Klaim Asuransi Kendaraan Sinarmas Ditolak, Bagaimana Ini?

Selamat pagi,

Saya ikut asuransi kendaraan Sinarmas melalui penawaran online, pada bulan Agustus 2022. Saat itu mobil di-wrapping biru, tetapi warna aslinya putih sesuai BPKB dan STNK. Saya jelaskan ke marketing Sinarmas seperti itu. Mungkin bila ada rekaman percakapan/chat bisa dibuktikan.

Marketing tersebut bilang tidak apa-apa, tetap bisa diajukan asuransinya dan bila ada klaim tetap bisa diajukan asal kendaraan diklaim sesuai data BPKB dan STNK awal. Menjelang jatuh tempo, saya melakukan klaim, tetapi ditolak. Alasannya mobil yang di klaim warna putih, seharusnya warna biru (sesuai surat penolakan Sinarmas cabang Lampung). Padahal data awal di BPKB dan STNK warna mobil putih.

Bagaimana ini asuransi Sinarmas, bisakah ditunjukkan bukti rekaman/chat tersebut? Jangan karena kesalahan marketing, konsumen yang dikorbankan.

Siswadi Idris
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Klaim Asuransi Kendaraan Sinarmas Ditolak, Bagaimana Ini?”

Jakarta, 04 September 2023 No.003/MEDIARELATION-ASM/IX/2023 Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan PT Asuransi Sinar Mas atas Surat Pembaca “Klaim Asuransi...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Klaim Asuransi Kendaraan Sinarmas Ditolak, Bagaimana Ini?

  • 1 September 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    aneh. dimana2 memang mestinya sesuai dokumen stnk/bpkb. toh bisa cek nomor rangka ato mesin di mobilnya, utk buktiin apa mobilnya bener ato bukan.
    saya jg jd kepikiran, apakah artinya kl pakai asuransi tidak boleh ganti cat mobil?? ditunggu tanggapannya dari asuransi, krn mobil sy jg pakai asuransi sinarmas 😐

    • 2 September 2023 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Ganti cat mobil jelas boleh, tentu harus sesuai STNK. Dan ketika diganti, hrs lapor ke asuransi kalau ada perubahan warna cat. Intinya foto survey, data stnk, dan foto saat klaim semua harus sesuai.

  • 1 September 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Bukannya bapak yg harus buktikan bahwa sales ngomong tidak apa2 perubahan warna dsb, mungkin dari rekaman wa dsb, koq malah balik menuntut simas yg harus buktikan, saya ikut asuransi mobil online juga tapi semua chat saya simpan walau foto2nya susah tidak ada lagi, kan ada fitur bavkup dari wa. lagian ini sudah kurang 2 hari dari tutup polis, asuransi juga “curiga”. Seperti kejadian disengaja. Saya selama ini pakai simas ngak pernah di tolak bahkan 1 bulan sebelum tutup polis.

    • 2 September 2023 - (05:19 WIB)
      Permalink

      Skg byk penawaran asuransi via online dan resikonya bila terjadi klaim dan apalg ada masalah sulit dihubungi utk org bertanggung jawab dr.asuransinya.dlm kasus ibu, bagaimana awal foto saat penutupan apa foto sesuai dgn STNK? Pasal2 Polis Standar Kendaraan bermotor Indonesia yg dipakai utk penolakan tdk tepat krn pasal tersbt tepatnya utk kerusakan kendaraan atau kronologis kejadian tdk sesuai dilapangan.hrusnya pihak Simas memberikan surat keterangan kepd Ibu agar menjelaskan alasan atau tujuan apa atas perubahan warna kendaraan tsb serta berikan bukti STNK dan BPKB.apa yg disampaikan marketing simas sdh benar dan masalah bisa dijelaskan lngsung ditolak.

    • 2 September 2023 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Pelajarannya:
      1. Jangan beli polis lewat pihak ke 3, kalaupun lewat pihak ke 3 pastikan semua keterangan jelas.

      2. Kalau melakukan modifikasi, dipastikan sebutkan di dalam polis supaya tidak rancu saat klaim. Kalau perlu buatkan surat tertulisnyg ditanda tangani pihak anda dan asuransi.

      3. Beli asuransi lihat track recordnya jgn cuma berdasarkan besar kecilnya suatu perusahaan dan pastikan anda kenal dengan baik tenaga pemasarnya jgn cuma krn asal murah.

      Terimakasih.

  • 2 September 2023 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Sejak awal harus disebutkan bahwa terdapat aksesoris wrapping berwarna biru, dan ketika wrapping dicopot ya harus dilaporkan lagi.

    Btw, kalau memang ada chatnya, kan tinggal dibuka lagi sebagai bukti.

  • 2 September 2023 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Menurut saya wajar kalo pada awalnya ditolak karena perusahaan melihat dari dokumen foto. Saya kalau jadi tim underwriting klaim nya juga pada awalnya akan menolak atau seenggaknya minta bukti bahwa unit yg sama dan meminta pernyataan bermaterai.
    Tapi ajukan banding dulu saja, berikan pernyataan bahwa unit yg sama, nasabah mengundang investigator lapangan representatif perusahaan untuk mengecek langsung dan membuktikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Sinarmas?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Kendaraan Sinarmas Ditolak, Bagaimana Ini?

oleh Siswadi Idris dibaca dalam: 1 menit
11