Paket Kiriman Diterima oleh Orang yang Tidak Saya Kenal

Semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan sebuah komplain atas 2 kiriman transaksi via marketplace Shopee, menggunakan jasa pengiriman SiCepat, yang statusnya sudah diterima oleh orang yang tidak saya kenali.

Nomor resi pengiriman: 004066429797 dan 004066429797, keterangannya sudah diterima oleh Ayu sebagai resepsionis. Saya sangat menyayangkan kejadian ini karena salah satu isi kiriman merupakan kemeja yang akan saya gunakan pada acara pre-wedding hari ini dan belum saya terima juga. Tidak ada konfirmasi sama sekali dari kurir saat mengantar kiriman dan saya terkejut ketika kedua kiriman statusnya sudah diterima.

Saya menghubungi layanan call center SiCepat pada hari ini (7 Agustus 2022) pukul 12:30 dan terhubung dengan CS SiCepat atas nama Irma dan sudah disampaikan untuk dicek dan diinvestigasi oleh petugas lapangan. CS SiCepat menyampaikan bahwa permintaan saya agar dihubungi kembali untuk update-nya sudah diteruskan ke tim CS SiCepat, tetapi sampai pukul 3 sore tidak ada konfirmasi apa pun dari CS SiCepat untuk update laporan ini.

Sangat disayangkan atas kualitas pelayanan CS SiCepat yang sangat mengecewakan dan tidak bisa memenuhi permintaan customer untuk menerima update kiriman yang sudah menjadi haknya.

Akhirnya saya menghubungi kembali sore harinya pukul 16:21 dan terhubung dengan CS SiCepat atas nama Dimas. Dimas sampaikan sudah dikoordinasikan ke tim SiCepat Pancoran untuk pengecekan ke alamat saya dan alamat kiriman tersebut diantar.

Alamat saya adalah alamat rumah dan tidak ada resepsionis. Sangat disayangkan sekali ketika kurir mengantar tidak ada konfirmasi apa pun. Saya juga tidak habis pikir dengan penerima kiriman atas nama Ayu yang langsung saja mengambil kiriman yang padahal bukan menjadi miliknya. Harusnya jika dikonfirmasi tidak ada orang atas nama penerima kiriman bisa langsung mengembalikan kepada kurir.

Karena kelalaian dan SOP yang tidak dijalankan dengan baik oleh kurir SiCepat, acara pre-wedding saya bisa jadi batal, karena sampai saat ini kiriman belum diterima. Kemeja yang saya pesan adalah kemeja couple dan tidak mungkin digantikan dengan kemeja lain, ditambah acara sudah dalam hitungan jam. Saya sangat kecewa dengan kejadian ini dan menjadi terakhir kalinya saya menggunakan layanan SiCepat. Penanganan laporan lamban, tidak ada update sama sekali dan kurir tidak amanah dalam mengantarkan kiriman kepada customer.

Acara pre-wedding yang batal ini pun tidak bisa dikembalikan biayanya dan DP yang sudah dibayarkan menjadi hangus. Saya berharap ini adalah kejadian terakhir dan tidak ada lagi kejadian yang sama dikemudian hari dan saya menuntut ganti rugi dari SiCepat atas kejadian ini. Menjadi pelajaran agar perusahaan SiCepat bisa bertanggung jawab atas kejadian ini.

Terima kasih.

Muhammad Farid Henafi
Jakarta Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 11/8/2022): Penulis menyatakan transaksi di Shopee di atas sudah selesai.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:28    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Muhammad Farid Henafi

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Farid Henafi dengan judul https://mediakonsumen.com/2022/08/09/surat-pembaca/paket-kiriman-diterima-oleh-orang-yang-tidak-saya-kenal dan https://mediakonsumen.com/2022/08/11/klarifikasi/respon-cepat-shopee pada tanggal 9 Agustus 2022 dan 11...
Baca Selengkapnya

32 komentar untuk “Paket Kiriman Diterima oleh Orang yang Tidak Saya Kenal

  • 9 Agustus 2022 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari kesalahan sicepat, masa sih kemeja doang bisa bikin batal prewed nya? memangnya tdk ada kemeja lain di rumah? atau ide2 kreatif lainnya..? cuma tanya loh, peace

    18
    4
    • 9 Agustus 2022 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Namanya sudah terkonsep mas, dan saya gapunya kemeja lain dengan warna putih yang bisa saya pakai untuk pra wedding. Kemampuan setiap orang berbeda beda mas. Buat mas mungkin gaseberapa nilainya, buat saya dan orang lain?

      8
      12
      • 9 Agustus 2022 - (11:18 WIB)
        Permalink

        maksud sy bukan dari nilainya. setiap planning apa ga direncanakan Plan A, Plan B, Plan C? jd misal plan A tidak bs terwujud, maka plan B yg dipakai. Aplg kalo butuh cepat, jangan beli di online, aplg pake ekspedisi sicepat, jne, dll. ekspedisi ini suka lama di gudang. apalagi barang nya ditumpuk2. Kalo mau online pun pake gojek instant/sameday.
        Dulu sy prewed ga beli baju lagi, tinggal tengok lemari saja yg bagus yg mana. sy jg ga sesuaikan dgn pasangan. yg penting ‘masuk’ saja warnanya

        19
        2
        • 9 Agustus 2022 - (17:30 WIB)
          Permalink

          Hehehe saya kmrn lamaran dress code maroon bawa baju 2 setel, ternyata yg satu uda kaga muat di bagian perut wkwk. Saya setuju dengan sistem plan A, B, C karena ga tau apa yg bakal terjadi. Antisipasi jika kejadian pengiriman lelet atau malah nyasar. Dan kalo emang penting mending beli offline aja biar ga bermasalah kek gini. Kalo pas diskon atau nawar lumayan harganya kok mas. Merk eksekutif aja bisa cuma 100rb. Kalo d pasar jago nawar juga murah kok.

          11
        • 9 Agustus 2022 - (17:33 WIB)
          Permalink

          dia gagal paham bahwa nilai dari biaya prewed nya lebih besar daripada “konsep” yang dikorbankan

          jelas nilai kemeja itu tidak sebanding dengan biaya prewed, tapi demi “konsep” yang pakai kemeja ini prewed DIBATALKAN, tidak pernah terpikir untuk pakai baju lain, lebih mementingkan “konsep”

          ngmg kemampuan setiap orang berbeda dan nilai dll, tapi dia milih mbatalin prewed yang nilai nya besar sekali bagi banyak orang, tidak masuk akal

          19
          1
          • 10 Agustus 2022 - (02:07 WIB)
            Permalink

            Siap mas, yang tau detail kejadian, kondisi saya hanya saya dan allah. Bebas mas nya mau bilang apapun. Anda tau sampai siapa yang menangani case saya? General manager sicepat bapak Petrus danny karena dia tau case ini pelik. Apa iya saya mendramatisir? Untuk apa? Hanya saya, sicepat dan allah yang tau apa yang saya permasalahkan. Mungkin buat mas saya terlalu lebay ya? Standar tiap orang berbeda mas. Mungkin saya belum mencapai standar mas ivan ya hehe. Semua sudah saya jelaskan secara detail dan terperinci ke pak petrus, jadi beliau sudah membantu saya menengahi permasalahan ini. Sehat selalu ya mas ivan.

            3
            12
          • 10 Agustus 2022 - (07:34 WIB)
            Permalink

            Saya setuju, biarpun sudah terkonsep tp kan bs dibuat ide kreatif lain. Konsep bisa dirubah. Harga kemeja 175rb.. Masa foto prewednya yg dibatalkan bkn konsep prewednya.. Agak aneh. Tp turut berduka lah ya

          • 10 Agustus 2022 - (08:23 WIB)
            Permalink

            Terlalu mendramatisir dan cenderung pintar menyalahkan orang lain dibandingkan mencari solusi setiap masalah

            5
            1
    • 11 Agustus 2022 - (03:37 WIB)
      Permalink

      Walau bagaimanapun tanggungjawab jasa pengiriman yg diinginkan oleh pelanggan.🙏🙏

  • 9 Agustus 2022 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Kemeja buat prewed sekali seumur hidup tapi belinya online.
    turut berduka wahai manusia.

    16
  • 9 Agustus 2022 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Semoga TS bisa mengambil hikmah dari peristiwa ini. Untuk persiapan ke depan seperti barang seserahan dan baju akad nikah, sebaiknya dipersiapkan lebih matang dan pasti. Jika perlu, lakukan belanja berdua dengan pasangan anda, tidak diserahkan ke PIHAK LAIN (seperti ekspedisi) yang faktor ketidak-pastiannya cukup beresiko.

    Semoga pernikahannya berjalan lancar dan selamat berbahagia untuk kalian berdua.

    12
  • 9 Agustus 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Biarlah kemeja itu salah penerima. yang penting pasangannya gak diambil oramg jelang wedingnya.

  • 9 Agustus 2022 - (16:42 WIB)
    Permalink

    SEPERTINYA barangnya masih di kantor SICEPATnya… COBA deh ke KANTOR SI CEPAT terdekat dari rumah anda… tanyakan, bawa no. Resinya.. sdh hal biasa.

    Resepsionis itu resepsionis kantor sicepatnya mungkin.

    • 10 Agustus 2022 - (02:26 WIB)
      Permalink

      Saya cari sendiri pada akhirnya dan saya yg ambil barangnya ke alamat yang salah setelah gak ada hasil dari sicepat. Posisi saya di kantor, pulang kerja dan alhamdulillah barangnya masih ada. Tapi tetap terlambat buat acara pra wedding dan karena sudah dijadwalkan, saya gak bisa datang DP hangus.

      Saya gamau cerita detail soal ini, standar hidup saya mungkin sangat rendah, tidak setinggi mas ivan yg sangat bijaksana.

      Kapan sicepat datang ke alamat saya? Malam jam set 8 setelah saya dikonfirmasi oleh pak petrus danny General manager dan pra wedding saya batal. Terlambat tidak? Jelas saya bikin laporan tanggal 7, tanggal 8 baru didatangi sicepat. Ditanggal 7 setelah saya telpon ke sicepat ada mereka konfirmasi ke saya? Tidak ada sama sekali bahkan sampai saya yg harus telpon sendiri sampai 3x. Kemarin sehari setelah selesai, baru petugas yang antar konfirmasi dan minta maaf ke saya via whatsapp. Case selesai, sicepat akan sampaikan surat permintaan maaf dan ya saya udah gamau musingin soal prawedding yg batal.

      Meskipun baru DP, waktu, keterbatasan saya dan banyak hal lain yang tidak diketahui netizen yang sudah saya korbankan untuk persiapan semuanya termasuk kemeja yg saya harapkan bisa diterima tepat waktu. Tapi saya salah berharap dengan sicepat. Saya harus sadar diri kalo saya hanya customer biasa.

      Mungkin bisa ditebak kenapa saya beli online, dan pakai paylater? Hehe. Mungkin saya belum semampu teman-teman netizen semua. Maha besar allah sang pemberi rezeki. Sehat selalu semuanya.

      2
      10
      • 16 Agustus 2022 - (00:11 WIB)
        Permalink

        Ya kan anda sendiri yg salah kasih alamat di pengiriman, ya kurir mengirimkan paket ke alamat sesuai dengan yg ada di paket, kurir mana tau alamat anda yg benar dmn.

  • 9 Agustus 2022 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Anda lucu, krn disatu sisi beli online agar murah tp disisi lain “membiarkan” biaya prewed yg tidak dpt dikembalikan. jika memang di awal sudah tau (dan mestinya tau) biaya prewed akan hangus, kenapa tidak cari ramayana terdekat jika sdh tau waktunya tinggal bbrp jam? baju yg Anda pesan kan putih…termasuk standard, dimana2 ada. meskipun mungkin tidak dpt model yg sama dgn yg online, at least warnanya sama. beda kalau Anda pesan baju yg cuma ada online dan 99% tdk ada di toko baju biasa seperti misalnya warna pelangi.

    saran sy lain kali jangan mengandalkan pihak ketiga utk hal penting. apalg sampe mepet2. kurir apapun sama, mereka bukan hanya melayani orderan Anda, jd wajar aja kl ada waktu tunggu dlm penanganan masalah.

    16
    1
    • 9 Agustus 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      mas tidak paham, penulis nya ini sudah mempersiapkan KONSEP PREWED TERBAIK DI DUNIA, yang tidak akan tercapai tanpa kemeja 175rb tersebut, TIDAK AKAN dia membiarkan KONSEP TERBAIK tersebut ternodai oleh kemeja selain kemeja beli online tersebut, DIA TIDAK SUDI

      15
    • 10 Agustus 2022 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Buat TS gak usah sedih, baju yg dipesan simpen saja, gak perlu prewed jg gak masalah, langsung bikin acara resepsi aja, yg penting ijab qobul lancar, siapa tau nt bisa dipake pas resepsi bajunya..SEMANGAT calon pengantin..

    • 10 Agustus 2022 - (02:10 WIB)
      Permalink

      Mungkin org seperti saya gak cocok beberlanja online kali ya mas, kecuali kaya mas ivan yg diatas 😊

      1
      8
      • 10 Agustus 2022 - (11:58 WIB)
        Permalink

        Kasus kayak gini udah sering kok. Lain kali pilih jasa pengiriman yg berbeda aja kalo emang sudah trauma sama yg satu ini dan moga2 ga kejadian lagi. Kalopun kejadian ya tulis lagi aja di sini mediakonsumen biar orang2 lain pada tau

      • 15 Agustus 2022 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Bukan gitu bang, kalo barang penting dan butuh cepat gak bisa mengandalkan pihak kurir, andai kata gak salah kirim misal, kemungkinan lain barang jg bakal dtng terlambat, karena kurir jga bnyk yg pengiriman paket sampe malam, misal rumah situ rute nya di nmr 20 sdngkan di nmr 5-15 barang nya banyak, itu kemungkinan sampe alamat situ bisa sore menjelang malam atau bahkan malam karena hal ini sering terjadi jd gak bisa maksa kurir untuk kirim paket kita dulu, kalo bisa request ya semua orang pasti bakal minta di kirim ke alamat mereka dulu semua
        Pertanyaan saya andai kata tidak salah alamat dan kurir kirim paket sesuai rute yg di tetapkan sehingga sampe ke alamat anda malam hari apa mau menyalahkan pihak ekpedisi??

  • 10 Agustus 2022 - (01:57 WIB)
    Permalink

    Lagian di resi itu ditujukan untuk Fajri, bukan untuk Muhammad Farid Henafi, masih salah orang.
    Dari foto penerimanya juga itu keliatan rumah biasa yg tertutup pagar, bukan kantor. Mungkin bisa dikenali dari suasana sekitar rumah, kalo nyasar pun pasti ke sekitar rumah lain.

  • 10 Agustus 2022 - (03:07 WIB)
    Permalink

    Ga semua org berpengalaman dlm transaksi online , mengira brg bakal diterima tepat wkt sekali… Tp jgn malah menyudutkan buyer yg ga pny plan B.. yg jd masalah kan sicepat salah kirim.. salah kirim itu bisa saja terjadi ( asal jgn sering2 aja ) , yg penting adalah respon dan tindakan sicepat bgmn mengatasi kesalahannya… Kalo sy baca tulisan kk keliatannya pihak sicepat udah usaha jg ? sampai2 general managernya turun tangan kalau dari yg sy baca… Mudah2an si buyer legowo , dan sicepat tdk ulangi kesalahan yg sama lg kayak gini… Kalo kesalahan lainnya sih sicepat dan anteraja udah sering… Huahuahuahua…

    4
    5
  • 10 Agustus 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Kamu membanggakan sekali tuan, rela kehilangan DP prewedding yang pasti jumlahnya lebih mahal daripada kemeja seharga 175 ribu. Pasti pasanganmu makin sayang, lanjutkan tuan. 👍

  • 11 Agustus 2022 - (03:48 WIB)
    Permalink

    Benar sekali ini judul masalah nya pada tanggung jawab jasa kurir tp pada menyalahkan costumer pada memberi saran agar jasa kurir dapat memperbaiki pelayanannya.

  • 16 Agustus 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Saya baca tanggapan dr si cepat,, disini jg ada faktor kesalahan dr TS nya,, bahwa TS nya salah memberikan alamat pengiriman. Kurir akan mengirimkan ke alamat yg di tulis di paket,, kurir akan menelpon penerima jika alamat nya tidak ketemu. Ya berarti TS harus nya udh tau kemana paket itu di kirimkan sama kurir, knapa terlalu mendramatisir kesalahan sendiri yg salah menulis alamat? Kan TS bisa lsg ambil ke alamat sblm acara prewedd? Koq jadi lucu ya, menyalahkan pihak lain krn kesalahan sendiri..

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Paket Kiriman Diterima oleh Orang yang Tidak Saya Kenal

oleh Iksan Fajri dibaca dalam: 2 menit
32