Kebijakan 7 Hari Pengembalian Produk Shopee Mall Hanya “Gimmick” Belaka?

Demikian judul di atas saya tulis karena saya kecewa dengan Shopee Mall Shopee yang di sini pihak Digimap dan tim warehouse-nya Shopee yang tidak profesional. Kronologinya sebagai berikut:

Saya membeli iPhone 11 di Shopee Mall dengan seller Digimap, karena saya yakin akan keamanan IMEI, garansi resmi, dan pastinya ada jaminan 7 hari pengembalian. Namun ketika pesanan saya sudah sampai, otomatis kita cek barang tersebut. Saya mulai dengan video unboxing, membuka pembungkus, dan saya yakin barang baru, IMEI terjamin, dan saya tidak punya perasaan aneh awalnya. Saat pertama saya mau menghidupkan perangkat, tidak mau nyala. Saya pikir baterainya habis, saya sambungkan ke charger dan otomatis menyala jika perangkat Apple tanpa ditekan tombol power, dan saya setting membuat akun.

Dan pada puncaknya, saya mau download aplikasi di App Store yang mana harus klik dua kali tombol power. Nah, di sinilah letak masalahnya. Tombol sudah saya tekan namun tidak ada respon. Saya coba tekan sekali untuk mematikan layar pun tidak bisa. Saya coba mematikan dengan menekan tombol power dan tombol volume, malah tombol volume up dan down-nya saja yang bisa, sedangkan tombol on/off tidak berfungsi.

Selang beberapa jam, saya menghubungi pihak Digimap di Shopee dan mereka meminta video unboxing. Saya memberikan video tersebut, dan singkat cerita mereka meminta saya untuk mengirimkan barang tersebut ke customer service yang mereka sarankan. Saya protes, karena saya baru saja membeli barang baru belum genap 24 jam. Menurut saya, seharusnya bisa ditukar dengan barang yang baru. Saya tidak puas dengan solusi yang diberikan oleh pihak Digimap.

Kemudian, saya memikirkan bahwa ada garansi 7 hari dari Shopee Mall. Pada hari yang sama, saya mengajukan pengembalian dengan alasan barang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saya juga mencantumkan catatan bahwa tombol on/off tidak bisa digunakan.

Namun, pada tanggal 5 Mei 2023, sesuai kebijakan Shopee, masalah kembali muncul. Tim warehouse Shopee menolak pengajuan pengembalian saya dengan alasan barang sudah sesuai pesanan, tersegel, dan IMEI terdaftar. Namun, semua yang disebutkan oleh Shopee bukanlah masalah saya.

Permasalahan saya adalah tombol on/off yang tidak berfungsi, dan keluhan tersebut tidak mereka periksa. Saya tidak memiliki masalah dengan IMEI atau kondisi tersegel, karena saya yakin barang tersebut memiliki garansi resmi. Namun, mereka tidak memperhatikan keluhan saya terhadap produk yang tidak berfungsi dengan baik, yaitu tombol on/off.

Sampai sekarang, tanggal 20 Mei 2023, mereka mengembalikan barang cacat kepada saya. Saya tidak menerima hal ini, karena saya memiliki video unboxing, bukti chat, dan email yang menunjukkan bahwa saya telah berulang kali menghubungi customer service Shopee terkait dengan banding yang saya ajukan. Namun, sampai saat ini, belum ada jawaban atau keputusan yang berarti mengenai masalah ini.

Saya mulai mempertanyakan apakah garansi pengembalian selama 7 hari hanya sekadar trik belaka. Jujur, saya sangat kecewa dengan cara tim warehouse menangani pengembalian barang yang tidak sesuai dengan keluhan yang saya sampaikan.

Ahmad Jajuli
Banjar, Kalimantan Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 24/5/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Kebijakan 7 Hari Pengembalian Produk Shopee Mall Hanya “Gimmick” Belaka?

  • 22 Mei 2023 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Benar sekali garansi 7 hari itu hanya gimmick setiap barang yg sdh dikirim tdk bisa dikembalikan harus klaim ke SC sendiri jd tdk ada bedanya sama seller biasa mungkin bisa ksh harga lbh murah

    18
    2
    • 22 Mei 2023 - (12:31 WIB)
      Permalink

      Jujur kecewa sih sama shopee mall padahal barang juga saya kembalikan belum ada 24 jam, setelah itu di validasi yg memakan waktu 7 hari ujung²nya dibalikin lagi, dengan alasan imei terdaftar,barang sesuai, dan tersegel. Namun permasalahan barang tidak berfungsi di tombol powernya, entah rusak, atau cacat bawaan pabrik. Pd akhirnya claim 7 hari jelas scam atau gimmick belaka

      10
      3
        • 24 Mei 2023 - (07:56 WIB)
          Permalink

          Apa salahnya bos beli online? Saya belinya gak di toko ecek² kok… Saya beli bor cordless, hp, perangkat elektronik lainnya online kok sekarang sangat jarang offline. Bukan karena 99 kali saya beruntung dan 1 kali saya apes saya harus jera beli online.

    • 22 Mei 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Yup dengan kejadian ini sangat mempengaruhi saya untuk akan belanja lagi di shopee. Jadi mikir sama gimmick²nya yg ujung²nya claimnya gak sesuai

      9
      4
    • 22 Mei 2023 - (16:51 WIB)
      Permalink

      Ngapain juga belanja di shopee untuk barang elektronik dan barang yang mudah rusak. Saya sering cod barang rusak dan lengkap video unboxing, dan selalu bayat biaya penanganan yang mahal untuk barang COD. Tidak pernah berhasil refund. Belanja di shopee selalu antara beruntung atau tidak. Gak tokopedia, tanpa video unboxing pun mereka mengganti pengembalian dgn mudah.

      6
      3
      • 22 Mei 2023 - (17:20 WIB)
        Permalink

        Saya sering kok return n refund d shopee n biasanya menang, baru kali ini aja lg apes, emang digimapnya yg after sales servisenya kurang bagus. Td ada juga orang komplen pas saya ke digiplus 2 buln belum kelar kasusnya hampir sama. Di lempar juga k sc surabaya sm² dari banjarmasin saya

        3
        2
      • 23 Mei 2023 - (16:31 WIB)
        Permalink

        Lu beli di seller reputasi nya yg random + ga ada toko fisik nya. Kalau mau beli barang mahal wajib cek reputasi toko + ada toko fisik nya. Shope, Tokopedia cuma metode pembayaran biar dapet cashback, barang ngambil di toko fisik, seller kirim resi doang. Dulu pernah beli kamera nikon z6 ii +lensa 24-70 mm salah kirim tipe yang z50. Dari selisih salah tipe aja udah dapet motor baru🤭 tinggal komplain orang toko nya malah datang sekalian retur. Mau di tokped, Shopee beda seller saya aman aja kalau yang nominal gede” Khusus tokped” Kalau Shopee 20jt kebawah, beda hal datang ke toko fisik bayar pake Shopee dan tokped tergantung cashback yang gede

        • 23 Mei 2023 - (16:39 WIB)
          Permalink

          Terus digiplus bukan toko fisik ya? Agannya pernah pakai voucher M.A.P di offline? Masnya coba cari tahu lagi tentang digimap ya. Dan kemudian silahkan komen kembali. Thanks

          • 26 Juli 2023 - (10:13 WIB)
            Permalink

            Mau di shopmall emang bapuk bro. Kalau mau beli barang yang nominalnya gede, elektronik di tokped. Kalau ada toko fisik nya tinggal samperin lo komplain aja. Ngambil di toko fisik nya aja dapet barang ampas🤭 apalagi di online?. Kalau mau aman datang ke store offline nya bro. Lo suruh gua nyari tau dulu 🤣 yang ada lo yg cari tau dulu sebelum beli. Gua dulu bagian gudang
            dan admin di situ bro🤣 datang ke store bayar pake Shopeepay atau paylater biar dapet cashback, barang aman

          • 26 Juli 2023 - (10:25 WIB)
            Permalink

            Lo desak terus aja bro. Kalau di shope lama bro + admin nya ga gercep dan sistem nya. beda sama Tokopedia cepet kalau komplain dan lebih aman. Kalau ke Shopee lo cari perabotan kebutuhan rumah, baju, kalau elektronik dia kurang lengkap pencairan dana komplain nya lama. Kalau tokped lebih dominan elektronik dari pada baju perlengkapan rumah tangga. Dari semua marketplace cuma di tokped dan Shopee doang. Kalau Shopee beli barang receh di bawah 2jt, kalau udah 2 + beli di tokped atau datang ke offline nya. Gua ga sekali dua kali komplain bro kalau nomonal kecil. Komplain di twitter bro biar cepet.

    • 22 Mei 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Pertanyaan classic. Saya bukan 1 kali 2 kali beli online, hampir sudah jadi keseharian saya membeli apa² online, dan saya pun beli di digimap resmi shopee mall. Yg kategorinya juga resmi namun pembeliannya aja secara online. Pastinya besar harapan saya menerim produk semestinya dong karena toh juga resmi. Namun saya lagi apes dapatnya yg bermasalah dan yg perlu digaris bawahi yg jd permasalhan dan pertanyaan saya sekelas shopee mall yg harus ada garansi 7 hari tp ujung² kita ttp di suruh ke sc. Hrusnya bisa diganti unit baru atau gimana gitu.

      5
      3
      • 24 Mei 2023 - (11:50 WIB)
        Permalink

        Beli HP di toko online mau tulisan nya official, dan ingat official itu bukan berarti resmi dari pabrik nya, tapi toko yg menggunakan nama pabrik, dan pakai nama perusahan dengan cara kerjasama, tapi di dalam nya juga barang barang nya bnyk dipertanyakan dan bintang 1 lah yg berbicara sebenarnya, bukan bintang yg bisa dibuat buat sama kayak PlayStore, dan di toko online barang refrubish serta barang second dijual baru bukan rahasia umum, jadi lucu kaalu gak tau apa konsekuensi beli online, karena kalau beli offline barang langsung dicoba dan tanggung jawab lebih dipercaya, makanya yg beli online pasti udah tau resiko barang barang yg dibeli nya kualitas nya seperti apa

        1
        2
        • 24 Mei 2023 - (11:58 WIB)
          Permalink

          Sekali lagi saya tekankan ya mas bro yg paling offline, saya gak sekolot itu, saya paham betul akan ada resiko baik online dan offline semuanya berisiko. Dan sayapun bukan 1 kali 2 kali beli online. Jd seperti apa yg anda paparkan seakan menghakimi bahwa belanja online pilihan yg buruk hanya karena segelintir keluhan. Saya pun sudah dihubungi pihak shopee dan diberikan konpensasi yg sepadan. Masih dalam proses moderasi artikelnya cepat atau lambat akan tayang

          • 26 Mei 2023 - (11:38 WIB)
            Permalink

            Desak terus pihak digimap & shoppe nya, biar lebih baik kedepannya,
            Saya juga sering belanja di shoppe, & g semua barang yg di dapatkan sesuai ekspektasi, 90-95% good, 5% nya kadang” dpt zonk/barang rusak.
            Semoga cepat kelar komplainnya, 👍

    • 22 Mei 2023 - (15:22 WIB)
      Permalink

      Komentar gak berbobot, gak guna, gak usah aja lu komen, suka2 orang mau jajan onlen atau oflen, yg jelas hak konsumen tetap harus diperhatikan

      18
      5
    • 23 Mei 2023 - (07:46 WIB)
      Permalink

      Rata2 barang elektronik ga bisa tukar gitu aja walo baru itungan jam ya. Soalna buka plastik pun dianggep barang second walau belum open dus, jd saran saya ikutin aja yg diminta misalkan diminta kirim ke service centre walau mungkin nanti dikirim kemana kali bukan servis disitu mungkin bisa jg dikirim ke singapore dan makan waktu lama karena nunggu kuota kalo kirim ke luar ga bisa 1 biji trus di kirim ke luar buat servis

  • 22 Mei 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    emang gitu aturan Gimik 7 hari ganti baru di Shoppee,
    mau didalam dus barang sudah retak, error, cacat produksi atau amburadul…
    selama segel box masih rapi shoppee langsung lepas tangan ✋…. minta customer komplain langsung ke seller… si shoppee gk mau ngurus lagi …

    sudah banyak kok komplain sprti ini di MK, gara gara gimik garansi 7 hari ganti baru (tp S&K gk disembunyikan)

    9
    3
    • 22 Mei 2023 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Semoga pihak shopee bisa mmperbaiki kebijakan gimmick tersebut kedepannya. Jujur saya udah sering belanja d shopee. Namun kali ini yg puncaknya kesal. Karena kebijakannya yg gak sinkron dengan kenyataannya

      4
      3
      • 22 Mei 2023 - (15:31 WIB)
        Permalink

        Gak bakalan diperbaiki . Kasus kek gini dimulai tahun 2020an. Sudah banyak yang mengeluh tp sopi nya gak mau berbenah.

        • 22 Mei 2023 - (16:17 WIB)
          Permalink

          Thanks infonya gan, semoga pihak terkait bisa berbenah bukan hanya mencari untung, tp after sales ervice juga mereka perhatikan

          5
          1
          • 22 Mei 2023 - (23:20 WIB)
            Permalink

            jadi pengalaman dan pelajaran kalau bisa untuk barang yang mahal jgn beli Online, beli saja di toko HP terdekat langsung berhadapan dengan penjualnya, jgn tergiur harga miring baca2 dulu ulasannya. dan kalau pun pengen beli online, jgn Shopee, banyak kekurangan dan kelicikan system nya, kalau mau beli online coba di lazada tapi baca2 dulu ulasan dan rating tokonya kalau ada masalah customer care lazada 80 persen keatas benar membantu masalah kita.

            2
            4
    • 22 Mei 2023 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Klo tokped pun bermasalah seperti saya maka anda akan bilang makanya beli di lazada, begitu pula seterusnya sampai pada akhirnya makanya gak usah beli, harapan saya anda bisa memberikan tanggapan yg solutif

      7
      2
      • 22 Mei 2023 - (17:23 WIB)
        Permalink

        Nah kan distributor hanya niat jualan n after salesnya buruk untuk produk apple. Coba aja ada apple store resmi mungkin bakal beda cerita

        • 22 Mei 2023 - (19:34 WIB)
          Permalink

          @Jajulee
          Saya lurusin yah..hehe.. Distri resmi Apple/Brand apapun itu dilarang “nganvas” atau turun ke retail, karena ada aturan mainnya menurut Permendag (lupa euy nomornya, yg jelas tahun 2010’an).
          Nah untuk kasus yg punya agan itu, mereka di Tier-3 (retail) yg di approve sama prinsipal, tapi bukan Apple Store karena Apple Store di Indonesia itu tidak diizinkan (ada di permendag & permenperin), soalnya itu bisnis apple store dari hulu ke hilir.

          Nah, SEHARUSNYA ketika agan mendapat problem nih, akadnya 7hr pengembalian. Ya pihak marketplace manapun harus bantu retur/replace. Karena akadnya kan sudah begitu. Kalau dibaca kemendag, bisa panjang urusannya nih, marketplacenya bisa dapet sangsi.

          Kalau gak ada akadnya, itu beda cerita.

          2
          1
          • 23 Mei 2023 - (05:48 WIB)
            Permalink

            Nah kalau pihak marketplace sdh mnyalahi peraturan kemendag harusnya mereka memang harus dapat sangsi donk. Jd kalau saya seandainya bener apa yg dikatakan agan, saya punya hak untuk mnyampaikan ke kemendag untuk bisa di tindak tegas donk ya?

            1
            1
  • 22 Mei 2023 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Resiko beli barang mahal/ elektronik dan pecah belah di online ya seperti ini. Seharusnya sudah paham.. Walaupun ada jaminan akan susah klaimnya.

    4
    5
    • 22 Mei 2023 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Yap benar sekali, pembelian dimana pun akan selalu ada resikonya. Saya paham betul dengan resiko itu namun yg jd fokus masalah saya garansi 7 haru itu untuk apa kalau pada ujung²nya kita tetap harus ke sc. Kalau emang dijamin 7 hari harusya bisa diganti baru. Saya sering beli di shopee terutama shopee mall bahkan sampai sekarang sekitar 3 tahun saya selalu platinum member dan setiap ada keluhan selalu terselesaikan, namun pada kasus kali ini saya tidak terima dan mempertanyakan kebijakan 7 hari seperti yg sudah² saya return n refund tidak ada masalah

      2
      1
    • 22 Mei 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Ya ngga bisa gitu juga, itu sih memang keterlaluan aja marketplacenya/storenya. Saya pernah beli barang elektronik di blibli, garansi 7 hari, belum 7 hari rusak, saya kembalikan dan akhirnya dapat yang baru. Seharusnya sih seperti itu. Memang perlindungan konsumen di Indonesia lemah.

      • 23 Mei 2023 - (06:31 WIB)
        Permalink

        Bener nih. Pelayanan blibli yang paling bagus menurutku. Aku prnah kasih rating 3 di barang elektronik dgn garansi retur 15 hari di blibli. Habis itu di telfon ama pihak CSnya ditanyain “knp dikasih rating segitu?” trus aku jelasin dan diarahkan untuk retur aja. dari kejadian itu klo beli barang elektronik baru selalu di blibli. Note : selama harganya bersaing, karna ga jarang harganya cenderung lbh mahal dari marketplace kompetitor

        Kadang blibli ada event tertentu yg garansi returnua sampe 30 hari

  • 22 Mei 2023 - (16:25 WIB)
    Permalink

    sayangnya jd.id sudah ga ada di indo, pelayanan aftersales disana bagus, ga bertele-tele selama belinya di jd.id sendiri bukan merchant lain. selama yang di complain masih ada garansi dan unitnya cacat pabrik,pasti di acc ganti baru

    • 22 Mei 2023 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Wah sangat disayangkan ya gan harus tutup jd.id. saya belum sempat belanja di sna jd gak bisa share apa², btw thanks infonya gan, semoga terlahir kedepannya jd.id jd.id lainnya d indonesia

      1
      1
    • 22 Mei 2023 - (16:56 WIB)
      Permalink

      bener nih, jd.id dan blibli.com jaminan 7 harinya bagus banget, apalagi aftersales garansinya. sebagai contoh saya pernah belanja hard disk di blibli, hampir setahun dipakai rusak, saya klaim garansi dan akhirnya saya dapat hard disk baru.

      4
      1
  • 22 Mei 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Semua matket place kebijakan akan spt itu utk barang segel /packing pabrik. Ada kendala atau kerusakan akan diarahkan ke service center. Entah digimap atau yg katanya distributor resmi, sptnya mrk cuma pembeli putus aja dr merek, spt seller biasa lain.

    • 22 Mei 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Nah itu dia harusn ya gak usah ada keterangan garansi 7 hari jika terkendala tetap ke cs. Saya ada beberapa keluhan kok sebelumnya tentang pembelanjaan d shopee namun dalam masa 7 hari ada kendala mendapatkan return ataupun refund

  • 23 Mei 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Yg pastinya di pembelian yg ini TS sedang apes…😁
    Yg punya pengalaman dg Garansi 7hari ShopeeMall silahkan dishare… Biar jadi pertimbangan kami semua…. Baik pengalaman yg baik maupun yg buruk, silahkan dishare.

    • 23 Mei 2023 - (15:47 WIB)
      Permalink

      Thanks gan, saya pribadi dah langganan belanja di shopee sejak 4 tahun an yg lalu dan memang tidak semua pesanan sesuai dan berjalan mulus. Namun pengalaman yg sudah sudah masalah saya selalu teratasi jika barang yg saya terima terkendala ataupun bermasalah, namun pembelian dari digimap ini yg gk sesuai ekspektasi saya penanganannya jika bermasalah.

  • 23 Mei 2023 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Lebih baik belanja di lazada dan tokopedia, kalau masalah return barang pasti di layani dengan baik asalkan barang tersebut memang benar rusak/cacat, shopee mall pegawai gudang nya memang tidak teliti cek barang return atau memang sengaja memihak ke pihak toko di shopee mall, saya sudah pernah sekali, akhirnya tidak belanja lagi di shopee mall karna masih banyak marketplace lain yang pelayanan bagus

    2
    1
  • 23 Mei 2023 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Kalau belanja di lazada foto sudah cukup untuk ajukan pengembalian barang karena nanti akan dicek barang tersebut oleh pihak gudang lazada, kalau di tokopedia harus ada video unboxing dan dalam video terserbut harus terlihat barang rusak/cacat, jika dalam videonya tidak terlihat rusak/cacat dan kemudian barang rusak dihari berikutnya maka tokopedia akan memihak ke penjual karena dianggap pembeli yang merusakkan barang tersebut, padahal kan tidak mungkin pembeli videokan barang nya 24 jam non stop, الحمد لله saya belanja ac di lazzmall lazada , di lazada ada garansi ada garansi 15 hari pengembalian barang, jadi kasusnya karena kondisi lebaran ac tidak saya pasang dulu, pada hari 10 ac waktu dipasang kipas unit outdoor nya berisik sekali karena terkena bagian plat besi bagian outdor, kemudian ac saya ajukan pengembalian barang dengan alasan ac cacat produksi dan tidak lulus quality control dan ac kemudian saya kirim ke gudang lazada dan di cek disana, komplain diterima dan uang dikembalikan. Bayangkan kalau saya belanja ac itu di tokopedia yang harus saya memvideokan dari buka paket sampai ac tersebut dipasang, malah bikin repot

    • 24 Mei 2023 - (04:33 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas informasi dan sarannya, sangat membantu, kasus saya barang tidak terlihat cacat karena fisik ok, namun tombol power yg tidak berfungsi, walaupun tombol powernya terlihat baik baik saja secara fisik namun saya tidak tahu ada kecacatan di dalam ada komponen yg rusak bawaan dari pabrik.

  • 25 Mei 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Apes banget gan ..
    Harus nya di ganti baru
    Tapi kalo di toko juga pas kita buka box bermasalah di lempar nya ke SC bukan ganti baru.
    Kalo di singapura di ganti baru karna iphone punya store resmi disana

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Mall?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Kebijakan 7 Hari Pengembalian Produk Shopee Mall Hanya “Gimmick&…

oleh Jajulee dibaca dalam: 2 menit
51