Kecewa dengan Layanan Komplain di Tokopedia, Jawaban CS Tidak Konsisten

Hari Selasa 19 September 2017, saya melakukan transaksi di Tokopedia dan memilih metode pembayaran dengan kartu kredit. Namun setelah saya memasukkan kode OTP, sinyal internet bermasalah sehingga saya mengalami gagal checkout. Kemudian saya memastikan kembali di riwayat transaksi saya memang belum ada pembayaran, sehingga saya melakukan order ulang dan memilih metode pembayaran yang sama.

Transaksi kedua yang saya lakukan berhasil, namun selang beberapa menit ada notifikasi dari Tokopedia bahwa transaksi saya ditolak seller terkait kendala kurir khusus dan pembayaran akan dikembalikan ke limit kredit. Jadi pada tanggal 19 September hanya ada satu transaksi yang ter-record di akun Tokopedia saya yaitu transaksi yang ditolak seller.

Setelah Billing Statement dari BNI keluar, saya mengecek bahwa ada tagihan dari Tokopedia pada tanggal 19 September 2017. Saya langsung menghubungi call center BNI terkait tagihan tersebut, saya juga menjelaskan bahwa pada tanggal tersebut ada transaksi saya yang ditolak seller dan Tokopedia menginformasikan bahwa pembayaran sudah dikembalikan ke limit kredit.

CS BNI menjelaskan bahwa pada tanggal tersebut tercatat ada 2 transaksi yang saya lakukan di Tokopedia, dan Tokopedia hanya melakukan satu pembatalan. CS BNI juga menjelaskan bahwa kemungkinan saya mengalami masalah pada saat transaksi dan disarankan untuk menghubungi Tokopedia.

Saya lalu mengirimkan keluhan di layanan pengguna Tokopedia. CS pertama yang menanggapi keluhan saya membenarkan bahwa pada tanggal tersebut ada transaksi saya yang mengalami kendala gagal checkout, kemudian saya diminta mengisi informasi mengenai nominal terpotong, tanggal transaksi dan bank yang digunakan. Setelah saya balas tanggapan tersebut saya mendapat balasan dari CS yang berbeda lagi, yang menjelaskan bahwa mereka masih kesulitan dalam pengecekan dan meminta saya memberikan nomor invoice agar mudah ditelusuri. Dari sini saya mulai kecewa dengan pelayanan CS Tokopedia. Padahal dari awal penyampaian keluhan saya menjelaskan secara rinci bahwa transaksi saya yang gagal checkout tidak ter-record dalam riwayat transaksi di akun Tokopedia saya, sehingga tidak ada nomor invoice-nya namun tetap tertagih di kartu kredit saya.

CS Tokopedia yang menanggapi keluhan saya selalu berbeda orang. CS selanjutnya menjelaskan bahwa keluhan masih diproses dan saya diharuskan menunggu. Namun CS terakhir yang menanggapi, menjelaskan bahwa pada tanggal tersebut tidak ada transaksi saya yang mengalami gagal checkout, dan hanya ada transaksi berhasil yang ditolak seller namun sudah dikembalikan ke limit kredit.

Padahal CS pertama sudah membenarkan bahwa memang ada transaski saya yang gagal checkout pada tanggal 19 September 2017. Tapi jawaban CS terakhir malah menyanggah pernyataan saya.

Penjelasan yang saya perlukan mengenai transaksi saya yang gagal dan tetap tertagih seakan hanya diputar-putar saja oleh Tokopedia. Sayang sekali Tokopedia juga tidak memiliki call center yang dapat dihubungi.

Lucya Patricia Danawijaya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:17    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan Komplain di Tokopedia, Jawaban CS Tidak Konsisten

  • 4 November 2017 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama dan CS selalu berubah – rubah dan mereka SANGAT TIDAK MENGERTI POKOK MASALAH tapi tetap ngotot dengan reply copy paste. Saya sangat kecewa dan susah sekali tanpa ada no kontak CS yang bisa diajak bicara langsung. Kemungkinan harus langsung ke Kantor Tokopedia.

  • 25 Oktober 2018 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama dengan layanan yang buruk dari tokopedia. CS tidak dapat menyelesaikan masalah hanya mengulur-ngulur waktu saja. Cuma bisa bilang segera ditindak lanjuti tapi sampai sekarang tidak ada problem solving.

  • 19 Desember 2018 - (09:46 WIB)
    Permalink

    KAPOK Belanja di Tokopedia. NEVER AGAIN.

    Saya biasanya pake salah satu online, tapi pingin coba Tokopedia.

    Pelapaknya tanggap, tapi Info kurirnya boongan, saya pesen Urinary Care C/D untuk makanan kucing, yang langsung di proses kirim oleh Pelapak Petshop Cilangkap (makasih ya, anda pelayanan nya super!) dan sengaja bayar biaya kurir yang paling mahal karena tertulis, sampai ke Bali 1 hari. Barang baru saya terima 3 hari.

    Komplain ke CS, useless! tidak ada solusi, cara jawabnya copy paste aja.

    – uninstall
    – LUPAKAN bahwa ada tempat belanja yang namanya Tokopedia

    Kalo pelayanan macam begini, pake boongin customer, gak lama nih umurnya Tokopedia

    Bagi yang mau coba coba pakai Tokopedia, jangan deh, anda akan kecewa.

    Selamat Tinggal Tokopedia.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan Komplain di Tokopedia, Jawaban CS Tidak Konsiste…

oleh Lucya danawijaya dibaca dalam: 2 menit
4