Pesanan Dibatalkan JD.ID, Proses Refund Sulit dan Lama

Nama saya Arista. Pada tanggal 4 September 2018 saya melakukan pembayaran melalui bank transfer kepada JD.ID dengan nomor order 235063536 sebesar Rp181.605 dan nomor order 235076237 sebesar Rp238.004. Setelah saya transfer, saya melakukan pengecekan tentang status pesanan saya dan ternyata sudah terbatalkan dari pihak JD.ID. Saat itu juga saya menelepon CS JD.ID. Pihak CS meminta saya untuk mengirim email bukti transfer dan data rekening bank untuk proses refund dana. Email dibalas keesokan harinya dan disuruh menunggu dana refund masuk rekening sampai 3 hari kerja.

Pada tanggal 8 September 2018 kembali saya menanyakan refund saya yang belum masuk rekening saya dan CS menjawab bahwa proses refund baru dilakukan tanggal 7 September 2018 dan kembali saya disuruh menunggu sampai 3 hari kerja. Tanggal 13 September 2018 merupakan batas maksimal proses refund dan saya cek mutasi belum ada dana refund dari JD.ID.

Tanggal 14 September 2018 kembali saya menghubungi CS menanyakan masalah refund yang belum juga masuk rekening saya dan pihak CS menjelaskan bahwa proses refund telah dilakukan dari tanggal 7 September 2018 dan karena refund saya belum juga masuk ke rekening saya maka saya akan dihubungi pihak JD.ID. Tanggal 17 September saya menghubungi CS lagi untuk menanyakan refund tersebut dan pihak CS menjawab sama bahwa proses refund telah berhasil dari tanggal 7 September.

Puncaknya tanggal 18 September 2018, saya mencoba menanyakan kembali dana refund saya yang belum masuk rekening saya dan tidak ada pihak JD.ID yang menghubungi saya. Alangkah terkejutnya saya saat CS menjelaskan bahwa proses refund sudah berhasil dari tanggal 7 September 2018 dan saya diminta untuk menanyakan masalah tersebut ke bank yang saya tuju untuk proses refund. Saya menjelaskan bahwa itu bukan wewenang saya, saya hanya bisa menanyakan proses refund ini kepada JD.ID. Jika ada kendala dari bank seharusnya pihak JD.ID yang menyelesaikan masalah ini dengan bank yang bersangkutan. CS menjawab hal itu tidak bisa dilakukan. Mengapa tidak bisa? Ini kan masalah yang terjadi antara JD.ID dan bank yang bersangkutan.

Sampai saat ini status dana refund saya belum jelas. Saya mohon kepada pihak JD.ID agar segera memproses dana refund tersebut. Saya benar-benar kecewa dengan pelayanan dari JD.ID.

Arista Septi Rahmawati
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 3]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Arista Septi

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Arista Septi pada 18 September 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
Arista Rahmawati  

SIMPLE

3 komentar untuk “Pesanan Dibatalkan JD.ID, Proses Refund Sulit dan Lama

  • 18 September 2018 - (14:54 WIB)
    Barangnya dijual langsung sama JD.ID atau pihak ketiga yg jualan di sana mbak? Kok bisa dua2nya dicancel sekaligus? 🤔
  • 18 September 2018 - (15:49 WIB)
    Dari JD. ID kak. Sebenarnya terbatalkan, karena saya telat transfer. Sebenarnya mau saya urus sendiri, tapi jawaban dari CS malah aneh (saya disuruh kirim mutasi 1 bulan terakhir, saya disuruh langsung konfirmasi ke bank). Bukan ranah saya untuk menanyakan langsung ke bank yang bersangkutan.
  • 20 September 2018 - (10:31 WIB)
    Update tanggal 20 September 2018. Pihak JD ID sudah mengkonfirmasi saya lewat telepon bahwa proses transaksi refund pada tanggal 7 September 2018 dibatalkan oleh bank sehingga dana tidak masuk ke reking saya. Pada tanggal 19 September 2018 JD ID kembali mentransfer refund ke rekening saya dan pagi ini saya cek mutasi sudah masuk refund dana untuk kedua orderan saya.

    Terima Kasih JD ID, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi..

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pesanan Dibatalkan JD.ID, Proses Refund Sulit dan Lama

Arista Rahmawati 1 menit
3