Hampir Dua Bulan Pengajuan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Jelas

Kepada Yth. PT. Bank OCBC NISP Tbk,

Saya Yohanes Indra Krisnadi, nasabah Bank OCBC NISP dengan nomor rekening 6938****042. Saya saat ini tengah mengajukan kartu kredit di Bank OCBC NISP. Saya tertarik dengan sejumlah promosi menarik yang ditawarkan kartu kredit ini dan cukup berguna bagi saya.

Pada tanggal 9 Juni 2023, saya mengajukan dua jenis kartu, yakni Nyala Platinum dan 90N di kantor pusat OCBC NISP di OCBC NISP Tower, Kuningan, Jakarta. Saya kemudian menyerahkan sejumlah persyaratan dokumen yang diminta, seperti KTP, slip gaji, hingga kartu kredit referensi. Menurut info dari customer service yang melayani saya di cabang, pengajuan akan diproses dalam waktu 14 hari kerja.

Selama saya menjadi pemegang kartu kredit di beberapa bank, 14 hari kerja memang adalah waktu yang umum untuk pengajuan kartu kredit. Setelah dokumen diterima, tak lama saya mendapatkan e-mail dari OCBC NISP yang berisikan “Terima kasih atas ketersediaan Anda mengisi form form-web-aquisition!

Tepat pada 14 hari kerja, saya masih belum menerima telepon konfirmasi dari pihak bank. Karena itu saya mencoba untuk menghubungi OCBC NISP pada 4 Juli 2023. Menurut customer service, pengajuan saya masih belum masuk ke sistem Bank OCBC NISP.

Customer service kemudian menawarkan untuk dibuatkan laporan dan saya mengiyakan, dengan SLA 3 hari kerja. Pada hari Senin 10 Juli (sudah melebihi SLA bahkan), pihak OCBC NISP menghubungi saya dan mengatakan bahwa pihak bank sudah berupaya untuk menelepon saya namun belum ada respons, dan jika disetujui atau tidak akan diberikan notifikasi SMS.

Sekedar informasi, di handphone saya sudah terpasang aplikasi pengenal telepon (True Caller dan Get Contact), dan akan muncul otomatis nama peneleponnya jika ada telepon masuk yang tidak dikenal. Selama 14 hari kerja, tidak ada satu pun pihak yang mengatasnamakan OCBC NISP yang menghubungi saya. Yang ada justru telepon dari bank lain, yang mana saya adalah nasabah juga di bank tersebut. Selama laporan yang dibuat dengan SLA 3 hari kerja pun, tidak ada telepon dari OCBC NISP.

Bahkan hingga surat pembaca ini saya buat, belum ada tindak lanjut lagi dari OCBC NISP. Terakhir saya menghubungi OCBC NISP pada Kamis lalu, dan masih belum ada progres. SMS notifikasi disetujui atau tidak pun juga tidak ada.

Saya sebetulnya sudah bukan kali ini mengalami hal serupa. Pada awal tahun 2022 saya pernah mengalami masalah ini. Saya mencoba kembali tahun ini dengan mengajukan langsung di kantor pusat, berharap tidak seperti dahulu. Ternyata masalah masih sama dan saya sudah geram, hingga saya pun bertanya-tanya:

  1. Bagaimana bisa sudah 14 hari kerja namun pengajuan belum diterima sistem bank? Sebobrok itukah sistem OCBC NISP, sebuah bank yang mengaku telah serba digital?
  2. Apakah jawaban dari laporan yang dibuat tersebut memang sengaja dibuat mengada-ada karena SLA sudah terlewati untuk kemudian dapat menutup laporan?

Saya amat sesali, sudah pengajuannya tidak bisa melalui booth OCBC NISP yang biasa ada di mall-mall, karena mereka hanya mengincar nasabah baru, ternyata masih ada lagi halang rintangnya. Saran saya kepada OCBC NISP, lebih baik belajar lagi ke bank-bank lain bagaimana mengurusi bisnis kartu kredit.

Terima kasih.

Yohanes Indra Krisnadi
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Hampir Dua Bulan Pengajuan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Jelas”

No : 015/BCD-PBC-NH/IX/2023 Tanggal : 15 Agustus 2023 Perihal : Tanggapan Atas Surat Pembaca Bapak Yohanes Indra Krisnadi Kepada Yth....
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Hampir Dua Bulan Pengajuan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Jelas

  • 25 Juli 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Kalau anda beranggapan bahwa sistem di bank OCBC bobrok, ngapain anda ngemis minta kartu kredit

    0
    4
    • 26 Juli 2023 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Savage, wkwk , setuju, segitu kecewa nya karena pengajuan cc lama, mau lama mau cepet, di acc apa enggak, itu kewenangan bank,
      Keluhan receh kaya gini masuk mk, enggak rugi duit juga kan, gak ditipu, gak dirampok wkwkkw

  • 26 Juli 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Nisp emang ketat approval cc nya, buka tabungan aja ribet itu. Mau yg simple noh buka bank mega, maknyosss, cobain gih, hahaha

  • 26 Juli 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Saya pengajuan KK OCBC NISP Titanoum Tahun 2021 bulan Oktober, karena di tawarkan saldo mengendap minimal 10 juta. Cuma pake KTP dan NPWP, terima email suruh isi form dan tanda tangan basah kemudian saya kirim lewat expedisi. Setelah itu selang 14 hari kerja di telpon kalau di approve setelah sebelumnya Telpon ke no darurat saya. Bulan November akhir kartu saya di kirim ke alamat

 Apa Komentar Anda mengenai Bank OCBC NISP?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Hampir Dua Bulan Pengajuan Kartu Kredit OCBC NISP Tidak Jelas

oleh Yohanes Indra Krisnadi dibaca dalam: 2 menit
5