Sulit Sekali Bergabung ke Kelas English Academy by Ruangguru

Saya adalah salah satu peserta program IELTS English Academy Ruangguru. Program ini berjalan mulai 2 Oktober 2023. Saya tidak pernah mendapatkan pengumuman apa pun di email maupun WhatsApp. Sehingga info yang saya punya hanyalah info di website, bahwa ada kelas 2x untuk Rabu dan Jumat.

Pada tanggal 4 Oktober 2023, hari Rabu, pukul 18.58, saya membuka website English Academy Ruang Guru untuk bergabung ke kelas. Namun entah kenapa, tepat ketika kelas akan dimulai, website tidak bisa dibuka.

Firefox
Firefox

Saya pun mencoba browser lain (Firefox), tetapi sama saja tidak bisa dibuka.

Chrome Android
Chrome Android

Jadi, di komputer saya gunakan Firefox, Opera, Chrome, semua tidak bisa. Di handphone, saya gunakan Chrome dan MI browser, juga tidak ada yang bisa. Padahal sebelumnya, saya buka pukul 18.00, dan hari-hari sebelumnya, website-nya berjalan normal. Malah justru saat kelas akan dimulai, tidak bisa dibuka.

Ketika di komputer tidak bisa semua browser, sebelum coba-coba di handphone tersebut, saya sempat kontak customer service.

Wa cs
Wa cs

wa cs

Setelah 30 menitan, tidak ada balasan sama sekali, saya pun bertanya ke teman saya yang di program lain. Ironisnya, justru dari teman sayalah saya dapat info, bukan dari tim Ruang Guru.

maintenis

Ini sangat aneh sekali. Bagaimana tim Ruang Guru melakukan maintenance justru ketika jam kelas dimulai, dan tidak ada pemberitahuan sama sekali untuk program IELTS? Yang lebih parah lagi, saat jam maintenance tersebut (yang benar-benar penting, karena itu adalah jamnya kelas dimulai), tidak ada satu pun tim customer service yang aktif.

Jadi, peserta IELTS ini gimana nasibnya coba? Mau gabung kelas, tidak bisa, tidak tahu kenapa, tidak bisa bertanya, harus melongo begitu saja? Yang paling parah, bahkan hingga keesokan harinya, sampai saat surat ini ditulis, sudah 15 jam dari masalah tersebut, dan ini juga jam kerja, tidak ada satu pun tim customer service yang aktif.

sampai siang

Sungguh mengejutkan. Betapa tepat ketika kelas dimulai, dilakukan perbaikan, tanpa pemberitahuan apa-apa, dan semua kontak English Academy kompak menghilang, hingga waktu yang tidak ditentukan. Semua sangat sempurna agar peserta tidak bisa ikut. Entah apa tujuannya.

Teman saya tadi yang di Explorer, terakhir di grupnya hanya info diminta menunggu, dan hingga saat ini tidak ada kabar lebih lanjut. Entah apa maksudnya, apakah mereka diminta begadang semalaman, tidak boleh tidur, hari ini tidak boleh sekolah/kuliah/kerja juga, mendarmabaktikan seluruh hidupnya hanya untuk menunggu kabar dari English Academy? Luar biasa sekali!

Saya pun melihat fitur class history pada hari ini, dengan maksud untuk lihat apakah kemarin akhirnya jadi ada kelas atau tidak, ingin lihat rekamannya. Namun sungguh terkejut saya, rupanya ada kegiatan pada Senin, 2 Oktober, yang tanpa pemberitahuan dari media apa pun.

Entah kenapa ya, kok peserta dibuat sangat kesulitan untuk sekedar bergabung? Saya jadi bingung. Ruangguru ini sebenarnya, menjual program, agar kita ikut program, atau jualan video rekaman saja?

Oh ya, selain itu ada lagi. Sebelumnya saya sempat tanyakan soal grup WhatsApp dan lain-lain. Yang dijawab tim Ruangguru, ada beberapa nomor yang invalid sehingga tidak bisa dimasukkan grup. Nomor yang sama, yang sangat sering dikontak student advisor, alias sales, sampai melakukan pembayaran. Ajaib sekali. Sebelum bayar, bisa dihubungi, setelah bayar, jadi invalid, tidak bisa masuk grup.

Saya juga pernah meminta nomor customer service lain yang lebih bisa dihubungi, karena CS English Academy ini sering kacau. Jawabannya suka tidak nyambung, sering bikin tiket tapi tidak ada kejelasan, dll. Saya diberi nomor yang katanya nomor business Ruang Guru. Jadi kalau CS-nya tidak bisa membantu, silakan hubungi ke sana.

Tahukah Anda nomor apa itu? Nomor marketing. Ya, jadi solusi dari CS tidak membantu Anda adalah, marketing yang siap mendorong Anda beli program lain lagi dan lagi. Sungguh keren orientasinya untuk income semata. Walau masalah sudah selesai, tapi cara yang ditempuh sangat tidak layak.

Abraham Dharmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Sulit Sekali Bergabung ke Kelas English Academy by Ruangguru

  • 10 Oktober 2023 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Mau aja di prank kedua kali sama Ruangguru. Tampaknya, Ruangguru tinggal waktunya tuk mundur. Yang lain berlomba kedepan, ini berlomba mundur kebelakang.

    • 10 Oktober 2023 - (14:04 WIB)
      Permalink

      Ya kali orang mau di prank 2x. Langganan disini itu bukan per pertemuan, yg mana ga cocok bisa langsung cabut. Jdi paket nya masih jalan, sama ama yg lama gitu. Bukan sengaja beli baru supaya di prank lagi

 Apa Komentar Anda mengenai Ruangguru?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Sulit Sekali Bergabung ke Kelas English Academy by Ruangguru

oleh Abraham dibaca dalam: 2 menit
3