JNE, Kapan Paket Saya Bisa Terima?

To the point aja, JNE, kapan paket saya bakal diterima? Nomor resi JT51834517959, sudah 7 hari paket tertahan di gudang JNE Gedebage Bandung, karena sebenarnya paket sudah sampai di Bandung dari tanggal 8 dini hari. Akibat hal ini menyusahkan semua aktivitas yang ada, karena harus menunggu paket tersebut tiba. Estimasi pengiriman sampai tanggal 11 pun sudah terlewati. Dari total waktu pengiriman, sudah menghabiskan waktu 10 hari dari Tangerang ke Bandung dan terus bertambah.

Memang saya beli di Shopee dan dapat gratis ongkir. Apa mau dikata, karena terlihat konsep “gratisan kok minta cepat” memang benar-benar diterapkan oleh pihak JNE. Hubungi CS via DM di X/Twitter pada tanggal 12, malah disuruh menunggu lagi sampai 4 hari. Ketika dipush pada lusanya, CS hanya kasih template PHP.

Ketika akan diancam akan dibawa ke Media Konsumen, tak berapa lama ada CS yang telepon, kasih janji akan diusahakan secepatnya, tanpa menyebut tanggal. Ketika ditanya kapan kepastian, CS bilang tanggal 14 akan ada pengiriman. Ketika ditanya kalau tanggal 14 tidak dikirim juga, saya diminta CS untuk menghubungi mereka lagi. “Becanda kali nih orang” pikir saya. Berarti memang tidak ada kepastian dan nyatanya memang tidak ada pengiriman sampai surat ini dibuat.

Iseng ngecek lokasi Gudang JNE Gedebage (JNE Station Center Gedebage) di Google Maps, saya menemukan banyak sekali ulasan yang masalahnya sama dengan saya, bahkan jauh lebih parah, dan situasi seperti ini terlihat sudah berlangsung lama. Bahkan opsi ambil sendiri pun tidak menjamin bahwa paket bisa langsung diambil.

Karena posisi saya sedang di luar kota, paket tidak bisa diambil sendiri karena untuk ambil sendiri tidak bisa diwakilkan. Itu pun harus tunggu konfirmasi WA, yang menurut saya cuma akal-akalan untuk mengulur waktu.

Image JNE sebagai salah satu kurir terbaik di benak saya selama ini, pupus sudah. Saya tersadar JNE bukanlah jasa ekspedisi yang dulu saya kenal.

Bukan hanya karena kasus ini saja, sebagai penjual saya sudah mematikan opsi pengiriman via JNE khususnya JNE Cargo dan YES di jaringan toko online yang saya miliki. Yang saya perhatikan lebih banyak dikomplainnya dan terlebih-lebih saya alami sendiri. Juga tempat usaha saya untuk kasus yang berbeda untuk kesekian kalinya. Namun saya masih membohongi diri sendiri, bahwa ada adakala-nya apes. Karena selama ini bila ada masalah dengan pengiriman JNE, ketika dikomplain gak sampai 2 hari, masalah beres. Namun ternyata kali ini tidak dan kasusnya terus berulang, khususnya kargo dan YES.

Sayangnya sebagai pembeli kita tidak bisa memilih kurir, karena sudah otomatis dipilihkan dari marketplace-nya. Bagi Anda, para pengambil keputusan di JNE, mohon agar diperhatikan situasi ini. Kalian jual jasa, jual kepercayaan, yang sepertinya malah terlihat “menikmati” hal ini, karena tidak ada upaya untuk meminimalisirnya.

Jadi sekali lagi, kapan JNE paketnya bisa saya terima? Bisa kasih kepastian waktu? Kalau tidak, tidak usah hubungi saya. Jangan bilang paket hilang, karena itu cuma jalan pintas untuk keluar dari masalah, atau untuk mengulur waktu ketika menunggu proses refund, tetapi beberapa hari kemudian paket malah dikirim. Saya sudah pernah alami hal tersebut.

Terima kasih, semoga surat pembaca ini bisa dilihat sebagai saran dan kritik, dan pastinya komplain!

Dody
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

37 komentar untuk “JNE, Kapan Paket Saya Bisa Terima?

  • 16 Desember 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Ini hmpir sm kek ksus kwnku
    Paket jne gagal kirim,JNE tidak profesional dan lamban
    Ksannya 1/2 hati mlayani.

    9
    1
  • 16 Desember 2023 - (16:22 WIB)
    Permalink

    CASE CLOSED !! seperti dugaan saya bahwa hasilnya ga baik, paket dinyatakan hilang padahal paket saya ukuran 140 x 60cm dan berat.

    Saya tahunya di pagi hari ketika ngecek sendiri di aplikasi Shopee, namun surat pembaca sudah keburu dikirim di malam sebelumnya.

    Sayangnya tidak ada satupun pihak JNE yang memberitahu saya, padahal status pengaduan sebelumnya seharusnya masih aktif.

    Uang pembelian langsung dikembalikan langsung oleh shopee, entah klo ke pihak penjual.

    Jadi nunggu hampir 10 hari hanya habis di waktu saja, sesuatu yang ga bs diukur dengan uang, jadi teringat salah satu ulasan yang bilang JNE cenderung kehilangan paket ukuran besar.

    Di saat bersamaan, ada 2 paket tuk ke kantor saya pakai JNE Cargo, yang satu sampai dengan selamat dan tepat waktu sesuai estimasi di Shopee. Satu lagi kiriman dari supplier dr tangerang alami hal yg sama dgn kasus ini, akhirnya bisa diambil sendiri, setelah nunggu wa dr JNE beberapa hari kemudian, padahal paket sudah ada seminggu di gudangnya dan ini mengakibatkan masalah yang berantai di tempat kerja saya.

    Masi trauma…

    3
    2
  • 16 Desember 2023 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Buat paket cargo seperti jne cargo sering saya Ambil sendiri, karena apa? Karena saya mau pakai cepat, jika nungguin dikirim Kurir nya bisa 2-3 hari baru diantar. Tapi didaerah saya bagus kok kurirnya, jika hari itu dia jadwalnya nganter ke daerah saya dia bakalan nganter hari itu juga.

    • 16 Desember 2023 - (17:15 WIB)
      Permalink

      biasanya juga bagus, tapi dalam 1 bulan ini berturut-turut 3 kali alami hal tidak enak dari JNE, 2 cargo dan 1 YES. Tadinya mau ambil sendiri, cuma posisi lagi diluar kota, dan berharap SP ini, JNE bakal hub dan bila diperlukan sy sekalian mau ajukan pengambilan sendiri, cuma yah keburu ilang walo saya yakin ga mungkin ilang, itu barang dimensi besar, bisa hilang darimana, posisi juga sudah di gudang JNE dan banyak yg ngeluh paket hilang di google review padahal paketnya besar2.

  • 16 Desember 2023 - (16:34 WIB)
    Permalink

    disaat momentum tanggal cantik dan kembalinya MP yang sempat ditutup sementara. jumlah pesanan kembali membludak dan hampir semua gudang ekspedisi overload. tak ayal menjadi momentum juga bagi para oknum untuk mendapat “bonus akhir tahun” .sementara ekspedisi dan asuransi siap2 saja kebanjiran komplain paket hilang selain keterlambatan yang tentunya pasti terjadi

  • 16 Desember 2023 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Sering banget baca di MK paket dikabarkan hilang, ujung ujungnya ada pihat yg dirugikan…terus sampai sampai kpn terus begini…

    2
    10
  • 17 Desember 2023 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga muak dengan jne banyak paket diluar estimasi ,hari ini juga ada semarang kudus 4 hari gak kelar dan tidak ada update letak paket ,saya sangat kecewa dan muak dengan kurir jne tidak 2-3 kali bahkan puluhan kalau pakai jne pasti gak sesuai ekspektasi sampai nya

  • 17 Desember 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    JNE memang semakin mengecewakan. Akhir2 saya juga sampai ngomel dan banting telpon waktu telpon ke customer service JNE gara2 masalah pengiriman pakai JNE Trucking.

      • 18 Desember 2023 - (02:31 WIB)
        Permalink

        saya pakai SiCepat pengiriman dari Jakarta ke Magetan cuma 2-3 hari, kalau JNE butuh sekitar 7 hari itupun kalau lancar.
        kurir2 lain biasanya menghubungi hp saya kalau bingung cari alamat. tapi kalau JNE kok rasanya malas sekali trus langsung dibikin “gagal kirim. alamat tidak lengkap”.

      • 18 Desember 2023 - (15:51 WIB)
        Permalink

        yah karna ga jalan trackingnya, berhenti di tanggal 8, saya screenshot data trackingnya di tgl 15

  • 17 Desember 2023 - (19:08 WIB)
    Permalink

    mslh jne kurir itu h3boh bnget. mnurut pribadi tnggapannya jne juga gk bgitu mmuaskan sih.koq bs y krir g pny plsa. ^_-

      • 20 Desember 2023 - (05:15 WIB)
        Permalink

        wkwk kocak bener. terus kalau punya pulsa jadi apa?. jadi buyer kah?.
        jaman udah 2023 masih ngarepin pulsa. WhatsApp ada, line ada, WeChat ada. Masih ngandelin pulsa wkwk. dikira jaman 2000 kebawah apa

  • 19 Desember 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    UPDATE CASE !!

    Ternyata paket yang dinyatakan hilang dikirim ke rumah saya tgl 19 sore, sebetulnya selama ini paket masi ada di gudang, karna adanya kekurangan karyawan di gudang JNE baru bs terangkut sekarang, namun internal shopee dan JNE punya aturan batas waktu pengiriman dimana klo tidak diantar sekian waktu akan dibatalkan dan dinyatakan hilang, walopun sy ga komplain dan menunggu dengan sabar tetap saja bakal dibatalkan sama sistem shopee dan segala kerugian ditanggung asuransi bagi pembeli dan penjual, namun JNE juga membebankannya kerugian ini ke karyawannya.

    Makanya tadi paket bila mau sy terima, uangnya ditrf ke pihak kurir, karna paketnya saya tolak karna memang sudah tidak butuh lagi, sudah beli penggantinya dan status paket sudah menjadi milik karyawan JNE tsb, tinggal bagaimana mereka menjual barang tsb tuk menutupi kerugian.

    Ini pengakuan dari pihak kurir. Jadi mohon maaf yah kang kurir, mau bagaimana lagi. Ini jg ga ada komunikasi apapun dr pihak JNE mengenai hal ini sebelumnya. Sampai sekarang mana JNE ada hubungi saya, klo ada ga bakal saya angkat telp-nya. Manajemen yang buruk semua kena imbasnya.

    • 20 Desember 2023 - (04:06 WIB)
      Permalink

      Transaksi shopee dah selesai, asuransi sudah berjalan karena ada pergantian barang hilang. Kenapa gak ambil unitnya lagi aja, untung double hehe… Dapat pergantian uang asuransi dan dapat barangnya juga

      • 20 Desember 2023 - (20:58 WIB)
        Permalink

        Tetep bayar mas, bayar ke kurirnya tuk harga barangnya, karna dia kena penalti juga dari manajemen JNE nya

    • 20 Desember 2023 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Maaf aja sih ya. Area pengantaran ku di kota. Jadi ya buyernya aktif semua wa nya wkwk.
      Kalau di kampung dekat hutan mungkin perlu Beli pulsa.
      Boleh tuh protes kebijakan ekspedisi. Minta sediain pulsa buat kurir

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

JNE, Kapan Paket Saya Bisa Terima?

oleh Dhodhee dibaca dalam: 2 menit
37