Beli Cash Motor Yamaha, Belum Ada Kepastian

Pada hari Jumat 1 Maret 2024 pukul 12:30, saya datang ke showroom resmi Yamaha Mekar Bogor, di Jl. Pajajaran Bogor. Saya berniat membeli motor untuk istri saya.

Saat itu langsung saya tanyakan ke sales counter, “Kak, ada Filano warna pink mauve?”. SC menjawab “Kayaknya ada, saya antar ke gudang buat lihat unitnya”. Lalu dengan diantar oleh sales counter, saya lihat ada 2 unit dan saya videokan juga.

Setelah melihat saya kembali ke ruang sales counter, saya bilang “Oke kak, saya mau motornya, berapa OTR-nya?”.
SC menjawab “Rp27.200.000”. Saya tanya “Bisa langsung transaksi mbak? Saya beli cash“. Kemudian saya lanjut transaksi. Karena ada unitnya, saya bayar langsung full, Rp500.000 tunai dan Rp26.700.000 debit BRI, dengan harapan bisa langsung bawa pulang unit sepeda motornya.

Selesai pembayaran saya bilang:

Saya: “Unitnya bisa langsung saya bawa ya?”
SC: “Gak bisa sekarang kak, lagi SO (stock opname). Paling bisa besok kak.”
Saya: “Oke. besok saya ambil ya.”
SC : “Info saya aja kak kalau mau ambil unit.”

Saya lanjut saya pulang, karena sudah dapat jawaban bisa dibawa besok. Hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024, saya chat sales counter:

Saya: “Mau otw ambil motor ya.”
SC: “Bentar yaa kak lagi disiapin, nanti kalau sudah siang langsung aku kabarin.”
Saya: “Tapi hari ini bisa diambil kan?”
SC: “Selamat pagi kak, Maaf kak, karena Filano pink ini unit baru, jadi saya lagi tunggu info dari atasan karena ada miskom di stoknya.”
SC : “Selamat siang kak, maaf kak stok unitnya tidak masuk ke kita, masuknya ke Bintaro. Kalau sekiranya kakak mau refund, boleh minta nomor rekeningnya kak.”

Di sini saya sangat-sangat kecewa sekali. Kenapa perusahaan besar bisa mis komunikasi terkait stok? Kenapa unitnya ada di Bogor, kalau stok Bintaro? Kenapa harus ditransaksikan kalau unitnya belum jelas dan uang saya pun tertahan? Saya tidak mau refund karena infonya harus menunggu14 hari kerja, saya jadi rugi waktu juga.

Senin 4 Maret 2024 saya tanya lagi, tapi belum ada progres juga sampai saat ini. Apa sesulit itu pembelian motor cash? Tolong pihak Yamaha agar ditindaklanjuti keluhan saya.

Akhmad Fahmi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

47 komentar untuk “Beli Cash Motor Yamaha, Belum Ada Kepastian

  • 6 Maret 2024 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Biasalah, kalau beli cash dipersulit, coba beli kredit pasti lagnsung dikirim…

    23
    1
  • 6 Maret 2024 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Maaf ka bukan untuk perbandingan kompetitor, saya juga punya pengalaman 2thn lalu dihonda, uang nya saya ambil lagi,..

    13
    3
      • 7 Maret 2024 - (00:39 WIB)
        Permalink

        Minta ganti rugi ke salesnya kalo tidak mau laporinn ke polisi penipuan modus baru para oknum sales

        • 7 Maret 2024 - (13:27 WIB)
          Permalink

          Sudah bang saya sudah kirim email Yamaha pusat, tdi baru saya dapat info dari sales counter nya, dia di tlpn call center Yamaha pusat, masih pada pont yang sama bang. Kenapa selesai transaksi, ga bisa dibawa sekrang paling bilang bisa di ambil besok, dan skrang masih blm ada kejelasan infonya blm turun masih di suruh nunggu, atau refund,.. kalau dari awal bilang nunggu, kan ga mungkin saya bayar cash full paling saya kasih uang muka 1jt cukup buat SPK..

          10
    • 7 Maret 2024 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Gertak bro duit refund + bunga deposito 🤣 unit di bintaro mah banyak, lu ajak kawan lu yg gawe jadi wartawan auto gercep unit datang 😅 soal nya dulu juga sama kasus di mekar begitu, kita gertak telpon pusat, bawa laporan polisi modus penipuan baru + bawa wartawan 5 auto di kirim unit nya hari itu juga beda 1jam. Unit dateng gua cabut laporan nya

    • 8 Maret 2024 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Sepertinya Honda yang sat set sya beli beat new 2023 secara cash ,,hari ini transaksi besok nya langsung di antar ,, 😁😁😁

    • 8 Maret 2024 - (07:44 WIB)
      Permalink

      Ajak temen ke dealer nya minta divideokan, bawa bukti pembayaran, minta ketemu sama manajer nya.

      Nggak ada istilah miskomunikasi stock.
      Yang ada, miskom antara sales.

      Unit terbatas, TS nya bayar cash, otomatis margin kecil. Di saat yang sama sales lain jual pake kredit, margin besar, unit dikasih ke yang kredit.

      Rekomendasi gw beli motor Yamaha cash, lewat Tokope*ia, nama dealer nya DETA MOTOR. Tanya stock, bayar, besoknya motor dikirim ke rumah. Tinggal duduk manis.

      5
      1
      • 8 Maret 2024 - (08:30 WIB)
        Permalink

        Benar bang, saya beli 2 (Yamaha Gear) bulan Nopember 2021 u/saya dan Desember thn 2021 u/ponakan lain rumah (2-2 nya plus bonus jaket tulisan Deta), cepat kirimnya (malam pesan, siang datang unitnya). Bulan 7 thn 2023 beli lagi Neo Fazzio u/sendiri, pesan malam siang diantar (ke 3-3 nya diantar dari show roomnya di Pondok Bambu, bayar cash transfer di aplikasinya),

      • 10 Maret 2024 - (16:09 WIB)
        Permalink

        Mungkin bang,.. niat awal saya beli memang untuk Langsung bawa. Yang ada unit di showroom., sampe hari ini masih nunggu… Info terakhir kalau bulan ini turun langsung di antar. Tpi blm ada kepastian..

  • 6 Maret 2024 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Wah kak Fahmi, kami turut prihatin atas masalah kak TS. Ya begitulah, on the anywhere dealer in Indonesia, the way of cash is always complicated then credit. Oh iya, kak TS, ada beberapa pertanyaan yg mungkin bisa jadi wawasan bt pembaca medkom lain:

    1. Apakah refund krn stok kosong dikenakan biaya oleh dealer?
    2. Seandainya di awal tadi membayar menggunakan kartu kredit + Cash, apakah dealer berkenan?
    3. Apakah dealer memberikan batas waktu produk ready? Berapa lama menunggu hingga bisa dikirimkan?

    Solusi dari kami yaitu jadilah influencer. Kami menyarankan kakak menjadi influencer / tokoh publik, misal gus samsudin, gus mamaz karyo, dkk. Meskipun kocak dan mengarah ke public deception, mereka terhitung influencer yg mampu menggerakkan sentimen netizen pada objek tertentu.

    Selanjutnya, kami tentunya bantu kak TS hingga kak TS memperoleh haknya. Beberapa bantuan yg kemungkinan sangat bisa dilakukan oleh para pembaca medkom ialah pemberian rating di map (People power). Beberapa pembaca medkom yg juga manajemen tinggi dlm otoritas pemerintah dan asosiasi perusahaan, tentunya akan menandai perusahaan yg ingkar, wanprestasi dan melakukan fake stok dalam hal ini PT MEKAR KARYA PRATAMA.

    Karena sudah menjadi headline dan viral, Yuk kami mengajak Seluruh Pembaca Media Konsumen beserta para sesepuh untuk memberikan rating TERB URUK pada PT MEKAR KARYA PRATAMA sampai hak konsumen ditunaikan dan PT merespon komplain ini. Berikut info dlm PT yg berhasil kami rilis :
    1. Map, web https://maps.app.goo.gl/CrXmfmxgZwWeJ4oQA
    2. Dir Humas PT MEKAR Nandar Sumawijaya, telp 0 delapan 581 tiga tujuh 900**
    3. Medsos, fb https://www.facebook.com/YamahaMekarMotor.id/

    Semoga ini bisa menjadi efek jera bagi PT. Semoga ke depan, tidak ada lagi kejadian “KESULITAN BELI KENDARAAN JIKA CASH” baik di Dealer Kecil dan Dealer yg katanya besar dan bonafit. Salam Kebajikan.

    23
    6
    • 6 Maret 2024 - (14:08 WIB)
      Permalink

      2. Dir Humas PT MEKAR Nandar Sumawijaya, telp 0 delapan 581 tiga tujuh 900 nol nol

      8
      1
        • 7 Maret 2024 - (08:05 WIB)
          Permalink

          Untung di daerah saya beli cash klo ada unit bisa langsung bawa, waktu saya beli varian tidak ada pun hanya 3 hari unitnya ada, bshkan dielernya menawarkan klo varian lain ready, tapi abang saya di tangerang mlah di persulit, alasan stock kosong pas kredit barang ready,
          Klo saya beli di rangkasbitung, lebak banten

    • 6 Maret 2024 - (17:31 WIB)
      Permalink

      1. Tidak ada biaya/potongan refund, infonya full dikembalikan. Hanya saja proses nya 14HK.
      2. Saya tidak tahu untuk pembayaran kartu kredit saya tdk tanyakan, saya bayar cash. Dan berkenan, sudah transaksi.
      3. Blm ada kepastian. Karna memang awalnya saya berniat langsung bayar cash full dan membawa unitnya,

      3
      1
  • 6 Maret 2024 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Masih ada aja ya,dealer model gini,padahal persaingan semakin ketat antara produsen roda dua.Pelayanan nomer wahid untuk konsumen baik itu cash atau cicil.Tanpa konsumen, bisa apa mereka.Meskipun gk semua Dealer sama memperlakukan konsumen kaya gini,ini jadi memberikan image buruk buat merek tertentu.

    7
    1
  • 6 Maret 2024 - (15:47 WIB)
    Permalink

    bisa gitu ya? aneh.. beli cash, katanya readi, kok jadi ga readi… ntar juga dealer kena tegur dari yamaha pusat, karena sudah masuk medkom… dan tiba tiba, cling, motor datang dengan permintaan maafnya…

    9
    2
  • 6 Maret 2024 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Sumpah engga nyangka banget deehh . Kasian abangnya . Sabar yaa abang semoga dpet hikmahnya

    1
    2
  • 6 Maret 2024 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Yamaha ohh Yamaha, untungnya saya bukan pecinta model motor Yamaha, akan tetapi pesaing terdekat yaitu Hon. Saya juga dri Bogor Bang ikut prihatin sihh kejadian seperti ini di Mekar Motor Pajajaran.

  • 6 Maret 2024 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Bentak bentak mejanya bang, videokan showroomnya pas abang marahi. Lalu masukkan ke Tiktok. Viral dah itu.

  • 6 Maret 2024 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Itu dealer yg nakal kalo dah bayar dah sah, kan dpt kwitansi tanda terima tinggal diantar harusnya kalo refund harus minta hari itu juga kalo gak dikenakan bunga deposito gertak balik jgn mau dibeggoin saless

    • 6 Maret 2024 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Tenang ka jangan emosi… Saya juga tidak diam. Tpi trimakasih untuk sarannya..

    • 8 Maret 2024 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Wah parah yah..sy ada rencana kedepannya mau beli motor yamaha…namun kejadian seperti ini…jadi ragu…mudah-mudahan tidak semua dealer yamaha seperti ini ya….

  • 7 Maret 2024 - (10:57 WIB)
    Permalink

    senasib, tahun lalu mau beli grand filano neo connected cash disana katanya inden 1 bulan
    udah sebulan ngga ada kejelasan, akhirnya sy cancel minta refund full karna tidak sesuai perjanjian
    akhirnya nyari ke yamaha arista tajur langsung dapet unit dull blue cash juga, dikirim di hari kerja berikutnya karna udah kesorean pas transaksi dengan harga OTR bogor no markup

    • 7 Maret 2024 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Beda bang, kemungkinan kalau Abang diinfo dari awal di suruh tunggu, dan cuma kasih uang muka buat SPK…
      Kalau saya sudah bayar full bang, ga di kasih info nunggu. Selesai transaksi saya mau bawa. Di bilang ga bisa lagi SO, paling besok. Hemmmmmm pusing lah bang… ko bisa bgitu

    • 7 Maret 2024 - (18:02 WIB)
      Permalink

      permainan bandar itu, sales2 cari yg cuan gede ….
      yg cash bodo amat, cuan receh katanya!!

  • 7 Maret 2024 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Lebih dibelain buat yang beli kredit krn SC dapet fee lebih besar dari leasing berkali-kali lipat. Kalau cash dapat fee paling mentok 150 rebu!

  • 7 Maret 2024 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Hampir semua, dealer otomotive layanan beli cash di perlambat . Coba klo kredit dokumen lengkap lansung wuzssh..
    Pengalaman sy beli mio cash STNK janjiny 1 minggu tapi 3 bulan baru di jd

  • 7 Maret 2024 - (17:22 WIB)
    Permalink

    kl beli motor cash barangnya ghoib tp kl beli kredit langsung bs bw pulang motornya, kyknya ini sih permainan dealer sm salesnya

  • 7 Maret 2024 - (18:00 WIB)
    Permalink

    yamaha woiiiiii yamaha ….. baca tuh sama loe keras2 komplain penulis!¡!!¡¡
    orang bayar cash malah di persulit !!!
    ( bayar pake duit ya, bukan pake utang utangan ))
    bagian yg utang 36 bulan, 3 hari unit sampe rumah !!!!
    mau jualan atau kreditan ????
    kayanya cari yg cuan gede mereka, yg gagal bayar bisa tarik unit wkwkwkkkkkkkkk …..
    yg cash cuan kecil brohhhĥ

  • 7 Maret 2024 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Yg jelas untuk pembelian cash profit dealer kecil, insentif kacab,spv sm sales juga kecil. Klo kredit profit dan insentif bisa 5x lipat krn dapet dr refund bunga, asuransi dr leasing yg sebenernya itu duit konsumen. Makanya klo cash ada aja alasan dealer untuk nolak order apalagi barang fast moving

    • 8 Maret 2024 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Dr taun 2007-2008. Saat vixion masih terbilang produk baru sampe skr kok blum ilang dealer produk ini.
      Pengalaman sy dulu dr salesny gak boleh cash. Kudu kredit.
      Sbg penjual kn sbnrny lebih enak cash drpd kredit ya??? Tapi gak tau deh klo udh pake bonus kredit.

  • 8 Maret 2024 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Kalo beli kes di permudah kok sama salesnya yamaha, mungkin itu salesnya miskumunikasi sama delernya,

  • 10 Maret 2024 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Update info terbaru… Bulan ini turun, nanti saya update kalau sudah menerima unit, gpp saya masih sabar menunggu yang penting saya mendapatkan hak saya,.. walaupun diluar ekspektasi awal saya ada unit bayar bawa pulang, trimakasih media konsumen, dan saran temen”.

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Motor Yamaha?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Beli Cash Motor Yamaha, Belum Ada Kepastian

oleh Akhmad dibaca dalam: 1 menit
47