Surat Pembaca

Salah Top Up Saldo DANA ke Nomor yang Tidak Aktif

Dengan hormat,

Pada tanggal 12 September 2023 pada pukul 20.26 WIB, saya melakukan transfer uang menggunakan mobile banking BCA ke aplikasi DANA. Namun, saya salah memasukkan digit nomor yang kurang, dan nomor tersebut tidak aktif serta tidak memiliki akun DANA.

Akhirnya, saya melakukan komplain kepada pihak DANA terkait kesalahan transfer ini. Setelah menghubungi pihak DANA, mereka memberikan keterangan bahwa transfer seharusnya gagal karena nomor yang tidak ada. Mereka kemudian memberikan nomor tiket 31526685 untuk layanan masalah ini dan meminta saya untuk verifikasi ke pihak Bank BCA.

Setelah saya konfirmasi ke pihak Bank BCA dengan menghubungi customer service mereka, CS BCA menginformasikan bahwa uang sudah terdebit. Oleh karena itu, saya beranggapan bahwa dari pihak DANA seharusnya bisa mengecek mengapa nomor tersebut salah, dan uang masih terkirim (saya mencoba meminta nomor bukti tiket, tetapi belum dapat karena komplain belum tercatat dalam sistem CS BCA).

Saya bingung apakah kesalahan terjadi pada aplikasi BCA atau DANA dalam sistemnya. Saya berpikir bahwa jika nomor tidak ada atau tidak aktif, seharusnya transfer gagal atau ada notifikasi nomor invalid sehingga transaksi tidak dapat dilanjutkan. Namun, dalam kasus ini, saya menerima notifikasi sukses meskipun nomor telepon tidak aktif dan tidak terdaftar di akun DANA.

Saat ini, saya merasa khawatir tentang keberadaan uang saya karena pihak BCA mengatakan bahwa uang sudah terdebit, tetapi pihak DANA tidak dapat memberikan informasi mengenai ke mana uang saya pergi. Saya juga kesulitan untuk meminta pihak DANA mengkonfirmasi ke provider kartu telepon saya karena nomor yang saya masukkan kurang digit, sehingga saya tidak dapat menghubungi provider tersebut.

Gilang Ginanjar
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA perihal “Salah Top Up Saldo DANA ke Nomor yang Tidak Aktif”

Menanggapi keluhan Bapak Gilang Ginanjar di Media Konsumen tanggal 13 September 2023 dengan judul “Salah Top Up Saldo DANA ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya balik lagi bang kelalaian konsumen , uda banyak kasus kayak gini , jangan kan dana semua e wallet juga kalo sudah salah top up susah kembali uang nya , coba hubungi aja nomor yang di top up siapa tau masih rezeki , tapi misal ga bisa ya berarti jadiin pelajaran bang biar kedepan nya lebih hati" , mau apapun itu baik top up transfer ato membayar virtual account

    • ya memang itu kelalaian konsumen , tp DANA juga harus memperbaiki sistemnya. Nomor salah & tidak punya akun dana tp kok transaksi berhasil. Berhasil darimana? harusnya langsung kena tolak / refund ke BCA / Bank pembayar

    • ia pak saya mengakui memang ini kesalahan saya .akan tetapi nomor tersebut saya sudah konfirmasi ke pihak dana bahwa tidak aktif dan tidak terdaftar account dananya. lalu kenapa nomor tidak aktif dan tidak terdaftar pada dana masih bisa tertransfer harus nya di aplikasinya menolak transfer dari saya.
      saya tidak meminta kembali uang saya hanya mengeluhkan atas sistem yang tidak memfilter ini karena account tidak ada tetapi masih bisa ditransfer dan uang saya terdebit .
      lalu uang terseubt kemana apakah jadi hilang atau seperti apa pada sistemnya.
      terima kasih responya pak.

    • Apaan sih rud gw aja udaj ga permasalahin . Udh gw ikhlasin kok gw ga minta diganti juga. Ya udh ga usah perpanjang lagi

  • Klw mnurut saya, selain kesalahan sampean, pihak bank jg eror. Masa akun tdk terdaftar bisa tertopup? dana tdk slh dlm mslh ini, krn jls nmr tujuan tdk trdaftr di Dana.

    • Ia bang saya sudah maklumi dan ikhlaskan. Kemarin saya hanya konsultasi abang saya kebetulan bekerja di ojk. Tapi saya sudah terima dan ikhlaskan