Masalah Garansi Kompresor Kulkas Sharp

Saya klaim garansi kulkas Sharp, dengan masa garansi untuk kompresor 5 tahun, tapi ternyata baru jalan 3 tahun sudah rusak kompresornya. Pembelian kulkas tanggal 10 April 2020. Saya mendatangi pihak Sharp dan 3 hari setelah itu ada kunjungan dari pihak teknisi Sharp. Katanya ada kerusakan kompresor dan saya dikenakan biaya jasa sebesar Rp615.000.

Teknisi dari Sharp mengatakan “Ini akan kita perbaiki pak, karena masih dalam masa garansi. Tapi ada biaya jasa perbaikan dan servis sebesar Rp651.000”. Saya tidak terima, karena kulkas saya masih dalam garansi. Kok bisa kena biaya? Sedangkan arti garansi merupakan jaminan yang ditetapkan UU dari suatu perjanjian dalam jual beli, di mana produsen/penjual akan menanggung kebaikan/keberesan produk yang dibeli untuk jangka waktu yang ditentukan. Kalau hanya diganti suku cadang saja oke gak apa-apa saya terima, biar saya cari teknisi sendiri buat pasang kompresornya, asal kompresornya bergaransi.

Apakah memang seperti ini aturan garansi yang dijanjikan oleh pihak Sharp? Saya sebagai konsumen dan pengguna elektronik merek Sharp, mulai dari mesin cuci, TV, sampai kulkas, sungguh sangat kecewa.

Ahmad Bakri, ST
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Masalah Garansi Kompresor Kulkas Sharp

  • 15 Juni 2023 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Coba dibaca S & K garansinya, biasanya sih yg free biasa service hanya tahun pertama, sisanya kena biaya service utk penggantian suku cadang

  • 15 Juni 2023 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Sekarang Garansi Bisa Ditulis 100tahun pun bisa, yang penting penjualan lancar produksi lancar

  • 15 Juni 2023 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Hallo mas bro… turut prihatin dengan kerusakan kulkas ente…

    coba mas bro… baca lembaran diatas foto kartu garansi yg mas bro upload.
    karena saya juga pernah punya pengalaman serupa , setelah lewat 4 thn pemakaian ,kulkas saya rusak kompressor , Kompressor memang free , saya bayar biaya jasa perbaikan dll parts selain kompressor . karena jelas tertulis 60 bulan garansi kompressor , artinya yg free selama 60 bulan ya kompressor saja. Alhamdulillah, kulkas saya dingin kembali….

    • 16 Juni 2023 - (05:33 WIB)
      Permalink

      Ya gitulah produsen alat elektronik, yg masih masuk garansi gratis itu sparepartnya, jasa, ongkos angkut dsbt itu ngak masuk jadi konsumen harus bayar. Karna kalau tidak dealer2 service center mau dapat duit darimana.

  • 15 Juni 2023 - (15:03 WIB)
    Permalink

    sepertinya emank seperti itu
    saya baru saja rusak kulkas merek LG kena di kopresor jg
    karena garansi 10 tahun dan pemakaian br 7 tahun dikenakan free
    tp untuk bisaya pengerjaan dan lain2 kita yg tanggung

  • 15 Juni 2023 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Untuk kulkas saya kurang tau, namun jika AC, sudah punya beberapa pengalaman. Selama memiliki AC Daikin, sudah beberapa kali pernah klaim garansi. Selama tahun pertama, ganti sparepart dan biaya service (pasang) gratis. Setelahnya, biaya pasang harus kita yg tanggung, dimana besaran nya sudah dikonfirmasikan dulu oleh call center sebelum mengirimkan teknisi ke lokasi (ganti evaporator 1PK inverter kena biaya sekitar 700rb, kompressor outdoor kalo ngga salah 1,1jt-an… Itu sekitar 3-4 tahun lalu).
    Tidak mungkin prosedur bisa sesuai yg kamu mau, dgn minta kompressor baru dr Sharp dan dipasang sendiri. Tentunya seandainya bisapun, garansi yg tersisa otomatis hangus jika bukan ditangani teknisi brand resmi. Kulkas nya harga brp, nah dipertimbangkan deh masih worth it ngga diservice (ganti sparepart) atau lebih baik nambah dikit ganti baru.

  • 15 Juni 2023 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Kompresornya sih emang masih dalam masa garansi. Tp pengerjaannya itu dikenakan biaya.

    Seharusnya one-to-one replacement.
    Coba bpk komunikasikan dengan SC untuk dapat unit kompresornya. Yg ngerjainnya org luar yg emang bisa ngerjain instalasi kompresor itu. Biasanya tarifnya 1/2 dr SC.

    • 17 Juni 2023 - (06:42 WIB)
      Permalink

      600rb mah ud murah. Sama tukang luar lbh mahal blm kalo kerja gak bener malah rusak tuh kompresor baru. Anda kira gampang las dan ganti kompresor

  • 15 Juni 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Seumur umur klaim waranty adalah yang sudah lazim spare part gratis jasa perbaikan itu bayar.
    Kecuali service berkala ada free nya seperti kendaraan. Karena ada namanya sales dan after sales.

    Kalau after sales di gaji sama hasil jual pembelian barang, yo ndak mampu bro.

    Bersyukurlah mungkin ts seumur hidup barangnya awet gak pernah atau belum ngerti s&k claim waranty.

  • 15 Juni 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Ente yg ga paham garansi, klw fre biaya bisanya di bawah 1thn selbih ya kena biaya servis dan jasa, yg garansi mesin compesor ya aja 5thn compesor harus di pasang teknisi Sharp. Ga bisa teknisi luar.

      • 19 Juni 2023 - (23:22 WIB)
        Permalink

        Sharp cuma ngomong doang garansi 5 thn kompresor mana buktinya ganti lah komoresor nya kalau ngak sama pasang ngak masalah tapi mana kompresor nya

    • 19 Juni 2023 - (23:51 WIB)
      Permalink

      Kalau hanya ganti kompresor ya emang segitu. Tapi kan hanya ganti, blm termasuk las, filter dan freon

  • 17 Juni 2023 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Sebelum komplain baca dulu kartu garansinya. Disitu tertulis jelas. Garansi service dan full sparepart brp tahun? Garansi kompresor misal untuk kulkas/ac brp tahun. Biasa kalo merk2 jepang garansi servis kulkas hanya 1 thn/full sparepart dan kompresor lebih lama misal 3/5 thn kulkas biasa dan 10thn yg inverter. Jd kalau lebih dari 1 thn yg digaransi hanya kompreso, tp jasa servisnya harus bayar. Kalau hanya 651rb mah ud murah. Sama tukang servis luar lebih mahal

    • 19 Juni 2023 - (23:17 WIB)
      Permalink

      Lihat di uu arti garansi pasal 25 ayat 1 apa artinya yg jelas sharp ngak ada tangung jawabnya kalau emang hanya kompresor aja ngak sama pasang ya kasi aja kompresor nya kan beres. Kenapa politron Tampa biaya rusak kompresor di ganti di pasang tanpa biaya (yg jelas saya sebagai pelanggan shap sangat kecewa bukan hanya kulkas yg saya beli TV 50″, mesin cuci, strika jelas jelas saya tolak banyak merek lain selain sharp (saya hanya menyampaikan kekecewaan saya sebagai pelanggan)

 Apa Komentar Anda mengenai Kulkas Sharp?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Masalah Garansi Kompresor Kulkas Sharp

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
16