Surat Pembaca

Komisi Penjualan Afiliasi Tokopedia Selalu Digagalkan Tanpa Alasan yang Jelas

Selamat pagi,

Ini terhitung sudah ketiga kalinya saya berhasil melakukan penjualan dengan sebar link afiliasi Tokopedia, tapi tidak mendapatkan komisi. Saya mengikuti tahapan demi tahapan ketika menyalin link yang diberikan dari platform Tokopedia, kemudian saya bagikan ke berbagai channel media komunikasi yang saya miliki.

Kebetulan saya mendapatkan informasi dari orang yang saya sebarkan link tersebut, kalau mereka sudah membeli barang di platform Tokopedia dengan menggunakan link yang saya sebarkan.

Sudah saya tunggu lebih dari 2×24 jam komisi tidak kunjung saya terima. Untuk yang pertama kali, saya sudah ajukan komplain ke “Tokopedia Care“.

Di situ saya diinformasikan terdapat pelanggaran poin D 1. Di mana dalam pasal tersebut saya lihat ada beberapa butir pasal tentang pelanggaran. Saya bertanya kepada “Tokopedia Care“, pada butir berapa saya dianggap melakukan pelanggaran. Namun mereka tidak bisa memberikan informasi butir pelanggarannya. Aneh juga ya? Pokoknya melanggar. Yang dilanggar apa? Pokoknya melanggar.

Kemudian saya masih mencoba lagi untuk sebar link afiliasi penjualan melalui WhatsApp dan website yang saya miliki. Kejadian yang kedua kalinya, saya berhasil menjual menggunakan link afiliasi saya, namun setelah menunggu 2×24 jam, komisi tidak kunjung didapatkan.

Seperti biasa saya komplain ke “Tokopedia Care“. Yang saya dapatkan jawaban yang sama, merujuk pada poin D 1 dan saya juga tidak mendapatkan detail butir berapa yang dilanggar.

Kalau saya berkendara di lalulintas tanpa menggunakan helm, kemudian mendapatkan surat tilang karena melakukan pelanggaran, maka wajar, jelas peraturan dan ketentuannya: Saya melanggar peraturan lalu lintas karena berkendara tidak menggunakan helm. Kalau ini, sudah saya ikuti aturan mainnya, tapi tetap dikatakan melanggar. Ya pokoknya melanggar, tanpa dikasi tahu melanggarnya apa? Dan chat langsung diakhiri begitu saja, walau saya sebagai konsumen masih belum mendapatkan kejelasan.

Seperti inikah pelayanan yang diberikan oleh Tokopedia yang katanya cukup ternama itu? Hai owner Tokopedia! apakah kalian mengetahui dan menyetujui hal ini?

Karena saya sudah terlanjur menyebarkan banyak link ke berbagai media komunikasi, maka saya mendapatkan laporan lagi yang ketiga kalinya, kalau saya berhasil menjual barang menggunakan link afiliasi melalui website saya. Sudah dapat ditebak, setelah menunggu 2×24 jam, tapi komisi juga tidak kunjung didapatkan.

Lagi, saya komplain ke “Tokopedia Care”, tapi selalu sama pelayanan maupun jawabannya. Seolah pokoknya melanggar, cuma yang dilanggar apa ya lihat sendiri, tidak dikasih tahu secara detail apa yang dilanggar.

Lucunya, malah disarankan “Ke depannya agar tidak melanggar lagi ya Kak…”. Saya tanya lagi, supaya ke depannya saya tidak melanggar lagi, apa yang seharusnya tidak saya lakukan? Jawabannya seperti biasa: Poin D 1, tanpa diberi informasi detail spesifik pelanggarannya. Padahal maksud saya agar tidak terjadi kembali.

Jadi kesimpulannya, apa yang saya langgar? Saya sudah mengikuti tahapan salin link, kemudian saya sebar melalui WhatsApp dan juga website pribadi saya. Apakah sistem afiliasi kalian sudah berjalan dengan semestinya??

Tolong dong diberikan detail butir berapa pelanggarannya, dengan justifikasi yang masuk akal, berdasarkan tahapan demi tahapan yang sudah saya ikuti tahap demi tahap ,sampai link itu saya sebarkan.

Demikian dan saya tunggu informasi dari Tokopedia. Malu bang, dengan nama besarnya, kasihan pejuang receh seperti saya yang berusaha mencari tambahan penghasilan.

Arief Kurniadi Sugiharto
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ternyata disini banyak juga ya yg diphp sama toko ijo, bener sekali yg terjadi malah saya dah dpt komisi tp akun diblokir katanya melanggar pasal blabla... Adanya kecurangan, padahal ga ada peraturan ga boleh sebar link le saudara atau teman kantor toh bukan kt beli sendiri barangnya. Customer service yg diapp juga cm seperti robot yg ga bs memberikan penyelesaian cm jawaban sama diulang2... Sepertinya toko ijo jangan buka affiliate deh kalau curiga2 ma org....promosiin sendiri aja ga kaya app orange yg lancar2 jaya aja ga anggap kt curang atau nipu walau barang dibeli oleh org yg 1 alamat sama kita