Surat Pembaca

DANA Mempersulit Refund, Padahal Status Transaksi “Order Gagal”

Kronologinya, pada tanggal 29 Januari 2023 pukul 07.03, saya melakukan transaksi pembayaran tagihan First Media menggunakan aplikasi DANA, sejumlah Rp281.385. Saya tidak menyadari bahwa status transaksinya bukan berhasil/sukses, melainkan “Order Diproses”. Sampai pada akhirnya saya mendapat pesan penagihan dari First Media pada tanggal 6 Februari 2023, bahwa nomor akan terisolir karena belum melakukan pembayaran. Setelah itu saya baru mengetahui bahwa transaksi pada tanggal 29 Januari 2023 tidak berhasil.

Kemudian saya menghubungi pihak First Media untuk memastikan dan jawabannya belum ada pembayaran. Akhirnya saya melakukan pembayaran tagihan First Media dengan channel pembayaran lain. Setelah itu, pada hari yang sama baru saya melaporkan keluhan transaksi yang menggantung kepada DANA melalui fitur chat. Saya mendapatkan nomor tiket laporan: 23937047 dan hanya diminta menunggu.

Kemudian saya mencoba melapor via DM Instagram @dana.id dan email help@dana.id. Saya mendapatkan nomor tiket baru: 23942346 dengan respons yang sama, hanya diminta untuk menunggu. Saya coba telepon ke customer service DANA (1500445), 3 hari berturut-turut jawabannya sama, diminta menunggu sedang diproses.

Kemudian tanggal 13 Februari 2023, statusnya berubah menjadi order gagal. Namun hingga saat ini 15 Februari 2023 uang saya belum juga dikembalikan. Saya coba hubungi kembali call center 1500445 dan lagi-lagi saya tidak mendapat kepastian terkait pengembalian uang saya.

Bagi saya nominal uang Rp281.385 sangat besar. Saya sebagai pengguna aplikasi DANA yang sudah sejak lama, sangat menyayangkan dengan adanya kejadian seperti ini. Hal ini membuat saya berpikir ulang untuk tetap menggunakan aplikasi DANA.

Linggar Della Reka
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “DANA Mempersulit Refund, Padahal Status Transaksi “Order Gagal””

Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Linggar Della Reka di Media Konsumen, “DANA Mempersulit Refund, Padahal...
Baca Selengkapnya

Komentar