Sulitnya Pengembalian Dana (Refund) dari Lazada

Yth. Media Konsumen,

Tanggal 21 April 2016, saya dengan user id Lazada Dita, melakukan order produk CorfysBag Tas Messenger Casual Pria A3969 di LAZADA, dengan no Order 387341268. Pembayaran dilakukan hari itu juga sebesar Rp 413.500 melalui rekening Maybank saya a.n. Derieta Kurniawati qq Asha Kirana Alesha. Pada hari yang sama saya menerima update bahwa pesanan dibatalkan, padahal saya tidak melakukan pembatalan.

Pada hari yang sama juga, saya melakukan live chat dengan customer service Lazada: EY_pickey_simpathy, menanyakan kenapa order saya dibatalkan. Dan ini jawaban dari EY_pickey_simpathy: “Untuk pembatalan pesanan tersebut terjadi dikarenakan produk yang Ibu Dita pesan mengalami kehabisan ketersediaan produknya Ibu”.  Akhirnya saya mengisi form refund/pengembelian dana pada hari yang sama tgl 21 April 2016.

Tanggal 26 April 2016 saya terima SMS dari Lazada bahwa pengembalian dana telah diproses. Dan pengembalian dana memerlukan waktu 3-7 hari kerja. Tanggal 28 April 2016 saya terima SMS lagi dari Lazada bahwa pengembalian tidak berhasil diproses karena ada ketidaksesuaian data. Dan saya diminta mengisi kembali form refund.

Saya mencoba telepon ke customer service Lazada, dan katanya data antara form refund yang saya isi tidak sama dengan nomor rekening yang saya kirimkan. Saya pun diminta mengirimkan surat pernyataan bahwa benar data rekening yang saya kirimkan adalah rekening saya, dan juga mengirimkan foto cover depan rekening saya. Tanggal 2 Mei 2016 saya mengirimkan data yang diminta ke support Lazada dan mendapatkan balasan nomor tiket pengaduan #5436185. Berikut ini kronologis selanjutnya:

  • Tanggal 3 Mei 2016 saya terima SMS bahwa “Proses pengembalian dana dilakukan tgl 25/4/2016 mohon konfirmasinya bila dana belum diterima”. Kenyataannya memang saya belum terima.
  • Tanggal 9 Mei 2016 saya terima SMS bahwa Lazada telah memproses pengembalian dana tgl 4/5/2016 dan memerlukan waktu 3-7 hari, estimasinya adalah pada tanggal 16 Mei saya akan terima uang saya.
  • Tanggal 12 Mei 2016 saya terima SMS lagi dari Lazada bahwa proses pengembalian dana tgl 4/5/2016, mohon konfirmasinya bila dana belum kembali.
  • Tanggal 12 Mei 2016 saya terima SMS yang kedua dari Lazada bahwa “Proses pengembalian dana tidak berhasil dilakukan karena ada ketidaksesuaian data rekening. Mhn isi kembali form refund”.
  • Tanggal 13 Mei 2016 saya telepon kembali ke customer service Lazada sebanyak 3 kali dengan Purwanti, Fajar dan Milla dan ketiga CS mengatakan bahwa dana saya sudah dipastikan terima tanggal 16 Mei.
  • Tanggal 16 Mei 2016 saya cek rekening saya dan ternyata belum ada pengembalian dari Lazada. Saya telepon kembali ke CS Lazada sebanyak 3 kali dengan Debby,Agung dan Vina dan jawabannya semua sama tunggu 1×24 jam setelah hari ini.
  • Tanggal 16 Mei 2016 saya juga terima email bahwa saya diminta mengirimkan kembali foto cover depan rekening saya.
  • Tanggal 17 Mei 2016 saya kirimkan kembali untuk ke-2 kalinya dan saya telepon juga ke CS dengan Lukman, Agnes dan Roni semua jawaban sama: “ Terima kasih telah menghubungi Lazada.co.id. Kami sangat senang dapat melayani Ibu Dita hari ini. Sesuai informasi yang telah saya sampaikan mengenai status pengembalian pembayaran dari pesanan dengan nomor 387341268, bahwa saat ini status proses pengembalian dana Ibu Dita masih diproses tindaklanjut kami kepada pihak terkait kami pada nomor laporan #5514597. Mohon kesediaan Ibu Dita menunggu untuk prosesnya. Apabila kami telah menerima informasi dari pihak terkait akan kami sampaikan kepada Ibu Dita”

Sampai dengan hari ini tgl 17 Mei 2016 (hampir 1 bulan) saya mengirimkan surat pembaca, saya belum terima uang saya dari Lazada. Saya heran kenapa Lazada berbelit-belit proses pengembaliannya? Padahal jelas saya transfer ke ecard menggunakan rekening tersebut dan saya meminta pengembalian dana juga ke rekening tersebut.

Awalnya saya puas dengan Lazada karena beberapa kali order mudah dan sesuai, tapi setelah kejadian ini saya jadi mikir kembali untuk belanja online. Semua email dan SMS dari lazada tidak saya hapus sebagai bukti bahwa Lazada hanya bisa mengulur-ngulur waktu.

Dita
Bekasi – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

117 komentar untuk “Sulitnya Pengembalian Dana (Refund) dari Lazada

  • 9 Juni 2017 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Wahh… sama nih gan baru ngalamin juga, sekitar tgl 5 Juni 2017 sy pesan barang setelah 3 hari berlalu tepatnya tgl 8 Juni 2017 krna estimasi pengiriman mereka 3-7 Hari jam kerja barang blm di kirim juga tp tiba-tiba ada konfirmasi SMS & Email kalo pesanan sy di tolak di karenakan double order ( padahal sy cuma 1x order tuh barang gan !)… Oke sy mengisi form refund dana & sy konfirmasi melalui akun twitter sy,
    yg mau sy tanyakan, akun lazada sy atas nama sy sedangkan utk dana pengembalian sy minta di refund ke rek istri sy (krna wkt trf pertama kali sy pakai rek istri sy) itu kira-kira di kembalikan cepat gak ya gan ?

  • 9 Juni 2017 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Pesan barang & langsung transfer uang per 6 juni 2017 dg no pesanan 3111224792,

    tapi ga ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak lazada, buka di web lazada statusnya (“pesanan pengembalian produk & Pengembalian dana, penggantian produk > status pengembalian produk”),
    sy coba tanya via chat dg cs lazada tapi ga nemu jawaban pasti, disuruh email bukti transfer dan sabar menunggu

    07 juni 2017 chat dg cs lazada tapi ga nemu jawaban pasti lagi, disuruh email bukti transfer dan menunggu lagi…

    08 juni 2017 sy chat dengan penjual produk kata si penjual tidak ada orderan dari pihak lazada,
    chat dg cs lazada tapi ga nemu jawaban pasti lagi, disuruh email bukti transfer dan menunggu lagi tetapi kali ini kata cs harus email bukti transfer printout buku tabungan karena sebelumnya sy melampirkan bukti transfer screen shoot mobile banking, addeeehhh..jadi malas mesti ngantre di bank…!!

    ya udah skr saya pasrahkan saja..kalo uang sy dibalikin, sy berterimaksih, kalo engga ya saya ikhlasin aja semoga uang itu bisa bermanfaat bagi pihak lazada dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi temen2

    terima kasih lazada, terima kasih cs lazada..!?!?!?!?

  • 12 Juni 2017 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Sangat menjengkelkan dan harus disuruh menunggu dan menanyakan pertanyaan yg sama,id transaksi,kode pembayaran,isi form refund, order apa saja??itu sudah saya lakukan saat pertama menghubungi cs lazada ,sudah 8 hari dan tadi habis chat sama cs lazada disuruh tunggu.
    Id transaksi saya 3446277992,,,bagi rekan2 mohon solusinya,selain jalur hukum terimakasih

    • 16 Juni 2017 - (19:30 WIB)
      Permalink

      sama mas,
      ini kronologis saya
      saya pesan barang Longchamp Tas Wanita Le Pliage Neo Small – Caramel
      namun setelah saya proses dan bayar menggunakan debit
      pihak lazada menelepon, dan mengatakan tas ini sudah habis
      dan menawarkan ke produk lain
      KESALAHAN TIDAK DI SAYA, TAPI LAZADA YANG MENGATAKAN BARANG AVAILABLE
      saya minta refund penuh

      Hari ini 16 Juni, Lazada mengirim, melalu JNE sebuah gantungan kunci ke alamat saya

      dan CS nya yang brengsek itu
      untuk masalah refund makan waktu 30-90 hari kerja
      dan untuk refund, apabila saya telah menerima barang
      mohon dikirim balik ke lazada
      INI BRENGSEK!!!
      GANTUNGAN KUNCI YANG TIDAK SEBERAPA NILAINYA, MINTA DIKIRIM KEMBALI
      tak sebanding dengan waktu dan uangnya

      Yang sudah saya lakukan isi form refund, contact CS via facebook, Telpon CS

      bakal balik ga ya itu duit?

  • 16 Juni 2017 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah pak,harus ditanyakan terus menerus via chat,email,call,jgn sampai bosen,walau dgn rasa jengkel,kesel,.sekecil apapun itu hak konsumen.
    Posting id transaksi di facebook lazada pak.,
    Alhamdulilah refund dgn id 3446277992 telah berproses dan uang telah kembali setelah menunggu sejak tggl 2 juni 2017 dgn rasa tidak nyaman.
    Untuk rekan2 jgn bosen2 selalu menanyakan via chat,call,email dan untuk belanja yg aman gunakan sistim cod,bayar ditempat.

  • 12 Juli 2017 - (15:08 WIB)
    Permalink

    saya juga gitu bilagnya 7-14 hari.skrang 30 sampai 90 hari gimana ini.saya merasa tertipu uangnya untuk kebutuhan lain? tolong dibantu

  • 23 Agustus 2017 - (12:29 WIB)
    Permalink

    saya sudah hampir 1 tahun dana saya belum jg di refound oleh pihak lazada komplain udah ratusan kali tapi tanggapannya itu2 jg…nasib2

    • 1 September 2017 - (13:58 WIB)
      Permalink

      Saya juga pesan hp nokia di lazada, sudah 6 hari email masuk dengan kalimat pesanan anda di batalkan, sedangkan kita sudah bayar. Saya sudah isi form pengembalian dana,,,, tapi menurut saya proses cara pengembalian dana nya agak ribet tidak praktis,,,, saya berkali kali belanja di buka lapak,,, pengembalian dananya sangat gampang,,, beda banget sama LAZADA,,,

  • 1 November 2017 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Ya Allah… Saya pengen sebut hewan berkaki 4.
    Saya order tanggal 25 okt
    Laporannya tanggal 27 okt dikirim
    Tiba2 tanggal 31 okt di cancel dengan alasan saya membatalkan pesanan atau alamat tidak ditemukan. Ketika saya isi formulir, g bs di submit.. Sumpah, g lagi2 belanja di lazada…

  • 30 November 2017 - (12:52 WIB)
    Permalink

    saya juga ngalamin.. berbelitnya proses refund .. di suruh nunggu terus.. lama
    padahal di BL 3 hari aja dana sudah bisa di cairkan

  • 4 Januari 2018 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Wah.. Telat baca… saya pun ngalamin hal yg sama.. order setrika dikirim panci. Minta balik dikirim setrika eh malah dibatalin sepihak.. Lazada main kembalikan dana yg sampe sekarang uangnya gak balik-balik. Dr tgl 26 Nop 2017 ampe skr 4 Jan 2018. Di kirimin receipt refund tertulis dr AliPay Singapore tapi mpe skr uang gak masuk2. CS Klo di tanya mbulet terus sama Tandaterima Refund… sedangkan di Citibank gak ada dana masuk. Mana commitment Lazada 7 – 14 hari kerja ?? Saya mau uang saya balik full jumlahnya…

  • 4 Januari 2018 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Aku kecewa banget sama lazada.baru pertama order udah di bikin repot
    Kalau memang sold out seharusnya di konfirmasi lebih awal kalau barang tidak tersedia.baru aja tf tiba2 dapet sms dari lazada kalau pesanan di batalkan.pkoknya udah kapooooookkk belanja di lazada

  • 7 Januari 2018 - (21:28 WIB)
    Permalink

    sama, saya pernah kejadian seperti itu, dana kembalian gk cair”.
    e-commerce abal”,
    nampak kali gk ada niat ngembaliin dana.

    • 10 April 2018 - (16:42 WIB)
      Permalink

      ya saya setuju sama anda, lazada boleh dikatakan e-commerce besar seperti shopee,tokopedia tapi pelayananya sangat buruk, dana hasil penjualanan saay sudah ditahan 1 bulan. Setiap saya tanyakan, jawabannya membuat saya geram dan yang paling klasik adlah “mohon maaf atas kendala yang dialami bapak/ibu primantha”.

  • 17 Februari 2018 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Mohin bantuannya yang sudah pernah dikembalikan dananya oleh lazada, harus bagaimana, jujur saya sudah kesel, dengan email2 lazada yang seolah2 mengulur2 waktu dan mempersulit. Mohon bantuannya, krna nominalnya untuk saya itu numayan besar

  • 21 Februari 2018 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Kenapa mereka tidak seperti Bukal*p*k, Tokopedi* atau Shop** yg merinci dengan sangat jelas dana kita di mereka berapa (saldonya kelihatan) dan bagaimana progress pengembalian dana kita (ketika proses refund maka saldo akan berkurang sesuai jumlah yg ditarik). Di ketiga ecommerce tersebut saya belum pernah menunggu pengembalian dana sampe bulanan seperti pengalaman rekan2 di atas dg lazada.

  • 23 Februari 2018 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Saya jg kena nhi baru sekali gunain lazada beli barang dikirim barang yg gk berfungsi, ahkirnya saya kembalikan ke lazada via J&T nah sesudah barang diterima oleh pihak lazada sya dapat email klo barang saya itu udh sampe gudang lazada di tgl 09-02-2018 dann syaa jg dpt informasi untuk pengembalian dana 3-7 hari kerja tp sampe skrg syaa blm dpt dana saya kembali.. Sdh via chat tp gk dpt blz2san ,..gimana ya cara nya biar dana syaa kembali ?

  • 1 Maret 2018 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Tolong buat kakak” yg sudah berhasil dana nya d kembalikan tolong caranya dong biar dana cepet balik ,

  • 1 Maret 2018 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Di complain terus setiap hari. Pantau. Via inbox lazada di Facebook aja. Setelah 1,5 bulan lebih de rasanya dana saya masuk. Pertama Lazada bilang yg transfer AliPay (punya Alibaba) yg saya cek itu dari Singapore… dan kenyataannya gak ada dana masuk dr AliPay, finally dana masuk dr Lazada Indonesia. N take care ama penjual yg niat jelek juga.

    Memang naikin darah banget tp gimana yach… mungkin yg disana nunggu kita capek komplain kali n gak nagih lagi hehe..

  • 10 Maret 2018 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Tanggal 08 Maret 2018 saya beli Xiaomi redmi 5 plus (4/64) seharga Rp. 2, 724, 200 dengan nomor pesanan #3176182496, dan sdh melakukan pembayaran via ATM di hari yg sama. Besoknya saya cek status masih sama tidak ada konfirmasi dan saya terima sms untuk melunasi pembayaran dalam waktu 2 jam lalu saya hubungi live chat lazada tapi tidak ada solusi dan akhirnya status pesananku tercancel !. Saya pun claim perihal pesanan cancel padahal sudah melunasi dan pengembalian dana karena pesanan di cancel sepihak oleh Lazada, sore nya saya di hubungi cs lazada atas pesanan tercancel dan pengembalian dana yang akan di proses 2 x 24 jam. Diminta juga halaman depan buku tabungan dan ktp untuk syarat pengembalian dana, ini sudah 1 x 24 jam senin baru tahu hasilnya !.

  • 27 Maret 2018 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Ceritanya panjang… tapi intinya saya kecewa dgn lazada karena tdk profesional dlm mengurus refund pelanggannya… Saya pesan powerbank tgl 26/02/18. Tapi sp batas waktu tgl 07/03/18 barang tdk saya terima. Tgl 13/03/18 lazada memutuskan utk refund dan dijanjikan refund akan diterima selambat2nya tgl 26/03/18. Tapi sp saat ini blm diterima.

  • 9 April 2018 - (22:57 WIB)
    Permalink

    agan/sista yg ada disini saya mau tanya kasus saya 11 12 sama mbak ini tapi saya seller di lazada dana hasil penjualanan saya ketahan 1 bulan , gmn saya bsa mengadukan hal ini ? apa surat pembaca bsa digunakan ? terima kasih

  • 10 April 2018 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Bukan hanya anda sebagai customer yang dirugikan, saya sebagai seller di lazada sangat dirugikan mulai dari program gratis ongkir untuk seller lazada yang tidak jelas sehingga ongkos kirim yang dikeluarkan harus diclaim selama 21 hari , seharusnya jika free ongkir buat seller seharusnya sudah ada perhitungan biaya yang harus dikeluarkan seller. Sampai dana hasil penjualanan saya ditahan 1 bulan, sudah ongkos kirim dikeluarkan, dana saya ikut ditahan.

  • 13 April 2018 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Wah, aku baru tau malah Lazada separah ini soal pelayanan. Kalau kasusku karena barang yang saya terima salah. Bukan barang yang saya pesen, ngga sesuai gambar. Sekarang udah 3 hari setelah minta dana kembali, tapi belum ada kelanjutan lagi.Buat pengembalian dana susah banget, tapi kalo soal bayar mesti on time. Gak prefesional banget.

  • 24 April 2018 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Info dong contak Lazada yg bisa di hubungi via call, pesanan saya Di batalkan Oleh pihak Lazada tapi sampai Saat ini pengembalian Dana saya Belum kembali juga, padahal udah nyampe batas waktu yg di tentukan,,

  • 25 April 2018 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Order tanggal 5 April 2018.
    Hingga hari ini 25 April 2018.

    Hati-hati BELANJA di #LAZADA (jika sampai order anda dibatalkan).

    Pesanan saya dicancel secara sepihak oleh Lazada dengan alasan gagal pengiriman. Saya mengalami sendiri proses ini sampai dengan proses pengembalian Dana yang tidak kunjung mendarat di rekening selama hampir 1 bulan.

    Begitu juga dengan rekan-rekan yang lain, ternyata banyak yang mengalami hal tersebut. #Hati-hati lebih baik pembayaran via COD, dana kita aman sampai benar2 kita menerima barang.

    Sampai saat ini saya masih disuruh menunggu..

    #BEWAREOFLAZADA

    dan link lainnya yang bisa Anda cari sendiri dengan search engine

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada?

Ada 117 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Pengembalian Dana (Refund) dari Lazada

oleh Derieta Kurniawati dibaca dalam: 2 menit
117