Pilu dan Kecewa dengan Pelayanan Customer Service BRI Kartu Kredit

Selamat Pagi Para Pembaca,

Dengan ini saya ingin menyuarakan kekecewaan mendalam hingga jatuh sakit terhadap pelayanan customer service kartu kredit BRI. Saya memiliki kartu kredit BRI OVO UCard dengan nomor 55**-02**-****-0702. Saya mendapati LAGI perhitungan bunga kartu kredit yang tidak sesuai sebesar Rp.875.582 di tagihan tanggal cetak 3 September 2022, dan berikut adalah rangkuman kronologi pelaporan yang saya telah catat:

1) 8 Agustus 2022 = Nomor pelaporan 41313409 untuk sanggahan atas beban bunga tanggal cetak 3 Juli 2022 sebesar Rp. 747.100 karena saya telah membayar seluruh tagihan, namun masih dikenakan beban bunga. Selama 46 menit saya melakukan panggilan telepon, namun staff CS berkata ini akan diproses terlebih dahulu oleh team terkait pada dua puluh hari kerja kedepan namun sampai detik ini saya tidak pernah dihubungi.

2) 27 September 2022 = Nomor pelaporan 41401526 untuk sanggahan atas beban bunga tanggal cetak 3 September 2022 sebesar Rp.875.582; diminta menunggu lagi seperti pelaporan nomor 1.

3) 10 Oktober 2022 = Nomor pelaporan 42423980 dengan CS staff Bapak Ezra saya menelpon selama 77 menit hanya untuk menunggu LAGI dalam 3 hari kerja akan dijelaskan perhitungan beban bunganya dan dibuat laporan urgent.

4) 13 Oktober 2022 = Pukul 9 pagi WIB, saya menelpon BRI CS kembali dan berbicara dengan team leader Customer Service nya; yakni Ibu Nadia Firliyanti; untuk meminta hasil atas seluruh laporan yang saya buat, namun hasilnya belum tersedia.

Mengapa laporannya tidak ditindaklanjuti? Saya putus asa dan pilu, sudah 118 menit atau 2 jam saya melakukan telepon hingga tangan saya sangat pegal, pulsa saya membengkak, belum lagi kepala saya terasa berat karena darah tinggi saya naik.

Singkat cerita saya disambungkan ke Senior Team Leader CS nya; Ibu Ira Saraswati; alih alih mendapatkan solusi, beliau berkata dengan ketusnya: “datang saja langsung ke BRI Gedung 2 lantai 15 untuk sanggahan transaksi”.

Seketika kepala saya mau pecah mendengarnya, bukan memberikan pelayanan kepada pelanggan, namun memberikan saran yang tidak solutif; beliau saya anggap tidak memahami service excellent. Hasilnya tetap diminta menunggu dihubungi oleh team terkait.

5) 19 Oktober 2022 = Pukul 14:51 WIB saya inisiatif untuk menghubungi kembali CS BRI; dan ternayata belum juga ditindak-lanjuti atas permintaan perhitungan beban bunga, malah diberikan nomor pelaporan terbaru 42580563 untuk menunggu DUA PULUH hari kerja kedepan lagi.

Saya sudah masuk rumah sakit karena kepikiran atas beban bunga yang terus berjalan, belum lagi biaya menelpon ke nomor 021 CS BRI dari telepon genggam sangat mahal dengan durasi yang lama, pulsa saya telah habis lebih dari Rp. 1.000.000 untuk menanyakan kejelasan laporan saya.

Mohon saran para jajaran management BRI akan pelayanan customer service kartu kredit agar laporan ditindak lanjuti bukan hanya sekedar dicatat. Pilu rasanya pelanggan diperlakukan seperti ini. Apa yang harus saya lakukan dengan beban bunga yang terus berjalan?

Parlina Meylani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Parlina Meylani

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI. Terkait dengan laporan yang Ibu Parlina Meylani...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Pilu dan Kecewa dengan Pelayanan Customer Service BRI Kartu Kredit

  • 26 Oktober 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Tidak dijelaskan bayarnya full atau tidak, telat atau tidak, atau mepet jatuh tempo sehingga pending dan kena bunga, dll.

  • 26 Oktober 2022 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Kalau bunganya 875rb, kenapa Anda malah menghabiskan pulsa 1 juta untuk menelpon bank BRI. Seharusnya dipakai untuk bayar tagihannya saja. Masih ada kembaliannya 125rb.

    20
    1
    • 27 Oktober 2022 - (05:16 WIB)
      Permalink

      Andai waktu bisa diputar kembali.
      Saya lebih suka misalnya BRI opsi jalur pelayanan tanpa berbayar(internet), seperti Halo BCA apps.
      Alhamdullilah saya sudah lepas dari bank yang melayani rakyat ini.

      6
      1
    • 27 Oktober 2022 - (11:56 WIB)
      Permalink

      saya ingin melaporkan kartu tokopedia crad belum sampai….dan aneh sekali sdh di terima oleh orang yg tidak saya kenal….hingga saya lapor kan dng no 42375362….. selanjutnya laporan sdh di buatkan penggantinya,…….tapi sampai saat ini tokopedia card blm saya terima
      kapan sampainya???? nelpon ke 14017 cuma habis pulsa tanpa ada jawaban yg memuaskan

      • 27 Oktober 2022 - (14:14 WIB)
        Permalink

        Pengiriman kartu kredit memang begitu, tidak hanya tokopedia card tapi bank lain juga. Itu terjadi karena pengirimannya dilakukan oleh kurir khusus, bukan kurir Tiki atau JNE. Selain itu, di amplopnya tidak diperbolehkan menyantumkan nomor telepon sehingga kurir tidak bisa menelpon kita jika kesulitan mencari alamat kita.

        Kalo kurirnya nakal memang seperti itu, diserahkan ke sembarang orang. Karu kredit saya pernah dititipkan di sebuah laundry yang lokasinya entah di mana. Sayangnya kurirnya bukan orang internal bank, jadi kita tidak bisa protes secara langsung ke pihak pengirimannya.

        6
        1
  • 26 Oktober 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    sebenernya kalo kita cermat pakai kartu kredit harusnya disiplin pembayaran dan penggunaan, saya punya 5 CC dan alhamdulillah gak ada maslah, karna sya menghindari telat bayar dan penggunaan CC diluar batas kemampuan, stau ak bunga kartu kredit jelas dikenakan klo telat bayar atau bayar minimal, belum lagi bunga karna tarik tunai dll .. semangat mbak sya yakin BRI psti beri layanan terbaik buat kasus mbak parlina …..

    2
    4
  • 26 Oktober 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan nasabah KK OVO BRI telat bayar atau melebihi tanggal jatuh tempo sehingga dikenakan bunga. Kemudian pada bulan berikutnya biaya bunga tidak dibayar juga bakhirnya jadi berkembang alias bunga berbunga.

    Lain kali, jika pakai KK jangan telat bayar supaya gak kena bunga. Jika Anda bayar tagihan sebelum jatuh tempo, Anda bebas bunga. Tapi, ketika Anda terlambat bayar satu hari aja, maka akan dikenakan bunga pada bulan berikutnya, meskipun Anda sudah bayar lunas.

    Hati hati pakai KK, karena KK bukan pinjaman keluarga yang tidak dikenakan bunga kalau telat satu bulan bahkan gak bayar sekalipun. Paling putus hubungan keluarga. Beginilah kalau pakai KK gak paham mekanisme pembayaran, dikira gak kena bunga kalau terlambat bayar.

    Daripada Anda habiskan pulsa jutaan buat telepon cs, mending Anda bayar bunga keterlambatan, gak bikin kepala meledak gegara bicara sama robot cs.

  • 26 Oktober 2022 - (23:50 WIB)
    Permalink

    bunga 700ribuan nelpon satu jutaan, biaya rumah sakit jutaan

    ini awalnya kena bunga karena telat bayar atau gimana ceritanya? apakah benar2 kesalaan bank?

  • 27 Oktober 2022 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Awal mula kena bunga itu karna apa?
    Next month ny bunga bertambah krna apa?
    Sejatinya ts bisa menjelaskan detail masalahnya, klau perihal sanggah transaksi itu memang menbutuhkan waktu yg lama estimasi -/+ 45hk, namun tdk menutup kemungkinan akan lbh cpt. Klau bunga muncul pure dikarenakan sanggah transaksi kdepannya itu bisa d ajukan waiving.

    • 27 Oktober 2022 - (16:21 WIB)
      Permalink

      Saya agk bingung dsini sanggah beban bunga. Muncul bunga pasti ada sebab, bunga berbunga pasti ada sebab.

  • 28 Oktober 2022 - (04:29 WIB)
    Permalink

    Ambyarr ketimbang habis pulsa sejuta kenapa tidak langsung datangi kantor cabang terdekat aja minta kejelasan kan bisa sekalian dibukakan data dan ditelusuri semua tagihannya.

  • 28 Oktober 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Pakai Telkomsel paketkan telpon rumah 2.500, ya memang begitu lah kalau bunga KK tidak di bayar pasti dia tetap berbunga hanya saja ini tidak wangi dan beracun

 Apa Komentar Anda?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Pilu dan Kecewa dengan Pelayanan Customer Service BRI Kartu Kredit

oleh Meylani dibaca dalam: 2 menit
16