Penyalahgunaan Data Kontak oleh Pinjaman Online Rupiah Cepat

Saya adalah pengguna pinjaman online Rupiah cepat. tadinya saya tidak mau angkat masalah ini di sini. Tapi mungkin ada banyak teman juga yang mengalami hal yang sama, sehingga perlu untuk angkat masalah ini. Karena ada keterlambatan uang masuk, sehingga saya terlambat untuk bayar. Memasuki keterlambatan hari kelima, saya dapat capture Whatsapp dari teman-teman yang bukan kontak darurat yang bunyinya sebagai berikut:

“Selamat pagi bapak/ibu saya CS RUPIAH CEPAT mohon maaf mengganggu no anda telah dicantumkan sebagai kontak darurat oleh yang bernama I**N **G*A** **D no tlp 08**6*02**0*. tolong sampaikan untuk MELUNASI TAGIHAN NYA DI APLIKASI RUPIAH CEPAT apabila sampai pukul 3 sore ini tidak membayarkan tagihan di RUPIAH CEPAT kami laporkan data KTP & 5 foto beliau kepada OJK agar di BLACKLIST dari semua perbankan dan perkreditan selama 10 tahun, serta kami proses juga kepada pihak berwajib agar mudah mencari beliau dan diselesaikan secara hukum perdata, dan kami juga akan menelfon seluruh kontak kerabat dan keluarga beliau untuk menagih HUTANG beliau, serta kami juga akan memviralkan KTP & 5 Foto beliau ke media sosial sebagai penipu karena tidak membayarkan tagihan beliau di RUPIAH CEPAT, terima kasih.”

Saya mendapatkan info ini dari 3 orang teman, saya tidak tahu tim penagih sebar ini ke siapa lagi yang ada di kontak saya.

Kondisi ini saya langsung email ke alamat email sesuai yang ada di aplikasi (rupiahcepat@gmail.com) untuk minta konfirmasi, tapi sampai detik ini no respon. Saya juga kirim whats app ke CS Rupiah Cepat, tapi jawabnya silahkan isi nama lengkap, no telp dan …. sudah males duluan jadinya, nama dan no telp sudah jelas tertera masih nanya. Yang lebih hebat lagi, tim penagih dengan Whatsapp, “kalo masih punya malu bayar hutang jangan tau pinjam saja anda penipu” wow.. enak sekali ya bilang penipu.

Dengan kondisi ini:

  1. Awalnya saya malas untuk bayar, toh dibayar juga saya sudah dirugikan. Tapi melihat bunga dari hari ke hari yang bertambah terus dan dari pihak aplikasi tidak ada respon, akhirnya dengan berat saya selesaikan sesuai nominal yang tercantum di aplikasi.
  2. Aplikasi ini diawasi OJK, sejauh mana OJK mengawasinya?
  3. Penagih sudah memiliki data kontak saya, apakah data lain saya juga dia pegang? sampai sejauh mana privasi data bisa aplikasi amankan.
  4. Sesuai aturan, semua Aplikasi akan pegang data konsumen dan mengamankannya. kalau seperti ini, apa yang diamankan? masihkah ada yang percaya kalau data kita aman?
  5. Untuk pihak yang berwenang, mohon untuk responnya.
  6. Untuk teman – teman yang pernah mengalami hal yang sama, tolong responnya supaya semuanya buka mata dengan aplikasi pinjaman online

Demikian saya sampaikan, terima kasih sebelumnya.

Salam,

Iman Nugraha
0852 670274**
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

98 komentar untuk “Penyalahgunaan Data Kontak oleh Pinjaman Online Rupiah Cepat

  • 12 April 2020 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Selamat malam ..pada hari ini tgl 11 april 2020 ..pembayaran tagihan rupiah cepat jatuh tempo..sy blm bisa melunasi tagihan .sdh 3 minggu ini sy tidak dagang di karnakan sekolah tutup akibat adanya covid 19…

  • 13 April 2020 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Saya sdh melakukan pembayar lunas di apk rupiah cepat tapi mash belum d konfirmasihkan melalui apknya tolong bantuan biar gk kena biaya harianya.

  • 8 Januari 2021 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Selamat siang, saya sedang mengalami yang namanya di teror oleh pinjol RUPIAH CEPAT.
    disini saya sebagai korban dimana nama dan nomor saya sudah digunakan sebagai data peminjam padahal saya tidak pinjam. Nomor peminjam adalah 087711034378 (bukan nomor saya), nomor saya digunakan sebagai nomor kedua. Transaksi yang digunakan adalah OVO padahal saya tidak pernah memakai OVO untuk traksaksi apapun selain ojek online. Saya sudah mengirim email ke pihak OVO dan dijawab oleh pihak OVO tidak memiliki data dari pihak rupiah cepat tersebut.
    Apa yang harus saya lakukan? karena ini sudah sangat mengganggu dan mencemarkan nama baik saya.
    Terima kasih

  • 16 April 2021 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Kak tolong saya, saya adlh korban penipuan yg akan melakukan pinjol, mereka menipu lewat telpon dan meminta No identitas saya sperti ktp bank kartu atm, dan kartu atm sayapun harus diblokir sekarang si penipu pakai data saya padahal saya tidak merasa melakukan pinjol saya gamau kalo nanti ditagih ke saya, solusi nya gimana ya biar bisa kluar dr pinjol ini saya bingung sudah chat CS rupiah cepat no respon sudah emailpun sama aja

 Apa Komentar Anda mengenai Rupiah Cepat?

Ada 98 komentar sampai saat ini..

Penyalahgunaan Data Kontak oleh Pinjaman Online Rupiah Cepat

oleh Iman dibaca dalam: 2 menit
98