CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus

Saya adalah pengguna setia GoPay. Pengeluaran saya mencapai 20 juta rupiah per bulannya hanya di aplikasi ini. Tentunya saya juga mendapatkan benefit adanya akses ke GoPay Later. Sudah hampir 3 tahun saya menggunakannya, mulai dari Findaya sampai beralih ke PT MAB.

Selama 3 tahun saya menggunakan akses GoPay Later, tidak ada kendala apapun dan semua berjalan lancar. Sampai kemudian pada tanggal 24 Desember 2023, akun GoPay Later saya tiba-tiba terblokir. Sontak saya langsung menghubungi pihak CS GoPay melalui inbound call, dengan nomor tiket: 177630569. Namun telepon terputus dan saya dibuatkan tiket baru, dengan nomor tiket: 177630922. Saya juga bantu menghubungi pihak GoPay melalui email, dengan no tiket 177647857.

Jawaban dan klarifikasi dari mereka, ternyata di sistem mereka akun GoPay Later saya baik-baik saja dan tidak terblokir. Lalu CS tersebut menyuruh saya untuk mengirimkan bukti ke email support@mab.co.id, karena CS GoPay tidak bisa membantu kendala GoPay Later, mereka akan eskalasi ke team support MAB.

Saya mengirimkan tulisan kendala yang tertera di aplikasi. Lalu mereka membalas email saya kurang dari 15 menit. Namun ternyata jawaban tersebut template, yang menyuruh saya untuk menunggu selama maksimal 30 hari, untuk membuat akun GoPay Later saya dapat digunakan kembali. Akhirnya saya tunggu selama 30 hari.

Sudah hampir 30 hari lewat, pada tanggal 20 Januari 2024, saya mendapatkan notifikasi bahwa akun GoPay Later saya sudah dapat digunakan kembali dan naik limit 2 kali lipat dari limit saya sebelumnya. Kemudian saya mencoba untuk mencoba checkout barang murah melalui Tokopedia. Ternyata saat saya ingin checkout, ada keterangan bahwa GoPay saya terjadi kendala dengan keterangan: “Oops. Pembayaran gagal, cek lagi metode pembayaran yang kamu pakai atau coba lagi nanti, ID: 4438741442“.

Kemudian saya menghubungi lagi pihak GoPay, untuk menanyakan terkait kendala saya melalui email. Karena menggunakan inbound tidak bisa dan pulsa saya sudah habis Rp200 ribu untuk menelpon CS-nya. Saya mendapatkan nomor tiket: 179661844 lewat email. Lagi-lagi terjadi, kurang dari 10 menit tiket saya direspons oleh CS support MAB dengan template dan mereka solved-kan status tiket saya. Akhirnya saya menunggu lagi kurang lebih 2 minggu, tapi tetap belum akun GoPay Later saya bisa digunakan.

Intinya GoPay Later saya hanya bisa dipakai cuma 1 menit, setelah itu terblokir lagi.

Pada tanggal 12 Februari 2024, saya mencoba follow up lagi menggunakan inbound call dan habis pulsa Rp100 ribu, dengan nomor tiket: 181258367. Lalu telpon terputus karena pulsa saya habis. Saya membeli pulsa lagi untuk menelpon CS tersebut, dengan nomor tiket baru: 181258878.

Nah mulai di sini saya memberitahu bahwa sudah 2 bulan saya menunggu, tapi tidak ada kejelasan dari pihak mereka. Kemudian saya lagi-lagi mengulang laporan dan menceritakan kembali kendala saya dari awal. Hal ini sangat membuang waktu dan pulsa saya.

Kemudian agen CS tersebut bilang lagi kepada saya “Baik tiket ini akan saya eskalasi ke tim terkait dan akan diproses oleh tim terkait”. Karena saya sudah dalam kondisi emosi, saya memberitahu ke agen CS tersebut “Kalau cara ini selalu dilakukan, maka case saya tidak pernah selesai. Saya tidak mau menutup teleponnya sampai masalah saya selesai”. Kemudian agen CS tersebut bilang kepada saya “Lalu saya harus apa?”.

Waduh baru kali ini saya telepon agen CS dan ditantang seperti itu. Lalu saya bilang kepada agen CS tersebut “Saya akan menulis surat pengaduannya ke website Media Konsumen dan akan mencoba memviralkannya di akun Instagram @ecommurz”. Sangat mencengangkan, dia membalas perkataan saya seperti ini “Silakan bapak, silahkan untuk adukan”. Saya sangat marah ditelepon tersebut.

Agen CS tersebut bilang kepada saya, bahwa saya sangat dipersilakan untuk datang dan marah-marah langsung di kantor Gojek di Pasaraya Blok M. Sampai-sampai agen CS ini mendiamkan saya, saya halo-halo dia tetap diam saja. Saya sangat marah karena hampir 2 menit telepon saya didiamkan! Lalu akhirnya pulsa saya habis, dibuat sengaja olehnya.

Mohon kepada pihak GoPay untuk membenahi sistem eskalasi Anda yang sangat tidak berguna. Mohon untuk mentraining agen CS sesuai dengan hukum yang sesuai. Saat ini saya sudah berbicara dengan pihak @ecommurz dan mereka mendukung saya dan akan di-up di akun sosial media mereka.

Terima kasih agen CS, saya habis pulsa Rp500 ribu untuk menelpon inbound CS Anda yang tidak berguna dan tidak akan solved masalah saya. Saya akan mencoba untuk mengadukan ini juga ke pihak OJK dan sudah dalam obrolan oleh karyawan OJK, yaitu teman saya sendiri. Mereka juga akan membantu saya untuk membuat tiket keluhan ke OJK.

Terima kasih GoPay! Terutama CS GoPay yang mengintimidasi serta menantang customer untuk melakukan apa pun. Terima kasih.

Arga Kurniawan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus”

Terkait surat pembaca dari Bapak Arga Kurniawan di Media Konsumen pada hari Minggu, 18 Februari 2024, bersama ini dapat disampaikan...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus

      • 21 Februari 2024 - (15:07 WIB)
        Permalink

        Mungkin situ, sering mengunakan promo, jadi di anggap pemburu promo, gopay mmg gitu , klo kita sering pakai promo malah di blokir2in…mmg manajemen gopay itu ga jelas…

    • 3 Maret 2024 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Hal yg sama dengan apa yg saya alami . Tagihan gopay later tidak ada yg telat. . . Limit pun masih banyak. . . Tapi tidak bisa digunakan bertransaksim

  • 18 Februari 2024 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Susah kalau sama agen, itu pihak ke-3 (mitra). Keterbatasan pengetahuan dan wewenang. Cuma ya itu yg bisa dia katakan.. “diteruskan ke pihak terkait”.
    Nah ini dia si pihak terkait nya ini apakah dapat notifikasi dari agen atau tidak? kalau iya dapat notifikasi, apakah si pihak terkait ini mau mengerjakan eskalasi atau tidak? ini dikembalikan ke orangnya.

    15
    1
    • 19 Februari 2024 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Betul euy, karyawan outsourcing mau dimarahin ya dia gak bisa ngapa-ngapain selain eskalasi ke pihak gopay. Ini kayaknya sistem aplikasinya gopay/tokopedia ngebug.

    • 19 Februari 2024 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Sy setuju jika gojek melakukan investigasi mengenai pengetahuan agen cs mereka..
      Bukan hanya gopay,tp cs gojek pelanggan dan cs gojek driver..
      Berbelit2 tanpa solusi dan tidak paham masalah.
      Jangankn menyelesaikan masalah..
      Masalahanya pun mereka tidak paham
      Fitur dari aplikasinya pun mereka tidak paham.
      Jd driver atau pelanggan hanya diberi jawaban formal tanpa solusi..
      Solusinya adalah bosan sendiri capek sendiri berhenti sendiri..

  • 18 Februari 2024 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Masih mending di kamu aktif sampe 2023. Punya saya terblokir jauh sebelum itu, sekitar awal” peralihan dr Findaya. Awal ada GoPay Later, limit sy aktifkan sampe mentok 1,7jt… Seiiring wkt berkurangnya promo, sy turunkan limitnya jadi 200/250rb saja (yg bulanan bayar adm 7.500). Penggunaan gopay wkt itu juga sering mentok 20jt sampe mo isi lagi dah ngga bisa harus tunggu ganti bulan. Bayar paylater boro” pernah nunggak, hitungan jam abis pake langsung dilunasi pake VA BCA (krn memang bukan utk ngutang, tapi numpang lewat promo aja).
    Mau aktifin lagi, muncul kalimat tingkatkan penggunaan. Heran mau ditingkatkan bagaimana lagi, minimal belasan juta traffic gopay per bulan, rutin gofood juga. Ya udah, males berurusan apalagi sampe ngemis” diaktifkan, sy putuskan ngga usah pake skalian. Sepertinya yg lancar sengaja di nonaktifkan, mgkn kurang benefitnya buat mereka.

    14
  • 18 Februari 2024 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Permasalahan yg sama persis juga terjadi dgn saya. Dan sampai sekarang sdh 4 bulan gopaylater terblokir, saya pikir ya sudah lah mgkn memang gopaylaternya yang setengah hati.

    • 25 Februari 2024 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Oh gitu ya?saya pikir gopay later saya kenapa?perasaan saya cek di aplikasi gojek masih ada dan aktif tapi begitu mau dipake hasilnya sama😅ya sudah lah bayar langsung aja daripada telpon2 g jelas akhirnya ya g bisa dipake lagi ngabis2in pulsa aja😅padahal ya pake uda lama😅

    • 21 Februari 2024 - (06:59 WIB)
      Permalink

      Soal CS yg paling bagus adalah BCA, paham masalah dan tau solusinya. Telp ke Hallo BCA pun gratis, klu CS yg lain ampun dah bikin kapok dan terkadang ajak berantem

      • 21 Februari 2024 - (13:37 WIB)
        Permalink

        Soalnya bca memperlakukan karyawannya dengan baik dan benefitnya juga bagus, diindo jangan harap dapat layanan yang bagus dr cs, udh outsor semua dan gaji kecil belum ngelayananin cust yg merasa kaya raja, dikasih sop A maunya B. Ujung ujungnya eskalasi bla bla bla. Yah kamunya ga tutup telp ya mereka bingung. Si mas arga kurniawan ini maki maki cs nya ga ? Ati ati tiba tiba ada yg teror kayak teman saya. Kalo ama cs sewajarnya aja kalo marah. Kalo datanya disebar atau di teror. Dan di up ke media gini tetep aja kita yg tekor.

  • 19 Februari 2024 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Klu aq yg aneh malah go pay ke blokir gak jelas tp go pay latter nya lancar malah naik limit terus,,,, jd bingung gimana sistem nya😂

  • 19 Februari 2024 - (05:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kejadian yg sama dengan gopay paylater, cuma saya belum sampai nelpon cs paylater, dinaikkan limit terus diblokir sama mereka dengan alasan ada transaksi yg mencurigakan padahal tidak ada transaksi sama sekali dan itu sudah terjadi 3x berturut2 akhirnya saya biarkan kalau mereka mengirim notifikasi paylater saya sudah aktif lagi , saya tidak mau lagi kena prank mereka dinaikkan terus diblokir tanpa sebab .

    • 19 Februari 2024 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Gojek dan gopay akan ditinggalkn penggunanya
      Karena ulah cs service yg minim pengetahuan.

  • 19 Februari 2024 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Lah enak malah paylaternya keblokir. Jadi gak usah ngutang ngutang. Saya mau tutup malah gak bisa, padahal gak pernah dipakai. Lagian kenapa sih orang pada demen banget ngutang?

    13
    1
  • 19 Februari 2024 - (13:42 WIB)
    Permalink

    kalo dari komen diatas sih sudah betul, cs hanya meneruskan saja, sebaiknya bapak langsung saja ke kantornya dan marah marah hehehehe meneruskan yang dari cs daripada di telp gada akhir dan akhirnya di gantung tak ada kabar.

    7
    1
  • 19 Februari 2024 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Gopay later sy di tokped aktif dan sampai skrg aman digunakan tapi bila dibuka lewat aplikasi gojek statusnya terblokir. Sungguh aneh tapi nyata.

  • 19 Februari 2024 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Emang kalau ada masalah paling males ngurus CS gopay maupun gojek.. Akun saya hilang 2 tahun lalu sampai lupa nomer mau ganti nomer gak pernah di respon…di suruh ingat nomer yg lama..
    Saya minta untuk data KYC saya di cabut dr database gak di respon..
    Akhirnya sampai kiamat kurang 2 hari saya gak bisa pake gopay plus…

  • 19 Februari 2024 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Wah CS kog gak profesional jgn jadi CS.. Kualitas baik buruknya suatu perusahaan itu di nilai dari CS nya..
    Custumer jadi rugi 2xlipat dong waktu dan pulsa..

    2
    1
  • 20 Februari 2024 - (00:58 WIB)
    Permalink

    Gopaylater gue juga diblokir..pdhl ga ada tagihn jtuh tempo,pmbayaran lancar..limit jg dah lumayan gede..tau2 diblokir..nanya ke cs jwbn cm template..dtanya lg lbh lanjut mlah ga djwab..tau2 laporan dtutup..sampah bngt playanan aplikasi anak bngsa**** satu ini emg .

  • 20 Februari 2024 - (07:14 WIB)
    Permalink

    jika saya melakukan komplain beberapa kali ke alamat mana saja, saya selalu mencantumkan :

    •nomor-nomor tiket yang saya terima sebelum-sebelumnya
    •dan, mencantumkan juga nama-nama CS pengirim nomor-nomor tiket sebelumnya

    dengan cara ini, komplain-komplain tersebut sangat cepat direspon dan ditangani oleh pihak terkait ..

  • 20 Februari 2024 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Sy juga ga bisa digunakan udh dari jelang akhir taun malah, limit 15jtan. Jelang akhir tahun pas peralihan PT nya itu di tokped. Padahal udah menyetujui peralihan ke PT yg baru nya, tp sampe skrg ga bisa dgunakan. Tagihan berjalan tadinya tetap sy bayar, tp masa sampe sekarang ga bisa dipake blass, aneh..akhirnya sisa tagihan sy blong aja sekalian 6jtan trus uninstal .bye bye gojek

  • 21 Februari 2024 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Cs itu kan hanya bisa sebagai apa ya, informasi aja ya. Kalo ketemu pelanggan yg dikasih tahu A tapi minta lebih ya mereka ga bisa. Apalagi kalo kamu marah dengan tidak wajar ya pasti ada balasannya, ini mending sih, teman saya diteror ampe rumahnya. Saran saya kalo si cs udh eskalasi berkali kali. Minta di hub aja sama yg lebih atas. Karena yang bertanggug jawab pihak terkait mereka dan ga usah buang energi sama uang. Kalo diindo tuh take it or kick it aja.

  • 24 Februari 2024 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Semenjak peralihan dari findaya ke MAB makin parah aplikasi gopaylater.. di MAB kumpulan preman² beda jauh dengan dl pas masih findaya

  • 16 Maret 2024 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Apakah masih di pegang AOS kah outsourcing call center Agent gopay ini, atau udh ganti lg outsourcing nya, parah sih kalo sampe Agent begitu kalo di kantor saya udh di tendang langsung tanpa ampun, saya juga call center hampir 8 tahun ini semarah apapun pelanggan tidak boleh namanya menantang ataupun adu argumen karna itu sudah melanggar kode etik dan kenyamanan pelanggan di dalam dunia call center, saya rasa itu agent tidak pernah di training atau mungkin trainer nya yg kurang pengalaman dalam memberikan masukan sampai” Agent tidak punya batas pelayanan dan batas normalitas kepada pelanggan, fixs sih harusnya agent begitu di tendang tidak layak bekerja di dunia call center, call center itu harus ramah tamah dan antusias kepada keluhan pelanggan, menurut saya dia juga kurang paham sih dgn produk knowledge nya, kalo dia paham pasti dia kasih informasi lain tentang keluhan pelanggan tidak template terus menerus karna suatu kesalahan sistem itu pasti ada jawabannya di produk knowledge nya perusahaan tidak mungkin tidak ada

 Apa Komentar Anda mengenai GoPayLater?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus

oleh Gaga dibaca dalam: 3 menit
43