Denda Berhenti Berlangganan Wifi.ID yang Memberatkan (Rp1.000.000)

Yth. Telkom Indonesia,

Saya menyampaikan bahwasanya saya keberatan dengan denda berhenti langganan IndiHome yang sangat banyak ini. Saya berharap pihak Telkom Indonesia memberikan keringanan dan atau menghapus denda tersebut.ย Peraturan tersebut benar-benar membuat para pelanggan IndiHome takut berhenti berlangganan, dikarenakan dengan denda Rp1.000.000, jika berhenti sebelum masa kontrak 12 bulan pertama berlangganan.

Saya berniat membayar, jika denda berhenti berlangganan tersebut tidak sebanyak itu. Berikut saya cantumkan nomor Wifi.Id saya yang dalam proses berhenti berlangganan: 1424 1032 9924.

Alasan saya berhenti berlangganan, dikarenakan saya tidak diperkenankan melanjutkan tinggal di rumah yang saya tinggali, di mana WMS tersebut dipasang. Pemilik juga tidak berkenan untuk melanjutkan berlangganan, sehingga WIFI tidak dibutuhkan lagi.

Demikian surat ini saya buat. Semoga menjadi perhatian, khususnya Telkom Indonesia dan umumnya untuk calon pelanggan/pelanggan IndiHome.

Hermawan Sulistyanto
Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:101    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

39 komentar untuk “Denda Berhenti Berlangganan Wifi.ID yang Memberatkan (Rp1.000.000)

  • 24 Januari 2023 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Sudah konsekwensi saat pertama apply dan menandatangani persetujuan pemasangan internet. Tidak bisa suka2 semaunya melanggar aturan. Sudah tau ngontrak, bukannya mempertimbangkan lebih matang.

    MyRepublic:
    Pelanggan akan dikenakan denda sebesar Rp1.000.000 (satu juta Rupiah) apabila berhenti berlangganan sebelum 12 (dua belas) bulan, kecuali Paket Business Pro yang akan dikenakan denda sebesarRp2.000.000 (dua juta Rupiah).

    Biznet:
    Pelanggan menyatakan bahwa Layanan memiliki kontrak berlangganan selama minimal 24 (dua puluh empat) bulan untuk perumahan dan 6 (enam) bulan untuk apartemen. Apabila Pelanggan melakukan terminasi sebelum habis masa kontrak, Pelanggan dikenakan biaya penalti sebesar Rp 2.750.000,-.

    25
    4
    • 24 Januari 2023 - (14:28 WIB)
      Permalink

      setuju nih. byk orang yg main tanda tangan aja perjanjiannya tanpa membaca secara detail dan menyeluruh. Kecuali kontrak rumahnya msh 2 tahun lg, boleh2 aja pasang indihome. Ada2 aja

      12
      2
    • 25 Januari 2023 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Dari pihak Telkom sudah menghubungi dan untuk masalah sudah terselesaikan sehingga untuk artikel atau surat pembaca ini saya closed. Terima Kasih untuk beberapa tanggapan2 yang sudah diberikan.

      1
      8
      • 25 Januari 2023 - (11:20 WIB)
        Permalink

        Haduhh yg melanggar kontrak siapa tapi malah bikin laporan merasa jadi korban, udah dr jaman adek gw bocil sampe skrng kuliah aturan nya emang gitu, apa jangn2 ntar ngutang duit ke bank tapi bikin laporan ke MK jg karena biar pinjem duit bank nya gak pake bunga pdhl sebelum pinjem aja udah ada keterangan bunga berapa persen, ada2 aja ๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ

        11
        3
    • 26 Januari 2023 - (01:17 WIB)
      Permalink

      Sejak berhenti langganan speedy sampai skrg ga mau lg urusan dg telkom, pusing gangguan mulu udah gtu teknisi baru nongol 3 – 5 hari, giliran bayar hrs tepat. Enakan pke modem wifi isi quota 100Gb cukup sebulan di pke bertiga cuma 135rb

      7
      1
    • 26 Januari 2023 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Kocak si abang ya, dia yg ttd, ttd=udh setuju sama segala konsekuensi, lain kali baca dulu baru ttd.

      1
      1
    • 26 Januari 2023 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Pake WIFI berjln ….beli WiFi 300rb plus kuota misal : WiFi Smartfren ato XL ato yg lain…nggk bikin pusing bisa ngontrol sdri kuotanya …mau keluar rumah jg nggk pusing Krn WiFi jg bisa di pake keluar rmh….indoor outdoor ok ok aza

  • 24 Januari 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Inilah yg namanya belajar hukum. Bahwa di kehidupan ini tidak boleh sembarangan ttd/setuju kontrak namun tidak dibaca dengan teliti persyaratannya.

    10
  • 24 Januari 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Saya rasa wajar lah nanti klo ngga bgtu pelanggan jg banyak seenaknya. Sebelum pasang khan sudah ada ketterangan dan ttd jd dianggap sudah mengerti.

    6
    3
  • 24 Januari 2023 - (20:51 WIB)
    Permalink

    Itu pas danda tangan kan kontrak mengikat bang, baiknya baca ketentuan yg berlaku sebelum tandatangan, udah pasti bayar klo melanggar ketentuan sama kayak pajak motor telat emang dpt ga denda? ๐Ÿ˜…

    6
    1
    • 25 Januari 2023 - (23:13 WIB)
      Permalink

      Bagi saya ga ada masalah kalau pelayanan/servis dari pihak WiFi id nya mau adil.tp sy juga kurang setuju kalau hal ini di pandang hanya dari kontrak saja sedangkan pelayanan mereka buruk sekali.saya sebagai pelamggan baru wifi id dengan palet 50Mbps dengan pembayaran 950rb.sedangkan speed yg sy peroleh selalu updown sehari gangguan 3-4x sampai cape saya laporan di semua sosial media.IG.FB.indihome care email semua sama tunggu progres jawannya.bagai mana dengan kasus saya adilkah…???sepadan kah kalau sy keluar dari wifi id sebelum 1 thn ? Minta jawaban harus kemana harus laporan kemana lagi untuk minta penjelasan tentang gangguan yg saya alami

      • 26 Januari 2023 - (14:38 WIB)
        Permalink

        Wah agak repot sih ya klo gangguan terus apa lagi kalau di pake buat kerja
        Tp saya pengguna indihome baik2 saja gangguan kadang2 aja
        Dan juga untuk speed 50mbps cuma 330rb kok abang nya 900rb an ya mahal bgt ๐Ÿฅฒ

    • 25 Januari 2023 - (05:15 WIB)
      Permalink

      Saya juga gitu. Waktu buat ibu saya yang gaptek ngikutin aja buat karena anak2 kos pada rewel kalau gak ada fitur wifi di rumah. Salesnya sama suku sama ibu saya. Dulu pernah ngontrak dirumah sblm kerja sales wifi indihome. Awalnya lancar komunikasi pas mau pasang wifi dirumah tapi giliran ada masalah aja gak ada dibalas cuma read doang. Mau ganti password, nama wifi aja bingung. Paling tanda tangan kertas gak dibaca juga s&k sama kayak TS ini. Mana password dan nama wifi pakai nama adek saya yang bungsu. Asal banget passwordnya jadi gampang diretas. Lelet banget pakai wifi makanya saya pikir ada perangkat lain yang pakai wifi tapi gak ikut bayar dan gak ngomong. Pas mau ganti malah si sales ini gak ada gubris. Giliran telat bayar 1 bulan aja, ada chat wa dari indihome. Padahal telat 3 hari aja dikirim wa. Pas tiba-tiba sinyal mati padahal gak hujan, gak mati lampu komplain via telepon alasan muter2 disuruh nunggu aja. Waktu covid dulu adik saya jadi susah belajar daring dibuat indihome. ๐Ÿ™

      6
      4
      • 25 Januari 2023 - (07:35 WIB)
        Permalink

        Lah sales emang gt mba. Tugasnya “menjebak” customer. Setelah itu semua pengaduan, perbaikan, pembayaran dll dialihkan ke Divisi lain. Sistemnya bukan client service B to B yg salesnya harus urusin sampe habis. Bukan belain salesnya yah. Tp salah jalur kl ke sales. Dan uda terkenal indihome emang ancur pengaduan, perbaikan dan sistem pembayaran nya. Cari aja keyword indihome di MK ini. Requirement pegawai indihome kan harus b*g* dulu br bisa dterima.

        5
        8
        • 25 Januari 2023 - (10:39 WIB)
          Permalink

          Mungkin tergiur promo, pasang dulu bayar belakangan, jadi gk baca2 lagi, S&K nya.

          • 25 Januari 2023 - (12:45 WIB)
            Permalink

            Komentar2 **** kucing semua, sok membela indihome, kalian ini cuma jadi buzzer doang…. jangan dibayar denda nyq, gak perlu !!! telkom itu milik negara dibuat dengan uang pajak rakyat.. bikin peraturan seolah2 uang dari nenek moyang pribadinya. JANGAN PERNAH DIBAYAR denda2 seperti itu.. besok besok para marketing nya pasting akan memohon mohon sampe mengemis biar anda pasang lagi kok… santai aja… masih banyak provider lain yg lebih manusiawi..

            13
            12
        • 25 Januari 2023 - (20:58 WIB)
          Permalink

          Maaf ya mas Telkom itu ada bagiannya masing masing . sales ada tugasnya yaitu untuk menawarkan bukan menjebak. Mas pikir kabel modem dll itu di beli pakai dau. Coba mas nya cari tau harga modem dan kabel optik . Belum lagi untuk bayar teknisi yang masang. Maaf mas mikir nya pakai otak dikit ya

          3
          1
        • 25 Januari 2023 - (21:01 WIB)
          Permalink

          Kalo seribu orang pikiran kek gini busuk nya perusahaan Segede apapun pasti bangkrut . Hehehe

          • 26 Januari 2023 - (07:21 WIB)
            Permalink

            Telkom emg terkenal gitu imagenya.
            Gerimis dikit, lgsg lemot.
            Anda sebagai pegawainya hrs terima kenyataan tsbt.

      • 25 Januari 2023 - (07:47 WIB)
        Permalink

        Resikonya sudah tahu ngontrak pake pasang indihome, instalasi jaringan, kabel, modem, dll butuh biaya banyak

        Main putus aja sudah resikomu juga makanya ada aturan main kontrak berlangganan

        dipikir modal dengkul indihome pasang ke pelanggan

        4
        1
      • 25 Januari 2023 - (08:43 WIB)
        Permalink

        saya mau pake layanan apa juga kalo gangguan ga bisa cepet, tp kalo kuota abis ya metong , kalo tagihan jatuh tempo ya mati, salah tinggal di negara kayak nya

      • 25 Januari 2023 - (13:34 WIB)
        Permalink

        Pertama, kalau ada kendala jangan ke sales .. salah jalur..
        Kedua, kita juga harus pintar .. kalau cuman ganti nama dan password wifi, cari di internet banyak yg ngasih tahu caranya.. tinggal reset lubang kecil di router, nama default beserta passwordnya ada dibalik router, tinggal atur saja kalau sudah connect..
        Kalau gk mau banyak orang yg pake, tinggal disembunyikan, jadi yg mau connect harus setau kita dulu.. bisa juga dibatasi penggunaannya.. bisa juga dibagi .. banyak cara asal kita mau mikir

  • 25 Januari 2023 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Bro.. kalo lu ga bayar artinya lu langgar kontrak

    Sudah jelas d konntrak awal spt it.gua jg sama ko. Baca .. iqra.. pahami kontrak.. all provide jg sama bro.

    Mau ngeluh dsini? Salah tempat haha

    4
    4
    • 25 Januari 2023 - (09:55 WIB)
      Permalink

      Sy setuju dg pendapat anda..๐Ÿ‘ ipar sy juga begitu, ngontrak pindah, Wi-Fi nya ikut kemana aja.. ๐Ÿ˜

  • 25 Januari 2023 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Berhenti ajah, gak usah bayar tagihannya dan gak usah bayar denda. Gak ada ngaruhnya ini kok sama BI Checking

    3
    5
  • 26 Januari 2023 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Aduh Indihome lagi, gak lagi gua pake layanan Indihome. Dah capek gua dengan Indihome. ๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

  • 26 Januari 2023 - (06:52 WIB)
    Permalink

    budayakan MEMBACA sebelum berlangganan,
    budayakan BERTANYA klo gak ngerti,

    ciri khas orng indo banget mau murah tapi gak mau bayar mahal

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Denda Berhenti Berlangganan Wifi.ID yang Memberatkan (Rp1.000.000)

oleh ARRAZKA dibaca dalam: 1 menit
39