Masalah Garansi Kulkas Electrolux

Halo. Saya membeli kulkas Electrolux pada tanggal 18 Juli 2022, dengan rincian:

Tipe: ESE 5401A-BID / ESE5401A-BID Kulkas Side by Side 528L
Nomor invoice Tokopedia : INV/20220718/MPL/2497905212
Nama penjual di Tokopodia: Onestop electronics

Pada bulan Januari, kulkas mulai tidak bisa membuat es beku (untuk bagian freezer). Saya menelpon customer service Elextrolux, yang mana katanya garansi hanya 1 tahun untuk spare parts dan akan dibebankan biaya untuk jasa kunjungan atau service sebesar Rp 300.000. Padahal saat itu belum diketahui kulkas rusak bagian mana.

Seharusnya dicek dahulu kerusakannya di bagian mana dan apakah masih masuk dalam garansi, sehingga tidak ada biaya. Namun ternyata Electrolux hanya menggunakan teknisi dari pihak ketiga (mereka mengakunya itu partner mereka), yang mana untuk kunjungan teknisi saja harus sudah biaya Rp300 ribuan.

Akhirnya saya iyakan saja, daripada makin rusak. Besoknya teknisi datang dan membongkar kulkas bagian freezer. Di sana terlihat ada bekuan es dan saya disarankan mengganti spare part sensor dan termometer, senilai total Rp500 ribuan sampai Rp600.000. Sehingga total dengan biaya service, saya harus membayar Rp942.000. Kulkas dijanjikan akan dingin dalam waktu 4 jam setelah selesai pemasangan spare part pengganti.

Namun setelah 12 jam malah lebih parah dibanding kondisi sebelumnya. Kemudian saya berusaha menghubungi teknisi lagi secara langsung. Dengan mudahnya teknisi mengatakan butuh las dan placing (bahasanya mereka mungkin), yang menandakan ada kebocoran di kompresor dengan biaya tambahan sebesar Rp 700 ribuan. Yang mana teknisi bahkan tidak datang maupun menyentuh bagian belakang kulkas ketika kunjungan pertama.

Karena mengetahui ada yang tidak beres, saya coba memanggil teknisi dari luar Electrolux untuk melakukan pengecekan. Setelah dicek, ternyata kompresor bocor, sudah banyak oli dan freon bocor. Mendengar penjelasan dan hasil analisa ini, saya merasa seperti dibohongi oleh teknisi yang hanya ingin men-charge biaya dengan menjual spare parts yang tidak dibutuhkan dan datang kedua kali untuk melakukan tambahan biaya ke customer. Bahkan saya harus menunggu untuk spare parts dan sampai sekarang kulkas masih belum dibetulkan, karena tidak ada kunjungan lagi dari teknisi yang sudah dijanjikan oleh Electrolux.

Jangan percaya dengan garansi resmi mereka. Janjinya garansi 10 tahun untuk kompresor. Namun faktanya ketika saya telepon dan mengadukan kerusakan ini di kompresornya, kenapa saya harus bayar biaya las, isi freon dan membeli sensor yang tidak ada hubungannya dengan kerusakan kulkas? Jawabannya sederhana, kompresor digaransi, tapi biaya las, freon dan lain-lain tidak!

Halo!? Kompresor Anda bocor. Selama ini saya membeli elektronik seperti AC, jika memang kompresor yang rusak dan harus diganti baru, biaya pengerjaan maupun jasa apapun itu tidak pernah ada ditagih ke customer. AC selalu diganti baru tanpa keluar 1 rupiah pun! Beda dengan Electrolux yang memeras customer dengan cara-cara seperti ini dan janji garansi palsu!

Michael
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Masalah Garansi Kulkas Electrolux

    • 8 Februari 2024 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Kata siapa Polytron bagus? Ini kulkas saya 3 bulan nggak beres-beres, sparepart kompressor aja kagak sedia. Percuma garansi 10 tahun. Kalo merk LG, Sharp, Toshiba memang saya akui handal tuh, sparepart juga banyak yang jual.

  • 3 Februari 2024 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Sangat disayangkan…produk dg harga mahal tapi layanan servisnya kurang bagus, padahal tgl pembelian blm sampai 5 tahun.

  • 3 Februari 2024 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Berarti ini jelas produk gagal..dan berita seperti ini sangat bagus buat pembelajaran bagi masyarakat luas untuk menjauhi produk gagal seperti ini saat ini beli barang elektronik

  • 4 Februari 2024 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Jangan beli merk abal begitu, sya selalu beli sharp, garansi nya real gada biaya jasa + visit juga, gratis semua nya

  • 4 Februari 2024 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Pdhal ada rencana beli elektronik merk Electrolux, setelah baca keluhan ini lsg blacklist. Pdhal ditoko byk yg nawarin suruh beli merk ini 🙄

  • 4 Februari 2024 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Biasanya maksud dari garansi kompresor kulkas dan ac itu pengertiannya kompresornya rusak atau istilahnya jebol. Kalau kebocoran biasanya di pipa jd tidak termasuk garansi kompresor tapi termasuk garansi full sparepart yg 1 tahun itu. Kalau biaya pengecekan aja 300rb mending ke tukang servis kulkas. Las dan isi freon biasanya dibawah 500rb

  • 4 Februari 2024 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Denger2 emang si electrolux ini kacau produk nya. Mending dijauhi deh produk ini. Gatau ini electrolux sekarang kok kacau ya komplain dimana2.

  • 4 Februari 2024 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Kwkwkw Sindikat Elektrolux itu. Biaya yang mengambil untung dari service. Tukangnya itu sudah ambil siasat untuk mengolah uang konsumen agar bolak balik. Kwkwkwkw

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kulkas Electrolux?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Masalah Garansi Kulkas Electrolux

oleh Mike dibaca dalam: 2 menit
9