Surat Pembaca

SeaBank, Kembalikan Dana Saya yang Sudah 1 Bulan Lebih Tertahan!

Pada tanggal 28 November 2023, saya melakukan transfer ke kartu kredit Bank UOB dengan nomor rekening 4726-29**-**** *-3265 (total 17 angka), sejumlah 100 juta rupiah, melalui SeaBank. Nomor ini salah, karena kartu kredit maksimal hanya 16 angka. Namun, di menu real time SeaBank terbaca dengan nama “transfer acc” dan berhasil terkirim.

Anehnya, ketika saya mencoba transfer dengan 17 angka tersebut menggunakan bank lain, langsung ditolak dengan keterangan rekening tidak ditemukan.

Kemudian, saya menghubungi CS SeaBank pada tanggal 4 Desember 2023, untuk menanyakan saldo saya. Mengapa belum kembali? Karena tidak ada nama penerima dan rekening salah. Akhirnya, setelah dicek oleh tim terkait, diberikan nomor laporan 173.156.142.317.395.564.5 dan diminta menunggu 6 hari kerja.

Saya mendapat balasan melalui WhatsApp pada tanggal 12 Desember 2023, bahwa dana Rp100 juta sudah terkirim ke Bank UOB, meskipun nomor rekening salah. Lalu, saya menghubungi CS UOB dan dibantu oleh Acelia untuk mengecek dana yang terkirim. Singkat cerita, dana tidak diterima oleh UOB via email.

Saya kemudian menghubungi SeaBank melalui live chat pada tanggal 14 Desember 2023, untuk menanyakan dana saya. Diberikan lagi nomor laporan 173.521.439.499.470.036.2 dan diminta menunggu lagi oleh tim terkaitnya selama 18 hari kerja.

Sampai sekarang, surat ini saya buat, dana belum kunjung kembali. Mohon tanggapan SeaBank pusat agar segera mengembalikan uang saya. Agar lebih diperhatikan sistem real time online-nya supaya tidak membahayakan dana nasabah, meskipun salah rekening, tetap bisa terkirim.

Tomson
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Haha ini bank udah bermasalah banget, liat aja komen di sosmed mereka(ig fb twt), isinya keluhan semua, ada yg rekeningnya diblokir sebulan tanpa sebab yang jelas, ada yg topup/transfer dananya ketahan/pending sampai 8hari, belum lagi kejanggalan lain, saya rasa seabank ini sengaja melakukan begitu buat modal giveaway hp/lainnya, bahasa halusnya bakar uang tanpa modal.

  • 100 jt melayang karena salah nomor penerima.
    Prosesnya memang rada susah, kalau sudah salah transfer di bank manapun.
    Coba telusuri nomor rekening penerimanya, semoga ada itikad baik dari pihak yang menerima.

  • Nah inilah alasan kenapa sampe sekarang saya enggan untuk buka rekening di bank bank macam seabank, jago,Allo dll agak sulit ya jika terjadi hal ky gini, masih banyak bank konvensional yang lebih mudah dijangkau jika terjadi hal SPT ini, saya paham ini kesalahan input oleh nasabah, tapi balik lagi harusnya kalo dibank konven gak akan terbaca kalo rekeningnya salah dan bisa dipastikan transfer tidak akan terjadi..salam waras

  • Unrelated, lucu juga melihat SeaBank memberikan nomor pelaporan *sampai 19 digit* (wat?)

    Ini lebih panjang dari NOP PBB, NIP PNS (18 digit), nomor rangka/mesin kendaraan (17 digit), nomor kartu bank, rekening BTN, NIK, BPJS TK (16 digit), NPWP, SID/SRE, IMEI, dan rekening BRI (15 digit).

    Apa yang komplain ke SeaBank demikian banyaknya sampai nomor pelaporan perlu dibuat sepanjang itu, itupun formatnya tidak jelas seperti angka acak saja (tidak ada kode wilayah, kode kantor, tahun-bulan-tanggal, dsb. seperti nomor-nomor pengenal lainnya)?

  • Unreliable bank.........ngeri yah, kok bisa berhasil transfer ya padahal nomor kk nya salah atau kelebihan digit, harusnya kan auto reject kalo salah nomor 🤔

  • Dipastikan sudah hangus sih,soalnya itu pihak Seabank bilang transfer sudah berhasil terkirim.
    Saya kalau mau transfer cek berkali2 mulai dari nomor rekening dan juga nama penerima.

  • alangkah baiknya kalo punya kartu kredit bank A ya juga harus ada rekening bank A, jd payment cc nya direct, ga pake transit, langsung masuk realtime saat itu jg. UOB jg ada kok produk tabugan yg bebas biaya admin bulanan seperti TMRW, stash.
    100juta utk transfer ke rek penampungan cc, too risky. mending transfer 100jt ke rek bank penerbit cc, terus bayarin deh tagihan cc nya dr aplikasi bank tsb.

  • Tak bisa membayangkan trauma dan stresnya bapak. Uang 100k ilang aja kepikiran terus😇

  • Banyak yang komen di sini Bank Hantu. Hehehe... Agak ketawa sih nyebut Bank Hantu... Padahal Sea Bank Sebenarnya bukan anak baru loh. 🫠