Surat Pembaca

Shopee Menyatakan Barang Hilang oleh Ekspedisi, Seller Dirugikan Rp 4 Juta karena Diganti Tidak Sesuai Harga Barang

Saya adalah salah satu penjual di marketplace Shopee. Pada tanggal 12 Desember 2023 pukul 15.54, saya mendapat orderan di Shopee dengan nilai Rp6.750.000, dengan detail nomor pesanan: 23121221M9EHF7 dan ekspedisi pilihan pembeli JNE Kargo/JTR. Alamat pengiriman pembeli di Jakarta Barat.

Orderan terkait kami proses pada keesokan harinya, yaitu tanggal 13 Desember 2023. Barang kami bungkus dengan total 5 koli dan dikirim ke JNE dengan nomor resi: JT46936112863.

Keesokan harinya, saya cek tracking di pesanan Shopee pun masih berjalan normal. Namun, alangkah kagetnya saya, pada tanggal 21 Desember 2023 pukul 00.09, pembeli mengajukan komplain di Shopee menyatakan belum menerima barang. Saya pun mengirimkan bukti tracking resi, karena sudah jelas saya sudah kirim semua barang yang dipesan pembeli.

Pada malam harinya pukul 23.50, Shopee menyatakan bahwa paket hilang oleh jasa kirim dan dana dikembalikan penuh kepada pembeli.

Di sini saya sudah mulai takut karena barang sudah saya kirim, tapi dana malah tidak cair ke penjual. Benar saja, ada penyesuaian dana masuk dari Shopee senilai hanya Rp2.750.000, dengan catatan penyesuaian logistik, yang berarti hanya diganti 10x ongkir.

Lalu bagaimana garansi saya sebagai penjual? Karena saya sudah jelas telah mengirimkan semua barang sesuai pesanan pembeli, foto barangnya pun saya masih ada. Sedangkan Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi seperti marketplace lain.

Saya sangat kecewa dengan Shopee yang tidak bisa menjamin barang kiriman penjual. Yang niatnya mau jualan di Shopee, alhasil malah rugi besar. Kalau barang hilang di ekspedisi tidak akan ada penggantian yang sepadan dan Shopee main lepas tangan begitu saja.

Sementara itu, Shopee pun sangat tidak transparan mengenai asuransi pengiriman. Permasalahannya di Shopee tidak menyediakan opsi asuransi seperti marketplace lain dan jika ingin asuransikan dengan JNE Cashless, itu tidak bisa, karena menggunakan cashless pickup langsung.

Lalu untuk selisih nominal Rp4.000.000 (Rp6.750.000 – Rp2.750.000), bagaimana pertanggungjawaban Shopee kepada saya, selaku penjual yang telah mengirimkan semua barang pesanan? Barang hilang dan dana pun hilang?

Alfonso
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • sesekali gacha balik.
    kirimkan sampah, beberapa paket dengan expedisi tersebut. di pastikan yg kurirnya super lelet klo ga di uber2.
    setelah 2 bln baru ribut.
    alhasil sampah jadi 1.5 jt.
    wkwkwk.
    tidak untuk di tiru.

  • Sepertinya aku perlu buka ekspedisi dengan jaminan barng hilang akan di ganti oleh kurirnya bukan perusahaan 😂
    Karna rata2 barng hilang oleh kurir itu sendiri/di embat kurirnya

  • Shop** lagi shop** lagi, dari dulu dia melulu, itu akibat bayar kurir terlalu murah, udah pakai tetangga saja si tpd*a beres.

  • Waduh sama ne gan...
    Saya juga mengalami hal yang serupa
    Dengan JNE cargo....
    Tapi mirisnya paket saya dengan 3 resi ini
    Barangnya bukan hilang ditapi hanya di simpan d gudang..
    Tidak mau ngantar ke pembeli tapi tidak mau juga di retur kembali ke penjual.mrk sebagai menunggu sampai masa estimasi pengantaran habis..
    Dan menunggu shopee klaim dana ..
    Dan Kita hanya mendapat pergantian 10x ongkir..
    Sepertinya incaran nya ini
    Paket yg memang tidak di asuransi .
    Kelas kakap ne
    Barang yg di nyatakan hilang rata nominal besar ..
    Paket saya nilai total 3 resi 2.015.000
    Isi BLENDER dan magic com

  • Bisa nggak kasus seperti ini rame-rame dilaporkan ke YLKI??? Jika kasus seperti ini hanya diganti 10x ongkir... Nanti akan ada oknum-oknum yg menggelapkan paket dg nilai MAHAL, dg alasan paket hilang, diganti 10x ongkir, terus paket yg digelapkan dijual lagi, untungnya dibagi-bagi. Dan akan terus seperti itu, karena oknum yg melakukan penggelapan hanya diputus kontrak kerja, tak ada yg dipenjara!!!

  • Menurut sy krna sdh sering terulang dan sebagai pembelajaran buat mereka si ekpedisi dan si marketplace,mgkin bisa lgsg dilaporkan ke pihak kepolisian, dgn menuntut mereka untuk pihak ekpedisi menyerahkan pelaku dan mengganti rugi full,dan marketplace tuntut ganti rugi in material dan perbaikan sistem

  • "Sedangkan Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi seperti marketplace lain"
    So, menuntut pengembalian apa?
    Sudah jelas jelas tidak ada asuransi, MP tidak ada pilihan asuransi, jadi tidak membayar premi kan? Pengembalian dana sudah sesuai dong, dihitung dari ongkir.
    Kalau paham bahwa setiap pengiriman ada resiko, kenapa tidak jualan di MP lain aja, yang menyediakan fasilitas pilihan asuransi?

  • Karena kasusnya sudah sering, kita ambil kesimpulannya, barang dicuri, kalau hilang ndak mungkin, karena ada tracking, pihak shopee juga lebih bebenah slidiki kasus seperti ini,. di SPX nya, biar tidak menjadikan sarang untuk pencuri, imbasnya sangat berbahaya bila dibiarkan