Surat Pembaca

Tagihan Shopee SPayLater dan SPinjam Sudah Dibayar Lunas, tapi Masih Ditagih Terus

Saya pengguna Shopee dan sebelumnya ada pemakaian Shopee SPayLater dan SPinjam yang sudah jatuh tempo pada bulan September dan Oktober 2022. Singkat cerita pada tanggal 26 Oktober 2022, semua tagihan saya bayar lunas. Akan tetapi sampai dengan hari ini Kamis tanggal 03 November 2022, saya masih ditagih terus melalui WA oleh nomor 0812****8900 dan mengancam akan dilakukan kunjungan oleh pihak lapangan dan surat teguran dari tim kuasa hukum.

Sebagai catatan saya sudah melaporkan permasalahan ini ke pihak Shopee melalui kanal bantuan di aplikasi Shopee. Sudah saya sampaikan untuk tagihan saya sudah saya bayarkan dan dicek Shopee memang benar. Namun saya sampaikan, saya tidak akan memberikan konfirmasi apa pun ke pihak penagih, karena yang menagih ke saya adalah pihak ketiga di luar Shopee.

Saya tegaskan permasalahan saya adalah dengan Shopee dan ketika kewajiban saya sudah saya penuhi, maka saya tidak ada urusan dengan pihak penagih atau pihak ketiga. Saya juga tidak pernah memberikan ijin/persetujuan apa pun ke pihak e-commerce terkait dengan penyebaran data saya kepada pihak di luar Shopee.

Untuk hal ini apakah bisa dikategorikan sebagai pelanggaran karena menyebarkan data nasabah/customer tanpa ada persetujuan? Terima kasih.

I Nyoman Ardi Wisnuwardana
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tantangin suruh ke rumah aja. Sekalian dengan "advokatnya" gitu. Dijamin ga bakal berani dan cuma gertak sambal oknum pihak ketiga.
    Lagipula kan pajenengan sdh bayar lunas ke pihak si shopee ini. Siapa takut ?

  • Patut diapresiasi TS hanya mau berhubungan langsung dengan pihak rentenir. Pihak ketiga yang mengaku-aku hanya valid bila membawa surat kuasa yang bisa di verifikasi (by phone, otentifikasi digital, dsb). Tanpa itu, abaikan atau langsung perintahkan untuk datang ke rumah. Ancaman dan intimidasi hanya harapan terakhir yang dipakai para pecundang.

  • Kalo di aplikasi shopee tidak ada tagihan, berarti itu dari penipu diluar shopee, abaikan saja...

  • Laporkan aja pak ke polisi, kalau ga salah UU no 27 th 2022 tentang data pribadi. Bapak bisa browsing di internet. Di situ ancaman nya 4 th penjara atau denda 4 miliar. Kalau bpk mau pendamping cb hubungin LBH

  • Fix ABAIKAN SAJA, shopee Tidak mungkin menagih dengan nomor telp pribadi, shoppe akan menagih dengan centang biru, itu mah modus aja, yang penting anda punya bukti sudah lunas di aplikasi, tantangin aja suruh datang kerumah, suru bawa semua bukti tagihan. Fix ga akan datang dia, ga akan berani, karena fix itu cuma modus penipuan. Abaikan, blokir, atw tantang saja suru kerumah, bilang sudah disiapkan aparat keamanan rt rw security dirumah.

    • Lalu bagaimana kalau masalah saya bukan di teror lewat WhatsApp, tapi melainkan di telfon langsung, padahal saya jg udah bayar..

  • itu mah penipuan dari Oknum DC2 yg kurang ajar, abaikan saja dan tidak perlu takut jika memang tagihan sudah dibyrkan dan di aplikasi jg ket nya sudah lunas. Kalau di ancam2 lagi jgn gentar ancam balik saja dan bilang sini dtng langsung ketmpt saya jika berani bilang seperti itu saja, itu modus seperti itu yg dilakukan hampir rata2 semua pinjol ada oknum yg seperti itu...

  • Abaikan aja, toh shopee mau bangkrut
    Jadi ya gitu nagih² konsumen yg punya paylatter, pernah pake paylater namun sudah lunas tetapi dikatakan masih ada tunggakan
    Jadi ABAIKAN saja, kalau mereka masih ngotot mau dateng anda kasih liat aja bukti bila perlu anda jedotin itu bukti lunas ke dc dc mereka

  • Menurut saya itu penipuan,,karena kalo no shopee resmi yg terdaftar dia gak pake no 081xxxxx gtu