JD.ID Tidak Serius Menanggapi Keluhan Pelanggan

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com, saya ingin menyampaikan keluhan kepada JD.ID.

Pada tanggal 09-11-2017 saya membeli produk LG AC Dual Cool Inverter 1/2 PK T06EMV (indoor + outdoor only) dengan nomor pesanan 222912896.

Keesokan harinya tanggal 10-11-2017 saya melakukan pembayaran, dan status pemesanan sudah diterima oleh gudang dan siap untuk dikirim. Pada hari itu juga pesanan sudah berubah status berada di Tangerang Kota dan dicantumkan nama kurir beserta nomor hp. Jadwal pengiriman ke Tangerang 1-4 hari.

Saya tunggu sampai tanggal 17-11-2017 barang belum dikirim padahal sudah 7 hari terhitung barang sudah ada di kurir. Saya komplain ke jd.id, dan mendapat jawaban untuk menunggu 1-4 hari. Padahal sudah lewat estimasi. Saya mencoba menghubungi kurir yang ditunjuk untuk menanyakan paket saya, namun saya tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Yang membuat saya kaget, hari itu juga status pemesanan saya menjadi “Pesanan tersangkut dengan alasan: ‘BAD ADDRESS'”. Padahal kenyataannya kurir tidak pernah mengantar ke alamat saya. Bagaimana bisa pakai alasan itu? Itu kan sama saja dengan pembohongan kepada konsumen. Saya coba kontak ke cs jd.id namun sangat sulit dihubungi.

Tidak hanya sampai di situ, tanggal 18-11-2017 saya menghubungi kurir dan mendapat informasi paket ada di gudang dan akan dikirim hari itu juga, saya sedikit agak lega. Akan tetapi setelah dicek pada siang harinya yang ada di gudang hanya unit indoor saja, sementara unit outdoor tidak ada. Saya komplain ke cs J-express (karena ekspedisi menggunakan JX) dan diberitahu bahwa unit outdoor masih di gudang Marunda dan akan segera dikirim secepatnya. Sementara saya setiap hari komplain ke cs jd.id selalu dan hanya mendapat jawaban “mohon maaf untuk kendalanya. Akan kami informasikan ke tim terkait untuk melakukan pengirimannya kembali ya”. Saya yakin jd.id tidak serius menanggapi keluhan saya.

Tanggal 20-11-2017 saya email ke cs J-express, dan hanya mendapat info barang yang mereka terima belum komplit dan apabila sudah komplit akan segera dikirim. Sampai sampai kapan saya harus menunggu barang komplit tanpa kejelasan? Sebenarnya paket saya ada atau tidak?

Hari Jumat tanggal 24-11-2017 saya hubungi lagi pihak jd.id dengan cs Nurul dan J-express dengan cs Auliya. Tidak ada jawaban memuaskan dan hanya memberi waktu maksimal 2 x 24 jam untuk info lebih lanjut.

Namun hingga surat pembaca ini saya sampaikan tepat tanggal 27-11-2017 saya tidak mendapat info apapun dari jd.id maupun J-express. Hal ini membuktikan bahwa keluhan dan komplain saya selama ini tidak pernah ditindaklanjuti. Status paket terakhir belum berubah dan saya belum menerima barang yang saya pesan.

Tolong kasus saya ini segera ditindaklanjuti, hargai konsumen, jangan selalu anggap sepele.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com untuk bisa memuat keluhan saya ini.

Farid Ismail
Kota Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja di JD.ID:
[Total:31    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Farid

Sehubungan dengan surat keluhan Bapak Farid pada 27 November 2017 yang ditujukan pada JD.ID di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “JD.ID Tidak Serius Menanggapi Keluhan Pelanggan

  • 16 Februari 2018 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Entah kenapa e-commerce sebesar JD.id bisa seperti itu.
    dan apakah ada kompensasi atas keterlambatan dengan berbagai alasan nya?

  • 6 Maret 2018 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Nomor Pesanan:225844421 punya saya juga tidak jelas refund kapan, tidak ada kejelasan dari pihak jd.id.
    estimasi katanya 3-5 hari, tapi sudah 5 hari tidak ada kejelasan sama sekali.
    CS juga tidak memberi jawaban yang jelas, hanya muter-muter jawaban nya.
    kalau tidak dihubungi tidak menghubungi.
    tapi dihubungi sehari 3x lebih tapi tidak ada penyelesaian sampai sekarang.
    kecewa sekali dengan pelayanan jd.id.
    dear admin jd.id, jangan buat saya kapok belanja di jd.id, karena pelayanan yang sangat buruk sekali.

    • 2 Juli 2018 - (22:17 WIB)
      Permalink

      saya merasa tidak puas dengan layanan jd.id saya pesan barang sudah 1 bulan lebih tidak sampai” sudah saya komplen berkali” jawaban nya tunggu 1-7 hari terus menerus sampai 1 bulan lebih barang tidak sampai” juga, saya merasa pesanan saya ini sudah di permainkan oleh pihak jd.id.. no pesanan saya; 230641582 sampai saat ini pesanan saya belum juga sampai dan uangpun tidak kembali terimakasih buat jd.id yg sudah mempermainkan costemr, pelayanan jd.id sangat buruk sekali

  • 2 Juli 2018 - (22:11 WIB)
    Permalink

    saya merasa tidak puas dengan layanan jd.id saya pesan barang sudah 1 bulan lebih tidak sampai” sudah saya komplen berkali” jawaban nya tunggu 1-7 hari terus menerus sampai 1 bulan lebih barang tidak sampai” juga, saya merasa pesanan saya ini sudah di permainkan oleh pihak jd.id.. no pesanan saya; 230641582 sampai saat ini pesanan saya belum juga sampai dan uangpun tidak kembali terimakasih buat jd.id yg sudah mempermainkan costemr.

  • 29 Agustus 2018 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca komentar2 dari pelanggan JD.id ternyata bener sy juga mengalami hal serupa barang pesanan yg datang tidak ada kesesuaian sama sekali,sy tanya ke pusat bantuan melalui chat pertanyaanya berulang2 dijanjikan refund sampai hari ini tinggal janji.no pesanan sy 232930296,pokoknya JD.id gak rekomendasi untuk belanja?

  • 20 November 2018 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Jd.id sistem refund tidak jelas yang katanya seminggu (harusnya kasih wallet kenapa, kayak tokped atau bukalapak). J-EXPRESS pengiriman resmi jd.id sangat tidak kompeten( pengiriman jakarta-bandung hampir 2 minggu belum sampe). Customer service yg gatau apa2 dan kayaknya cuman dibikin buat berdalih doang, terus protes kesiapa? Lengkap udah. Combo terbaik. Ga lagi belanja di jd.id.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja di JD.ID?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

JD.ID Tidak Serius Menanggapi Keluhan Pelanggan

oleh Farid Ismail dibaca dalam: 2 menit
7