Tidak Bisa Bayar Hutang Pinjaman Online

Assalamualaikum,

Saya mempunyai hutang di beberapa pinjaman online dan sampai saat ini saya belum bisa melunasi semua. Dengan bunga yang terus berjalan hutang saya semakin banyak, mungkin kalau ditotal ada Rp6 juta-an.

Setiap hari saya dapat SMS dan telepon dari pihak pinjaman online. Dan mungkin saya tidak mampu untuk melunasi. Apakah ada yang pernah sampai didatangi ke rumah? Atau dikejar-kejar debt collector?

Andi
08135766***
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.6]

2.014 komentar untuk “Tidak Bisa Bayar Hutang Pinjaman Online

  • 6 November 2018 - (19:37 WIB)
    Sudah putus asa binggung mau gmn lagi crita dan jujur SM suami pun malah djwb ga usah di bayar atau dicicil aja tiap blm,tp kan bunga na berjalan terus itu yg saya pikirkan sedangkan saya ada 12 aplikasi kisaran 18 jt klau dtotal semua na….saya binggung harus gmn tolong solusi na dong….sampe ga enak makan ga enak kerja ga enak ngapa2in….stress SM pinjaman itu kapok ga mau LG berurusan SM tuh pijol…tolong solusi na dong
    • 6 November 2018 - (20:52 WIB)
      Lapor sama ojk dan YLKI dan bantuan hukum lainnya LBH jakarta karena pinjaman online yang tidak terdaftar di ojk menyalahi aturan undang2 yang ada di ojk karena mereka mengatasnamakan OJK. Saya juga mengalami hal yang sama seperti sampean juga.
        • 6 November 2018 - (22:15 WIB)
          Saya sudah laporkan via email mbak cantumkan bukti transfer kalau sudah bayar, chat Wa / sms dan no VA nya.kirim barengan emailnya @ylki@humas_ojk@csrupiahplus@lbh-j
    • 7 November 2018 - (08:52 WIB)
      Sama mb, sy punya pinjol jg tanpa sepengetahuan suami sy sangat takut ikuta dong gabung di group
      • 12 November 2018 - (15:17 WIB)
        trus gmn mba itu udh jatuh tempo atau gmn? saya juga sama terjebak pinjol ampe 14 aplikasi
    • 7 November 2018 - (09:48 WIB)
      Tetap tenang mbak Novia,

      Saya juga pernah mengalami hal yang sama, keluarga saya pun diteror..

      Namun maaf, jika mbak Novia beragama Islam, maka saya sekedar berbagi solusi, bacalah surah Al Baqarah ayat 245 tentang Utang – piutang

      Yang namanya Hutang memang wajib dibayar, nah disini sy mohon ijin untuk mengulas sedikit ada beberapa hadist yg mungkin bisa menenangkan mbak Novia dan rekan rekan korban pinjol lainnya:

      Hukum orang yang meminjam namun tidak mau membayar

      Haram bagi seseorang mengambil harta orang lain (berhutang) namun ia tidak memiliki niyat, motivasi dan usaha untuk mengembalikannya. Orang yang berbuat demikian akan Allah berikan kerugian (Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah, 3: 496).

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ النَّاسِ يُرِيدُ أَدَاءَهَا أَدَّى اللَّهُ عَنْهُ وَمَنْ أَخَذَ يُرِيدُ إِتْلَافَهَا أَتْلَفَهُ اللَّهُ
      dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang mengambil harta manusia (berhutang) disertai maksud akan membayarnya maka Allah akan membayarkannya untuknya, sebaliknya siapa yang mengambilnya dengan maksud merusaknya (merugikannya) maka Allah akan merusak orang itu”.(HR. Bukhari)

      Intinya selama ada itikad baik untuk membayar utang, setidaknya melunasi utang pokok nya saja dengan cara langsung, maka selanjutnya serahkan kepada Allah…
      Mintalah perpanjang tempo pembayaran kepada pemberi pinjaman,
      Perbanyaklah berinfak dan sedekah

      Bukankah Allah Maha Kaya??

      Tetaplah bekerja, perusahaan tempat anda bekerja tidak akan mungkin mem-PHK anda hanya karena anda memiliki hutang di bank ataupun pinjol, sisihkan sebagian gaji/upah anda dan niatkan utk melunasi hutang-hutang anda (kumpulkan di atas sajadah dan pasrahkan kepada Allah di waktu Subuh)

      Mohon kepada Allah agar utang anda di lunaskan oleh Allah, semoga Allah memberikan jalan terbaik dengan cara-Nya…

      Ya Allah, tolonglah hamba-hamba Mu yang sedang terlilit hutang online di grup ini Yaa Robb, Sesungguhnya Engkau Maha Pengasih, Maha Bijaksana, Maha Pemberi Rejeki
      Maka mudahkanlah kami menyelesaikan permasalahan kami, berikanlah kami rejeki yang berkah dan melimpah..

      Yaa Aziz, Yaa Hakiim, Yaa Rohiim, Yaa Fattah, Yaa Wahab, Yaa Rozaq, Yaa Robbal Alamiin..

      Smoga tulisan saya bisa membantu..

      Terimakasih
      Wassalamu’alaikum
      WA: 081231530343

    • 7 November 2018 - (09:58 WIB)
      koneksi-indonesia.org

      TAFSIR2
      Utang Piutang dalam Al-Quran
      BY ATEP HENDANG WALUYA · MARCH 25, 2014

      A.Hendang, S.Th.I, M.E.I

      https://www.facebook.com/elhafidzelnuhah

      مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً
      siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. (QS. al-Baqarah: 245)

      Lafad Utang Piutang Dalam Al-Quran

      Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Indonesia disebutkan bahwa utang (n) adalah uang yang dipinjam dari orang lain; kewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima; sedangkan piutang (n) uang yang dipinjamkan (yang dapat ditagih dari orang);.

      Dalam al-Quran kata yang digunakan untuk menunjukkan hutang pihutang ditunjukkan dengan kata qardh dan Dain. Kata Qardh terdapat pada QS. al-Baqarah: 245, al-Maidah: 12, al-Hadid: 11&18, al-Taghabun: 17 dan al-Mujammil: 20. Isi dari ayat-ayat tersebut adalah siapa yang memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak

      Adapun kata dain, kata tersebut terdapat dalam QS. al-Baqarah: 282 dan al-Nisa: 11&12.

      Tafsir QS. al-Baqarah: 245

      Dalam menafsirkan QS. al-Baqarah: 245, Ibn Katsir (1/664) mengatakan bahwa dalam ayat tersebut Allah swt. memotivasi hamba-hamba-Nya untuk berinfak di jalan-Nya.

      Ibn al-‘Arabi dalam tafsirnya yang terkenal dibidang hukum yaitu, Ahkam Al-Quran (1:307) mengatakan orang-orang ketika mendengar ayat QS. Al-Baqarah: 245 terbagi menjadi tiga kelompok

      Kelompok pertama, yang menolak/menghina. Mereka mengatakan bahwa Tuhan Muhammad fakir Ia membutuhkan kita. Allah swt. membalas mereka dengan firman-Nya yang termaktub dalam QS. Ali Imran:181

      لَقَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ فَقِيرٌ وَنَحْنُ أَغْنِيَاءُ سَنَكْتُبُ مَا قَالُوا وَقَتْلَهُمُ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَنَقُولُ ذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ
      Sesungguhnya Allah telah mendengar perkatan orang-orang yang mengatakan: “Sesunguhnya Allah miskin dan Kami kaya”. Kami akan mencatat Perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan Kami akan mengatakan (kepada mereka): “Rasakanlah olehmu azab yang membakar”.

      Kelompok kedua, mendahulukan kebakhilan, tidak mau berinfak di jalan Allah, tidak mau menolong orang lain.

      Kelompok ketiga, ketika mendengar ayat ini langsung cepat bertindak memenuhi perintah-Nya, yang pertama dari mereka adalah Abu ad-Dahda yang langsung menginfakkan tanahnya.

      Imam Al-Qurtubi (al-Jami’ li Ahkam al-Qura, 3:240) dalam menafsirkan ayat tersebut beliau mengatakan panggilan qardh (pinjaman) dalam ayat ini adalah untuk pendekatan kepada orang-orang dengan apa yang mereka pahami. Allah swt. maha kaya lagi terpuji. Ia menyamakan pemberian orang mumin di dunia dengan apa yang ia harapkan balasannya di akherat, sebagaimana ia menyamakan memberikan jiwa dan harta untuk mengambil surga dengan jual beli. (lihat QS. at-Taubah: 111)

      Tafsir QS. al-Baqarah: 282

      يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذا تَدايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ
      Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya.

      Wahbah az-Zuhaili mengatakan kata فَاكْتُبُوهُ (hendaklah kamu menuliskannya ) adalah adanya dokumentasi dan saksi karena dokumentasi tanpa saksi tidak bisa dijadikan hujjah. Jumhur mengatakan bahwa perintah dokumentasi dan saksi adalah anjuran. Allah mensyariatkan dokumentasi dan saksi untuk menjaga harta.Tidak diriwayatkan dari sahabat, tabiin dan fukaha bahwa mereka tegas/keras dalam dokumentasi dan saksi bahkan hutang pihutang dan jual beli di antara mereka tanpa dokumentasi dan saksi. Ini menunjukkan bahwa perintah itu adalah anjuran (al-Munir, 3:118)

      Selain itu diperkuat dengan firman Allah swt. dalam QS. al-Baqarah: 283 yaitu, jika debitur percaya kepada kreditur karena kedekatan atau teman karib maka diperbolehkan tidak memakai saksi dan dokumentasi ataupun rahn dalam utang piutang.

      فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُمْ بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذِي اؤْتُمِنَ أَمَانَتَهُ
      akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, Maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya)

      Adapun hikmah adanya syariat dokumentasi dan hutang selain untuk menjaga harta sebagaimana disebutkan dalam kelanjutan ayat di atas adalah:

      lebih adil di sisi Allah
      lebih menguatkan persaksian dan
      lebih dekat / tidak menimbulkan keraguan dan fitnah serta perpecahan dan perselisihan
      Hikmah dan Keutamaan Qardh

      مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً
      siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. (QS. al-Baqarah: 245)

      عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ مَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ بِهَا كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
      dari Salim dari Bapaknya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang muslim dengan muslim yang lain adalah bersaudara. Ia tidak boleh berbuat zhalim dan aniaya kepada saudaranya yang muslim. Barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa membebaskan seorang muslim dari suatu kesulitan, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)

      Hukum Qardh (Utang Piutang)

      Menurut Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah memberikan utang itu dianjurkan bagi debitur sedangkan bagi kreditur diperbolehkan. Namun jika dalam utang piutang tersebut ada unsur pemanfaatan maka itu haram dan termasuk riba. Seperti misalnya seseorang debitur meminjankan uang dengan syarat bahwa ia boleh untuk menghuni rumahnya kreditur atau berhutang 1000 riyal dibayar 1200 riyal. (Mausu’ah al-Fiqh al-Islami, 3:495) atau jika A memiliki hutang pada B sebesar 5 juta. Lalu A memiliki motor seharga 7 juta kemudian B berkata pada A saya beli motor kamu seharga 5 juta, jadi hutang mu lunas. Maka ini termasuk pemanfaatan hutang dan termasuk riba. Begitu juga pinjam meminjam dengan memakai bunga itu juga termasuk riba.

      Dalam Islam utang pihutang adalah akad tabarru’/non profit bukan untuk mencari keuntungan maupun investasi oleh karena itu tidak boleh padanya ada unsur pemanfatan. Jika ada pemanfaatan maka itu termasuk riba.

      Dalam kaidah fikih dikatakan

      كُلُّ قَرْضٍ جَرَّ مَنْفَعَةً فَهُوَ رِبًا
      Setiap pinjaman yang menghasilkan manfaat adalah riba

      Hukum orang yang meminjam namun tidak mau membayar

      Haram bagi seseorang mengambil harta orang lain (berhutang) namun ia tidak memiliki niyat, motivasi dan usaha untuk mengembalikannya. Orang yang berbuat demikian akan Allah berikan kerugian (Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah, 3: 496).

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ النَّاسِ يُرِيدُ أَدَاءَهَا أَدَّى اللَّهُ عَنْهُ وَمَنْ أَخَذَ يُرِيدُ إِتْلَافَهَا أَتْلَفَهُ اللَّهُ
      dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang mengambil harta manusia (berhutang) disertai maksud akan membayarnya maka Allah akan membayarkannya untuknya, sebaliknya siapa yang mengambilnya dengan maksud merusaknya (merugikannya) maka Allah akan merusak orang itu”.(HR. Bukhari)

      Orang Mampu Membayar Hutang Menunda-Nunda Pembayaran Hutang

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ
      Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menunda membayar hutang bagi orang kaya/mampu untuk membayar adalah kezhaliman

      Keutamaan berbuat baik ketika membayar hutang

      Berbuat baik ketika membayar hutang adalah dianjurkan dan termasuk akhlak yang mulia.

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ لِرَجُلٍ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِنٌّ مِنْ الْإِبِلِ فَجَاءَهُ يَتَقَاضَاهُ فَقَالَ أَعْطُوهُ فَطَلَبُوا سِنَّهُ فَلَمْ يَجِدُوا لَهُ إِلَّا سِنًّا فَوْقَهَا فَقَالَ أَعْطُوهُ فَقَالَ أَوْفَيْتَنِي أَوْفَى اللَّهُ بِكَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَا
      dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata; Ada seorang laki-laki yang dijanjikan diberi seekor anak unta oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka dia datang kepada Beliau untuk menagihnya. Maka Beliau bersabda: “Berikanlah”. Maka para sahabat mencarikan anak unta namun tidak mendapatkannya kecuali satu ekor anak unta yang umurnya lebih diatas yang semestinya. Maka Beliau bersabda: “Berikanlah kepadanya”. Orang tersebut berkata: “Engkau telah menepati janji kepadaku semoga Allah membalasnya buat Tuan”. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya yang terbaik diantara kalian adalah siapa yang paling baik menunaikan janji”(HR. Bukhari dan Muslim)

      Namun jika hal tersebut disebutkan dan disyaratkan pada waktu akad maka itu termasuk riba. seperti seseorang memberikan pinjaman kepada orang lain lalu ia mensyarakatkan harus memberikannya dengan jumlah yang lebih banyak atau lebih besar maka ini termasuk riba dan haram. (Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah, 3: 499).

      Keutamaan memberikan kemudahan dan tangguhan waktu bagi yang kesusahan serta meghapuskannya

      وَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ وَأَنْ تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
      dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, Maka berilah tangguh sampai Dia berkelapangan. dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (QS. al-Baqarah: 280)

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَانَ رَجُلٌ يُدَايِنُ النَّاسَ فَكَانَ يَقُولُ لِفَتَاهُ إِذَا أَتَيْتَ مُعْسِرًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ لَعَلَّ اللَّهَ يَتَجَاوَزُ عَنَّا فَلَقِيَ اللَّهَ فَتَجَاوَزَ عَنْهُ
      dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ada seorang laki-laki yang suka menghutangi orang-orang, lalu dia berkata kepada pelayannya, ‘Jika seorang yang kesusahan datang kepadamu, maka berilah kemudahan kepadanya, semoga Allah memberi kemudahan kepada kita.’ Kemudian dia bertemu dengan Allah (meninggal), maka Allah pun memberi kemudahan kepadanya.”(HR. Muslim)

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَنْظَرَ مُعْسِرًا أَوْ وَضَعَ لَهُ أَظَلَّهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تَحْتَ ظِلِّ عَرْشِهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ
      Dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa memberi tempo kepada orang yang kesulitan membayar hutang atau menggugurkan (membebaskan) nya, niscaya Allah akan memberi naungan kepadanya pada hari di bawah naungan ‘ArsyNya, pada hari tidak ada naungan kecuali naunganNya.”(HR. Al-Tirmidzi)

      Al-Muhayimmi mengatakan jika debitur mengambil haknya dengan kesusahan, kesempitan dan kesulitan kepada kreditur maka Allah swt. juga akan mengambil hak-haknya kepadanya dengan kesusahan, kesempitan dan kesulitan namun apabila ia memaafkan, membebaskan, lemah lembut, dengan kemurahan hati maka Allah swt. juga akan memaafkan, membebaskan, lemah lembut, bermurah hati kepadanya. Yang berhutang jika tidak menunaikan hak debitur padahal ia sanggup membayarnya maka Allah akan mengambil darinya haknya adapun orang yang tidak sanggup membayar hutang maka mudah-mudahan Allah mengampuninya dan merelakan diskonnya dengan ganti darinya. (Mahasin al-tawil, 2:232)

      Hukum orang yang meninggal namun memiliki hutang

      Menurut Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah (3:501) wajib bagi seorang muslim menunaikan/membayar hutangnya ketika sudah jatuh tempo. Orang yang menunda-nunda hak orang lain kemudian mati maka diambil/dibayar dari kebaikannya

      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْمُفْلِسُ قَالُوا الْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لَا دِرْهَمَ لَهُ وَلَا مَتَاعَ فَقَالَ إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلَاةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ
      Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bertanya kepada para sahabat: “Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?” Para sahabat menjawab; ‘Menurut kami, orang yang bangkrut diantara kami adalah orang yang tidak memiliki uang dan harta kekayaan.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain. Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka hingga pahalanya habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi. Selanjutnya, sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka.’(HR. Muslim)

      Doa agar terbebas dari hutang

      عنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْعُو بِهَؤُلَاءِ الْكَلِمَاتِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْعَدُوِّ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ
      Dari Abdullah bin ‘Amru bin Al Ash berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa berdoa dengan kalimat-kalimat tersebut: “ALLAHUMMA INNI A’UUDZU BIKA MIN GHALABATID DAIN WA GHALABATIL ‘ADUI WA SYAAMATIL A’DA (Aku berlindung kepada Allah dari lilitan hutang, penindasan musuh dan kebahagiaan musuh).” (Hr. Nasai)

    • 8 November 2018 - (19:01 WIB)
      Masukin no wa saya dong saya pusing dtlp mlulu binggung mau jawab na apaan…..tolong masukin grup 087898881760
    • 11 November 2018 - (14:16 WIB)
      Sy pinjam di pinjam yu sudah telat byr 1 mnggu mereka menagih secara sopan namun mereka meminta kepastian kpn d byr..dlm 1 hari dc bisa 5x tlf
      • 13 November 2018 - (11:57 WIB)
        Saya jg sama pinjam k pinjam yuk,mbak. Dendanya gila2an 2%. Saya jatuh tempo tgl 29 sept kemarin ngambil yg 1.5jt, skrng sama denda udh hampir 2jt.an. padahal yg saya terima cuman 1.080.000. klo ga kpepet bgt sbnrnya males. Brarti dlm jangka peminjaman + kterlmbatan yg hampir 1 bulan secara total, bunganya hampir 100% dr uang yg dterima. Apa itu wajar? Tolong d bantu ya. Klo ada grup wa tolong masukin saya. 087825668542
    • 7 November 2018 - (15:48 WIB)
      sama mas saya juga ini aja sudah ada yang sms ke kontak pribadi saya dan juga berani tlfn k kantor tmpt kerja say jadi gk bsa tenang setiap aktivitas sllu kpiran mohon bantuannya
  • 6 November 2018 - (23:40 WIB)
    Tolong masukan saya dalam group wa juga dong saya mengalami hal yg sama dan sampai hari ini saya stres dan ga bisa berfikir jernih karna di teror terus
    0895343409027
    • 11 November 2018 - (23:12 WIB)
      Nasib saya juga sama seperti anda semua. Awal nya saya tidak tahu pinjaman saya di acc atau tidak.karna awal nya saya coba coba dan menunggu verifikasi. Trus karna ada halangan jadi dengan terpaksa hp sya saya jual. Dan d selah wakty itu. Saya tidak pernh pegang hp android. Tapi kurang lebih sekitar 14 kalo ada penagihan pinjol. Sementara saya juga gak pernh lihat lihat atm.karna sy keluar tempat rame kalo ada perlu saya. Samakin hari bunga nya semakin besar. Mohon di bantu untuk masuk groub wa nya. Agar bisa saling sharing. 082282707179
  • 7 November 2018 - (04:51 WIB)
    Sy juga mengalami hal yg sama sy sudah bingung mau cari pinjmn dimn lgi,sedang tekanan & Ancaman stiap hri dtg agar sy cepat membyr,pingin rasanya bunuh diri sj agar tdk tertekan lgi.
    Tolong kl ada yg tulus ikhlas buat bantu sy untuk meminjamkn uang 25jt dengan cara di angsur per bln sy mau.
    Tlg masukkan sy ke grup jugA ya kk
    Ini no sy 081232457013.makaasi
  • 7 November 2018 - (09:19 WIB)
    Seharian dr ini saya dtlp ada x 20x padahal saya sudah bilang saya blm ada duit na nanti klau sudah ada saya akan bayar….sampe suami saya dtlp jg,suami saya tau sih soal pinjol karena saya jujur,dia yg blg ga usah diangkat klau ada yg TLP nomor ga jelas trus ga usah dibayar emang ga ada duit mau di apaan,klau mereka mau dicicil ga pa2,to klau ga ya ga usah dibayar….ga usah takut ada DC serahin SM Allah biar Allah yg nunjukin jln….di suruh tobat sama suami jgn pinjem2 LG SM pinjol….klau kita sudah pasrah serahin semua sama Allah biar Allah yg pikirkan asalkan kita tidak akan mengulangi lagi….
  • 7 November 2018 - (10:58 WIB)
    Saya juga punya pinjaman online,beberapa..ingin sekali terlepas ingin taubat karna saya pink tanpa pengetahuan suami
    Saya takut,bagaimana caranya barang kali ada yang punya solusi mohon bantu saya
    Saya sangat mohon
    Saya takut diancam apalagi sampai ditelpon semua orang dikontak saya juga takut Dateng ke rumah
    Barangkali ada yang ikhlas mau membantu..
    Kalo ada grup yang bisa kasih jalan keluar saya mau dimasukan ke grup
    Ini WA saya,087871854463
  • 7 November 2018 - (11:07 WIB)
    Sy pinjam di 4 aplikasi udh udh jatuh tempo
    ..bekerja udh berhenti, bingubg gmana mau membayarnya, apakah ada yg punya solusi? 081528767625 tolong masukan group, ingin share dgn teman yg lain. thanks
  • 7 November 2018 - (20:29 WIB)
    Bagi yang ada grup Wa tolong masukin saya . Saya ada 4 aplikasi pinjaman yng sudah saya hapus aplikasi nya dri hp . 089659898147
  • 7 November 2018 - (22:28 WIB)
    Saya juga sma mengalami hal yg sma dengan pinjaman online bisa smp 10 kli dtlp yg terakhir di wa dia mengancam mw datang krmh.
    Klo ada grup wa tlong masukin nmer wa saya ya 081212906194
  • 8 November 2018 - (13:50 WIB)
    Saya jga sama mempunyai masalah itu, gimana yaa solusinya terakhir kolektornya mengancam via WA, kalau ada grup WA saya mau bergabung untuk cari solusinya 085219602898
  • 8 November 2018 - (16:11 WIB)
    Saya juga punya hutang online 4 aplikasi tadinya saya bisa memutarkan uang tapi karena Bunga semakin banyak jadi saya tidak bisa bayar beritahu saya solusinya gimana masukin saya ke WA grup nomornya 0857 7263 7448 terima kasih
  • 8 November 2018 - (18:54 WIB)
    Saya juga punya pinjol tapi giliran udah mau dekat jatuh tempo hp sy hilang trus sya lupa pasport ny gmn cara nyelesakan ny
    • 8 November 2018 - (18:58 WIB)
      Tolong dong gabungin sya ke grup ni no WA sy 085882718892
  • 9 November 2018 - (02:31 WIB)
    Tolong masukkan saya ke dalam group wa donk . . Rasanya udah mau mati aja ni . Gali lobang tutup lobang. Ujung²nya 7 aplikasi berlobang semua
    Sekarang tinggal teror nya aja yang di terima
    085959722340
  • 9 November 2018 - (03:28 WIB)
    Saya juga seperti kalian bunga pun berjalan sedangkan saya belum bisa untuk membayarnya tolong masukin aku kegrup ya untuk bergabung wa.083877708804
  • 9 November 2018 - (11:13 WIB)
    SAya pagi ini malah di telepon di kantor sama orang ngaku dari Kantor Pengacara PJB Sudirman kalo gak salah. Eh gak taunya malah nagih Pinjaman Uang. Saya diancam pasal 378 terus harus bayar sekarang juga 1,5jt. Maksa banget gitu deh. SAya dibilang kebanyakan janji lah kan saya dipaksa berjanji karena saya belum bisa bayar mereka paksa janji…. Tolong tambahkan saya di grup WA nya deh kalo memang ada jadi bisa saling support. WA saya 082110777802
  • 9 November 2018 - (11:48 WIB)
    Tidak ada manusia yg ingin berhutang… Tapi karna terhimpit keadaan. Dan tidak ada lagi jalan keluar kita terjerat uang rentenir.. Bukan niatan tidak ingin membayar. Namun kita” belum ” bisa untuk membayar ,makin lama bunga makin menumpuk.. Sampai akhirnya putus asa. Stres. Tiap hari harus mendengar cacian ancaman dari dc. Sehingga kita tidak nyaman. Mohon pencerahan.. Terimakasih
  • 9 November 2018 - (12:16 WIB)
    seluruh kontak saya dihub juga, gimana solusinya mbak ??
    Tolong masukin saya ke group wa juga dong mbak 082141503369
    • 9 November 2018 - (14:58 WIB)
      Mba ini group apa ya barusan saya masuk tp koq cuma sedikit hehe
  • 9 November 2018 - (19:03 WIB)
    Saya jga pnya mslh yg sma jangka 3bln bukan selesai mlah tambah membengkak ,tolong msukin saya ke group ini wa saya 08562023766,dc yg semena” bunga sudah kita byar tp ttp memperlakukan kurang sopan ,,,
  • 9 November 2018 - (20:24 WIB)
    Yuk mari kita buat grup sesama korban pinjol agar bisa sharing,saling menguatkan terlebih lagi jika bisa menemukan solusi… Sdh ada blm y? Klo sdh ada,boleh gabung dong… Klo blm,yuk dibuat…
  • 10 November 2018 - (02:36 WIB)
    Saya juga termasuk korban pinjol,,,saya pusing sampai saat ini bagaimana cara nya untuk keluar dari lingkaran ini saya terlilit sampai 14 aplikasi yg tak kunjung beres2 hutang saya,disini saya bersedia gabung d group ini no saya 082123548045
  • 10 November 2018 - (03:12 WIB)
    Saya juga menghadapi permasalahan yg sama tentang pinjaman online saya bisa dimasukkan ke group wa ini nomor saya 085854335100 supaya kita bisa keluar dari masalah ini
  • 10 November 2018 - (10:57 WIB)
    Saya terjerat pinjam online. Tolong masukin wa saya dong. Ini no wa saya 085852023028 supaya saya bisa keluar dari masalah ini
  • 10 November 2018 - (16:14 WIB)
    Saya juga bingung punya tunggakan pinjaman aplikasi online sampe sekarang blm bisa bayar habis karna keadaan saya juga posisi baru habis kontrak di pt pusing bgt tiap hari di telponin terus di ancam” juga apa benar dekoleptor bakal datengin kerumah? Mohon add nomer wa aku mau shering 083891653009
  • 10 November 2018 - (19:39 WIB)
    Sama saya jg punya pinjo..tolong siapa tau ada solusi nya di sini..
    Wa saya utk gabung di grup 0838 0611 8163..
    Terima kasiha
  • 10 November 2018 - (22:59 WIB)
    Saya juga sedang mengalami…
    Saya jg ikut gabung dalam satu grup yg kena masalah pinjol…
    Tp, solusi menarik yg ditawarkan, namun terkendala kepercayaan/domisili peserta grup.

    Disini saya ada di Jawa Timur, sama dengan mas si penulis “post” ini…
    Saya berharap, mungkin kita bisa saling gotong royong menyelesaikan utang pinjol.

    Monggo bagi yg berkenan gotong-royong (saya harap satu daerah/wilayah terdekat, untuk meminimalisir kepercayaan)
    Saya ada di daerah Jawa Timur.

  • 11 November 2018 - (04:13 WIB)
    Saya sangat pusing dan frustasi sekali karna blum bisa melakukan pelunasan di pinjaman online. Ada yang minjam di dana rupiah,pinjaman Go dan kantong darurat gak?penagihan nya bagaimana?apakah ada yg sampai di datangi kerumah sm debcolektornya?aku juga mau masukin di group wa agar bisa sharing..081360923147
  • 12 November 2018 - (10:42 WIB)
    Assalmaulaikum. ijin gabung dung. saya juga punya maslah dengan pinjaman online, saya sampai ribut besar sama istri dan hancur rumah tangga gara gara pinjam online, sampai saya di pecat dari perusahaan gara gara pinjaman online. adakah hamba Alloh yg mau membantu saya??
  • 12 November 2018 - (14:43 WIB)
    Mohon sy dimasukkan group wa juga donk karena sy mengalami masalah yg sama, wa : 081249852966. Thx.
  • 12 November 2018 - (14:45 WIB)
    Assalamualaikum. Ijin gabung dong di grup. Sya frustasi ni blum bsa bayar pinjan online. Dan terus di tagih sma DCnya. Tolong masukkin sya di grupnya dong ini wa sya 082138875479
  • 12 November 2018 - (16:44 WIB)
    assalamu’alaikum, saya juga sedang mengalami kesulitan dalam membayar hutang dari pinjaman online, mohon juga saya di ikutsertakan dalam grup wa yang ada disini, 081517346372
  • 12 November 2018 - (17:12 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang sama
    Saya ada itikad baik untuk membayar, tetapi hp saya dan nomer hp hilang bagaimana solusi nya.
    Wa saya kita buat grup 089624613221
    Tolong solusinya kita sharing

 Apa Komentar Anda?

Ada 2014 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Bayar Hutang Pinjaman Online

Andi1234 <1 menit