Manajemen Logistik dan Pelayanan Pelanggan JD.ID yang Mengerikan

Saya memutuskan untuk membuat surat terbuka ini setelah merasakan bagaimana buruknya pelayanan pelanggan yang JD.ID berikan, terutama terkait manajemen logistik.

Pada 12 Desember 2018, saya melakukan pemesanan SONIC GEAR Speaker Titan 5 BTMI – Black dengan Nomor Pesanan: 245614806. Menurut tracking, pesanan selesai disorting pada 12 Desember 2018 pukul 21:00 WIB. Jarak antara Distribution Central dengan kota tujuan cukup dekat, Jakarta-Yogyakarta. Dengan jarak sedekat itu, pesanan saya baru sampai di kota tujuan (belum dikirim ke alamat tujuan) pada 16 Desember 2018 pukul 09:36 WIB. Sampai surat ini dibuat, Sabtu, 29 Desember 2018, pesanan saya belum juga ada kejelasan sama sekali.

Saya sudah melakukan berbagai usaha. Saya sudah mengirim email keluhan yang ditujukan kepada customer service JD.ID, dan tidak ada tanggapan. Saya juga mengirim email keluhan yang ditujukan kepada customer service J-Express (layanan logistik dari JD.ID), juga tidak ada tanggapan. Saya pun menelpon customer service JD.ID, tetap tidak ada tanggapan. Kemudian dengan usaha lebih, saya menelpon customer service J-Express, dan akhirnya tersambung. Namun pihak J-Express sama sekali tidak memberikan solusi berarti.

Hal-hal yang membuat saya kecewa sebagai pelanggan ialah bahwa dalam situsnya, JD.ID menjanjikan bahwa estimasi pesanan sampai ditangan pelanggan berkisar antara 2 – 4 hari dari tanggal order. Namun ternyata, orderan saya baru dikirim ke kota tujuan (belum sampai ke penerima) 4 hari setelah tanggal order. Sampai surat ini dibuat, saya belum juga menerima pesanan tersebut. Jika dihitung sampai hari ini, 29 Desember 2018, sudah 17 hari pesanan tersebut tidak ada kejelasan sama sekali. Sangat berbeda dengan apa yang dijanjikan JD.ID di situsnya, bahwa estimasi pesanan sampai setelah 2 – 4 hari dari tanggal order.

Selain itu, dalam menanggapi keluhan pelanggan, JD.ID sama sekali tidak menunjukkan keseriusan dalam memberikan pelayanan. Di satu sisi, JD.ID terus menerus memberikan informasi promo via media sosial. Di sisi lain, sangat banyak pelanggan yang terkendala pengirimannya dan tidak diberi solusi apapun. Yang bisa customer service JD.ID berikan adalah nasihat untuk bersabar dan terus menunggu tanpa ada kejelasan.

Demikian surat terbuka ini dibuat, semoga menjadi pelajaran bagi JD.ID dan juga pelanggannya. Semoga pihak JD.ID segera menunjukkan itikad baiknya dengan solusi yang menyelesaikan masalah.

Manaarul Hidayat
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:2    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Manaarul Hidayat

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Manaarul pada 29 Desember 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Manajemen Logistik dan Pelayanan Pelanggan JD.ID yang Mengerikan

oleh Manaarul Hidayat dibaca dalam: 1 min
0