Surat Pembaca

Pembelian Handphone Promo yang Diadakan Tokopedia, Dibatalkan Penjual

Saya membeli sebuah handphone pada Hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 dengan no invoice INV/20230319/MPL/3119161857 dari sebuah seller di Tokopedia. Saya membeli datang tersebut dengan harga promo yang diselenggarakan oleh pihak Tokopedia dalam event mereka dengan bertajuk kejar diskon spesial.

Setelah berhasil mendapatkan dengan susah payah karena stok sedikit, cuma 2, saya langsung chat pihak seller untuk berterima kasih karena saya sudah mendapatkan barang tsb.

Tetapi beberapa jam kemudian seller membalas chat tsb bahwa ada kesalahan dari pihak tokopedia dan saya berinisiatif mengontak CS Tokopedia dan pihak Tokopedia mem-follow up. Tapi sampai malamnya belum ada kejelasan siapa yang salah.

Mudah-mudahan melalui surat ini barang tersebut dapat dikirim dan permasalahan tersebut diatasi karena bila tidak dikirim ada indikasi penipuan berkedok event yang diadakan.

Arie Siswara
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Kalo official sih lebih menjamin sih.tp selama sya ikutan dan ad beberapa yang rejeki dapet ttp bukan official pun dikirim

      • Selama ini sya selalu ikutan yang event resmi mas yg diadakan pihak e-commerce bukan event promo perorangan.sya pernah bertanya kpd seller yg bukan official di slah satu e-commerce.kdang mereka ikutan event buat dongkrak traffic toko bisa dibilang ngiklan.krena itu paling stok kalo barang gede 1 atau 2

  • Sangat Banyak Seller ketipu undangan Flash Sale di Tokopedia yg kadang seller Approve Promo tanpa cek harga di masinh masing Produk, Kalo produk yg di undang cuma puluhan its ok gampang ngecek, kalo ratusan itu yg susah, Dan kadang harga diskonya gak Ngotak alias gak ngira2 bisa sampe diskon 98%.
    dan kadang ada undangan tanpa Approve Aktif sendiri promo flash salenya

    • Iya makanya sya konfirmasi seller dan pihak e-commerce nya.lagi diinvestigasi juga oleh pihak e-commerce.moga ketemu titik terang nya.yang sya yakin dan ikutan karena stok yg di dijual cuma 2pcs.kalo stok yg dijual banyak dah dipastikan slah hrga dan sya gak komplen kalo misal dibatalkan.

    • Pesanan saya juga pernah dibatalin oleh toko, barang yg saya pesan adalah barang pecah belah. Alasannya barangnya itu barang reject alias cacat en ga layak jual, si admin ga ngecek ke gudang. Kesal sih emang karena udah berharap dapat barang bagus dgn harga murah. Padahal itu toko juga official, ga ngerti kenapa mereka ga ngecek dulu ke gudang sebelum ngadain flash sale atau ini hanya trik jualan? Entahlah..

      • Ironis emg bgtu.konsumen gak tau itu trik jualan atau emg kenyataan alasan yg sebenarnya.sya makanya ikut selalu yang event e-commerce.meminamalisir keslahan wlaupun pasti ada juga oknum2 yg memanfaatkan buat up traffic toko

        • Iya, Tokped harus investigasi untuk memastikan tidak ada masalah di sistemnya.
          Untuk ikut event, seller diundang kemudian mangajukan Item produk yang akan diikutkan dalam event flash sale.
          Item yang diajukan akan diseleksi terlebih dahulu oleh tim Tokped.

          Harga normal adalah harga yang sudah tercantum di etalase toko dengan histori pernah terjual minimal 1 pcs.
          Persentase Diskon ditentukan oleh seller saat pengajuan.
          Saat pengajuan sudah di-approved, Qty yang diajukan, harga dan persentase diskon di lock sampai Event selesai.
          Sampai tahap ini, seharusnya pihak toko sudah memeriksa apa yang diajukan.
          Kesalahan harga, stok kosong rasanya sulit buat dimengerti...

          Desain mekanisme ini bertujuan untuk membuat event agar berjalan dengan benar ya..
          Nah, kala ada kasus kayak gini atau stok kosong, dll sehigga order pembeli dibatalkan oleh seller, Tokopedia wajib investigasi (apalagi kalau info dari seller ada kesalahan dari Sistem Tokped nya).
          Kan ngeri buat seller2 Tokped yang lain, kalau memang ada masalah di sistem.
          Yang katanya, tiba2 jadi masuk flash sale tanpa diketahui seller... katanya....

          Untuk itu, Tokped mungkin perlu waktu untuk audit sistemnya.
          Kalau tidak ditemukan potensi kesalahan pada sistem, Tokopedia wajib bekukan tokonya.
          Karena kasus seperti ini merusak kepercayaan konsumen.

          Surat keluhan seperti bung Arie inilah jadi faktor kontrol yang penting buat Tokopedia.
          So.... buat Bung Arie, nikmati terus event flash sale nya, banyak toko lain yang ikut sesuai dengan cara yang benar.
          Tetap semangat, rock on!!! :)
          Kalau ada masalah.. info ke CS Tokped. Kalau tanggapan CS nya kurang serius, tulis di media! Supaya bisa jadi bahan koreksi buat marketplace.
          Cheers!

          • Awalnya sya mengira ad indikasi penipuan karena 1 hari tsb seller ikut 5 sesi dan dia gak take down disesi selanjutnya.tp ketika ad bantahan seller dan sekarang lagi diinvestigasi e-commerce sya jd belum bisa memutuskan apa yang slah.sya nulis disini betujuan bila ad kejadian dikemudian hari kayak gni bisa ad solusinya.bila hasil temuan keslahan dari seller nya bisa jd patokan biar seller yang Laen gak mengikuti cari oknum seller tsb bila hasil temuan slah di sistem e-commerce nya bisa langsung di perbaiki sehingga gak merugikan seller.sebenrnya event fs itu semua diuntungkan.seller bisa dapet media promosi dan bisa up tokonya serta penjualan.konsumen dapet barang dengan hrga yang menarik.

      • Mungkin juga itu kesalahan dari pihak tokped. Produk diikutkan program flash sale tanpa konfirmasi seller

        • Ini lagi proses investigasi dan koordinasi tim terkait pihak e-commerce.lg ditgu gimna kelanjutan nya.

    • Betul ,, diskon event kok tiap hari sampai 90% ,,gx ngotak banget emang tokopedia ,, pernah tuh temen ngalamin kejadian serupa ,, jadi dengan sendirinya ikut flashsale diskon 90% ,, harga 1 jta jdi ,, 100 ribu ,, yg beli bejibun ,, ada 60 an orang ,, untung kebanyakan mau batalkan pesanannya ,,sebagian dibatalkan sendiri dan kena pinalti ,, aneh kan ,, tokopedia sepihak masukin produk kita di event flashsalenya ehh kena pinalti juga ,,terkadang juga sistemnya error ,,kena pelanggaran produk yg jelas jelas produknya gx bermasalah ,,makim kemari makim ngawur tokopedia ,, semoga ada platform baru yg bisa buat seller lebih aman berjualan tanpa harus korban iklan banyak

    • Ditgu kabar selanjutnya saja.sya mah menunggu jawaban dari tim e-commerce.jd clear Maslah nya gmna.

  • Kayaknya toped gak mungkin subsidi sampe 90%. Entah siapa yg salah....... Kayak lagu tiktok

    • Kebiasaan seller e comm, yang minta batal seller tapi yang disuruh batal buyer. Heran seller model gitu, mereka yang butuh batal ya tinggal klik batal malah suruh buyer yang batalin. Kalau alasan penalti itu sudah resikonya, kan memang pihak seller yang minta batal. Kalau di toped sih enak ada alasan pembatalan permintaan penjual.
      Untuk TS jangan mau membatalkan biarkan ikut sistem.

      • Kalo saya gak pernah mau mambatalkan walupun disuruh membatalkan.kecuali pernah ad satu kasus yang tidak kesengajaan karyawan sampe kejual ribuan unit hrga slah input.dia meminta maaf sampe TLP sya karena emg gak sengaja

  • Sya gak tau sistem mekanisme e-commerce berpaa persen dalam memberi subsidi sesuatu event yg bakal diikuti seller.tp sya pernah tanya seller di slah satu ecommerce ad event yg memang dia tanggung semua dan biasanya stok sedikit paling banyak 10pcs.kalo event yang disubsidi biasanya mencapai puluhan bahkan ratusan.tapi sya merasa makin banyak oknum seller yang manfatin event tp pake marketing slah hrga kemungkinan krena sangsi yg gak begitu ringan.

  • Harganya kok ga logis ya... Masa 160rban begitu haha.. Sy pribadi selalu menjauhi barang yg harganya ga logis, entah judulnya flash sale!! Cuci gudang!! Dll karena pasti drama doank.. Butuh sesuatu? Beli, done! Ga butuh? Mau flash sale mau cuci gudang cuci kamar apapun itu.. Tutup mata aja, done!

  • Lagi sedang di investigasi dan dikoordinasi dengan tim terkait e-commerce nya.tp kalo biasanya seller yang slah ketik harga.stok yang dijual banyak bisa ratusan bahkan ribuan.

    • Percuma mau diselidiki sekalipun ,, sudah di anggap selesai perkaranya ,,karena diskon sebesar itu , biasanya dibebankan sama penjual ,, bahkan teman saya sebagai seller pernah merasakan produknya masuk flashsale diskon 90% tanpa dia tahu ,, saran saya sebelum membeli ,,pastikan chat dulu sellernya ,,benar atau tidak diskonnya masih berlaku ,,atau produknya benar benar tersedia ,, tapi selama uang anda kembali lagi ,,tidak masalah ,,anggal saja jadikan pelajaran kedepannya dalam belanja online yang berkedok diskon besar besaran

  • Oh ini seller tokped yg kemarin produknya nongol di setiap jam flashsale tokopedia, sehari ada 5 produk yg di flash sale, mantap ini, kirain beneran tokonya lg bakar2 duit, klo ga di up disini saya gk tau klo ternyata tivu2.

    • Iya disetiap sesi fs kmnr ad.yang kebetulan sya dapet disalah satu sesi.stok cuma 2 per sesi.sya belum bisa memutuskan tipu2 or slah yang mana krena masih dalam tahap investigasi/koordinasi dengan tim terkait. Bgtu ada Maslah sya croscheck pihak seller dan pihak e-commerce nya.

    • Iya banyak yg tipu tipu juga ,,buat ngerusak harga pasar ,,persaingan tidak sehat ,, diskon besar tidak masuk akal seperti itu ,,

    • Ad yang gimmick ad yang gak.kadang kasian yang beneran soalnya kepercayaan konsumen am fs jadi menurun.padahal itu media promosi juga buat up penjualan.harusnyabad tindkan tegas yang pake marketing gimmick.jd seller yang beneran menggunakan media fs buat promosi gak kena imbas seller yang cuma gimmick menggunakan media promosi yang disediakan e-commerce

      • Lagian diskon kok 90% ,, kocak juga pihak tokopedia bikin diskon ,,mending kl ditanggung dia harga diskonnya ,,ini gx di subsidi ,,dibebankan ke penjual semuanya ,, habis itu banyak betul persyaratannya ikut event tokopedia ,,ditambah boros iklan

    • masih ajah percaya flash sampe diskon jutaan dengan harga casing, itu hanya trik pemasaran, kadang di online orang lihat saja tanpa bisa coba barang, kalau HP bnyk barang kw, refubrish dan second dibilang baru, harga nya miring tapi kualitas jelek, sama kayak barang barang lain nya, mau apapun juga, walaupun yg katanya official yg kerjasama dengan yg punya brand, tetap ajah gak sesuai ama deskripsi, udah dikasih bintang 1 maka produk dihapus dan di upload lagi dengan nama yg sedikit berbeda, jadi dunia khayalan gak seindah kenyataan, alias offline

    • Tiktok gue pasang flash sale jadwalin 3 hari sekali non stop sampe 1 bulan malah ga ada yg beli. Eh giliran ga flash sale lg malah banyak yg order ?