CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus

Saya adalah pengguna setia GoPay. Pengeluaran saya mencapai 20 juta rupiah per bulannya hanya di aplikasi ini. Tentunya saya juga mendapatkan benefit adanya akses ke GoPay Later. Sudah hampir 3 tahun saya menggunakannya, mulai dari Findaya sampai beralih ke PT MAB.

Selama 3 tahun saya menggunakan akses GoPay Later, tidak ada kendala apapun dan semua berjalan lancar. Sampai kemudian pada tanggal 24 Desember 2023, akun GoPay Later saya tiba-tiba terblokir. Sontak saya langsung menghubungi pihak CS GoPay melalui inbound call, dengan nomor tiket: 177630569. Namun telepon terputus dan saya dibuatkan tiket baru, dengan nomor tiket: 177630922. Saya juga bantu menghubungi pihak GoPay melalui email, dengan no tiket 177647857.

Jawaban dan klarifikasi dari mereka, ternyata di sistem mereka akun GoPay Later saya baik-baik saja dan tidak terblokir. Lalu CS tersebut menyuruh saya untuk mengirimkan bukti ke email support@mab.co.id, karena CS GoPay tidak bisa membantu kendala GoPay Later, mereka akan eskalasi ke team support MAB.

Saya mengirimkan tulisan kendala yang tertera di aplikasi. Lalu mereka membalas email saya kurang dari 15 menit. Namun ternyata jawaban tersebut template, yang menyuruh saya untuk menunggu selama maksimal 30 hari, untuk membuat akun GoPay Later saya dapat digunakan kembali. Akhirnya saya tunggu selama 30 hari.

Sudah hampir 30 hari lewat, pada tanggal 20 Januari 2024, saya mendapatkan notifikasi bahwa akun GoPay Later saya sudah dapat digunakan kembali dan naik limit 2 kali lipat dari limit saya sebelumnya. Kemudian saya mencoba untuk mencoba checkout barang murah melalui Tokopedia. Ternyata saat saya ingin checkout, ada keterangan bahwa GoPay saya terjadi kendala dengan keterangan: “Oops. Pembayaran gagal, cek lagi metode pembayaran yang kamu pakai atau coba lagi nanti, ID: 4438741442“.

Kemudian saya menghubungi lagi pihak GoPay, untuk menanyakan terkait kendala saya melalui email. Karena menggunakan inbound tidak bisa dan pulsa saya sudah habis Rp200 ribu untuk menelpon CS-nya. Saya mendapatkan nomor tiket: 179661844 lewat email. Lagi-lagi terjadi, kurang dari 10 menit tiket saya direspons oleh CS support MAB dengan template dan mereka solved-kan status tiket saya. Akhirnya saya menunggu lagi kurang lebih 2 minggu, tapi tetap belum akun GoPay Later saya bisa digunakan.

Intinya GoPay Later saya hanya bisa dipakai cuma 1 menit, setelah itu terblokir lagi.

Pada tanggal 12 Februari 2024, saya mencoba follow up lagi menggunakan inbound call dan habis pulsa Rp100 ribu, dengan nomor tiket: 181258367. Lalu telpon terputus karena pulsa saya habis. Saya membeli pulsa lagi untuk menelpon CS tersebut, dengan nomor tiket baru: 181258878.

Nah mulai di sini saya memberitahu bahwa sudah 2 bulan saya menunggu, tapi tidak ada kejelasan dari pihak mereka. Kemudian saya lagi-lagi mengulang laporan dan menceritakan kembali kendala saya dari awal. Hal ini sangat membuang waktu dan pulsa saya.

Kemudian agen CS tersebut bilang lagi kepada saya “Baik tiket ini akan saya eskalasi ke tim terkait dan akan diproses oleh tim terkait”. Karena saya sudah dalam kondisi emosi, saya memberitahu ke agen CS tersebut “Kalau cara ini selalu dilakukan, maka case saya tidak pernah selesai. Saya tidak mau menutup teleponnya sampai masalah saya selesai”. Kemudian agen CS tersebut bilang kepada saya “Lalu saya harus apa?”.

Waduh baru kali ini saya telepon agen CS dan ditantang seperti itu. Lalu saya bilang kepada agen CS tersebut “Saya akan menulis surat pengaduannya ke website Media Konsumen dan akan mencoba memviralkannya di akun Instagram @ecommurz”. Sangat mencengangkan, dia membalas perkataan saya seperti ini “Silakan bapak, silahkan untuk adukan”. Saya sangat marah ditelepon tersebut.

Agen CS tersebut bilang kepada saya, bahwa saya sangat dipersilakan untuk datang dan marah-marah langsung di kantor Gojek di Pasaraya Blok M. Sampai-sampai agen CS ini mendiamkan saya, saya halo-halo dia tetap diam saja. Saya sangat marah karena hampir 2 menit telepon saya didiamkan! Lalu akhirnya pulsa saya habis, dibuat sengaja olehnya.

Mohon kepada pihak GoPay untuk membenahi sistem eskalasi Anda yang sangat tidak berguna. Mohon untuk mentraining agen CS sesuai dengan hukum yang sesuai. Saat ini saya sudah berbicara dengan pihak @ecommurz dan mereka mendukung saya dan akan di-up di akun sosial media mereka.

Terima kasih agen CS, saya habis pulsa Rp500 ribu untuk menelpon inbound CS Anda yang tidak berguna dan tidak akan solved masalah saya. Saya akan mencoba untuk mengadukan ini juga ke pihak OJK dan sudah dalam obrolan oleh karyawan OJK, yaitu teman saya sendiri. Mereka juga akan membantu saya untuk membuat tiket keluhan ke OJK.

Terima kasih GoPay! Terutama CS GoPay yang mengintimidasi serta menantang customer untuk melakukan apa pun. Terima kasih.

Arga Kurniawan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus”

Terkait surat pembaca dari Bapak Arga Kurniawan di Media Konsumen pada hari Minggu, 18 Februari 2024, bersama ini dapat disampaikan...
Baca Selengkapnya

46 komentar untuk “CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus

  • 20 Maret 2024 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Pantas saja permasalahan saya tidak beres beres, ternyata memang internal mereka ini yang amburadul, kalau cs saja bisa nantang begitu, ngapain pula harus laporan seperti orang beradab.

 Apa Komentar Anda mengenai GoPayLater?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

CS GoPay Menantang dan Mendiamkan Pelanggan Hingga Telepon Terputus

oleh Gaga dibaca dalam: 3 menit
46