JNE Merugikan Pelanggan

Saya memiliki pengalaman buruk terhadap layanan JNE YES yang mengakibatkan saya menderita kerugian dari dari segi material, waktu serta psikologis.

Pada tanggal 3 Agustus 2018 saya melakukan pembelanjaan secara daring melalui salah satu situs e-commerce dan saya memilih jasa JNE YES untuk pengiriman dikarenakan saya membutuhkan barang tersebut dengan cepat karena saya harus keluar kota pada tanggal 6 Agustus dengan membawa barang tersebut. JNE YES merupakan jasa pengiriman yang menjamin bahwa keesokan harinya barang tersebut akan sampai di tangan penerima, termasuk hari Sabtu dan Minggu.

Ketika saya melakukan pengecekan pada sistem JNE, barang tersebut baru diproses pengirimannya pada hari Jumat tanggal 4 Agustus dan rupanya sampai di gudang Bekasi pada hari Minggu pukul 3 subuh. Minggu 5 Agustus pukul 12 siang saya kembali melakukan pengecekan tetapi belum ada tanda-tanda bahwa barang saya akan segera dikirimkan.

Saya melakukan kembali pengecekan di sore harinya dan rupanya barang tersebut belum juga dikirimkan. Saya segera menghubungi pihak JNE melalui call center dan mereka hanya berjanji akan membuat laporan agar barang tersebut segera dijadwalkan pengirimannya. Saya juga menghubungi JNE melalui sosial media tetapi mereka sangat tidak kooperatif dan terkesan tidak peduli dalam menanggapi keluhan. Saya berusaha untuk menelefon gudang JNE tempat barang saya tertahan tetapi JNE tidak mau memberikan nomor telepon gudang tersebut dengan alasan yang tidak masuk akal. Bahkan dengan mudahnya pihak JNE hanya menawarkan refund uang pengiriman jika barang tersebut tidak bisa sampai tepat waktu, tanpa melihat seberapa panik dan emosionalnya saya ketika itu karena belum dapat menerima barang sampai detik terakhir.

Pihak customer care JNE tidak memiliki rasa empati ketika saya menyampaikan keluhan baik yang disampaikan via sosial media maupun telepon, karena mereka tidak mau memberikan detail laporan yang jelas mengenai tindak lanjut yang akan segera mereka tempuh agar barang saya segera dikirimkan.

Sampai hari Senin 6 Agustus pukul 4 subuh saya juga belum menerima telepon ataupun itikad baik dari pihak JNE untuk mengirimkan paket saya yang harus segera saya bawa bersama saya ke bandara karena saya harus pergi keluar kota.

Hingga surat ini dituliskan, pihak JNE bersikeras mereka tidak bisa menjamin kapan barang tersebut dapat dikirimkan dan saya sudah rugi cukup banyak secara finansial karena barang tersebut tidak bisa sampai ke tangan saya tepat waktu. Kini saya sudah tidak membutuhkan barang tersebut karena saya sudah berada diluar kota. Selain mengalami kerugian secara waktu dan finansial, saya juga harus menanggung kerugian secara psikologis dengan pihak lain akibat ketidakprofesionalan JNE dalam mengirimkan barang yang statusnya urgent.

Saya berharap pihak JNE bertanggung jawab secara penuh terhadap kerugian yang saya alami saat ini baik secara finansial, waktu dan psikologis. Saya sudah trauma dengan kejadian ini dan tidak akan lagi menggunakan JNE sebagai kurir pilihan saya ke depannya ketika berbelanja secara daring. Untuk konsumen lainnya, lebih baik gunakan jasa pengiriman dari perusahaan lain selain JNE karena setelah saya telusuri melalui internet, JNE rupanya sering kali ingkar janji terhadap jaminan pengiriman produk yang bisa sampai tepat waktu dengan layanan YES.

I Made Mahendra Budhiastra
087788204***
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE atas surat Bapak I Made Mahendra Budhiastra

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 6 Agustus dan 10 September 2018 berjudul “JNE...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

JNE Merugikan Pelanggan

oleh Made Mahendra B dibaca dalam: 2 menit
0