Surat Pembaca

Kebijakan 7 Hari Pengembalian Produk Shopee Mall Hanya “Gimmick” Belaka?

Demikian judul di atas saya tulis karena saya kecewa dengan Shopee Mall Shopee yang di sini pihak Digimap dan tim warehouse-nya Shopee yang tidak profesional. Kronologinya sebagai berikut:

Saya membeli iPhone 11 di Shopee Mall dengan seller Digimap, karena saya yakin akan keamanan IMEI, garansi resmi, dan pastinya ada jaminan 7 hari pengembalian. Namun ketika pesanan saya sudah sampai, otomatis kita cek barang tersebut. Saya mulai dengan video unboxing, membuka pembungkus, dan saya yakin barang baru, IMEI terjamin, dan saya tidak punya perasaan aneh awalnya. Saat pertama saya mau menghidupkan perangkat, tidak mau nyala. Saya pikir baterainya habis, saya sambungkan ke charger dan otomatis menyala jika perangkat Apple tanpa ditekan tombol power, dan saya setting membuat akun.

Dan pada puncaknya, saya mau download aplikasi di App Store yang mana harus klik dua kali tombol power. Nah, di sinilah letak masalahnya. Tombol sudah saya tekan namun tidak ada respon. Saya coba tekan sekali untuk mematikan layar pun tidak bisa. Saya coba mematikan dengan menekan tombol power dan tombol volume, malah tombol volume up dan down-nya saja yang bisa, sedangkan tombol on/off tidak berfungsi.

Selang beberapa jam, saya menghubungi pihak Digimap di Shopee dan mereka meminta video unboxing. Saya memberikan video tersebut, dan singkat cerita mereka meminta saya untuk mengirimkan barang tersebut ke customer service yang mereka sarankan. Saya protes, karena saya baru saja membeli barang baru belum genap 24 jam. Menurut saya, seharusnya bisa ditukar dengan barang yang baru. Saya tidak puas dengan solusi yang diberikan oleh pihak Digimap.

Kemudian, saya memikirkan bahwa ada garansi 7 hari dari Shopee Mall. Pada hari yang sama, saya mengajukan pengembalian dengan alasan barang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saya juga mencantumkan catatan bahwa tombol on/off tidak bisa digunakan.

Namun, pada tanggal 5 Mei 2023, sesuai kebijakan Shopee, masalah kembali muncul. Tim warehouse Shopee menolak pengajuan pengembalian saya dengan alasan barang sudah sesuai pesanan, tersegel, dan IMEI terdaftar. Namun, semua yang disebutkan oleh Shopee bukanlah masalah saya.

Permasalahan saya adalah tombol on/off yang tidak berfungsi, dan keluhan tersebut tidak mereka periksa. Saya tidak memiliki masalah dengan IMEI atau kondisi tersegel, karena saya yakin barang tersebut memiliki garansi resmi. Namun, mereka tidak memperhatikan keluhan saya terhadap produk yang tidak berfungsi dengan baik, yaitu tombol on/off.

Putusan yg tidak nyambung dengan keluhan saya
7 hari pengembalian hanya gimmick belaka

Sampai sekarang, tanggal 20 Mei 2023, mereka mengembalikan barang cacat kepada saya. Saya tidak menerima hal ini, karena saya memiliki video unboxing, bukti chat, dan email yang menunjukkan bahwa saya telah berulang kali menghubungi customer service Shopee terkait dengan banding yang saya ajukan. Namun, sampai saat ini, belum ada jawaban atau keputusan yang berarti mengenai masalah ini.

Saya mulai mempertanyakan apakah garansi pengembalian selama 7 hari hanya sekadar trik belaka. Jujur, saya sangat kecewa dengan cara tim warehouse menangani pengembalian barang yang tidak sesuai dengan keluhan yang saya sampaikan.

Ahmad Jajuli
Banjar, Kalimantan Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 24/5/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Yg pastinya di pembelian yg ini TS sedang apes...😁
    Yg punya pengalaman dg Garansi 7hari ShopeeMall silahkan dishare... Biar jadi pertimbangan kami semua.... Baik pengalaman yg baik maupun yg buruk, silahkan dishare.

    • Thanks gan, saya pribadi dah langganan belanja di shopee sejak 4 tahun an yg lalu dan memang tidak semua pesanan sesuai dan berjalan mulus. Namun pengalaman yg sudah sudah masalah saya selalu teratasi jika barang yg saya terima terkendala ataupun bermasalah, namun pembelian dari digimap ini yg gk sesuai ekspektasi saya penanganannya jika bermasalah.

  • Lebih baik belanja di lazada dan tokopedia, kalau masalah return barang pasti di layani dengan baik asalkan barang tersebut memang benar rusak/cacat, shopee mall pegawai gudang nya memang tidak teliti cek barang return atau memang sengaja memihak ke pihak toko di shopee mall, saya sudah pernah sekali, akhirnya tidak belanja lagi di shopee mall karna masih banyak marketplace lain yang pelayanan bagus

  • Kalau belanja di lazada foto sudah cukup untuk ajukan pengembalian barang karena nanti akan dicek barang tersebut oleh pihak gudang lazada, kalau di tokopedia harus ada video unboxing dan dalam video terserbut harus terlihat barang rusak/cacat, jika dalam videonya tidak terlihat rusak/cacat dan kemudian barang rusak dihari berikutnya maka tokopedia akan memihak ke penjual karena dianggap pembeli yang merusakkan barang tersebut, padahal kan tidak mungkin pembeli videokan barang nya 24 jam non stop, الحمد لله saya belanja ac di lazzmall lazada , di lazada ada garansi ada garansi 15 hari pengembalian barang, jadi kasusnya karena kondisi lebaran ac tidak saya pasang dulu, pada hari 10 ac waktu dipasang kipas unit outdoor nya berisik sekali karena terkena bagian plat besi bagian outdor, kemudian ac saya ajukan pengembalian barang dengan alasan ac cacat produksi dan tidak lulus quality control dan ac kemudian saya kirim ke gudang lazada dan di cek disana, komplain diterima dan uang dikembalikan. Bayangkan kalau saya belanja ac itu di tokopedia yang harus saya memvideokan dari buka paket sampai ac tersebut dipasang, malah bikin repot

    • Terima kasih atas informasi dan sarannya, sangat membantu, kasus saya barang tidak terlihat cacat karena fisik ok, namun tombol power yg tidak berfungsi, walaupun tombol powernya terlihat baik baik saja secara fisik namun saya tidak tahu ada kecacatan di dalam ada komponen yg rusak bawaan dari pabrik.

  • Apes banget gan ..
    Harus nya di ganti baru
    Tapi kalo di toko juga pas kita buka box bermasalah di lempar nya ke SC bukan ganti baru.
    Kalo di singapura di ganti baru karna iphone punya store resmi disana