Jebakan Biaya Admin Kartu Kredit UOB

Kira-kira bulan Maret tahun 2023, saya melakukan penutupan kartu kredit UOB (nomor ****-****-****-6797). Penutupan kartu kredit dikarenakan pengajuan kenaikan limit dan pembebasan iuran tahunan tidak diberikan oleh UOB Card Center. Saya mendapatkan penawaran kartu kredit bebas iuran tahunan dari bank lainnya dan merasa tidak perlu menggunakan banyak kartu kredit, maka kartu kredit UOB saya tutup dengan pelunasan tagihan sesuai pembelanjaan saya.

Pernyataan menutup kartu kredit saya kirimkan dengan melampirkan berkas bukti pembayaran, foto kopi KTP dan surat keterangan hilang dari kepolisian karena ternyata kartu kredit tersebut hilang, dan baru diketahui saat saya akan melakukan penutupan dan menggunting kartu.

Berjalannya waktu, saya tidak tahu kalau ada biaya biaya administrasi lainnya yang ternyata membuat tagihan tetap muncul. Kemunculan tagihan tagihan baru dari biaya administrasi yang dibungakan terus menerus sangat merugikan saya. Karena pihak KK UOB tidak langsung melakukan closing segera setelah penutupan kartu kredit saya. Selanjutnya saya melakukan sanggahan dan komplain terhadap jumlah yang bukan saya belanjakan. Namun dibungakan terus menerus oleh UOB.

Sampai awal tahun 2024, dikarenakan tidak kunjung menerima solusi perbaikan dari pihak UOB, maka saya sampaikan keluhan ini untuk menjadi pembelajaran bagi pihak lainnya agar tidak mengalami kerugian jebakan biaya administrasi yang dibungakan terus menerus seperti yang disampaikan di atas.

Terima kasih.

Meti N.
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Jebakan Biaya Admin Kartu Kredit UOB”

No. 24/CAD/0059 Jakarta, 20 Februari 2024 Kepada Yth., Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Meti N....
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Jebakan Biaya Admin Kartu Kredit UOB

  • 9 Februari 2024 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Apakah tidak ikut menggunakan e-statemen sehingga biaya administrasinya tidak cepat terdeteksi? Biaya administrasi apa yang muncul? Biasanya kartu kredit dari mana pun ada informasi jelas mengenai biaya apa pun yang bisa muncul dan kapan muncul. Jika UOB bisa membuktikan bahwa biaya-biaya itu sudah pernah disampaikan sebelumnya, misalkan di lembar tagihan atau mekanisme lainnya, tulisan ini bisa berbahaya buat Anda jika dilihat dari UU ITE yang mana biayanya bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya administrasi dan bunga yang dikeluhkan

    0
    3
    • 11 Februari 2024 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Hak Konsumen diatur dan dilindungi oleh UU. Pihak Bank bisa dituntut dengan tidak profesional melayani konsumen, semua sudah komputerisasi. Semua bisa cepat dikerjakan diselesaikan. Bila biaya admin dibiarkan dan sengaja berbunga terus tentu itu melanggar UU, juga ini adalah modus lama. ojk harus memberi sanksi terhadap pelaku usaha culas seperti itu. (UU ITE?? : Baca yang dalam boss, jangan asal nguap…)

  • 10 Februari 2024 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Lapor OJK aja mbak, yang penting anda punya bukti2 pelaporan dan anda berada di pihak yang benar, kadang Bank itu suka mencharge biaya2 diluar sepengetahuan kita, dan itu adalah kejahatan yang terselubung

    4
    1
  • 10 Februari 2024 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Saya punya banyak cerita tentang KK UOB yang pernah saya alami, semoga memang karena crew nya bank UOB yg tidak profesional, bukan karena SOP bank tersebut.

  • 10 Februari 2024 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Pengalaman gak mengenakkan juga dengan CC UOB. Saya tdk pnah merasa dihubungi marketing atau cs UOB, tahu2 dikirimi kartu kredit UOB. Dan ada tagihan administrasi, akhirnya saya kontak customer care nya via email trus saya dpt telp untuk membantu closing CC nya. Namun perlu saya pantau juga, kawatir kejadian yang sama.

  • 10 Februari 2024 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Di uob memang sedikit beda, untuk melakukan penutupan kartu kita harus mengajukan dulu lalau tunggu dapat email untuk total perhitungan sisa tagihannya sekitar 2 atau 3 hari, ini yg kadang2 bikin lupa untuk kita tutup, sesangkan bank lain biasanya bisa dapat total tagihan waktu kita telpon.

    Menurut saya, anda tidak pernah belanja pakai uob sehingga gagal mendptkan penghapusan biaya tahunannya di 2023, dan terus berbunga hingga 2024 ya.

  • 10 Februari 2024 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Saya pernah melakukan penutupan kartu kredit tmrw uob, seingat saya cuma perlu 3 hari dan tidak perlu membuat surat pernyataan bermaterai. Mungkin ts masih ada tagihan yang belum diselesaikan sehingga nyangkut ya. Sebisa mungkin nutupnya dekat dengan hari statement tagihannya sih biar cepat, juga pantau terus sampai dapat email jika CCnya sudah ditutup. Semoga cepat selesai masalahnya.

  • 10 Februari 2024 - (13:55 WIB)
    Permalink

    beruntung saya ga punya kartu kredit meskipun sering ditawari bebas iuran tahunan,kalo keluar negri pake debit card visa,atau master juga approve kok

  • 10 Februari 2024 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Sy mengalami hal yg sama. CC sy sudah kadaluwarsa CC baru tidak pernah terima. Tiba2 muncul Tagihan iuran tahunan 1 juta. 1 juta utk kartu yg tidak diterima. Bener 2 kebangetan. Tlp Cs diinfo memang kartu tidak diterima. Suruh hapus n close semua. G bisa hrs tlp bg lain. Parah BGT UOB. SEKIAN

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit UOB?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Jebakan Biaya Admin Kartu Kredit UOB

oleh me_ dibaca dalam: 1 menit
9