanannya.

  • Saya baca tanggapan dr si cepat,, disini jg ada faktor kesalahan dr TS nya,, bahwa TS nya salah memberikan alamat pengiriman. Kurir akan mengirimkan ke alamat yg di tulis di paket,, kurir akan menelpon penerima jika alamat nya tidak ketemu. Ya berarti TS harus nya udh tau kemana paket itu di kirimkan sama kurir, knapa terlalu mendramatisir kesalahan sendiri yg salah menulis alamat? Kan TS bisa lsg ambil ke alamat sblm acara prewedd? Koq jadi lucu ya, menyalahkan pihak lain krn kesalahan sendiri..