Surat Pembaca

Kekecewaan terhadap ISP CBN atau Fiberstar

Saya baru berlangganan internet ke provider CBN atau Fiberstar, selama sebulan. Namun ada hal yang sangat mengganjal dalam benak saya ketika mulai berlangganan dengan provider ini.

Sebagai informasi, perkenalkan saya Faisal, dengan background IT networking selama 10 tahun, mengenal dari jaringan ADSL, Wireless, Fiber optic, VSAT, IT Infrastructure Networking.

Kekecewaan saya terhadap provider ini dikarenakan ketika saya membeli paket yang mereka jual ternyata tidak sesuai dengan apa yang saya dapat. Mereka menuliskan menjual paket internet rumahan dengan kecepatan up to 50 Mbps, tetapi saat dilakukan speed test ternyata tidak sampai 50%-nya. Saya berpikir mungkin karena masih satu hari, mungkin besok bisa sampai 50Mbps (walau hanya sekali).

Namun kemudian keesokan harinya saya coba 3x sehari selama seminggu, tetapi dengan hasil yang sama. Saya masih berpikiran positif mungkin, karena saya belum bayar uang registrasi dan lain-lain. Akhirnya saya bayarkan uang registrasi dan lain-lainnya.

Setelah saya bayar, saya tunggu hingga keesokan harinya. Kemudian setelah saya tunggu saya mencoba untuk tes kecepatannya, ternyata masih segitu saja, mentok di kecepatan download 20 Mbps dan upload 20 Mbps. Hingga akhirnya saya menghubungi call center untuk mengadukan pelayanannya.

Kemudian mereka mengarahkan kepada saya untuk melakukan laporan melalui email beserta pembuktiannya apa yang saya alami. Setelah saya melaporkan masalah saya melalui email, saya hanya mendapatkan solusi sesuai SOP mereka.

Reboot perangkat, 5 menit, 10 menit, 30 menit.

Kemudian mereka meminta saya melakukan speed test point to point perangkat melalui port ethernet, bukan melalui WiFI, dengan spesifikasi yang mereka minta yaitu cat5e cable UTP, ether port 1G. Sedangkan saya mencoba memakai cat6 cable UTP, ether port 1G laptop dan USB to LAN port 1G (untuk memastikan, apabila mungkin saja port ethernet pada laptop saya bermasalah).

Setelah saya mencoba speed test dengan spesifikasi yang mereka pinta, hasilnya pun tetap sama saja atau bisa dibilang lebih parah, dengan kecepatan download 11 Mbps dan upload 44 Mbps.

Kemudian hal ini saya jadikan bukti untuk email selanjutnya dan tentunya dengan video speed test dan hasil traceroute. Namun setelah email itu dikirim terhitung sejak tanggal 20 April 2023, sudah tidak ada lagi balasan dari provider ini dan tentu saja TIDAK ADA SOLUSI.

Untuk sekedar informasi, berikut adalah bio saya berlangganan di CBN / Fiber star

Nama: Faisal
No ID: 30140392
Paket: Up To 50Mbps
Nomor Tiket: 232190-3094

Faisal Ferdinand
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalo ikut infrastruktur Fiberstar emang agak sulit gan.. karena jalurnya dipake bareng2 sama ISP yang ikut fiberstar (myrepublic, cbn, dll)..

    • gak salah jg sih.. namanya jg up to.. tapi kok ya kebangetan.. setidak nya menyentuh angka 40 an lah normal nya .. cek redaman nya coba

  • Saran saya sebaiknya minta didatangkan teknisi ke rumah. Ada kemungkinan kabel FO yang tertekuk (tidak patah) atau bocor di sambungan. Dengan pengawasan anda, mintalah pengukuran dari sambungan outdoor untuk mengetahui sumber masalahnya dari instansi rumah atau justru dari DP.

    Karena jadwal padat atau memang etos kerja, teknisi akan menganggap urusan selesai jika sudah tersambung, tanpa mengecek lagi kualitas sambungan. Disini pentingnya pengawasan dari anda—apalagi anda orang IT yang sudah akrab dengan troubleshoot sehingga bisa memberikan pendampingan untuk saran solusi.

    • kalau langganan dedicated 50Mbps memang harus dapat 50Mbps. Kalau langganan up to, minta full 50Mbps ya repot juga.
      padahal background nya IT.

    • Dear mas madman
      Terimakasih atas tanggapannya

      Waktu instalasi, saya berbicara beberapa kata kepada tkhnisinya lalu mereka berbicara tentang SOP , dari situ saya menyadari kalau mereka sudah mengetahui tentang SOP instalasi jaringan entah penempatan, kualitas dan kuantitas sebuah jaringan

      Terimakasih

  • Jagan lupa juga cek kualitas sinyal dr cbn ke rumah anda. Rate idealnya brp desibel ( -dB). Masing2 ISP beda sih. Nanti liat teknisinya kalau bawa optic meter.

    • Dear mas dhan
      Terimakasih atas tanggapannya
      Untuk berapa db, mungkin semua provider sudah mengetahui berapa batas maksimal terburuknya
      Tapi kalo menurut saya ,ini adalah masalah grouping dimana saya di grouping di (tx/Rx) 20Mbps atau link agregat 40Mbps , walau download tidak pernah sampai 25Mbps

      Terimakasih

  • Ini yang repot. Langganan broadband alias up to, tapi pengen nya dapet full speed sesuai langganan.

    • Dear mas Sugiarto
      Terimakasih atas tanggapannya
      Tapi menurut saya ada baiknya mas mengerti makna dari kata UpTo
      Disini saya tidak mengharapkan untuk mendapatkan 50Mbps setiap kali saya speedtest , bukti sudah saya lampirkan 3x selama 7 hari dalam waktu yang berbeda saya speedtest selalu tidak dapat setidaknya 80% nya , justru dibawah 50%
      Oiya mas , tolong belajar lagi ya

      Terimakasih

      • Apa ndak di otak atik dulu mas di routernya, temen saya langganan iconect up to 10mb cm dapet speed 5mb, setelah saya otak atik di pengaturan routernya saya ubah channel nya ke yg sepi biasanya ch 1,6,11,13 bukan auto, trus beacon intervalnya saya set 30 - 60, set frekuensi 20mhz dan mode N only, dan saya aktifkan 5ghz nya di routernya, alhamdulillah speednya antara 9,7 sampe 10 download/uploadnya. Padahala di awal setelah pemasangan malah gak diaktifkan ssid yg 5ghz. Itu sampeyan ada yg sempat 11mb download dan 44mb uploadnya, itu sdh mendekati itu coba di otak atik prngaturan router di web nya.

      • gini bang, misal kita langganan SOHO 50Mbps cir 1:4. bisa komplain ketika speed dapetnya dibawah 50Mbps : 4 alias 12.5Mbps. Nah up to ini masih dibawahnya soho abang.
        kebetulan saya pengguna SOHO isp Remala / tachyon.
        tolong belajar lagi ya abang, biar sama sama belajar.

      • Saya juga ada langganan dedicated 100Mbps. 4.5jt perbulan, dan dapat jaminan SLA 99%.

    • Emang gak mungkin selalu full, tapi setidaknya kecepatannya mendekati yang dijanjikan.
      Banyak kok ISP broadband lain yang speednya mendekati apa yg dijanjikan, 50%-75% bahkan bisa lebih.

      Gak perlu lah bela2in ISP pake argumen "up to".
      Kesannya menganggap konsumen internet di indo bodoh, kayak baru tahun 2023 ini mulai pasang internet.

      Apa mungkin pak sugiarto baru tahun ini pasang internet? Jadinya gak ngerti standard kualitas jaringan yang bagus itu seperti apa?

      Ato mungkin kerja di CBN? Kalau emang iya, bilang ke manajemennya, modal dikit kalo jadi ISP. Kalau emang uda penuh, ya ditambah kapasitas bandwidthnya. Saya pakai FirstMedia rumahan, dapat kok speed di atas 75%.

      • gini bang, misal kita langganan SOHO 50Mbps cir 1:4. bisa komplain ketika speed dapetnya dibawah 50Mbps : 4 alias 12.5Mbps. Nah up to ini masih dibawahnya soho abang.
        kebetulan saya pengguna SOHO isp Remala / tachyon.

        bukan pembelaan bang, dan saya juga tidak bekerja di CBN.

      • Saya juga ada langganan dedicated 100Mbps. 4.5jt perbulan, dan dapat jaminan SLA 99%.

  • Iklannya sudah tulis up to 50 mbps, bukan membela tapi ya taulah iklan kadang melebih lebihkan, mending ganti provider yg benar2 real, bukan "up to"

  • 10th jadi IT sangat disayangkan mengenal isp baru kali ini, wni mah gtu gak tau diri negara indo di rank brp kualitas kecepatan internet nya. Kalau mau inet cpt pindah negara aja bos

    • Mental tempe seperti ini yang bikin ISP di Indonesia gak bisa maju-maju. Membiarkan sesuatu yang tidak benar tidak membuat hal tersebut menjadi benar dek. ??

  • Tulisannya aja up to 50Mbps. Kalo mau ada jaminan mending dedicate aja.

    • Bener bang, saya langganan 100Mbps dedicated. selalu dapat 100Mbps. SLA 99%.

  • Saya dan warga se komplek mengeluhkan cbn saat ini kualitas internet nya buruk DNS nya Gak Begitu Singkron sering putus putus time out ...per 1 mei dapat email upgrade kecepatan tapi tidak ada peningkatan speed internet tetep aja di tes hasil nya paket awal...

  • Halo, mungkin bisa dicoba untuk testnya menggunakan laptop dengan koneksi kabel langsung ke modem ya. Karena ketika kita pakai wifi untuk testing, faktor yang menyebabkan bottleneck pada jaringan cukup banyak. Bisa dari perangkat ponsel, modul wifi perangkat ONU yang diberikan, dll. . Jadi sangat disarankan menggunakan kabel saat melakukan testing sebelum mengajukan ticket ke provider terkait. ☺️