Sistem yang Tidak Adil, Akun Driver ShopeeFood Ditahan karena Resto Tutup Tidak Mematikan Aplikasi

Terima kasih Media Konsumen. Saya driver ShopeeFood dan kali ini saya merasa mendapatkan perlakuan tidak adil dari sistem ShopeeFood. Pada tanggal 1 Maret 2023 kemarin, saya mendapatkan pembatalan order 3x berturut-turut, yang menyebabkan performa akun menjadi rendah. Sehingga mengakibatkan akun saya di-banned selama 3 hari.

Pembatalan pertama disebabkan jalan menuju ke resto dan alamat pengantaran terkendala banjir, berisiko untuk dilalui motor, sehingga saya mengajukan pembatalan melalui CS Shopee.

Pembatalan kedua, oreder sudah saya jalankan, tapi setibanya di resto ternyata resto tutup, tapi resto tidak menutup aplikasinya. Mau tidak mau dibatalkan lagi melalui CS. Makin turun performa akun saya.

Pembatalan ketiga, terulang lagi kasus setelah sampai di resto, ternyata resto tutup alasan lupa matikan aplikasi. Terpaksa dibatalkan lagi dan yang membatalkan dari pihak resto.

Performa akun saya jadi 25% karena hal tersebut dan menyebabkan akun saya di-banned 3 hari, dengan alasan penyelesaian order sangat rendah. Kok tidak adil gini ya sistem ShopeeFood kepada driver-nya? Kesalahan ada dipihak resto, tapi driver yang dihukum. Keadilan macam apa ini?

Memang ada pengajuan banding, tapi sama saja, prosesnya 3 hari. Tetap saja saya tidak bisa mencari nafkah untuk keluarga kecil saya karena hal ini. Hebatnya, semua kesalahan dikambinghitamkan ke driver. Emosi sekali saya saat di banned bukan karna kesalahan saya.

Dwi Rianto Kusuma
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ShopeeFood:
[Total:132    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Sistem yang Tidak Adil, Akun Driver ShopeeFood Ditahan karena Resto Tutup Tidak Mematikan Aplikasi

  • 4 Maret 2023 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Dari tiga order tersebut, sebetulnya anda bisa hubungi pembeli/pemesan agar mereka yang melakukan pembatalan. Jika sistem chat di SopiPut bisa menyertakan foto, tunjukkan kepada pemesan sebagai penguat klaim. Mungkin saran saya salah karena saya tidak pernah menggunakan layanan ini sehingga tidak tahu apakah fitur pembatalan dari pemesan dan attach foto tersedia di aplikasi.

    Saya jarang sekali menemukan keluhan di Media Konsumen tentang SopiPut, terutama menyoal sistem pembatalan yang buruk. Entahlah jika yang terjadi pada anda terkait kesalahan sistem, masa operasional dan kinerja, atau memang anda sedang apes mendapatkan zonk tiga kali berturut-turut.

    Semoga pihak Sopi merespon keluhan dan memberikan penyelesaian yang adil.

    PS:
    Jangan mengandalkan hanya satu layanan jika tidak ingin keluarga kecil anda menderita. Rekan sesama driver adalah narasumber yang tepat mengenai kiat-kiat mendaftar di beberapa layanan sekaligus dengan resiko kecil agar tidak di ban. Jika anda diperlakukan tidak fair, anda juga bisa melakukan hal yang sama.

    20
    10
    • 4 Maret 2023 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Pembeli ga bisa batalkan order kalau sudah diterima resto kecuali lewat CS, begitupun resto tidak bisa batalkan begitu orderan masuk. Dikasih waktu 2 menit untuk terima atau tolak, lebih dari 2 menit otomatis diterima. Bisa batalkan cuma lewat CS. Masalahnya aplikasi ShopeePartner untuk resto banyak cacatnya ,order masuk notifikasi ga bunyi dll. Yang paling parah itu lemotnya luar biasa , butuh waktu beberapa detik untuk lihat orderan masuk. Kalau lagi teler bisa tidak bisa dibuka orderan sama sekali dan ini sering sekali. Grab/Gofood real time bisa lihat order, shopee duitnya kebanyakan buat iklan tapi server masih numpang milik mertua. šŸ¤­
      Sangat mengganggu loh buat resto khususnya kalau lagi rame. Semoga Shoppe bisa mandiri banyak rejeki dan bisa menambah server nya. Jeritan hati pemilik resto..

      29
      1
      • 4 Maret 2023 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Owh.. berarti aplikasi Shopee memang lemot.
        Saya bulan lalu, coba buka lapak di Shoppe.
        Testing upload etalase 10 item barang. Sempet terjual 1 pcs, abis itu langsung tutup toko.
        Stres pas buka Seller Center nya, lemot euy!!!
        Kebetulan latar belakang saya pembuat aplikasi, setiap buka Shopee seller center
        pikiran bawaannya ngegerutu mulu, protes soal desain aplikasi, arsitektur database, server, dll….
        lama2 bisa meledak tensi darah… hehehh šŸ™‚
        Apalagi sudah kebiasaan buka Tokopedia seller, Gopay, Ovo yang performance-nya lumayan oke, makin terasa ada yang salah dalam aplikasi shopee..

        • 6 Maret 2023 - (21:36 WIB)
          Permalink

          Udah ente jgn pake ini aplikator mending 2 debelah se pea pea nya mereka tapi masih lebih bijak ke driver…. klo si oren mau menang sendiri. Percumah ngoceh kaga bakal di tanggapin sama tu aplikator.

    • 4 Maret 2023 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Benar Bang jgn terpaku di satu akun driver aja.

      Saya driver shopee Food, tp, saya jg driver dua ijo.

      Buat TS sepengatahuan saya si kuning selalu buka pendaftaran driver baru.

      • 5 Maret 2023 - (17:32 WIB)
        Permalink

        Emang shopi ini cuman jual baju aja, tanggapan driver tidak di gubris. Misalnya aja kenaikan tarif semua naik shope tidak naik, ini namanya dikembalikan jaman penjajahan dulu romusa, dan di katagorikan pemeras keringat orang, dan mohon pada pak .Mentri atau dinas perhubungan disidak dunk jangan diem Bae kasihan rakyat nya , padah bpak2 ini di bayar sama rakyat loo

    • 4 Maret 2023 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Mau siapapun yg batalkan baik customer, driver ataupun resto tetap performa driver yg diturunkan pak. Saya sudah mengajukan banding 2x dihari pertama & kedua tetap ditolak. Sistem ttp menjatuhkan sanksi karna performa rendah tanpa melihat siapa yg melakukan pelanggaran.

      • 5 Maret 2023 - (23:42 WIB)
        Permalink

        Daftar aplikasi lain, jgn maksain, sambil cari2kerjaan lain selain ojol.bergaul dengan tetanga sekitar,libatkan istri juga buat menawarkan antar penumpang dipagi hari dan pulang kerja tanpa aplikasi, tapi harga sama dgn aplikasi.ogkirnya lumayan tanpa potongan,utuh buat km semua.

    • 5 Maret 2023 - (08:46 WIB)
      Permalink

      Masalahnya kalau kita punya akun lain malah performa akan sulit dijaga karena idealnya dari system aplikasi driver harus setiap hari aktif dan memenuhi target minimal. Jadi kalau aktif lebih dari satu system kadang nanti bisa overlap antar masing-masing akun dan malahan semuanya di bawah perform. Kadi kalau bukan praktisi bicara itu mudah ya.

    • 5 Maret 2023 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Menjadi driver shopee food, saya prediksi selama tiga tahun menjalankan order, drivernya pada kena stroke semua. Sudah ongkir murah Rp. 6.400. Driver selalu kena sanksi meskipun yang salah di pihak resto, entah itu resto belum buka, resto tutup tapi restonya lupa mematikan aplikasi. Banding selalu ditolak. Saran ke pada penulis, kalau cuaca hujan, aplikasi dimatikan saja, karena beresiko kecelakaan, jalan yang dilalui banjir dan hp bisa rusak. Gak usah terlalu membelani aplikasi yang ongkirnya murah semurah-murahnya tapi gampang memberikan sanksi kepada drivernya.

    • 5 Maret 2023 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Bantu jawab, itu untuk pembatalan tdk bisa dr konsumen tetap melalui cs shoopee, dan di system mereka tetap driver yg apes…itu brengseknya system orange

      1
      1
    • 6 Maret 2023 - (00:40 WIB)
      Permalink

      Resto, pelanggan dan driver tidak bisa membatalkan pesanan kecuali menghubungi pusat bantuan shopeefood untuk membatalkan pesanan tersebut.

    • 6 Maret 2023 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Baru tau ya bos? Grab juga sama bos, resto tutup pulang kampung waktu Lebaran tapi lupa matikan aplikasi, driver yg kena, ratingnya turun. Penumpang ga bisa cancel kecuali resto atau driver yg lapor kalau resto tutup. Tapi tetap rating penyelesaian order milik driver jadi turun.

  • 4 Maret 2023 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Baru tahu ada aplikasi Sopifud , biasanya suka pake gojek / grab saja soalnya banyak promonya.

    1
    4
  • 4 Maret 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Shopee emang busuk sampe ke akarĀ²nya. Semoga abang driver senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam mencari rizky yang halal untuk keluarga

    11
  • 4 Maret 2023 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Memang bisa di bilang sistem shopee bermasalah.

    Kita sebagai yg punya resto juga aplikasi sdh di aplikasi shopee partner sdh di tutup, tp aneh nya customer bisa mesan, setelah di cek di aplikasi malah kebuka.
    Trus juga kita ga ikut promo malah di ikutkan promo, jd nya double potongan, potongan promo 20%, di tambah potongan resto buat pencairan 20% jg.
    Blm lg pencairan waktu x ga jelas.

    Buat TS, photo resto menggunakan aplikasi timestamp. Jd di sana keliatan tanggal, jam dan koordinat lokasi outlet, trus kirim foto ke tim shopee food di wa grup, nanti di bantu mereka buat banding spy cepat di bukakan akun nya.

    Saya jg punya resto di shopee, trus saya jg driver shopee.

    4
    1
  • 4 Maret 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Iya saya juga merasakan ini sistem kurang adil, resto tutup sudah jalan modal bensin, ditambah lagi peforma turun gak dapat duit lagi, “ibarat kata sudah jatuh tertimpa tangga”lewatin orderan 3 x suspen apa memang seperti itu yg dinamakan mitra?

  • 5 Maret 2023 - (02:20 WIB)
    Permalink

    Mending bang di tahan, akun gw di pm ma shopee garaĀ² customer ngaco ngasih titik pengantaran yg lumayan jauh. Di ingetin malah ngomong kasar. Gw di laporin, 2 hari kemudian ada notifikasi gw melakukan tindakan kriminal, dri situ akun gw ga bisa di pake lagi, tlp cs jwb nya ga memuaskan. Shopee food akun yg bela toko ma pembeli doang

  • 5 Maret 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Kasihanilah driver mu neng shopee . . Beliau menggantungkan pendapatan dari ongkos kirim makanan itu . .!??

  • 5 Maret 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Ane kasih saran nih pilih kendaraan rusak kalo resto tutup, itu lebih aman kena suspen setengah jam doang…. Temen” Ane gitu kalo ketemu resto tutup

    • 5 Maret 2023 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Mmg masih ada yg, shopefood, semenjak akun keluarga sy di blokir tanpa alasan jelas dan di tuduh curang, sy 1 bln paling belanja 1 kali itupun sangat terpaksa, liat ajah lama2 juga tutup kaya jd.id…

  • 5 Maret 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Aplikasi ijo dan orens itu sebenarnya sama sama bajingan pada driver yang mereka sebut sebagai “MITRA” oleh mereka. Namanya mitra berada pada posisi yang sama (Sama sama saling membutuhkan). Ijo dan Orens hanya menutupi tabiat penjajahan masa kompeni dahulu kala. Driver dipaksa harus menjalankan semua orderan masuk tanpa terkecuali. Jika terjadi pembatalan dengan alasan apapun, driver (yang disebut “MITRA”) yang jadi tumbal (performa hancur, lebih dari 3 kali akun suspen beberapa hari). Jika memang driver harus menjalankan semua orderan masuk, si Ijo dan Orens HARUS MENJADIKAN DRIVER (MITRA) SEBAGAI KARYAWAN TETAP. BUKAN SAPI PERAH. Pemerintah pun tidak mau tau dengan kehidupan driver yang hanya dijadikan BABU oleh aplikator Ijo dan Orens.

    4
    1
    • 5 Maret 2023 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Ijo anak bangsa masih lebih mending bang daripada ijo paman….
      Gw user keduanya soalnya…
      Yg ijo anak bangsa lebih banyak ngasih benefit ke driver daripada ijo paman…

      • 6 Maret 2023 - (00:52 WIB)
        Permalink

        Waduh bang, saya juga pengguna ijo dan orens, gak ada kata mendang mending sama saya bang. Sampai hari ini sudah hampir 5 tahun saya menjalani si ijo yang dua itu, sama aja ********nya bang. Sama sama menjadikan driver sebagai sapi perah dan benar benar hina driver bagi si ijo yang dua itu.

    • 5 Maret 2023 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Fix kalo mitra pengemudi cuma dijadikan budak shopee segala keluhan mitra tidak akan didengar diterima. Hanya pelanggaran kecil dikit” main suspend main PM kurang toleransinya. Jangan begitulah Shopee kamu besar dan maju juga berkat driver

      • 6 Maret 2023 - (00:00 WIB)
        Permalink

        Lama2jg ngak ada drivernya, buka pendaftaran baru,driver pada coba2begitu ngejalanin ongkos ngak seberapa,pada mudur juga..apa lg sekarang,orang mulai blanja off line lagi,pasar,mall udah mulai rame.lama2on line sepi.ongkos pada murah2,potongan pada sebesar besarnya..lama2 ngak ada yg mau ngejalanin..perhatikan aja dijalanan sekarang..ojol tidak sebanyak dulu.lama2juga pada stop jd ojol balik jadi ojek pangkalan.

  • 6 Maret 2023 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Aplikasi shopee adalah aplikasi paling lemot di semua aplikasi belanja. Apalagi pas mau check Shopeepay, lemotnya minta ampun deh.

  • 6 Maret 2023 - (04:27 WIB)
    Permalink

    Sbg partner, sll ikut promo yg di tawarkan team lapangan mrk. Hasilny di warungku tdk bgtu special. Kalah dgn duo ijo. Di penawaran berikutny aku tolak dan ingin buat promo sendiri. Hasilny?
    1. Suatu saat ada mslh pencairan dan tny ke team mrk: wa hny di baca sj
    2. Meski bikin promo sendiri tnp ikut program promo mrk, sama sekali tdk ada pemesanan yg masuk. Sampe2 ada rencana mau tak uninstall sj apk-nya. Pertimbangan ku, toh ikut program mrk pun orderan yg msk ga oke jg.

    Kesimpulan: shopiput ini jahat sekali. Mrk pikir bisa ngatur2 dan menekan partner warung mrk.

  • 6 Maret 2023 - (14:44 WIB)
    Permalink

    turut prihatin sm apk ini.
    sy sbg pengguna / konsumen saja sudah ga pernah lg order shopeefood. terakhir order saja udah lupa kapan. biaya layanan nya ngeri juga Rp 5.000 per checkout. udah ga menarik sama sekali. go put masih mending sih promonya.

  • 7 Maret 2023 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Andai Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mau mendata WNI secara langsung (seperti saat mengambil data sensus yang dtg kerumah rumah2), sosialisasi, memberi pekerjaan, serta menempatkannya pada pekerjaan yang tepat dan sesuai keterampilan dari masing-masing individu. Dijamin, pasti sejahtera warga dan negara ini, dan pastinya tingkat pengangguran akan turun drastis

 Apa Komentar Anda mengenai ShopeeFood?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Sistem yang Tidak Adil, Akun Driver ShopeeFood Ditahan karena Resto Tuā€¦

oleh Gema dibaca dalam: 1 menit
36