Modus Pinjol Pinjam Emas

Selamat siang. Saya Asep Setiawan, saya ada keluhan terkait pinjol Pinjam Emas. Saya tidak merasa pinjam ke pinjol tersebut, tapi saya pinjamnya ke pinjol yang lain. Ternyata dari kemarin saya di hubungi via WhatsApp dari 2 nomor berbeda, yang isinya menagih tagihan tersebut dan harus segera membayarnya.

Padahal saya tidak pinjam di pinjol tersebut. Mereka mengirimkan link untuk download aplikasi. Saat pertama dikirim link tersebut, saya download. Namun karena saya tidak merasa pinjam ke pinjol tersebut, saya uninstall lagi dan izin aksesnya saya tutup.

Mohon petunjuknya, apa yang harus saya lakukan? Khawatirnya data saya sudah tanggung bisa diakses oleh pihak pinjol tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.

Asep Setiawan
Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

71 komentar untuk “Modus Pinjol Pinjam Emas

  • 14 Januari 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak merasa pinjam dan pinjolnya juga illegal tidak perlu ditanggapi, blokir saja nomer2 penagihnya.

    45
    2
    • 14 Januari 2023 - (19:20 WIB)
      Permalink

      Diabaikan saja pak, gak usah dibalas.. Apalagi ilegal, klo mau install lagi ambil duitnya dan gak usah bayar. Namun ini butuh keberanian mental yah.. Sabar yah pak, tetep tenang dan jgn panik. Santai aja..

      37
      2
      • 26 Februari 2023 - (11:11 WIB)
        Permalink

        saya juga udah dua kali ini pak dapat wa dari apk aneh itu. Saya balas, tapi cuma ceklis satu. Saya balas gini ( lah ente sapa ? apk ente ga terkenal, males gw downloadnya ) taoi ga di baca juga sama mereka. Kalo masuk lagi ya saya cuekin aja. Saya ga bakal ngeklik link yg mereka kasih. Sepertinya mereka butuh pemasukan dari hasil orang orang yg sudah masuk link dan mendownload apk merekam. Iti pemikiran awam saya ?

    • 14 Januari 2023 - (19:32 WIB)
      Permalink

      modus penipuan itu pak
      saya juga pernah tiba” ada wa penagihan dari pinjol disuruh buka link yang dia kirim tapi saya gak buka soalnya lagi marak pencurian data pribadi

      28
      • 16 Januari 2023 - (00:48 WIB)
        Permalink

        Si Abang ini berani bener di kasih link terus suruh donlot mau, itu bisa keylogger atau auto bot itu wkwkwkwkwkwk ? ?

        • 16 Februari 2023 - (12:12 WIB)
          Permalink

          keyloger / autobot itu berarti secara automatis langsung conect?
          trus ternyata ada transaksi bener masuk ke rekening kita, itu bagaimana?

      • 24 Januari 2023 - (14:43 WIB)
        Permalink

        Sama saya juga dapet WA seperti itu. Sedangkan saya tidak pernah melakukan linjaman ke pinjam emas. Apakah betul mereka akan mendatangi tempat tinggal kita? Mohon oencerahannya dari yg sudah mengalami kelanjutannya seperti apa yg mereka lakukan?

    • 14 Januari 2023 - (23:12 WIB)
      Permalink

      Sangat gampang….minta aja bukti transfernya. Sy jg pernah tiba2 ditagih via WA dg redaksi yg melebihi setan….lalu sy telpon bahwa sy tidak pernah pinjam ke aplikasi Lo….eeehh….malah sewot….akhirnya ditutup sendiri setelah sy minta bukti transfernya…Memang mereka mengirimkan foto ktp n selfie sy. Artinya sesama pinjol ada link mereka. Jadi selalu tetap waspada apabila kita menggunakan ktp n foto selfie…..

      15
      1
      • 15 Januari 2023 - (17:45 WIB)
        Permalink

        Kenapa sih zaman sekarang orang gampang sekali disuruh klik link dari orang gak dikenal melalui wa, blm lama teman saya klik link dari orang yg mengaku mau mengembalikan uang dari orderan fiktif dia, ga lama setelah itu uang di rekeningnya ludes 20 juta..

    • 15 Januari 2023 - (10:18 WIB)
      Permalink

      +92 dan +52 itu bukan kode negara ya, krn seingat sy +92 itu pakistan dan +52 itu mana ya … Lupa … Kok bs nageh pinjol ya … Apa sy yg kurang up date masalah pinjol atau bgmn ya hehe … Maaf sy bnr2 kurang paham

  • 14 Januari 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak merasa meminjam apalagi sudah meng-uninstall ya diblok aja. Dalam kasus ini Kang Asep sudah dengan sukarela men-download dan mengisi data2 pribadi. Apakah sebelumnya sudah memeriksa fintech ybs itu legal atau tidak.

    Sebetulnya belum lama ini pemerintah mengeluarkan undang undang perlindungan data pribadi. Tapi entah pelaksanaannya bagaimana, mungkin yg lebih paham bisa menjawab.

    5
    1
    • 3 Februari 2023 - (17:39 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum..sy juga sudah 3 kali dapat WA dari aplikasi pinjam emas.isi WAnya mengancam saya jika tidak melunasi tagihan.dan mereka sering Gonta ganti no WA untuk menghubungi sy.padahal sy sama sekali tidak meminjam di aplikasi itu.sy berharap mohon dari pihak media konsumen untuk menelusuri asal mula aplikasi pinjam emas tersebut.krna sudah meresahkan banyak masyarkat.

  • 14 Januari 2023 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Eleuh aei kang Asep main klik donlot wae atuh . Diluar playstore mah ulah atuh. Di playstore aja masih banyak kekurangan dr sisi keamanan apalagi diluar itu.

    Backup dulu data secara offline, jangan nyalakan data apapun termasuk wifi.
    Kemudian hape akang reset pabrik. Semua install ulang.

    Kondisikan ke semua kontak hape akang kalau ada yang menagih2 hutang itu penipu dan sudah mencuri data2 hape akang.

    Insya Allah beres setidaknya 80%.
    Jangan dibayar ya. Omat !!! Itu perintah dari pemerintah yang diwakili oleh Menteri koordinator hukum dan ham.

    Cek semua pinjol legal ada di website OJK. Yang tidak termasuk dalam daftar tersebut= ILEGAL/PENIPUAN.

    yang legal aja sableng kalo nagih, apalagi yg ilegal.

    22
  • 14 Januari 2023 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Kesalahan pertama anda, membuka link yang tidak jelas domain dan kepemilikannya. Kesalahan kedua anda, install aplikasi di luar web/toko resmi.

    Singkatnya, anda seperti anak kecil yang mudah dikelabui dengan tipuan sekaliber SMS minta pulsa.

    9
    3
    • 28 Maret 2023 - (22:36 WIB)
      Permalink

      Ya Allah sama banget siang ini Sy dapet 2 WhatsApp dari nomor yg berbeda atas nama Pinjam Online gw minjem juga kaga baru ngajuin ditolak ya yaudah gmn ya

    • 22 April 2023 - (13:40 WIB)
      Permalink

      Itu terjadi pd sy juga baru baru ini sy dpt w. A dari pinjol PINJAM EMAS suruh byr utang sebesar 1.600.000 pdhl sy blm pernah ngajuin pinjol emas.. Diancam2 sklian aj sy tantang.. Klu saran dari pihak pinjol pinjol yg blm msk oj tolong dibrantas aj..

  • 14 Januari 2023 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Jiaaah kenapa di download? Itu aplikasi pencuri data.. yakin lah aplikasi pencuri data itu sudah masuk sistem HP anda, tidak dapat dihapus hanya dengan uninstall aplikasi saja. Pencuri data itu akan mengirimkan info pribadi HP anda (mobile banking, password google, wa, facebook dll ) dan semua info penting di hape anda ke sistem mereka. saran saya lebih baik HP anda di re install ulang dan ganti memory card nya segera… yakin lah itu virus backdoor pencuri data.

  • 14 Januari 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Jangan dibuka link nya…saya pernah juga kayak gitu awalnya ada 7 aplikasi dan saya tidak pernah pinjam karna saya diancam terus2 an saya minta No virtualnya dan itu atas nama orang lain …setelah diberikan no virtual saya dikejar2 suruh bayar dan ada yg dibayar dari situ makin menggila mereka nipu saya karna mereka punya data saya .ga ush di respon blokir aja kak…dan akhir nya data saya disebar dikontak tapi bodo amat ga perduli karna udh ga aneh jaman sekarang data begitu disebar2 …klo diancam2 penyebaran data sebar saja sampe langit ke tujuh jangan di perdulikan

  • 14 Januari 2023 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Abaikan, ga usah ditanggapi. Itu yang kirim link ke anda jaringan penipu. Lebih aman ganti nomor anda biar ga diganggu lagi sama mereka

  • 14 Januari 2023 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Dia pake sistem penasaran supya ts ini mengklik dan mendownload. Sekiranya ga merasa pinjam PD dan abaikan saja.
    Saya khawatir di hp ts ini ada aplikasi perbankan,pinjaman lain. Apabila ts menginstal aplikasi sembarangan(diluar plays) kemudian mengizinkan berbagai akses yg diminta oleh aplikasi itu bisa bisa kena scam pencurian akses atau remote control jarak jauh. Sprti halnya yg telah banyak terjadi akhir akhir ini ;brimo/bca bobol atau kredivo/akulaku ga merasa pinjam. itu salah satu contoh kasus remote akses.

  • 14 Januari 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Hr ini sy alami pinjam emas meneror sy..krn sy merasa tdk pinjam..sy hanya pernah pinjam d aplikasi lain akhirnya sy download.sy buka ketika sy klik tdk ada data2 pribadi sy di aplikasi pijol pijam emas.tp sy di anggap pijam d tgl 8…hrs byr hr ini tgl 14. No rek tdk ada data2 jg tdk ada.

    • 15 Januari 2023 - (01:07 WIB)
      Permalink

      Lelucon Bajing Online Berulah lagi.

      Untuk Team Cyber Kepolisian RI
      Mohon Untuk Di Prioritaskan
      Perihal penangkapan Bajing Online Seperti itu. Masa nunggu Korban berjatuhan baru bertindak.

      Mohon dengan sangat untuk team cyber kepolisian RI Untuk Memprioritaskan. karena bajing online seperti ini sangat meresahkan. Kasian masyarakat jika tertipu atau menjadi korban di kondisi perekonomian sulit seperti ini.

      Untuk Korban Intimidasi Dari Bajing Online . Kalau ada waktu mampir ke polsek atau polres terdekat berikan nomer tlpn tsb. Atau bukti chat dari bajing online. Agar di lacak keberada an nya oleh team cyber.

      Terima kasih.

      6
      1
  • 14 Januari 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Ini lah akibat kl suka klik link yg gk jelas,akhir data kita diambil dan disalah gunakan,kl sudah bgni wassalam

  • 14 Januari 2023 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Balas chatnya ka,
    Kalau emang kk ngerasa tidak pinjem bisa tantang dia ka kirim bukti trf kalau menurut dia kk ada pinjaman.

    Nanti tuh bakal ada nomor nomor lainnya yang pastinya meneror, yang sebenarnya itu penipuan + pemerasan.

    Karna saya sudah ngalamin hal yg sama sprt kk.

    Nanti juga mereka bakal cape sendiri ka.
    Yang penting kk selalu cek mutasi ya.

    Ga perlu khawatir ya ka.

  • 14 Januari 2023 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Itu bisa juga ngeblast chat ka,
    Setiap di balas pasti ceklist 1 dan ternyata asal pakai nomor orang tak di kenal.
    Nomor orang tak dikenal jadi kena hack.

    Jadi abaikan saja ya ka.

  • 14 Januari 2023 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Sama tu kayak saya tapi lewat SMS ,ditelfon gak brani angkat cuekin aja , yg pasti jgn dklik linknya pasti disuruh download aplikasi pas udh d download pasti minta perizinan aneh²

  • 15 Januari 2023 - (02:26 WIB)
    Permalink

    Udah keinstall ? Yah wasalam data” bapak keburu diambil sana mereka, seisi kontak hp sudah ke backup sama si pelaku
    Saran broadcast ke semua kontka bapak, jaga” kalau saja itu pelaku wa blast ke mereka

  • 15 Januari 2023 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah mendownload dari link yg diberikan org yg tdk dikenal.. ini penting.
    Ke 2 kayaknya ilegal itu, abaikan aja..

  • 15 Januari 2023 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Barusan kemaren saya juga dapat chat wa dari pinjol emas, diminta bayar tagihan pinjaman

    Instal aplikasinya aja gak ada, apalagi minjam duitnya ? kacau dah, ngakak ?

  • 15 Januari 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Ini bukan tagihan setau saya tapi trik marketing supaya anda penasaran lalu klik link apk yg tertera jika ini tagihan anda akan dapat tlp/wa setiap waktu dengan nada ancaman mengingat balasan pesan anda dibalas dengan isi pesan yg serupa beserta link yg sama fix ya itu hanya strategi marketing jd abaikan aja….

  • 15 Januari 2023 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Info yang cukup jelas dari semuanya diatas.jadi,pa asep lain kali lebih hati2..Saya malah curiga nih,pa asep Suka buka Link ” yang seger2″ jadi kebiasaan malah apes…?????

  • 15 Januari 2023 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Wah mas. Jngn pernah mencet link apapun yg dikirim dr wa. Itu jebakan. Kamu sdh masuk jebakan entah kemakan atau blm. Bs bobol akun2mu yg lain. Kl mau download lewat playstore sj. Drmn mereka bs dpt datamu? Sy rs aplikasi pinjol yg kamu pakai sdh membocorkan data2mu dan si pemakai sh spam acak ke nomer2 koleksi mereka. Pljrn buat siapa sj.

  • 15 Januari 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Hampir semua aplikasi penjol saya pernah mendaftar tapi sampai detik ini belum pernah ada kejadian seperti ini padahal saya ingin sekali merasakan dapat uang dari penjol tapi kenapa ga pernah diasisi….
    Iri juga kadang sama para penulis di MK ini rata rata mereka bisa pinjam ?

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Pinjam Emas?

Ada 71 komentar sampai saat ini..

Modus Pinjol Pinjam Emas

oleh Asep Setiawan dibaca dalam: <1 menit
71