Pengiriman Anteraja Sameday Tidak Jelas Status Pengirimannya, Sampai 3 Hari Belum Ada Update Status Pengiriman

Pada tanggal 31 Januari 2023 pagi, saya melakukan pembelian barang elektronik melalui marketplace Tokopedia, pilihan kurir yang saya ambil adalah layanan Anteraja yang sameday, karena saya butuh cepat dan pengiriman adalah ke kantor saya.

Berikut adalah status awal pengiriman:

  • 10:30 Pickup sudah di-request oleh shipper, dan SATRIA akan pickup parcel Selasa 31 Januari 2023 sekitar pukul 10:30 – 12:30.
  • 10:32 SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera di-pickup.
  • 11:05 Parcel sudah diterima oleh SATRIA.
  • 11:41 Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Timur-Cakung
  • Paket sudah di-pick up oleh pihak Anteraja pukul 11.05 WIB.
  • 19:38 SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera diantar ke penerima.

Paket baru diantar pukul 19.38 dan sampai di tujuan 21.35, karena alamat pengiriman adalah kantor yang ada jam kerjanya, maka delivery tertunda karena sudah malam.

Asumsi saya, dengan adalah kegagalan pengiriman atau delivery yang tertunda ini, dengan layanan Anteraja sameday maka harusnya barang dikirim ulang esok paginya, tanggal 1 Februari 2023. Sampai siang saya tunggu, belum ada update status pengiriman, masih per tanggal 31 Januari 2023 pukul 21.35 dengan status delivery tertunda.

Saya telepon CS Anteraja melakukan komplain, dan katanya akan segera diprioritaskan. Dan ditunggu maksimal 3 hari kerja.

Esoknya tanggal 2 Februari 2023, barang belum dikirim juga, statusnya pengiriman masih belum berubah masih per tanggal 31 Januari 2023 pukul 21.35 dengan status delivery tertunda. Saya telepon lagi CS-nya, dan diberikan jawaban yang sama, bahwa akan segera diprioritaskan,

Per hari ini, tanggal 3 Februari 2023 pukul 09.30, statusnya masih sama dan belum di update, masih di tanggal 31 Januari 2023. Saya telepon lagi CS-nya, jawabannya masih template, akan segera diprioritaskan dan dilakukan investigasi.

Karena alamat pengiriman ke kantor, yang pada Hari Sabtu Minggu tutup, jadi apabila barangnya tidak dikirim hari ini pada jam kerja, maka barang tidak akan bisa dikirim lagi sampai Senin tanggal 6 Februari 2023. Maka saya menanyakan kepada CS-nya sebenarnya posisi paket saya ini sekarang ada di hub mana, biar saya saja yang mengambil ke hubnya. Namun cs bilang tidak ada prosedur seperti itu, dan dia juga tidak tahu di mana posisi barangnya.

Kalau CS hanya mengetahui posisi barang dari tracking website, apa bedanya dengan konsumen yang bisa mengakses informasi tersebut. Tidak ada informasi tambahan yang bisa diberikan dari CS mengenai posisi barang di mana.

Anteraja ini bukan perusahaan kecil, banyak dipakai orang dan di banyak marketplace juga termasuk di Tokopedia, masa untuk melacak posisi barang saja tidak bisa? sangat tidak profesional. Konsumen memakai jasa sameday, karena butuh cepat. Kalaupun ada delivery tertunda, harusnya besoknya sudah langsung dikirim lagi. Tapi kenyataannya sampai 3 hari berlalu saja belum dikirim lagi, bahkan update status pengiriman saja tidak ada.

Sangat memalukan untuk perusahaan ekspedisi sekelas Anteraja. Waktu itu sangat berharga, dan dengan keterlambatan pengiriman dan ketidakjelasan ini saya merasa sangat dirugikan. Dan bahkan kurir pun pada status terakhir itu mengatakan nomor telepon tidak bisa dihubungi, padahal nomor telepon saya selalu aktif.

Terus terang saya sangat merasa kesal dengan tidak profesionalnya Anteraja ini. Percuma saja memakai layanan sameday, apabila seperti ini pengirimannya.

Terima kasih kepada media konsumen yang telah menerbitkan keluhan saya.

Mungky
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja Sameday:
[Total:23    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Agung Mungky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Agung Mungky yang berjudul: “Pengiriman Anteraja Sameday Tidak Jelas Status Pengirimannya, Sampai 3 Hari...
Baca Selengkapnya

36 komentar untuk “Pengiriman Anteraja Sameday Tidak Jelas Status Pengirimannya, Sampai 3 Hari Belum Ada Update Status Pengiriman

  • 4 Februari 2023 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Pilih pengiriman sameday tapi pakai alamat kantor. Pengiriman dari Jakarta, kantornya di Bandung atau Jakarta? Untuk meminimalisir masalah dan membantu tugas kurir, hindari pakai alamat kantor kecuali kantornya terbuka 24 jam atau ada resepsionis 24 jam atau penerima paket tidur di kantor.

    Biasanya paket akan dicoba kirim ulang keesokan harinya, tapi jika jadwal pengirimannya justru setelah kantor tutup ya sama juga amsyong. Ada kemungkinan barang dikembalikan ke seller.

    6
    1
    • 7 Februari 2023 - (10:32 WIB)
      Permalink

      kantor di jakarta gan. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya.

  • 4 Februari 2023 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Di tokped kan ada sameday pakai gosend/grab. Knp ga pake itu?
    Anter aja mah “lain tungguaneun”, alias gak patut untuk ditunggu.

    • 4 Februari 2023 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Sama aja kang kalau pakai alamat kantor, malah lebih runyam kalau grab/gosend gagal kirim karena udah tutup. Itu barang pasti dikirim lagi, tunggu 5-7 hari ntar tibaĀ² dikirim, saya pernah begitu. Masalahnya ini barang mahal, harusnya instan saja.

      • 6 Februari 2023 - (08:43 WIB)
        Permalink

        Biasa’y seandaikan memakai alamat kantor pun klo toh di anter pastikan ada scurity tuh.. tinggal titipin aja ke scurity, pengalaman sya begitu..

  • 5 Februari 2023 - (00:37 WIB)
    Permalink

    Ya sbenarnya sdh dianterin sameday hanya kendalanya jam kantor dan gak ada penunggunya ya ribet. Kalo ada jam kantor ya pake instant kalo mo sameday ya sebaiknya ke rumah kirimnya

  • 5 Februari 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Salh ts pke smdy anteraja almtnya pke almt kantor.karana samday bwa brng bnyak bukan puluhn tp bisa 50 pket lebih.kl pke almt kantor pasti akn susah karan jadwal kantor terbats alngknlh baiknya pke alamt rumah.sy jg pernh pke jasa anyeraja samdy sy terima jam 8mlm.kl sudh begini samperin barangnya ke dc anteraja terdekat

  • 5 Februari 2023 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Bjier Kocak yg kemaren pake nomor kantor ini di kirim ke kantor same day owkwowko, ya begitu emang suka sampai malem bapake, aneh aneh aja ya, cod kali ya tp bukan, yaudah dah.

    • 7 Februari 2023 - (10:34 WIB)
      Permalink

      iya gan, salah saya juga pake alamt kantor. sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya.

  • 5 Februari 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Sameday anter aja sih ga usah ditanya, wkwkw pengalaman 3x pake same day jadi nya 3 days,
    Kayanya pake promo potongan ongkir, makanya otomatis jadi anter aja sameday nya, kalo mau lebih pasti same day pake nya gojek atau grab aja, mending ngeluarin duit dikit lebih banyak,tp terjamin sampai nya same day,

  • 5 Februari 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari kurang proffesionalnya anteraja.. yg saya harapkan segera terkirim barangnya.. ada yg bikin gw melongo di kalimat ini
    “pilihan kurir yang saya ambil adalah layanan anteraja yang sameday, karena saya butuh cepat.”
    Butuh cepat kok pake sameday? Instant pakk.. hihi

    • 7 Februari 2023 - (10:36 WIB)
      Permalink

      Betul gan, harusnya pake instant. hehe. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya.

  • 5 Februari 2023 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Koreksi jika salah, samedaye 1 driver mengantarkan ke beberapa tujuan.
    Instan 1 driver ke 1 tujuan saja . .!??

    • 5 Februari 2023 - (15:07 WIB)
      Permalink

      Terlepas dr masalah ini saya pakai sameday anteraja itu pernah 3 hari malah ga ada yg pick up akhirnya dicancel konsumen. Sameday lebih disarankan pakai gojek/grab dan jika tingkat urgensi tinggi lebih baik instant. Menurut sy ini ts mau cepat tp pilihny yg ongkir paling hemat dan pilihan jatuh kepada anteraja. Dan pengalaman grab instant yg terbaru saat ini itu ternyata 1 driver bs utk 2 konsumen ga 1 driver 1 konsumen. Makanya sempat heran kok lama ini grab pick up padahal instant. Jadi mungkin lebih baik pilih gojek saja yg masih 1 driver 1 konsumen utk instant.

    • 5 Februari 2023 - (17:11 WIB)
      Permalink

      Yes… sameday melayani bnyk konsumen. Instant hanya 1 konsumen 1 driver. Tp kemarin saya pesan grab instant sampe 2 orang konsumen 1 driver. Waktu saya tny driver katanya sekarang begitu. Jadi tentu saja akan lebih lama dari seharusnya. Driver juga blgny sih jadi rugi.

  • 5 Februari 2023 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Karena sebenernya motto dari antaraja sekarang berubah : ENTARANAJA terbukti si seluruh gerai entar aja di Bali dapat skor bintang 1 semua, boleh di jek di semua google map// google bisnis entar aja pasti retingnya buruk šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£, salam ENTARANAJA

    • 7 Februari 2023 - (10:37 WIB)
      Permalink

      hahaha. bisa aja agan. ENTARANAJA sampe konsumennya ngeluh, baru dikirim.

  • 5 Februari 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Gimn ceritanya seh…kirim sameday kok pake anteraja…ya gak myngkinlah…emank belum pernah belanja online ya.
    yg namanya sameday hrs pske gosend atau grab lah…itupun hrs dilihat jaraknya gak lebih 10 km…klo lebih ya gak bisa.
    apalg jakarta bandung ya…gak bakalan nyampe dlm sehari..
    same day aja ada 2 macam…yg lsg kirim dlm 30 menit atau yg 6 jam sd hr esok nya.

    • 7 Februari 2023 - (10:38 WIB)
      Permalink

      ke jalarta kirimnya gan. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya

    • 18 Februari 2023 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Kalo kaya gitu tokopedia nya juga koplak ya, udah tau jarak nya jauh, masih disediakan pilihan ‘same day’

  • 5 Februari 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Ya salah sendiri lah, pakai logika aih, sameday mah kemungkinan dateng malem, aturan ya tungguin sana sampe dateng. Kl emang urgent ya pakai instant

    • 7 Februari 2023 - (10:39 WIB)
      Permalink

      siap gan, bukan sy ga pake logika, saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya

  • 6 Februari 2023 - (05:12 WIB)
    Permalink

    Pikir 2x kalo mau pakai jasa anteraja, perusahaan ini menuju ke bangkrut an dan masih ada di toped karena sudah ada kontrak yang akan segera berakhir. Lebih baik pakai jasa lain. Kita tunggu saja saat anteraja bangkrut. Mudah2an lebih cepat

  • 6 Februari 2023 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Ya elaaa, bego bener alamat pengantaran ke kantor. Emang kurir cuma ngantar barangmu saja? Yang jelas mereka sdh antar di hari yg sama. Mustinya ya Anda itu yg nungguin paket sampai malam di kantor bukannya pulang. Kesalahan jelas ada di anda sendiri, jangan salahkan kurir Antaraja. Enakaja jadinya ngasih alamat kantor, loe pulang, nyalahin kurir. Kalau saya jadi kamu, maka saya akan tungguin di kantor walau sampai tengah malam, bukannya pulang apalagi saya tahu status paket sedang dalam perjalanan menuju alamat kantor.

    2
    1
    • 7 Februari 2023 - (10:41 WIB)
      Permalink

      tolong gunakan kata2 yang baik ya gan. meski saya dirugikan tapi saya juga tidak menggunakan kata-kata yang jelek terhadap anteraja. anda tidak ada urusan apa-apa tapi mengatakan saya bego. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya

  • 6 Februari 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Saya pun begitu diminggu lalu sama si anter4ja, waktu belanja di oren dan pilih layanan sameday..kecewa banget.

    Mau pilih jasa sameday-nya apa setelah “paid” gak bisa, saya chat admin tokonya dia bilangnya gak bisa apa2, saya chat admin si orennya kaya gak mau tau..

    Udah bayar mahal2 layanan sameday tapi sampenya malah besok walhasil saya merasa dirugikan, dari segi tarif dan waktu..karena layanan next day/reguler tapi tarif sameday

    mereka gak ngerti apa kalo “sameday” berarti dihari yang sama? tapi akhirnya saya maklumin karena mereka kan “anter4ja” it means ya sekedar nganter, soal lain mungkin bodo amat.

    • 7 Februari 2023 - (10:43 WIB)
      Permalink

      masih mending agan barangnya nyampe besoknya gan, ini sampe 3 hari ga dikirim-kirim dan ga ada update status dari semenjak gagal kirim. hehe. mungkin jadi pelajaran buat saya agar bisa lebih selektif dalam memilih jasa kurir. makasih buat shairngnya.

  • 6 Februari 2023 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Bukannya pro ke Anteraja. Tp kurir Anteraja itu udh profesional buat nganter situ ngerasa pesan sameday status dalam pengiriman knp gk tunggu dialamat delivery nya? Yg jelas sih kemungkinan paket udh di refund ke seller. Dgn keterangan tidak ada penerima. Soalnya sameday itu biasa ada expire nya dalam pengiriman 1 hari.. be a smart buyer brošŸ‘šŸ‘

    • 18 Februari 2023 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Apaan..pengalaman pribadi pilih sameday anter aja di tokopedia gak pernah tuh nyampe dihari yang sama, jakarta pusat ke jakarta selatan, udh ada 5x, bahkan pick up dari seller nya ada yang jam 9 pagi dan jam 12 siang, mungkin agan kebetulan aja, dapet yang pelayanan bagus, tapi kalo buat saya anter aja enggak banget,

  • 7 Februari 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    siap gan. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya

  • 25 Februari 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Klo pngalaman sy (d bogor) pk jasa kurir biasanya bukan krna “brand” ekspedisi nya yg identik dngn kinerja, tp dedikasi kurir nya trhadap pkerjaan mreka sk beda2, kdng ada yg jlek bgt, pemales, kdng ada yg cpet bgt. Bbrp hr yg lalu sy order brng online, pk gratis ongkir jd otomatis AnterAja, bsok siangnya udh nyampe cm selang 24 jm dr awal order, pdhl gratis ongkir lho, sy udh siap aja brngnya bakal lama tp trnyata cm sehari. Lalu ada jg kurir SiCepat favorit sy yg slalu anter pesanan sy dngan dedikasi yg tinggi, bhkn d atas jm 9 mlm dia bela2in anter, bhkn sy prnh blng “mas sy ad bbrp orderan tp dr toko yg beda dn d jam yg beda jg, biar mas gk kerepotan mnding tunggu aj smpe smuanya masuk gudang br skaligus anter k sy drpd satu persatu”, tp ttp aj dianter sm dia satu persatu stiap ad brng sy yg masuk, bner2 hebat. tp klo untuk kurir yg d jkarta (sy biasa bli dr toko jkrta), bah lemot. Sy mau benci SiCepat tp keinget si mas ini yg giat skali kerja nya. Jd yg kyk gini lbh k kinerja kurirnya yg beda2.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja Sameday?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Anteraja Sameday Tidak Jelas Status Pengirimannya, Sampai 3ā€¦

oleh Mungky dibaca dalam: 2 menit
36