Beli Alat Bantu Dengar dari Luar Negeri Rp2,2 Juta, Mengurus Izin Keluar Rp1 Juta, Kena Pajak Bea Cukai Rp2,1 Juta

Halo, perkenalkan saya Febri, seorang penyandang tunarungu. Saya cerita sedikit, alasan kenapa beli alat bantu dengar dari luar negeri. Alat bantu dengar ini harganya sangat mahal di Indonesia, sedangkan saya dari kalangan kurang mampu. Akhirnya saya mencoba beli alat dari luar negeri dan saya dapat harga Rp2 jutaan dari seorang penjual di luar negeri, entah siapa saya tidak kenal.

Setelah saya beli, barang  pun dikirimkan. Namun saat barang sampai di Indonesia, ternyata kena “Lartas”. Saat pihak Bea Cukai memeriksa barang, mereka tidak bertanya apa-apa, tidak minta invoice, NPWP, dll. Setelah saya coba e-mail, ternyata tidak bisa, harus mengurus izin.

Jadi alatnya gak bisa diterima, harus ada surat dari Kementerian Kesehatan. Setelah 1 bulan mengurus, saya dapat izin dan bayar Rp1 juta. Kemudian saya kasih izinnya ke Bea Cukai. Kemudian pihak Bea Cukai meminta dokumen berupa: link pembelian, invoice, screenshot pembayaran. Sudah saya kirim dan saya email terus, baru dua minggu kemudian dibalas.

Saya sangat kaget, karena wajib bayar Rp2 jutaan. Alasannya karena saya membohongi Bea Cukai soal harga barang di kiriman Pos. Tentu saja saya bingung, yang menulis harga barang di pengiriman kan bukan pembeli, tapi penjual. Kenapa Bea Cukai menyalahkan pembeli (saya)?

Ini sangat ironis menurut saya, karena pembeli tidak melakukan kesalahan, tapi dibebankan. Sebagai pembeli, saya telah memberikan informasi dokumen dengan lengkap, tapi tetap dikatakan pelanggaran dan penipuan harga beli! Tentu ini sangat mengganggu sebagai pembeli. Dengan mengirimkan bukti, sudah cukup sebagai kejujuran.

Hal ini membuat saya sangat kecewa dengan Bea Cukai. Pihak Bea Cukai  berdalih menggunakan aturan baru PMK 96 Tahun 2023, padahal AWB saya masuk jauh sebelum PMK (Peraturan Menteri Keuangan) ini diterapkan.

Febri Suryadi
Painan, Sumatera Barat


Update (2 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bea Cukai sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

69 komentar untuk “Beli Alat Bantu Dengar dari Luar Negeri Rp2,2 Juta, Mengurus Izin Keluar Rp1 Juta, Kena Pajak Bea Cukai Rp2,1 Juta

  • 27 Oktober 2023 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Perubahan atas Kesalahan Data
    Pasal56
    (1) Importir atau Penyelenggara Pos dapat mengajukan
    permohonan perubahan atas kesalahan data CN
    sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 dan Pasal 21
    atau PIBK yang telah disampaikan sepanjang kesalahan
    terjadi karena kekhilafan yang nyata.
    (2) Kekhilafan yang nyata sebagaimana dimaksud pada
    ayat ( 1) merupakan kesalahan a tau kekeliruan yang
    bersifat manusiawi dalam suatu pemberitahuan pabean
    dalam bentuk kesalahan tulis, kesalahan hitung,
    dan/ atau kesalahan penerapan peraturan · yang·
    seharusnya tidak perlu terjadi, dan tidak mengandung
    persengketaan antara Pejabat Bea dan Cukai dengan
    lmportir dan/ atau Penyelenggara Pos, meliputi namun
    tidak terbatas pada:
    a. kesalahan penulisan data Importir;
    b. kesalahan perhitungan bea masuk dan pajak;
    dan/atau
    c. kesalahan penerapan aturan berupa ketidaktahuan
    adanya perubahan peraturan.

    Pasal 62

    (1) Importir dapat mengajukan keberatan secara tertulis

    kepada Direktur Jenderal terhadap penetapan Pejabat

    Bea dan Cukai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 31
    ayat (1), Pasal 32 ayat (2), dan penetapan Pejabat Bea
    dan Cukai lainnya dengan dilampiri data dan/atau bukti
    yang mendukung alasan pengajuan keberatan.
    (2) Tata cara pengajuan keberatan dilaksanakan sesuai
    dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
    mengenai keberatan di bidang kepabeanan dan cukai.
    Bagian Kelima

    7
    4
    • 27 Oktober 2023 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Gas kan bang. Bea dan Cukai itu lahan basah. Suka-suka mereka buat harga bea dan cukai. Banyak mafianya di situ bang. Alasan mereka pasti disabotase terhadap produk kamu agar “Kaya Raya”

      24
      1
      • 27 Oktober 2023 - (20:23 WIB)
        Permalink

        apa bisa nalar begini ?
        aduh saya sakit hati

        mereka bilang berdasarkan BUKTI INVOICE YANG DI BERIKAN !! TP dinyatakan penlanggaran.

        saya berfikir , klw bukti di dapat dari PEMBELI itu bukan pelanggaran

        tp klw BUKTI MEREKA DAPATKAN SENDIRI d luar Dokumen yang di berikan pembeli dan itu berbeda . Itu baru pelanggaran. !!

        benar2 menyebalkan. atau saya yang tidak paham !

        pasal 56 dan 63 tidak mereka respon

    • 27 Oktober 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Berarti harga produk di resi pengiriman beda dengan di invoice ? Udah tanya kenapa penjual kok ga transparan tulis harga sesungguhnya.
      Semoga bisa diturunkan bea masuknya setelah ajukan banding, kalau lewat MK aja biasanya BC cuma kasih arahan lewat Surat Tanggapan. Soalnya prosesnya sekarang serba online. Asal jujur sebenarnya bisa kok diturunkan bea masuknya , ini pengalaman saya sih.

      3
      1
          • 27 Oktober 2023 - (10:37 WIB)
            Permalink

            Invoice itu apa? Harga kan? Sudah di jawab penulis. Makanya baca dan simak. Jangan asal ngomong. Pakailah sistem analisa permasalahan dulu. Kwkwk. Buka asal baca judul.

        • 27 Oktober 2023 - (11:10 WIB)
          Permalink

          Saat kita membeli barang dari luar negeri dan setelah bayar akan terbit invoice. Dan saat penjual dari luar negeri mengirimkan barang tersebut ke kita dalam resi pengiriman akan tercantum nilai barang. Itu yang ngisi pihak penjual, dulu bisa pembeli menyuruh penjual mencantumkan nilai di resi lebih rendah dari invoice. Sekarang mana bisa. Semoga membantu informasinya ya.

          • 27 Oktober 2023 - (11:31 WIB)
            Permalink

            benar. itu yang mengisi penjual

            masalahnya skrng
            1. PMK PMK 96 Tahun 2023 baru dinterapkan Oktober awdangkan AWB saya sudah masuk bea cukai agustus
            2. yang menulis harga d pengiriman bukan pembeli, kewajiban pembeli meberi data yang sebenarnya ke bea cukai ( sudah saya berikan ) tp ttp dikatakan MENIPU HARGA
            3. PASAL 56 MENGATAKAN beacukai wajib sosialisasi soal aturan bru. dan kesalahan harga bisa di lakukan revisi. jika Human error.
            4. saya sangat benci sama Birokrasi pemerintah, padahal itu buat orang cacat ( saya sendiri ) tp mereka gk pakai nurani dikit pun (jangan membantu dissabilitas malah suka mempersulit )

            13
      • 27 Oktober 2023 - (10:22 WIB)
        Permalink

        saya inbox penjual. dia info klw ini pertama kali dia mengirim ke indonesia. dan tidak melakukan pengiriman ke indo karena birokrasi indonesia tidak jelas.

        soal harga di bikin di Pengiriman ( Value) harga barang , tertulis Optional krn biasanya Beacukai ( Costome ) akan meminta Invoice ke pembeli ( importir. !

        • 27 Oktober 2023 - (10:36 WIB)
          Permalink

          Wkkwkw bea dan cukai banyak mafianya. Pejabat ditempat mereka bertugas.
          Pejabat yang tanda tangani harga bea dan cukai itu biasanya. Mereka itu disebut pejabat. Hanya bisa digeser pejabat itu jika pensiun dan digeser oleh Kementrian. Wkkwkwkw

          8
          1
        • 27 Oktober 2023 - (10:49 WIB)
          Permalink

          Ini cuma pengalaman saya sih sebagai penerima paket dari LN sejak tahun 1999/2000. BC tidak pernah minta invoice ke kita jika kita tidak mengajukan banding/keberatan atas bea masuk yg dikenakan.
          Acuannya selain harga barang yg tertulis di resi ,mereka juga browsing untuk compare harga barang kiriman tsb.
          Semoga ada jalan keluar terbaik ya Pak.

          4
          1
          • 27 Oktober 2023 - (14:47 WIB)
            Permalink

            Wkwkkwkw kalau masalah compare, itu kan pembeli sudah transfer harga sama penjual senilai GBP 122.00

            Ngapain di compare? Wkwkkw udah basi penjelasanmu. Emang pejabat yang meninjau permasalahan dokumen ini “sengaja” dengan alibi segala macam yang kamu katakan.

            5
            2
        • 28 Oktober 2023 - (06:14 WIB)
          Permalink

          Kenapa harus dengan denda yang Ga wajar sih, cukup suruh bayar Pajak sesuai invoice Kan lebih manusiawi, kecuali isi beacukai Bukan manusia.

          • 28 Oktober 2023 - (06:46 WIB)
            Permalink

            mereka ada robot bekerja sesuai aturan,,
            tp saat saat meminta berlakukan pasal 56 san 63. mereka tidak mempedulikan.

            dsutulah ironis nya.
            mereka menjerat saya dengan pasal tapi mereka tidak menggunakan pasal lain sebagai bentuk keringanan atas kesalahan yang tidak di lalukan pembeli.

            dan mereka malah menjadikan BUKTI INVOCE dari PEMBELI sebbagai dasar PENJERATAN PASAL DAN PEMBERLAKUAN DENDa terhadap pembeli.. !!

            sempat terpikir , nanti klw kejadianya terbalik,, penjual malah bikin harga lbh tinggi di keterangan pengiriman, misal dbikin hatga barang 1 M ( padahal harga aslinya 100dolar

      • 27 Oktober 2023 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Dengan hormat,

        Pasal 28 PMK 96 Tahun 2023 menyatakan:
        “(1) Pejabat Bea dan Cukai dan/atau SKP menetapkan tarif dan nilai pabean berdasarkan pemeriksaan pabean sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (1).
        (3) Dalam hal penetapan nilai pabean sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1) mengakibatkan kekurangan pembayaran bea masuk yang disebabkan karena kesalahan pemberitahuan nilai pabean dan Barang Kiriman merupakan hasil transaksi perdagangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (3) huruf a, selain wajib melunasi kekurangan pembayaran bea masuk, Importir dikenai sanksi administrasi berupa denda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang­ undangan mengenai tata cara penghitungan sanksi administrasi berupa denda di bidang kepabeanan.”
        ———————————————————-
        pemberitahuan dari PT Pos ke Bea Cukai bahwa CN RY442339348GB merupakan barang perdagangan dengan harga USD 2, namun setelah diteliti lebih lanjut berdasarkan bukti invoice yang dilampirkan, didapati harganya USD 148.46, dengan demikian sesuai PMK 96 Tahun 2023 dikenai sanksi administrasi berupa denda, demikian disampaikan

        • 27 Oktober 2023 - (21:46 WIB)
          Permalink

          Pemberitahuan dari Posnya seperti dipermainkan. Jika itu kalimat pemberitahuan, maka ada yang perlu diperhatikan, Apa Bea dan Cukai melampirkan foto produk tersebut? Dan memvideokan produk tersebut kepada pembeli? Seperti ada yang dipermainkan. Wkwkwkkw

          • 27 Oktober 2023 - (22:40 WIB)
            Permalink

            mereka tdk memberi dispensasi.
            1. AWB saya masuk beacukai agustus
            2. pasal 56 tidak mereka hiraukan
            3. pasal 63 juga tdk di hiraukan

            mereka hanya berpatok pasal2 d yang mereka kenakan tdk mau dispensasi dengan pasal 56.

            itu lbh seperti KeEgoisan. padahal sudah ada pasal lain yang meringankan

            andai pengirim membuat harga 1 M. jd bgmn dengan pembeli d indonesia ? apa harus bayar pajak dengan nilai 1 M atau nilai Invoice pembeli.!!!

            mereka tdk bisa menindak penjual Luar. tp mereka lbh menindas masyarakat nya sendiri!!

            5
            1
      • 28 Oktober 2023 - (06:50 WIB)
        Permalink

        d pemgiriman , harga barang yang tertulis tdk bisa di jadikan patokan resmi krn tdk ada lampirkan INVOICE . dan kemudian harga itu bisa saja di bikin berapa oleh penjual. krn saya lihat itu hanya sebagai bentuk isian tanpa legalitas.

        nah sekarang BEACUKAI MENGGAB HAL ITU LEGAL dan jadi dasar MENJERAT PEMBELI dengan pasal.

        tentu itu sebuah kesalahan besar.

        kecuali di sana penjual kasih INVOICE dan PEMBELI kasih invoice ,, Dan INVOICE INI HARGANYA BEDA JAUH.

        dsana beacukai BOLEH jerat yg salah. !! tp mana mngkin BEA CUKAI bisa jerat orang LUAR.. beraninya cuma sama orang indo. !!

        4
        1
      • 28 Oktober 2023 - (11:27 WIB)
        Permalink

        iya terimakasih ya.
        semoga Viral. krn Hanya Viral yg bisa menyelesaikan masalah di Indonesia untuk saat skrng ini

    • 29 Oktober 2023 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Salah satu instansi pemerintah paling gak jelas yah bea cukai, mereka sesuka hati menetapkan tarif yg harus dibayar pembeli. Dengan alasan mereka bisa mengecek harga asli pembelian barang… Lah kalau beli nya pas flashsale atau diskon atau semacam even shopee luar negeri gitu kan harga yg dibayar lain lagi…

      Beberapa hari lalu malah belanja di Aliexpress udah gak bs, sdh diblokir pemerintah Indonesia dengan alasan melindungi UMKM…

      Benar² alasan yg sangat payah dan gak bs diterima..

      • 29 Oktober 2023 - (08:28 WIB)
        Permalink

        yg plng gk masuk akal. Handphone 1 init sdh pakai tdk akan bisa lolos dr bea cukai

        alasan larangan , bisnis , dan menjaga UMKN

        jika ada ex mahasiswa info yg tertingg HP d luar ( juga laptop ) , maka FIX gak akan bisa lewat beacukai resmi.

  • 27 Oktober 2023 - (08:13 WIB)
    Permalink

    AWB bulan AGUSTUS . peratuan PMK 96 Tahun 2023 baru efektif bulan Oktober.

    dan bnyak hal menjadi pertimbangan seharunya. pas mereka minta invoive ( sesuai pmk baru ) saya sdh mmemberikan dokumen. tp mereka bilang saya Nipu harga. tentu kesalahanya dsana. !! kecuali saya berikan data2 palsu dll

    • 27 Oktober 2023 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Emang begitu bea dan cukai, banyak mafia di pejabat bea dan cukai. Lahan basah itu. Banyak aja alasan mereka.

  • 27 Oktober 2023 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Emang sejak kapan bea cukai negara india pintar dan ber prestasi? Adanya sih mengganggu rakyat saja, tapi ga berani berantas impor ilegal, cuaks

    12
    • 27 Oktober 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Alat bantu dengar yg ditanggung BPJS Kesehatan maksimal cuma Rp. 1.000.000.. Apabila harga nya di atas itu, sisa nya wajib bayar sendiri..
      Alat bantu dengar yg bagus, harga nya lumayan mahal.. Nampak nya sederhana.. Tapi harga nya bisa mencapai 50 jutaan.. Fantastis..

      • 28 Oktober 2023 - (05:18 WIB)
        Permalink

        Kayaknya dulu ada kasus yg mirip di bali yg wisatawan asing beli alat bantu medis tapi di persulit bea cukai dengan menaikkan harganya gila2an, beritanya sampe viral di tv dll, mungkin bisa belajar dari kasus itu kasih viral ini alat kesehatan loh apalagi di pakai pribadi bukan alat komersial kayak hp. Parah memang bea cukai terlepas dari aturan2 yg ada yv membangongkan

        2
        1
        • 28 Oktober 2023 - (05:33 WIB)
          Permalink

          zaman sekarang d indonesia , Viral adalah cara menyelesaikan masalah yg efektif. tolong d bnatu ya. krn saya tdk tau bgmn mmbuat masalah ini sampai ke bagian / orang / siapapaun yg bisa mneyelesaikan ini..

    • 27 Oktober 2023 - (20:52 WIB)
      Permalink

      harga ABD plng murah 10 chanel 10 juta , klw tempat lain 10 channel 20 juta

      bantuan pemerintah atas ABD itu 1 juta untuk 5 thn d, harus d beli d tempat resmi.

      bnyak bantuan sosial yang diberikan bukan ABD , tapi AMPLIFER harga 300an. !

      itulah negri kita ,,

  • 27 Oktober 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Anda seperti orang baru saja di Indonesia.
    Di indo itu kalau bisa repot kenapa harus lancar?
    Kalau lancar itu tidak ada duitnya Sob, makanya harus ribet agar ada pemasukan

    Coba liat pak ogah di tengah jalan raya itu.
    Kalau tidak ada U-turn mereka tdk ada dapat uang sob.
    U-turun ditutup kan jadi lancar, nah ngamuk mereka.
    Miris tapi nyata

    5
    1
  • 27 Oktober 2023 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Sudah ke kantor pos wilayah domisili kamu? Bukan kantor pos terdekat ya, tapi kantor pusat dari wilayah nya sendiri. Contohnya kalo saya yg domisili Jakut, itu di Swasembada Timur, Priok. Segera diurus krn jika melewati wkt tertentu, brgnya balik ke asal, nanti malah tambah ribet.

    Dulu sy rutin belanja dr eBay dan selalu instruksikan penjualnya pake EMS yg bisa ditracking. Saya cegat/samperin ke kantor cukai nya yg berlokasi di area bandara Soetta dekat T3. Sebelum perhitungan terbit, nego/sogok ke petugas nya, bawa print-an eBay yg tentunya sudah diedit harganya. Sudah klop di harga baru diterbitkan tagihan nya dan tinggal diambil lsg ke Priok atau tunggu pak pos di rumah. Amplopin petugas cukai bandara jg bbrp kali, krn bawa bagasi ber dus2 elektronik.

    Kalau skrg sudah males repot, belanja hanya dr Amazon yg tagihan nya sudah dirinci dan dibayar dimuka, jd tidak akan ada biaya tambahan lg.

    Makin ke sini makin aneh, > $3 dah kena pajak, sedangkan negara tetangga ribuan baru kena. Angkanya dr semula $50 ke $75 trus turun drastis. Alesan nya UMKM, pdhl maruk aja negaranya.

    • 27 Oktober 2023 - (15:45 WIB)
      Permalink

      saya jauh dr pusat. berada di daerah. klw kantor pos dsini hanya tempat ambil barang, tdk ada tindak lanjut klw masalah penetapan pembayaran dari bea cukai

  • 27 Oktober 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Dengan hormat,

    Pasal 28 PMK 96 Tahun 2023 menyatakan:
    “(1) Pejabat Bea dan Cukai dan/atau SKP menetapkan tarif dan nilai pabean berdasarkan pemeriksaan pabean sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (1).
    (3) Dalam hal penetapan nilai pabean sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1) mengakibatkan kekurangan pembayaran bea masuk yang disebabkan karena kesalahan pemberitahuan nilai pabean dan Barang Kiriman merupakan hasil transaksi perdagangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (3) huruf a, selain wajib melunasi kekurangan pembayaran bea masuk, Importir dikenai sanksi administrasi berupa denda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang­ undangan mengenai tata cara penghitungan sanksi administrasi berupa denda di bidang kepabeanan.”
    ———————————————————-
    pemberitahuan dari PT Pos ke Bea Cukai bahwa CN RY442339348GB merupakan barang perdagangan dengan harga USD 2, namun setelah diteliti lebih lanjut berdasarkan bukti invoice yang dilampirkan, didapati harganya USD 148.46, dengan demikian sesuai PMK 96 Tahun 2023 dikenai sanksi administrasi berupa denda, demikian disampaikan

    ” Ctt”

    Jawaban dari bea Cukai. padahal Invoice yang memberikan ke bea cukai adalah saya

    Tindakan bea cukai membuat orang agar membuat Invoice Palsu . dan mereka tdk menghargai DOKUMEN yang di berikan pembeli.

    dan mnyalahkan pembeli atas harga tertulia dipengiriman.

    bgmn jika pengirim membuat harga 1 M d pengiriman ??

  • 27 Oktober 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Jadi ingat WNA di Bali yang dapat kiriman bantuan alat kesehatan dari negaranya, akhirnya ditahan Bea Cukai. Barangnya gratis, disuruh bayar untuk urus izin dan pajak segala macam. Hadeuh memang ya 2 instansi Kementrian Keuangan ini memang sangat luar binasa. Mana sekarang beli barang import di e-commerce diblok lagi gara-gara polemik tiktokshop jadi merembet ke mana-mana. Bakalan dipersulit sekarang mah beli barang import, mendhing kalau barangnya ada yg jual di dalam negeri, nah ini nggak ada yg jual, bukan masalah perang harga lagi. Secara hitungan, beli barang import harusnya udah lebih mahal karena ada tambahan biaya pajak/custom segala macam.

    • 27 Oktober 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      saya tdk paham sama cara mereka menentukan PENELITIAN DARI INVOICE YANG D LAMPIRKAN ,, dnyatakan sebagai pelanggaran.

      logika mereka gk masuk

      kecuali
      Berdasarkan INVOICE yang di lampirkan dan kami meneliti ke penjual langsungb, terdapat perbedaan informasi <=== maka baru nmnya pelanggaran

      ini sama saja , mereka mendorong agar edit INVOIVE atau BERLAKULAH CURANG

      saya masih kesal.

    • 27 Oktober 2023 - (20:56 WIB)
      Permalink

      dalam.negri ada jual barang yg hampir sama dengan saya beli, tp hargnya 40 juta / alat.

      dan pemerintah menutup mata atas permainan itu

    • 28 Oktober 2023 - (06:22 WIB)
      Permalink

      apa ada cara lain yg lbh efektif ?
      misl setelah d Posting di INSTAGRAM . minta seseoarang / akun yg bisa Viralkan untuk TAq agar pembaca jd bnyak dan bisa Viral kemana mana ?

      ( biasanya akun akun bebayar krn influer Gpp , nnanti d bayar buat memviralkan )

      • 28 Oktober 2023 - (06:50 WIB)
        Permalink

        sebenarnya tdk perlu bayar influencer, cukup bermain di hastag saja. pasti banyak fanpage yang akan repost atau cari fanpage yang suka drama2 seperti ini. pasti dgn senang hati mereka repost. apa lagi kasus yang begini pasti cepet ke up.

  • 28 Oktober 2023 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Dendanya 1.670.000 .Wow…

    Tunggu aja nanti juga BC respon di MK, biasanya kalau BC respon itu lengkap kronologis dan aturan nya, semoga lebih jelas nantinya.

    Yang biasanya resi ga sesuai invoice mulai hati² ya.

    • 28 Oktober 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      BC respon MK , Maksudanya bgmn pak ?

      cerita ini mulai jelas. kesalahn mereka di bagian ini.
      mereka berpatok pada Value barang kiriman ( tanpa resi ) velua barang tentu bukan jaminan dan legalitas denda. , krn dalam aturan itu tertulis INVOICE

      kemudian ini kan invoice hanya dari saja pak. dsana kesalahan mereka

      klw mereka dapat Invoice dar penjual dan membandingkan invoice dar saya , jika ada beda baru akan ada unsur NIPU dan kena DENDA.

      • 28 Oktober 2023 - (07:39 WIB)
        Permalink

        Ada nanti mereka kirim Surat Tanggapan ke MK. Nanti situ juga diberitahu kalau ada Surat Tanggapan, sekarang weekend ya. Paling minggu dpn mereka baru kasih tanggapan.
        Saya udah lumayan lama di MK, hapal kok kl ada masalah Bea Cukai pasti merespon lewat sini juga

  • 28 Oktober 2023 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Berurusan sama beacukai gudang mafia uang kalau nggak viral dulu tetap kalah mau argument apapun.

  • 28 Oktober 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Sayabtdk terlalu yakin mereka akan beri respon meberatan saya ke MK dengan pengajuan pasal 56 dan pasal 62

    Poin kesalahan mereka Beacukai
    1. mereka tdk memiliki invoice dari penjual
    2. mereka mematok harga dari Nilai ( value penjual ) dan Invoice saya sebagai DASAR PENJERAT DENDA bagi pembeli , dan saya d nyatakan bersalah krn Invoice yg saya lampirkan ( jika penjual membuat harga Balue barang 50 juta bgmn nanti kan ( lbh tinggi )
    3. AWB saya masuk Agustus. dan mereka menerapkan aturan MK 96 2023 yg baru oktober
    4. Mereka tidak dispensasi sama sekali padahal ini adalah alat untuk orang cacat ( saya sendiri )

    mohon bantuanya
    Rresi AWB saya . Y442339348GB
    atas nama FEBRI SURYADI.

    Krn mmng ini murni bukan kesalahan pembeli ( saya )

  • 28 Oktober 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Bea cukai gini harus dipimpin oleh pejabat berkarakter seperti pak ahok. kalo ada komplainan dari masyarakat, bisa disidak itu karyawan bea cukai, jd ga bisa bermain2 lagi dgn lahan basahnya. Selama ini bea cukai terlalu bebas dgn lahan basahnya….

  • 28 Oktober 2023 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Saya turut berprihatin atas permasalahan yang dialami sdr. Antrean, sebagai pejabat seharusnya bisa bersikap bijak sebelum bertindak. Dalam ini barang dikirim dr luar negeri tsb. adalah utk dipakai dan bulan untuk di jual terus kebutuhan difabel lagi! Saya minta tolong dirjen Pajak Kalau perlu Bu menkeu Srimuliani tolong perhatikan hal2 begini dan masih banyak hal lain yang harus dibenahi menyangkut pelayanan publik kalangan bawah. Bantuan pemerintah kepada rakyat tidak hanya berupa Materi BLT, subsidi atau tunjangan insentif saja
    Tolong setiap instansi terkait perhatikan pelayanan umumnya khususnya kepada kalangan menengah kebawah. Jangan tunggu viral baru sibuk semua

    • 28 Oktober 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      terimakasih atas dikunganya.

      saya menunggu hal ini Viral . semoga bisa viral. krn klw jalur biasa gak akan pernh selesai hal ini. bagi mereka tdk ada nmnya belas kasihan , cacat, dissabilitas . semuanya pangkas rata.

  • 28 Oktober 2023 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Ini anda sebaik nya masuk Gurp Aliexpress Indonesia di FB disitu byk penjelasan terkait Denda pajak import, intinya pihak beacukai mengganggap ada pelanggaran misalnya mas nya beli brg di invoice pembelian hrg 2JT tp yg dicantumkan di FOB yg ditempelkan dipaket itu misalnya cmn $20 mau itu salah seller nempel in hrg dan keterangan biar buyer gak kena pajak import mahal klu mundur 2 sampai 3thn dl bea cukai bisa dikibulin dg cr itu tp skg beacukai gak mau dikibulin klu hrg tertempel di FOB gak sesuai dg invoice nya anda kena denda 80% dr hrg invoice ditambah ada denda perhari jika lewat dr tgl jatuh tempo pembayaran pajak import nya dan denda sewa gudang perhari nya… Jika gak dibayar barang akan di sita dan dimusnahkan alias di lelang kembali….

    Semoga ada jalan terbaik nya untuk masalah anda

    • 28 Oktober 2023 - (18:24 WIB)
      Permalink

      klw ada kasus penjual bikin harga FOB 100 juta , padahal invoice sebenarnya 1 juta.

      bgmn beacukai menaggapi, apa nanti d bilang KAN FOB NYA 100 JUTA. jd harus bayar sesuai FOB ?

      • 29 Oktober 2023 - (08:27 WIB)
        Permalink

        Kalau pajak di tetapkan sesuai aturan akan banyak orang melakukan impor produk sendiri. Karena produk anda tidak berurusan dengan bea cukai saja, tetapi juga akan merusak mereka yang bermain di alat kesehatan. Mentri aja bisa di lengserkan oleh mafia kesehatan.

  • 28 Oktober 2023 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Setelah cari di Tokopedia, banyak alat bantu dengar dibawah 2,5 juta. Kenapa bisa cari di toko luar negeri gak cari di toko Indonesia dulu.

    • 28 Oktober 2023 - (20:00 WIB)
      Permalink

      dia bnyak jenisnya

      klw baru d bawah 2.5 juta itu sangat tidak bagus

      ABD itu ada channel nya. biasa latokan standar 1 channel 1 juta , plng mahal merek yg bagus 2 juta

      minimal tunarungu butuh 10 channel. ,

      kemudian ada kelompok
      Tuli sedang , Berat , sangat berat

      saya butuh ABD sangat berat , ( sangat berat , harganya lbhahal lagi)

      skrng alat yg d beli 16 channel merek terkenal. d indo denga Qualitas sama 40 jutaan / alat

    • 29 Oktober 2023 - (15:35 WIB)
      Permalink

      wah saya juga baru beli barang hanya 1 buah gantungan seharga 250rb tau², sebelumnya nilai nya hanya 50rb tapi pas mau bayar malah error sistem nya “tidak sesuai nilai pajak” dan udah kontak sana sini ternyata error sampe berhari² setelah ditunggu² dan diperbaiki malah kena denda jadi 5jt miris banget

  • 29 Oktober 2023 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Lain kali kalau import barang dari luar negeri, jangan lupa minta pengecilan nominal invoice dari pihak penjual tersebut & jangan nyodori ke bea cukai pakai invoice asli, supaya tidak terlalu berat biaya pajak nya

    • 29 Oktober 2023 - (09:06 WIB)
      Permalink

      itu aturan sudah lama dan d perbarui dengan aturan PMK 96 thn 2023 efektif Oktober.
      yg sangat di sayangkan INVOICE yg kita berikan MENJADI DASAR UNTUK PEMBERLAKUAN DENDA ,

      jika kejadianya terbaik. s penju bikin FOB 100 juta. padahal nilai aslinya 1 juta.

  • 29 Oktober 2023 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Nggak ngaruh,pihak bea cukai punya penilaian sendiri.
    Harga akan tetap di kroscek jika terdapat harga yg tdk wajar.
    Kalau dulu trik seperti itu masih bisa,kalau sekarang sulit.
    Koreksi kl salah

  • 29 Oktober 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Pantas org2 BC kerja di BC rata-rata kaya Raya, org2 pajak kpp juga kebnykan punya rumah diatas 2milyar dan sejumlah Aset,

  • 29 Oktober 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Pajak asal meras tanpa melihat kegunaan barang dan perlu direformasi, harusnya pajak 0 persen utk alat bantu gini yg utk dipakai sendiri

    • 29 Oktober 2023 - (17:01 WIB)
      Permalink

      kmren minta izin kemenkes. dengan membuat beberapa syarat
      salah satunya , pernyataan di pakai sendiri, bayar 1 juta.

      saya pikir bakal di keluar dr beacukai tanpa bayar pajak.

      malah d pajak 2.1 jutaan atas kesalahan yg bukan kesalahan pembeli.

      tdk ada guna suarat surat2 yg di urus, klw tetap bayar Beberapa rentetan

        • 3 November 2023 - (16:48 WIB)
          Permalink

          saya bayar 1 juta ke kemenkes , wlw pemakaian pribadi
          ada beberapa surat

          SAS Alkes. tidak ada keterangan lanjut

  • 29 Oktober 2023 - (16:58 WIB)
    Permalink

    setelah saya marah2 dan maki , saya d email seperti ini .. apakah ini petanda buruk ?

    Dengan hormat,

    Mohon konfirmasinya, apakah ada nomor telepon yang bisa kami hubungi?
    Karena ada beberapa hal yang harus dikonfirmasi secara langsung melalui telepon.

    Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,
    Joni
    Tim PLI Bea dan Cukai Pasar Baru

  • 30 Oktober 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    pagi ini sedikit haru. tapi saya terlalu dini membagikan kabar ini.

    tapi semoga ini benar

    percakapan lewat wa

    [10/30, 08:05] +62 856-1117- Selamat pagi ka
    [10/30, 08:06] andrean Boea: selamat pagi
    [10/30, 08:07] +62 856-1117-: Izin ka perkenalkan saya ibu muna dari beac cukai pasar baru🙏🏻
    [10/30, 08:07] +62 856-1117-: Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan layanan kami
    [10/30, 08:07] andrean Boea: iya. silahkan pak/ buk
    [10/30, 08:07] andrean Boea: termkah sudah mnghubungi lewat chat, krn saya tunarungu ( tdk bisa mendengar )
    [10/30, 08:08] +62 856-1117-: Terkait keluhan kakak di media konsumen atas barang kirimannya
    [10/30, 08:08] +62 856-1117-: Kami mau bantu untuk prose s pembetulan penghapusan dendanya
    [10/30, 08:08] andrean Boea: apa benar buk/ pak
    [10/30, 08:08] +62 856-1117-: Iya ka
    [10/30, 08:08] andrean Boea: klw benar. saya sangat berterimakasih
    [10/30, 08:09] +62 856-1117-: Karena dok kaka disubmit oleh PT Pos Indonesia sebelum diberlakukan PMK 96 tahun 2023 tgl 17 Okt 2023
    [10/30, 08:09] +62 856-1117-: Jadi atas denda yg dikenakan bisa dihapuskan
    [10/30, 08:10] +62 856-1117-: Sekali lagi kami mohon maaf yach ka 🙏🏻
    [10/30, 08:10] andrean Boea: iya buk. jd bgmn langkah saya selanjutnya
    [10/30, 08:10] +62 856-1117-: Akan sy kirim form pembetulannya untuk diisi ka
    [10/30, 08:10] andrean Boea: saya jga mohon maaf atas hal ini. smga tdk ada masalah bg tunarungu dan dissabilitas kedepanya
    [10/30, 08:10] andrean Boea: baik. terimakasih

    Ctt : No HP saya kurangi, nanti saya kena pelanggaran
    semoga masalahnya bisa benar2 selesai

    Ucapan terimakasih pada media Konsumen dan segenap komentar yng ikut membantu UP di media sosial beacukai..

    terimakasih bnyak semuanya

    ( HOPE ) benar2 selesai

 Apa Komentar Anda mengenai Bea Cukai?

Ada 69 komentar sampai saat ini..

Beli Alat Bantu Dengar dari Luar Negeri Rp2,2 Juta, Mengurus Izin Kelu…

oleh andrean dibaca dalam: 1 menit
69