Surat Pembaca

Sistem yang Tidak Adil, Akun Driver ShopeeFood Ditahan karena Resto Tutup Tidak Mematikan Aplikasi

Terima kasih Media Konsumen. Saya driver ShopeeFood dan kali ini saya merasa mendapatkan perlakuan tidak adil dari sistem ShopeeFood. Pada tanggal 1 Maret 2023 kemarin, saya mendapatkan pembatalan order 3x berturut-turut, yang menyebabkan performa akun menjadi rendah. Sehingga mengakibatkan akun saya di-banned selama 3 hari.

Pembatalan pertama disebabkan jalan menuju ke resto dan alamat pengantaran terkendala banjir, berisiko untuk dilalui motor, sehingga saya mengajukan pembatalan melalui CS Shopee.

Pembatalan kedua, oreder sudah saya jalankan, tapi setibanya di resto ternyata resto tutup, tapi resto tidak menutup aplikasinya. Mau tidak mau dibatalkan lagi melalui CS. Makin turun performa akun saya.

Pembatalan ketiga, terulang lagi kasus setelah sampai di resto, ternyata resto tutup alasan lupa matikan aplikasi. Terpaksa dibatalkan lagi dan yang membatalkan dari pihak resto.

Performa akun saya jadi 25% karena hal tersebut dan menyebabkan akun saya di-banned 3 hari, dengan alasan penyelesaian order sangat rendah. Kok tidak adil gini ya sistem ShopeeFood kepada driver-nya? Kesalahan ada dipihak resto, tapi driver yang dihukum. Keadilan macam apa ini?

Memang ada pengajuan banding, tapi sama saja, prosesnya 3 hari. Tetap saja saya tidak bisa mencari nafkah untuk keluarga kecil saya karena hal ini. Hebatnya, semua kesalahan dikambinghitamkan ke driver. Emosi sekali saya saat di banned bukan karna kesalahan saya.

Dwi Rianto Kusuma
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aplikasi shopee adalah aplikasi paling lemot di semua aplikasi belanja. Apalagi pas mau check Shopeepay, lemotnya minta ampun deh.

  • Sbg partner, sll ikut promo yg di tawarkan team lapangan mrk. Hasilny di warungku tdk bgtu special. Kalah dgn duo ijo. Di penawaran berikutny aku tolak dan ingin buat promo sendiri. Hasilny?
    1. Suatu saat ada mslh pencairan dan tny ke team mrk: wa hny di baca sj
    2. Meski bikin promo sendiri tnp ikut program promo mrk, sama sekali tdk ada pemesanan yg masuk. Sampe2 ada rencana mau tak uninstall sj apk-nya. Pertimbangan ku, toh ikut program mrk pun orderan yg msk ga oke jg.

    Kesimpulan: shopiput ini jahat sekali. Mrk pikir bisa ngatur2 dan menekan partner warung mrk.

  • turut prihatin sm apk ini.
    sy sbg pengguna / konsumen saja sudah ga pernah lg order shopeefood. terakhir order saja udah lupa kapan. biaya layanan nya ngeri juga Rp 5.000 per checkout. udah ga menarik sama sekali. go put masih mending sih promonya.

  • Andai Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mau mendata WNI secara langsung (seperti saat mengambil data sensus yang dtg kerumah rumah2), sosialisasi, memberi pekerjaan, serta menempatkannya pada pekerjaan yang tepat dan sesuai keterampilan dari masing-masing individu. Dijamin, pasti sejahtera warga dan negara ini, dan pastinya tingkat pengangguran akan turun drastis

  • TERNYATA ADA JUGA YANG MENGALAMI HAL INI..

    SAYA SEBAGAI PIHAK(MERCHANT) BARU JUGA MERASA SECARA TIDAK SENGAJA "MENZALIMI DRIVER"

    KARENA SECARA TIDAK SENGAJA TERKLIK 24JAM, SEDANGKAN SAYA SUDAH TUTUP DAN PIHAK DRIVER SUDAH BERULANG KALI DATANG DIWAKTU DINI HARI, CUMA KRN TERTIDUR PULAS DAN MEMANG KITA SUDAH TUTUP TIDAK TAHU KALAU TERNYATA STATUSNYA OPEN

    MESKIPUN SAYA SUDAH BERKOAR2 TELPON KE SHOPEEFOOD  BAHWA SAYA YANG SALAH, TAPI MASIH JUGA.. "KERAS KEPALANYA SHOPEEFOOD / KEEGOISAN PIHAK SHOPEEFOOD / KEZALIMANNYA" LEBIH BESAR DIBANDINGKAN KEBIJAKANNYA...

    PENGAJUAN BANDING DRIVERNYA DITOLAK.. SEDANGKAN POSISINYA DRIVER TIDAK BERSALAH, SAYA SEBAGAI MERCHANT YANG SALAH, MESKIPUN SAYA MEMINTA KITA YANG DISUSPEND, TAPI ITULAH KE EGOISAN MEREKA(SHOPEEFOOD) SELALU MERASA PALING BENAR

    SHOPEEFOOD HARUS DILAPORKAN KEMENTERIAN DISNAKER ATAS KEBIJAKAN SEPIHAKNYA... HARUS ADA YANG BERGERAK MEROMBAK MEREKA... KALAU TIDAK AKAN TERUS ADA DRIVER YANG TERZALIMI..