Masalah Reschedule Tiket Cititrans Travel

Dear friends, hati-hati menggunakan Cititrans Travel. Tanggal 27 April 2023 kemarin, saya booking Cititrans Travel pulang pergi (Jakarta-Bandung), untuk tamu saya seorang supplier dari Jakarta (rekanan bisnis). Rencananya supplier saya ini mau stay 2 malam di Bandung, dan rencananya tanggal 29 April 2023 akan pulang ke Jakarta menggunakan Cititrans juga.

Ternyata saya ada kendala, yaitu istri saya mengalami stroke ringan, dan masuk rawat inap di rumah sakit. Jadi terpaksa supplier saya ini saya re-schedule jadwalnya, menjadi pulang tanggal 28 April 2023, pukul 12.30 siang. Saya melakukan re-schedule di website Cititrans.

Di website Cititrans ini, proses re-schedule membingungkan, yaitu ada tulisan (pull-down menu) : “Kota”. Saya bingung, apakah yang dimaksud adalah Kota Tujuan atau Kota Keberangkatan. Akhirnya saya pilih “Jakarta”, karena saya mau reschedule menjadi “Bandung-Jakarta” (pulang), pukul 12.30. Saya sudah beres check out dari website, kemudian untuk memastikan, saya telepon Call Center Cititrans, dan dari pihak Call Center sudah mengkonfirmasi bahwa perjalanan sudah di-reschedule dari Bandung ke Jakarta, pukul 12.30.

Ketika saya mengantarkan tamu saya ke Cititrans Jl. Dipati Ukur, Bandung, ternyata bookingan saya adalah “Jakarta-Bandung” pukul 12.30. Saya juga bingung, apakah tadi saya salah pencet atau gimana? Akhirnya saya minta tolong ke Cititrans-Dipati Ukur, untuk diubah rutenya dari Dipati-Ukur, Bandung ke Jakarta, lalu saya diarahkan ke CS. Namun pihak CS Cititrans langsung bilang bahwa tidak bisa dibantu diubah, karena re-schedule hanya bisa dilakukan 1 kali. Jadi tiket kami hangus, dan tamu saya diharuskan beli tiket lagi dari Bandung-Jakarta. Saya hanya bisa tersenyum saja.

Hati-hati menggunakan Travel Cititrans, karena Cititrans tidak menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik. Di website mereka tidak dijelaskan “Kota” itu kota apa, apakah Kota Keberangkatan (City of Departure), atau Kota Kedatangan (City of Arrival)? Dan ketika kami minta dibantu untuk diubah, mereka menolak dan mencari untung berlipat dua, dengan men-charge kami 1 tiket lagi.

Saya agak malu kepada tamu saya, dan mengatakan kepadanya bahwa saya tidak akan menggunakan Cititrans lagi untuk lain kali. Oh ya, saya juga ingin menggarisbawahi, bahwa mobil Cititrans Bandung-Jakarta, pukul 12.30, tanggal 28 April 2023, adalah masih kosong (masih ada tempat kosong). Namun Cititrans tetap menolak untuk mengubah jadwal.

Sebetulnya yang penting bagi kami, bukan uang tiketnya, tapi service dan itikad baik dari perusahaan travel ini lebih penting bagi kami. Kami sudah memiliki pengalaman buruk menggunakan jasa Travel Cititrans, oleh karena itu Cititrans (PT Trans Antar Nusabird – Cititrans a Member of Bluebird Group) sangat tidak recommended.

Rudy Hendra
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Masalah Reschedule Tiket Cititrans Travel

 Apa Komentar Anda mengenai Cititrans?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Masalah Reschedule Tiket Cititrans Travel

oleh Rudy dibaca dalam: 2 menit
2