Surat Pembaca

Kekecewaan terhadap ISP CBN atau Fiberstar

Saya baru berlangganan internet ke provider CBN atau Fiberstar, selama sebulan. Namun ada hal yang sangat mengganjal dalam benak saya ketika mulai berlangganan dengan provider ini.

Sebagai informasi, perkenalkan saya Faisal, dengan background IT networking selama 10 tahun, mengenal dari jaringan ADSL, Wireless, Fiber optic, VSAT, IT Infrastructure Networking.

Kekecewaan saya terhadap provider ini dikarenakan ketika saya membeli paket yang mereka jual ternyata tidak sesuai dengan apa yang saya dapat. Mereka menuliskan menjual paket internet rumahan dengan kecepatan up to 50 Mbps, tetapi saat dilakukan speed test ternyata tidak sampai 50%-nya. Saya berpikir mungkin karena masih satu hari, mungkin besok bisa sampai 50Mbps (walau hanya sekali).

Namun kemudian keesokan harinya saya coba 3x sehari selama seminggu, tetapi dengan hasil yang sama. Saya masih berpikiran positif mungkin, karena saya belum bayar uang registrasi dan lain-lain. Akhirnya saya bayarkan uang registrasi dan lain-lainnya.

Setelah saya bayar, saya tunggu hingga keesokan harinya. Kemudian setelah saya tunggu saya mencoba untuk tes kecepatannya, ternyata masih segitu saja, mentok di kecepatan download 20 Mbps dan upload 20 Mbps. Hingga akhirnya saya menghubungi call center untuk mengadukan pelayanannya.

Kemudian mereka mengarahkan kepada saya untuk melakukan laporan melalui email beserta pembuktiannya apa yang saya alami. Setelah saya melaporkan masalah saya melalui email, saya hanya mendapatkan solusi sesuai SOP mereka.

Reboot perangkat, 5 menit, 10 menit, 30 menit.

Kemudian mereka meminta saya melakukan speed test point to point perangkat melalui port ethernet, bukan melalui WiFI, dengan spesifikasi yang mereka minta yaitu cat5e cable UTP, ether port 1G. Sedangkan saya mencoba memakai cat6 cable UTP, ether port 1G laptop dan USB to LAN port 1G (untuk memastikan, apabila mungkin saja port ethernet pada laptop saya bermasalah).

Setelah saya mencoba speed test dengan spesifikasi yang mereka pinta, hasilnya pun tetap sama saja atau bisa dibilang lebih parah, dengan kecepatan download 11 Mbps dan upload 44 Mbps.

Kemudian hal ini saya jadikan bukti untuk email selanjutnya dan tentunya dengan video speed test dan hasil traceroute. Namun setelah email itu dikirim terhitung sejak tanggal 20 April 2023, sudah tidak ada lagi balasan dari provider ini dan tentu saja TIDAK ADA SOLUSI.

Untuk sekedar informasi, berikut adalah bio saya berlangganan di CBN / Fiber star

Nama: Faisal
No ID: 30140392
Paket: Up To 50Mbps
Nomor Tiket: 232190-3094

Faisal Ferdinand
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Selamat siang,
    Kendala sudah dikomunikasikan langsung ke Bapak Faisal dan sedang ditindaklanjuti.
    Terima kasih

  • harusnya untuk yang udah kerja 10 tahun nge test nya mengunakan kabel LAN.
    dan kalau pun masih ga dapet,
    namanya juga UPTO. dari pihak mereka juga ga ada jaminan meski 20% dari bandwidth layanan.
    apalagi kalau tau perbandingan rasio yang di gunakan provider broadband. masih banyak dapet untung nya, karena masih di lepas rasio tersebut.

  • Ya begitu mas, kebetulan saya pelanggan lama cbn mungkin sudah hampir 2 thn, karena memang di komplek saya cuma satu isp ya ini cbn. saya dapat email pada april yang isinya per tanggal 1 mei paket berubah jadi up to 50mbps. tapi setelah sy bayar iurannya, paket gak berubah dan nanti katanya per 23 mei berubah, ah saya gak tau sih tunggu aja nanti. tapi saya pernah ikut paket 50mbps promo up to 100mbps bener sih waktu itu test speed sekitar 90mbps an. di liat aja mas di aplikasi diCBN paketnya yg brp. kalau udah rubah jadi cbn fiber 50 harusnya kalo test speed mendekati

  • Kalau untuk layanan perumahan segitu udah normal untuk bandwidth up to 50 mbps apalagi pas pengecekan pake wifi, kalau mau actual 1:1 pake dedicated aja, apalagi kalau FS yg make jalurnya udah banyak di lokasi ente.

    • berat harga bang, 50Mbps dedicated rata rata 2,5jt sd 3.5jt.
      Kalau CBN Broadband kan hanya 400rb an.

  • Pengen nimbrung boleh ya, berlangganan inet apalagi dgn spek IBB bukan dedicated 1:1 perhatikan CIR'nya berapa misal up to 50 mbps CIR 1:8 y wajar aja kl misalnya dpt cm 10mbps itu msh wajar kenapa krn berarti minimal 6mbps yg didapat kl 10 mah udh dianggap masih normal hitungannyakan up to nah kl misal CIR 1:4 y minimal dpt'ny 12,5 dibawah itu wajar buat complain, pahami basic CIR krn itu acuan standar pelanggan bs complain yah kl ahli IT basic kek gn sebaiknya dipahami, kl mau maksimal ambil yg CIR 1:1 dgn SLA 99% atau 99,9%, mungkin ini hanya sekedar saran sesuai dgn pmahaman saya

  • Ini pengalaman pribadi ya gan. saya 3 tahun pakai jaringan fiberstar.
    Tahun 1 lewat transvision, 20mb, lancar. antara 18 kadang bisa 25mb
    dapet tawaran xlhome, tahun 2 saya pakai 30mb..rata2 dapat 35mb..kadang 40mb
    sekarang tahun 3, dpt tawaran dr CBN, 50mb. lha ternyata keluarnya jg cuma 35mb an juga
    ini sekarang sy sedang komplain, besok sabtu check jaringan.

    Yg bikin beda, selama 3x saya pemasangan tersebut, di CBN ini saja yg nggak ada serah terima secara tertulis pas pasang baru berapa speed yg diperoleh. DI transvision dan xlhome dapat dan ditest bersama sebelum ditinggal instalator. pakai kabel ? nggak, pakai wifi di hp aja. dan semuanya dapat serta lancar.

    ini di CBN kok malah turun begini. padahal suy berharap pindah ke biangnya fiberstar jauh lebih bagus. ternyata...waduh