SeaBank, Kembalikan Dana Saya yang Sudah 1 Bulan Lebih Tertahan!

Pada tanggal 28 November 2023, saya melakukan transfer ke kartu kredit Bank UOB dengan nomor rekening 4726-29**-**** *-3265 (total 17 angka), sejumlah 100 juta rupiah, melalui SeaBank. Nomor ini salah, karena kartu kredit maksimal hanya 16 angka. Namun, di menu real time SeaBank terbaca dengan nama “transfer acc” dan berhasil terkirim.

Anehnya, ketika saya mencoba transfer dengan 17 angka tersebut menggunakan bank lain, langsung ditolak dengan keterangan rekening tidak ditemukan.

Kemudian, saya menghubungi CS SeaBank pada tanggal 4 Desember 2023, untuk menanyakan saldo saya. Mengapa belum kembali? Karena tidak ada nama penerima dan rekening salah. Akhirnya, setelah dicek oleh tim terkait, diberikan nomor laporan 173.156.142.317.395.564.5 dan diminta menunggu 6 hari kerja.

Saya mendapat balasan melalui WhatsApp pada tanggal 12 Desember 2023, bahwa dana Rp100 juta sudah terkirim ke Bank UOB, meskipun nomor rekening salah. Lalu, saya menghubungi CS UOB dan dibantu oleh Acelia untuk mengecek dana yang terkirim. Singkat cerita, dana tidak diterima oleh UOB via email.

Saya kemudian menghubungi SeaBank melalui live chat pada tanggal 14 Desember 2023, untuk menanyakan dana saya. Diberikan lagi nomor laporan 173.521.439.499.470.036.2 dan diminta menunggu lagi oleh tim terkaitnya selama 18 hari kerja.

Sampai sekarang, surat ini saya buat, dana belum kunjung kembali. Mohon tanggapan SeaBank pusat agar segera mengembalikan uang saya. Agar lebih diperhatikan sistem real time online-nya supaya tidak membahayakan dana nasabah, meskipun salah rekening, tetap bisa terkirim.

Tomson
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “SeaBank, Kembalikan Dana Saya yang Sudah 1 Bulan Lebih Tertahan!

    • 30 Desember 2023 - (12:23 WIB)
      Permalink

      seharusnya system keuangan bank lebih baik.
      jika itu bank konvesional. salah nomor rekening tidak akan terbaca.
      itulh kenapa jgn pakai bank hantu, msh banyak bank plat merah maupun swasta dengan system yg lebih kredibel.

      20
      2
    • 31 Desember 2023 - (07:20 WIB)
      Permalink

      Kelalaian diri sendiri dan menggunakan bank hantu yang notabenya , ah sudahlah mau teriak teriak di mk pun belum tentu di tindak lanjuti

      4
      4
  • 30 Desember 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    serem amat transaksi nominal gede di bank digital, kalo ada kendala dan mau komplain tdk ada kantor cabangnya.

    18
    • 30 Desember 2023 - (19:51 WIB)
      Permalink

      Diharapkan Seabank segera mengembalikan dana tersebut, karena kejadian ini mengkhawatirkan nasabah lain. Masak no rekening salah tidak tertolak? Mestinya dana tidak bisa keluar.
      Untuk pak Tomson, lain kali kalo transfer, cek dulu nama yg tercantum pada kolom KE/PENERIMA. Kalau nama sudah benar, berarti nomor rekening benar. Sebelum klik lanjut, Seabank akan menampilkan NAMA PENERIMA, BANKNYA & nomor reknya.

      20
      • 31 Desember 2023 - (09:20 WIB)
        Permalink

        yang sabar dan penuh ke ikhalasan dalam menjalankan hidup..lain kali lbh berhati hati lagi dalam bertransaksi ..banyak korban jiwa..semoga cepat teratasi maslah bapak ini..kita doakan bersma..aamiin

    • 31 Desember 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Banget! Bank digital gak secanggih yg dikira, apalagi dalam mengelola resiko. Jauh sama bank2 konven yg pengalamannya puluhan tahun. Bank digital masih seumur jagung semua, petingginya pun rata2 anak2 muda yg belum banyak pengalaman dilevel manajemen senior.

      • 1 Januari 2024 - (13:10 WIB)
        Permalink

        Kakau berhasil berarti dana sudah ada di pihak penerima Kak, coba telusuri data penerimanya Kak, melalui Bank Penerimanya untuk dilakukan penelusuran

        Semoga lebih hati” Kak untuk berikutnya dan semoga masalahnya cepat selesai

  • 30 Desember 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    aneh bukan kalo nomor rek tdk terdaftar autorefund kecuali nomor rek tersebut ada pemilik aktif

    • 31 Desember 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Dipake itu duitnya buat event yg mereka buat kyk giveaway, undang teman, diskon promo.

      • 31 Desember 2023 - (23:40 WIB)
        Permalink

        Sy mengunakan seabank menurut sy bank digital paling aman karena satu grup dengan Shopee dll dan yg sy tau proses pengajian karyawanny juga dgn bank tsb, mnurut sy terlalu beresiko dia jika tidak tidak amanah karena aset, paketnya dll menyebar keseluruh indonesia

        1
        4
  • 30 Desember 2023 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Nyimak, tungguin ajah terus, lapor terus dn komplenin terus, kalau bisa sehari 24 aduan, biar tiap jam kita aduan ya.

    4
    2
    • 30 Desember 2023 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Pak, bank digital pasti ada kelemahannya. Apalagi nominal yang bapak transfer lumayan besar. Saya aja pernah pake Bank Jago waktu itu pembayaran QRIS hanya senilai 25rb status pending tapi saldo berkurang. Baru saldo dikembalikan 1 bulan setelahnya. Itu juga saya komplain via wa dan email. Kalau nominal besar usahakan jangan pakai bank digital agar proses komplain lebih mudah.

      3
      1
  • 30 Desember 2023 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Diharapkan Seabank segera mengembalikan dana tersebut, karena kejadian ini mengkhawatirkan nasabah lain. Masak no rekening salah tidak tertolak? Mestinya dana tidak bisa keluar.
    Untuk pak Tomson, lain kali kalo transfer, cek dulu nama yg tercantum pada kolom KE/PENERIMA. Kalau nama sudah benar, berarti nomor rekening benar. Sebelum klik lanjut, Seabank akan menampilkan NAMA PENERIMA, BANKNYA & nomor reknya.

    • 31 Desember 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Seabank bukannya ada kantornya yaa? Itu bukan bank digital tapi memang bank real yg diakuisisi shopee dan ganti nama. Di semarang sudah ada gedungnya kyk bank pada umumnya. Coba langsung ke kantornya supaya lebih cepat ditanggapi

      • 31 Desember 2023 - (14:44 WIB)
        Permalink

        Benar. Untuk area Surabaya kotanya Pak Tomson, kantor Seabank ada di Jl Dr Soetomo no. 41 Tegalsari Surabaya.

  • 31 Desember 2023 - (08:09 WIB)
    Permalink

    penasaran, barusan coba transfer pakai Seabank ke kartu kredit, tapi tambah satu digit, jadi total 17 digit, hasilnya tidak bisa dgn pesan:
    “Nomor rekening tidak ditemukan. Silakan pastikan nomor rekening sudah benar dan coba lagi.”
    sepertinya mgkn sudah diperbaiki “bug” nya..

    memang sudah sehatusnya kalo kita mau transfer dipastikan dulu muncul nama pemilik rekening yg mau ditransfer..

    btw, itu kalo lihat di mutasi seperti apa ya, apa sama Transferred acc ?

  • 31 Desember 2023 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Untuk Bpk. Tomson
    Mungkin Bpk Bisa Datang langsung ke Kantor Sea Bank
    Jl. dr Soetomo no. 41. Surabaya.
    Semoga masalah cepat terselesaikan.

  • 31 Desember 2023 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna seabank. Lihat ini kok jadi agak ngeri juga. Mana Tabunga utama juga di seabank, kalau gajian langsung saya tf.

  • 31 Desember 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Haha ini bank udah bermasalah banget, liat aja komen di sosmed mereka(ig fb twt), isinya keluhan semua, ada yg rekeningnya diblokir sebulan tanpa sebab yang jelas, ada yg topup/transfer dananya ketahan/pending sampai 8hari, belum lagi kejanggalan lain, saya rasa seabank ini sengaja melakukan begitu buat modal giveaway hp/lainnya, bahasa halusnya bakar uang tanpa modal.

  • 31 Desember 2023 - (13:57 WIB)
    Permalink

    100 jt melayang karena salah nomor penerima.
    Prosesnya memang rada susah, kalau sudah salah transfer di bank manapun.
    Coba telusuri nomor rekening penerimanya, semoga ada itikad baik dari pihak yang menerima.

  • 31 Desember 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Nah inilah alasan kenapa sampe sekarang saya enggan untuk buka rekening di bank bank macam seabank, jago,Allo dll agak sulit ya jika terjadi hal ky gini, masih banyak bank konvensional yang lebih mudah dijangkau jika terjadi hal SPT ini, saya paham ini kesalahan input oleh nasabah, tapi balik lagi harusnya kalo dibank konven gak akan terbaca kalo rekeningnya salah dan bisa dipastikan transfer tidak akan terjadi..salam waras

  • 31 Desember 2023 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Unrelated, lucu juga melihat SeaBank memberikan nomor pelaporan *sampai 19 digit* (wat?)

    Ini lebih panjang dari NOP PBB, NIP PNS (18 digit), nomor rangka/mesin kendaraan (17 digit), nomor kartu bank, rekening BTN, NIK, BPJS TK (16 digit), NPWP, SID/SRE, IMEI, dan rekening BRI (15 digit).

    Apa yang komplain ke SeaBank demikian banyaknya sampai nomor pelaporan perlu dibuat sepanjang itu, itupun formatnya tidak jelas seperti angka acak saja (tidak ada kode wilayah, kode kantor, tahun-bulan-tanggal, dsb. seperti nomor-nomor pengenal lainnya)?

  • 1 Januari 2024 - (00:58 WIB)
    Permalink

    Unreliable bank………ngeri yah, kok bisa berhasil transfer ya padahal nomor kk nya salah atau kelebihan digit, harusnya kan auto reject kalo salah nomor 🤔

  • 1 Januari 2024 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Dipastikan sudah hangus sih,soalnya itu pihak Seabank bilang transfer sudah berhasil terkirim.
    Saya kalau mau transfer cek berkali2 mulai dari nomor rekening dan juga nama penerima.

  • 1 Januari 2024 - (12:34 WIB)
    Permalink

    alangkah baiknya kalo punya kartu kredit bank A ya juga harus ada rekening bank A, jd payment cc nya direct, ga pake transit, langsung masuk realtime saat itu jg. UOB jg ada kok produk tabugan yg bebas biaya admin bulanan seperti TMRW, stash.
    100juta utk transfer ke rek penampungan cc, too risky. mending transfer 100jt ke rek bank penerbit cc, terus bayarin deh tagihan cc nya dr aplikasi bank tsb.

  • 1 Januari 2024 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Tak bisa membayangkan trauma dan stresnya bapak. Uang 100k ilang aja kepikiran terus😇

  • 2 Januari 2024 - (00:57 WIB)
    Permalink

    Banyak yang komen di sini Bank Hantu. Hehehe… Agak ketawa sih nyebut Bank Hantu… Padahal Sea Bank Sebenarnya bukan anak baru loh. 🫠

  • 2 Januari 2024 - (05:10 WIB)
    Permalink

    Lain kali harus lebih hati2 kalau mau transfer dgn mobile banking. kalau melakukan transfer uang ke penerima baru setelah ketik nomer rekening langsung klik cek atau verifikasi nomer rekening dan pastikan keluar nama yang kita maksud, kalau tidak keluar nama yg kita maksud jgn coba2 di paksakan utk melakukan transfer.
    cek kembali nomer tujuan.

  • 2 Januari 2024 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Aku transfer 500rb aja sampe kucek no rek tujuan dan penerima ulang2,, semoga menjadi pembelajaran ke depannya

  • 4 Januari 2024 - (11:37 WIB)
    Permalink

    terima kasih seabak sudah mengambalikan dana saya 100 jt pada tgl 3 -01-2024 yg di infokan oleh pak richard dari pihak seabank, dengan begini masalah ini slesai 🙏🙏 terima kasih juga media konsumen yang mambantu memediasi salah transfer ini , terima kasih teman2 atas masukan dan sarannya 🙏🙏🙏

 Apa Komentar Anda mengenai SeaBank?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

SeaBank, Kembalikan Dana Saya yang Sudah 1 Bulan Lebih Tertahan!

oleh tomson tomson dibaca dalam: 1 menit
41