Kekecewaan kepada Ace Chubb Life, Aturan Mengada-ada

Selamat pagi para pembaca, Izinkan saya ceritakan kekecewaan saya terhadap perusahaan asuransi Ace/Chubb Life.

Sesuai di foto, saya menjadi nasabah Ace (sekarang Chubb) Life sejak 8 tahun yang lalu. Produknya adalah asuransi jiwa saja. Beberapa tahun membayar premi, polis saya rupanya lapsed sejak 1 tahun (2022).

Sesuai ketentuan asuransi, polis dapat dipulihkan dalam kurun 2 tahun, maka saya mengajukan pemulihan polis. Ketentuannya adalah saya harus membayar 3 tahun hutang premi (8 juta/tahun), yaitu 24 juta.

Namun, perusahaan mempersulit saya dengan meminta rekening 3 bulan terakhir, surat keterangan penghasilan, dan ketentuan bahwa pertanggungan jiwa saya harus turun dari 700 juta menjadi hanya 375 juta saja.

Di sini saya merasa sangat marah. Saya merasa perusahaan mempermainkan saya. Produk ini adalah asuransi jiwa, mengapa di usia saya yang sekarang (58) perusahaan perlu mempertanyakan sumber dana saya. Saya ingin membayar hutang premi saya, bukan mengajukan pinjaman. Mengapa butuh keterangan penghasilan dan 3 bulan perputaran transaksi bank? Mengapa jika diminta, tidak diminta sejak pertama saya masuk? Saya merasa apakah perusahaan sesungguhnya ingin menolak saya sebagai nasabah, setelah hampir 10 tahun.

Saat ini, banyak perusahaan asuransi dengan beragam produk bersaing, saya masih berniat melanjutkan pembayaran di Chubb, alih-alih membeli produk dari asuransi lain, karena puluhan juta yang telah saya investasikan selama ini.

Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua dalam memilih perusahaan asuransi. Agen saya sendiri sudah tidak bekerja di Ace/Chubb (Medan) sejak lama, begitu juga rekan-rekan lainnya. Tidak tahu mengapa, saya berasumsi mungkin kebijakan perusahaan serupa menyebabkan nasabah seperti saya atau pun agen pemasar kecewa.

Saya juga sedang menunggu itikad baik perusahaan Chubb Life menanggapi masalah yang saya alami dan solusinya. Saya juga seharusnya mendapat manfaat sesuai polis, bukan penurunan UP dari 700 juta menjadi 375 juta dengan membayar premi UP 700 juta.

Terima kasih.

Tok Gwek Eng
Kota Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Kekecewaan kepada Ace Chubb Life, Aturan Mengada-ada

  • 20 Juni 2023 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Kocak nih asuransinya…masa UP dari 700, turun 375….selalu saja ada alasan untuk membatalkan klaim….untuk TS kejar terus tuh asuransinya…

    • 21 Juni 2023 - (07:05 WIB)
      Permalink

      Kalo sdh lapse, yah berarti asuransi lama anda sudah tidak bisa diperpanjang lagi dan anda di tawarkan dgn asuransi yg baru dgn nilai tanggungan yg baru jg. Setau saya asuransi dimana mana aturannya seperti itu.

        • 12 Oktober 2023 - (12:19 WIB)
          Permalink

          Mungkin sebaiknya kita komentar beramai- ramai di medsos nya supaya perusahaan dpt memperhatikan keluhan nasabahnya. Saya pun sdh bosan email dan wA mereka , jawabannya tetap ngotot mereka benar.

          Bayar premi terus ( sudah hampir 12 tahun ) , bisa lapse dan nilai tunai habis ! Entah bgmn ini tanggapan OJK ttg si Chubb ini

          Perusahaan asuransi yg paling menguras energi yg pernah saya temui..

  • 21 Juni 2023 - (00:46 WIB)
    Permalink

    Saran saya mas kalo perusahaan tidak ada itikad baik nya bawa ke jalur hukum aja karena ini bisa jadi pasal penipuan

  • 21 Juni 2023 - (02:51 WIB)
    Permalink

    Coba bapak buka polis dan baca2 lagi aturannya di polis masalah lapse polis, mungkin bisa di bantah aturan lapse dengan menscreenshoot pasal2nya.

  • 21 Juni 2023 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Masih percaya aja sama asuransi om, yang sudah sudah asuransi akan mencari kesalahan nasabahnya untuk claim.

  • 2 Juli 2023 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Saya pun mengalaminya , cuti premi diharuskan membayar premi yg tertunggak , dalam 1 bulan rekening didebet berkali – kali sampai tunggakan lunas, seperti kita punya hutang kartu kredit saja, padahal premi tertunggak sudah dipotong dari nilai tunai (investasi yang sdh terbentuk) setelah lunas , kami pikir nilai tunai yang terpotong akan dikembalikan , ternyata tidak.. Premi lanjut dibayarkan tetap dgn autodebet rekening , dan tiba-tiba rekening tidak didebet lagi (padahal nasabah berpikir dgn autodebet polis tidak akan lapse ) ternyata Lapse .. di saat kita butuh dia lapse , kalau nasabah tidak bayar-bayar premi , wajar lah lapse… Ini premi tertunggak sdh dibayar lunas, pembayaran selanjutnya lancar dgn autodebet . Sekarang polis aktif lagi setelah saya debat pihak Chubb. Dan sekarang saya sdg menunggu itikad baik dari Chubb utk klaim waiver (bebas premi s/d usia 65 tahun ) polis a.n Suami saya yang sdh hampir 3 bulan diajukan , di mana 2 klaim waiver di polis suami saya di perusahaan lain (PT .P) sudah disetujui tanpa perlu debat panjang, seperti di Chubb ini.
    Untuk diketahui kami menjadi nasabah Chubb (D/h Acelife) hampir 12 tahun.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kekecewaan kepada Ace Chubb Life, Aturan Mengada-ada

oleh zhuo dibaca dalam: 1 menit
8