Surat Pembaca

Proses Refund Uang Tiket Pesawat di Traveloka yang Mengecewakan

Saya pesan tiket pesawat PP Jakarta-Pinang di Traveloka pada tanggal 21 November 2022, senilai Rp 12.969.300, untuk keberangkatan 18 Desember 2022 dengan pesawat Lion Air. 3 hari menjelang keberangkatan, ada reschedule yang dilakukan oleh Traveloka, sehingga saat pesawat saya transit di Medan. Ternyata pesawat lanjutan saya telah berangkat 40 menit sebelum pesawat saya mendarat di Medan. Untung saya lihat tiket reschedule dan saya segera minta refund.

Saya telepon CS Traveloka dan dijanjikan refund full (di-mention di awal oleh CS, saya akan menerima refund sebesar Rp12.744.090, dan apabila untuk sisanya agar komplain ulang ke team CS refund).

Tanggal 28 Desember 2022, refund senilai Rp12.744.090, telah dikembalikan ke kartu kredit saya. Tanggal 31 Desember 2022, saya komplain ke CS di aplikasi untuk kekurangannya dan dijanjikan akan di-refund lagi senilai Rp207.000, yang seharusnya senilai Rp225.210.

Untuk komplain kedua, saya hubungi CS aplikasi, tetapi dijawab tetap ada pemotongan. Kemudian saya coba telepon layanan CS melalui telepon, saya coba 2x selalu diarahkan ke CS robot, tidak ada pelayanan CS manusia. Saya hanya minta Traveloka untuk mengembalikan semua uang saya yang saya bayarkan tanpa ada pemotongan, karena saya kecewa sekali dengan pelayanannya. Kalau saya tidak teliti, tiket reschedule-nya bisa mengakibatkan saya dan keluarga terdampar di bandara Kualanamu.

Terima kasih.

Rosalina Gosal
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Rosalina

Kepada Yth., Bapak/Ibu Rosalina Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Rosalina tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Muncul lagi ini keluhan dari traveloka,
    Salah di traveloka salah tetap cari untung,

  • Saya pernah juga alami dan prosesnya memang lama buangettt sampe 90 hari kerja. Hari kerja bukan hari kalender. Akhirnya saya request refund ke kantor cabang maskapai langsung secara manual walaupun prosedur nya lebih sulit dan harus bolak-balik ke kantor.

  • Traveloka dan Lion group kembali memakan korban.
    Dua duanya udah saya ban. Ga akan pernah pake lagi jasa mereka seumur hidup. Mending bayar 100 rb lebih mahal daripada cape emosi dan waktu dibuang sia sia.

  • PERSIS kayak saya. Tiket saya dicancel maskapai, saya sudah 2x bayar cicilan, itu juga tiket keduanya saya bayar lebih cepat sebelum bulannya. Eh malah saya yang rugi.

    Dibalikinnya hanya 1x cicilan 1.900.000 padahal harusnya 3.900.000. Yang dibalikin full cuman ke traveloka pay. Alesannya lagi minta request waiver bunga ke maskapai. GAJELAS bgt asli. Jelas2 maskapai pasti refund full

    Ditambah sengaja banget traveloka ga pake cs manusia, LICIK bgt.
    Ati2 sumpah mending pake brand yg lain aja deh.

  • Iya bener bgt saya ngalamin kmrin
    Saya harusnya refund 3,4 juta dibalikin ny 500rb
    Padahal sudah nunggu 90 hari lebih
    Tapi mana blg 100% balik ternyata ngecewain
    Licik bgt ..
    Ngga ada konfirmasi sama skali