Lamanya Proses Klaim Asuransi Jiwa Kredit ACC

Dear Media Konsumen,

Dengan adanya artikel ini saya harapkan dapat membantu saya dalam mempercepat proses klaim asuransi jiwa yang sudah menjadi hak kami sebagai konsumen.

Bapak saya (a.n. Rusdiantoro) merupakan nasabah kredit ACC, dengan nomor polis: ACP06826596. Beliau meninggal pada tanggal 15 April 2023. Setelahnya langsung saya proses ke ACC untuk klaim asuransi. Setelah semua berkas terkumpul, saya langsung mengirimkan ke ACC RADEN INTEN pada tanggal 11 Mei 2023.

Tanggal 30 Mei 2023, saya mendapatkan email bahwa ternyata masih ada berkas yang kurang, yaitu Kronologis Kematian tulis tangan (saya gak mengerti kenapa harus ada persyaratan ini juga, sedangkan keterangan dari dokter sudah cukup) dan juga formulir klaim/resume medis (yang sebenarnya sudah saya kirimkan bersamaan dengan berkas pertama yang dikirim pada tanggal 11 Mei 2023).

Kurangnya berkas sudah saya kirim pada tanggal 10 Juni 2023, dengan harapan dapat cepat diproses. Namun ternyata saya mendapatkan balasan pada 19 Juni 2023, ternyata masih ada pending berkas. Yang herannya, kenapa tidak diminta saat pertama kali ada email kekurangan berkas? Pending berkas berupa Hal Bantuan Keterangan dan FC kartu BPJS. Saya juga tidak mengerti kenapa dibutuhkan berkas segini banyaknya, sedangkan di asuransi lain cukup dengan Akta Kematian.

Pending berkas telah saya kirim pada tanggal 21 Juni dan diterima 24 Juni 2023. Sejak itu saya rutin menanyakan kepada CS bagaimana proses kelanjutan klaim dan dimintai waktu 14 hari kerja. Saya tunggu hingga 18 Juli 2023. Namun jawabannya mengecewakan, saya masih harus menunggu sampai Senin, 24 Juli 2023.

Hari ini tepatnya tanggal yang tersebutkan, saya mencoba menghubungi CS bagaimana laporan saya mengenai progress (nomor tiket pelaporan: 230718094128216) jawabannya lebih mengecewakan! Saya harus menunggu lagi maksimal 60 hari sejak tanggal 16 Juni 2023.

Saya hanya menginginkan hak bapak saya sebagai konsumen dan nasabah, mengapa ada peraturan dari asuransi mengenai tenggat waktu pelaporan atau berkas dikirim oleh nasabah jika lebih dari waktu yang ditentukan maka akan hangus. Lalu asuransi sendiri yang semena-mena dengan nasabah, mengingkari janji.

Berikut terlampir bukti-bukti proses dokumen klaim asuransi.

Berkali-kali saya tanyakan mengapa prosesnya lama? Jawabannya selalu butuh waktu butuh waktu, sedangkan waktu saya juga terus berjalan. Dengan adanya surat atau artikel ini saya harapkan Astra Life dapat merasakan keluh kesah dan rasa frustrasi saya atas lamanya proses klaim asuransi.

Citra Dian Permata
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Lamanya Proses Klaim Asuransi Jiwa Kredit ACC

  • 26 Juli 2023 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Astra Life lagi! Segitu parah kah pelayanan nya? Padahal saya sekeluarga berniat mau ambil Asuransi Jiwa nya yg Uang Pertanggungan nya Milyaran dengan premi bersahabat. Berfikir ulang deh klu pelayanan nya seperti itu.

  • 27 Juli 2023 - (05:23 WIB)
    Permalink

    Astra life asuransi yg udah mau di jual karna ngak profit makanya mereka ngk ada dana jadi sengaja di perlambat lambat, kekurangan berkas juga sengaja nanti setelah tenggat waktu habis, di minta dokumen lain agar hitung tenggat waktu baru, begitu terus sampe nasabah bosan. Semoga claimnya cepat selesai

  • 27 Juli 2023 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Biasanya setelah viral masuk media konsumen langsung cair… Rata rata semua asuransi memang begitu pelayananya .. Lambat… Tp pas ada sales yang menawarkan seolah olah prosesnya mudah…

  • 27 Juli 2023 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah saya pernah merasakan pengalaman seperti bpk, tp setelah saya tunggu selama 6 bln akhirnya cair juga. Angsuran yg selama ini kami tetap membayar selama 6 bln dikembalikan semua beserta denda2nya . Klo memang blm lengkap syarat2nya diturutin semua apa kata petugasnya.. Klo itu memang hak kita dan semua syarat sdh benar.. tenang aja bapak.. karena ACC bagi saya selama ini sudah MENEPATI JANJINYA

  • 27 Juli 2023 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Salah satu alasan kenapa peserta asuransi jiwa di Indonesia masih sedikit dibandingkan sama negara maju, salah satunya karena birokrasi yang ribet dan berbelit belit. Nasabah sudah mengirimkan semua dokumen yang diminta, seharusnya bisa segera dicairkan uang pertanggungan-nya.

  • 31 Juli 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Astra Life memang lama prosesnya, nampak mengulur waktu sehingga angsuran tetap terus berjalan yang tentunya jadi beban konsumen ACC. Sudah berproses lama pun hasilnya klaim asuransi ditolak. Bagi saya sangat tidak rekomendasi maskapai asuransi ini sehingga perlu lihat juga leasing yang bergandeng dengan asuransi jiwa ini. Saya juga merupakan nasabah ACC sekaligus asuransinya Astra Life.

    #KapokACC
    #KapokAstraLife
    #ACCAstraLifeNoWay

  • 1 Agustus 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, pada tanggal 27 Juli pihak Astra Life & ACC telah menghubungi saya bahwa klaim asuransi alm. bapak saya telah selesai diproses & approved. Dan pencairan BPKB telah diserahkan ke ACC raden inten kalimalang yang akan saya ambil pada tanggal 2 Agustus.

    Terima kasih kepada ACC & Astra Life yang telah merespon cepat dan tanggap atas keluhan saya.

    Citra, Bekasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Astra Life?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Lamanya Proses Klaim Asuransi Jiwa Kredit ACC

oleh Citra dibaca dalam: 1 menit
7