Surat Pembaca

CS Jenius Tidak Ada Solusi untuk Kendala Saya

Saya nasabah Bank BTPN (Jenius). Pada tanggal 10 Oktober 2023, saya mengalami kendala. Akun Jenius di perangkat saya tiba-tiba keluar secara otomatis dan saya tidak bisa login sampai surat ini diterbitkan. Karena kendala ini, saya akhirnya mendatangi salah satu booth Jenius di salah satu mal di Tangerang Selatan.

Saya menjelaskan kendala saya kepada Customer Service (CS), yang kemudian mengusulkan saya untuk mengganti ponsel atau me-reset pabrik. Saya menjelaskan bahwa saya tidak mengganti ponsel atau me-reset pabrik, dan ponsel saya masih dalam kondisi tidak di-reset. Akhirnya, CS memberi solusi untuk “unlink” perangkat saya dan meminta saya mengirim email ke jenius-help@btpn.com untuk melakukan “unlink” perangkat tersebut.

Setelah mengikuti perintah dari CS Jenius, saya diminta untuk menunggu balasan dari email tersebut dan saya pulang. Kemudian, saya diminta untuk melakukan video call sebagai verifikasi, dan akun saya berhasil “unlink”. Mereka meminta saya untuk mencoba lagi, tetapi saya masih gagal dengan keterangan yang sama.

Saya mengirim email lagi dan memberi tahu bahwa saya masih mengalami kendala, tetapi tidak mendapatkan balasan. Karena tidak ada balasan, saya akhirnya menghubungi CS melalui telepon, yang memberi tahu bahwa akun saya telah diblokir dan saya harus melakukan pemutakhiran data, baik di Bank BTPN atau di booth Jenius.

Akhirnya, saya pergi ke booth Jenius lagi, memberi tahu bahwa saya ingin melakukan pemutakhiran data, tetapi saya tidak bisa login. Mereka meminta data-data saya dan bertanya apakah saya mengubah KTP atau tidak. Saya menjawab bahwa tidak ada yang berubah dan semuanya masih sama. Saya juga memberi tahu bahwa akun saya telah diblokir.

Mereka meminta saya untuk menunggu selama 10-15 menit, dan akhirnya menginformasikan bahwa akun saya dalam keadaan aktif. Namun mereka tidak dapat membantu saya dalam proses pemutakhiran data, karena mereka tidak dapat mengakses data pelanggan saya. Mereka menyarankan saya untuk mengunjungi kantor cabang BTPN.

Hari ini, saya pergi ke kantor cabang BTPN, memberi tahu kendala saya dengan detail, dan menginformasikan bahwa saya ingin melakukan pemutakhiran data serta bahwa akun saya telah diblokir. Mereka meminta data-data saya, memeriksanya, dan memberitahu bahwa akun saya dalam keadaan aktif dan tidak memerlukan pemutakhiran data. Oleh karena itu, mereka memberi solusi untuk melakukan “unlink” perangkat lagi, meminta saya menunggu selama 2 jam, dan mencoba lagi.

Namun, setelah lebih dari 2 jam menunggu, saya mencoba login lagi pada jam 2 sore, dan kendala masih sama. Saya masih tidak dapat login. Tolong, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Sampai surat ini diterbitkan, saya sudah mencoba berbagai cara yang Anda sarankan, tetapi tidak ada solusi. Saya lelah harus berpindah-pindah.

Fera Rusniawati
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “CS Jenius Tidak Ada Solusi untuk Kendala Saya”

Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Ibu Fera Rusniawati berjudul “CS Jenius Tidak Ada Solusi untuk Kendala Saya” yang dimuat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Coba lakukan clear data untuk aplikasi Jenius di perangkat anda. Jika tidak paham clear data, lakukan uninstall aplikasi Jenius kemudian install ulang (sebaiknya dari Play Store). Setelah itu jalankan aplikasi Jenius untuk login dan approval perijinan aplikasi. Jika masih gagal, coba install aplikasi Jenius di perangkat lain dan login dari situ. Jika berhasil, kendala ada di perangkat anda. Jika gagal, akun anda yang bermasalah, maka coba anda tanyakan ke petugas BTPN apakah ada akun lain yang login selain perangkat anda. Jika ya, minta lakukan unlink untuk perangkat lain itu.

  • Apakah masih ada saldo di Jenius? Jika masih ada, semoga segera ada solusinya. Kalau tidak ada, saran saya bergantilah ke bank digital lain.

    • Ada uangnya makanya saya mau repot repot kesana kemari tapi ternyata tidak ada solusi. Terima kasih mas sarannya

      • Inilah jelek bank digital dan teman2nya, ada masalah dikit di salahkan hpnya, harus reset clear data dsb padahal akar masalahnya bukan itu, saya paling benci kalau cs sok tau dan cuman nyalahin jaringan, atau nyuruh clear data. Kalau belum selesai coba cari tau apakah dgn ke boothnya atau ke btpn tuk ngambil uang di dalamnya dan menghapus akun biar tdk di pakai lagi yg penting uangnya aman

  • Saya pernah unlink device, karna tertaut dengan perangkat lama yang sudah terjual, tetapi tidak ada masalah sama sekali setelah di unlink, dicoba berkala saja, mungkin sedang eror jenius

  • Bantu menjawab dari pengalaman pribadi dan eksperimen pribadi..

    Kalau mengalami kendala seperti anda yg tiba" akunnya Ter log out aotomatis/sendiri sebaiknya mencoba hapus data/clear cache, namun jika tidak berhasil ya hapus/unistal apk nya karna bisa aja file di apk ad yg corrupt yg menyebabkan error ketika membaca data yg tersimpan..

    Kalau emang gak bisa juga, baru lanjut k cs, nah ketika hubungi cs selain menceritakan keluhan, ikuti arahan, dan jika emang arahan tidak membuahkan hasil, suruh cek juga k mereka apakah ad device/hp lain yg mengakses akun anda, karna dari yg saya tes jenius hanya dapat aktif di satu device/hp, jadi ketika ad device lain yg login maka akun yg di device awal akan auto keluar,..

    Jadi suruh cek sama mereka ad device yg terikat/login akun anda atau tidak, kalau ad minta unlink untuk semua perangkat yg berkaitan dgan akun jenius anda.. ingat unlink untuk semua perangkat, bukan cuma perangkat anda saja..

  • Kadang chat dengan CS Jenius itu memang serasa chat dengan NPC/AI. Jawabannya template semua dan tidak ada solusi konkret.

  • Barangkali membantu. Kasus sama dengan saya.
    Solusinya Ganti koneksi internet.
    Kalo saya dari WIFI ke tethering data.