Tertipu Asuransi Prudential dari Kartu Kredit BCA

Saya menerima telepon pada tanggal 4 Januari 2024 yang mengaku dari kartu kredit BCA, bicara sana-sini lalu menawarkan asuransi. Saya pun sudah menjawab tidak tertarik, tetapi CS dengan sedikit memaksa bisa dipelajari dulu polisnya. Oke, silakan kirim untuk saya pelajari.

Tanggal 13/15 Januari 2024 datanglah polis itu, dan ternyata dari Prudential, polis pun ada 2 yang dikirim. Pada tanggal 17 Januari 2024 dan tanggal 24 Februari 2024 saya menghubungi HalloBCA untuk tidak mengautodebit tabungan ataupun kartu kredit untuk apapun, mendapat tanggapan dibantu proses tidak terautodebit.

Pada tanggal 26 Februari 2024 saat saya ingin membayar tagihan saya yang lain, muncul jumlah tagihan yang tidak sesuai. Saya cek mutasi, ternyata terdebit untuk asuransi Prudential 2 polis sekaligus.

Tanggal 27 Februari 2024 saya langsung ke Prudential untuk penutupan polis beserta meminta pengembalian dana yang telah terdebit. CS Prudential mengatakan tidak dapat mengembalikan dana yang telah terdebit.

Pada tanggal yang sama saya dihubungi HalloBCA mengonfirmasi penutupan polis, merayu-rayu agar tidak ditutup, saya jawab tidak mau tahu saya pokoknya tutup polis, dan diproses.

Pada tanggal 12 Maret 2024 saya cek tagihan kartu kredit saya dan berkurang lagi sisa kredit saya, saya cari di mutasi tidak ada transaksi tambahan. Hari ini tanggal 13 Maret 2024 saya langsung ke BCA tanya ini itu mbulat mbulet. Dikatakan saya belum menutup polis.

Lah itu saya ditelepon konfirmasi tutup polis loh masih dirayu-rayu supaya tidak tutup polis pula. Untuk sisa kredit berkurang jawabnya karena ter-autodebitnya tanggal 26 Februari 2024 dan akan muncul di tagihan tanggal 16 Maret 2024, sedangkan ibu menutup polisnya tanggal 27 Februari 2024.

Saya pun menanyakan ke CS perihal permintaan saya melalui HalloBCA agar tidak terdebit apapun, CS bilang memang ada telepon pelaporan tanggal sekian dan sekian tetapi bukan untuk tidak terautodebit.

Apakah tanda tangan sudah tidak berlaku lagi? (Tanpa adanya tanda tangan formulir pembukaan polis, hanya dengan rekaman suara sudah berjalan polis tetapi untuk menutup polis diminta ke kantor dan tanda tangan formulir penutupan polis).

Apakah BCA sudah tidak memerlukan tanda tangan dan PIN kartu ATM/kartu kredit? (Tanpa adanya telepon konfirmasi ke nasabah, tanpa PIN, tanpa tanda tangan masih saja langsung ter-autodebit).

Apakah CS HalloBCA ada permainan dengan pihak luar sehingga autodebit tetap berjalan meskipun saya sebagai pemilik rekening tidak ingin diautodebit?

Pada tanggal 4 Maret 2024 saya menerima email pemberitahuan gagal debit. Ini gagal debit yang mana? Kenapa saldo kredit tetap berkurang kalau gagal debit? CS BCA muter kayak kitiran, jawabnya, dan tetap tidak ada jawaban pasti.

Intinya mereka bisa mengautodebit hanya melalui telepon/suara, tetapi untuk menghentikan autodebit memerlukan tanda tangan di atas materai. Semakin hari semakin tidak masuk di akal!

Yuniar
Surabaya, Jawa Timur


Update (21 Maret 2024): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Bank BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tertipu Asuransi Prudential dari Kartu Kredit BCA”

Jakarta, 20 Maret 2024 Kepada Yth. Pengelola Rubrik Surat Pembaca MediaKonsumen.com Perihal: Hak jawab terhadap Surat Pembaca MediaKonsumen.com tanggal 14...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Tertipu Asuransi Prudential dari Kartu Kredit BCA

  • 14 Maret 2024 - (16:01 WIB)
    Permalink

    saya juga sering ditelpon kayak gini
    di tengah2 mereka sempat bertanya “apakah bapak sering menggunakan kartu kredit bapak utk berbelanja”

    kalo pertanyaan semacam ini ada, itu biasanya asuransi

    langsung saja saya jawab “kartu kredit saya sudah ditutup”

    seketika itu telemarketing nya langsung pamitan
    padahal tujuan telpon itu belum diinformasikan
    kwkwkwk

    1
    1
  • 14 Maret 2024 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja ke pihak polisi ,kalau pendapat saya pribadi ya, buat laporan dulu,di usut atau tidak belakang,karena saya baca di media ini ada beberapa kasus peristiwa seperti ini

    2
    1
    • 14 Maret 2024 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Iya saya baca” dimedia konsumen kasus sama persis dan kelihatannya tanggalnya pun sama persis..

      1
      1
    • 15 Maret 2024 - (08:14 WIB)
      Permalink

      tidak semudah itu membuat laporan polisi kak

      harus disertai bukti kasus nya
      sedangkan bukti kasus tersebut biasanya ada di tangan bank, yaitu bukti rekaman nasabah dengan telemarketing nya

      Selama tidak ada bukti kasusnya, sulit utk membuat laporan kepolisian

  • 14 Maret 2024 - (16:26 WIB)
    Permalink

    Saya pun sudah menjawab tidak tertarik, tetapi CS dengan sedikit memaksa bisa dipelajari dulu polisnya. Oke, silakan kirim untuk saya pelajari.

    =>>>> pelajaran berharga buat yang lain, jika tidak tertarik langsung tegas saja bilang gak mau dan tutup telp nya.

    3
    1
  • 14 Maret 2024 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Pasang apk truecaller atau getcontact, sy banyak diselamatkan dari pihak sales asuransi dan sejenisnya.

    Klopun keangkat, denger dari sales, langsung sy tutup, ga usah pakai etika2 segala, kita bela2in jaga perasaan orang, kita juga yang rugi

    kata2 dipelajari dl dan polis dikirim, itu berarti sudah mengiyakan, karna klo dipelajari dulu, itu namanya brosur, cv, portofolio bukan polis

    1
    1
    • 15 Maret 2024 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Sekelas BCA, sekarang memang sudah bekerjasama dengan Asuransi yang ditawarkan begini. Sebelum sebelumnya dengan Chubb /CIGNA ASUransi, eh sekarang Prudential.
      Membaca Pengalaman TS dengan sikap CS, Waduuh, begitukah? Itu CS atau Sales ASUransi?

      Saya juga sering ditelp oleh CS nya, saya pernah bilang “Nomor saya bukan untuk anda hubungi dengan penawaran sana sini, anda tidak berhak”, CS nya jawab “Kami berhak karena anda punya nomor rekening”
      Saya saja tidak pernah memberi hak, tapi kenapa malah orang pihak ketiga merasa berhak. Apakah mereka beli data base?

  • 15 Maret 2024 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Waduh kok bisa ya sekali terbit 2 polis tanpa tanda tangan pun sudah outodebet…TS mungkin gak sadar mengiyakan saja waktu ditelpon dan klo sdh bilang IYA mungkin otomatis dikatakan SETUJU. Jadi harap hati² klo ada telp asing rayu² asuransi..
    Hebatnya klo sdh terdebet kenapa gak bisa dikembalikan…trus uangnya punya siapa dong…

    Betul apa yg dikatakan TS kenapa waktu mau didebet tdk perlu tandatangan, sedangkan klo mau batalkan polis dibikin ribet harus tanda tangan diatas materai dan datang ke kantor…Aneh ya..

  • 15 Maret 2024 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Diauto debet karena ada nya rekaman suara IYA/SETUJU tersebut.
    saya balas dengan saya juga punya rekaman suara sewaktu telepon halloBCA tidak mau diauto debet, kenapa masih saja diauto debet ?
    Sama” rekaman suara kan.
    Jawabnya ya itu kalau untuk menghentikan auto debet mengisi form tanda tangan bermaterai.
    Aneh bukan ?

  • 20 Maret 2024 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Update :
    Saya telah dihubungi oleh pihak Prudential dan BCA terkait masalah saya, sehingga masalah saya dapat terselesaikan dengan cepat dan baik.

    Saya ucapkan Terima kasih kepada :
    1.Media konsumen yang telah menerbitkan artikel saya sehingga saya mendapat solusi dari permasalahan saya.
    2. Prudential Indonesia yang telah menanggapi dengan cepat dan baik sampai dengan pengembalian dana ke saya.
    3. BCA yang telah menanggapi dengan cepat dan baik permasalahan saya dengan Prudential.

    Salam saya, Yuniar 🙏

 Apa Komentar Anda?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tertipu Asuransi Prudential dari Kartu Kredit BCA

oleh yuniar dibaca dalam: 2 menit
16