Menunggu Bukti Bukan Janji dari IKEA

Sebelumnya saya pernah bertransaksi melalui website IKEA dan berhasil karena menggunakan kartu kredit untuk metode pembayarannya. Namun pembelian kali ini mengalami kendala karena memilih pembayaran melalui transfer. Pada tanggal 2 Januari 2019 pukul 05.51 WIB, saya order barang dan berhasil. Kala itu saya memilih metode pembayaran melalui transfer bank. Tak lama berselang, IKEA mengirimkan konfirmasi via email (ada 2 jenis email) yang satu berisi rincian pemesanan barang dan satunya ringkasan pemesanan. Salah satu emailnya seperti di bawah ini, tertera nominal, batas waktu dan no rekening tujuan pembayaran.

Dengan adanya batas waktu tersebut, maka saya melakukan transfer ke virtual account yang diinfokan dengan menggunakan bank yang sama pada pukul 11.12 WIB. Berdasarkan pengalaman berbelanja di marketplace lainnya, pembayaran akan segera terverifikasi tanpa perlu pembeli menginformasikan bukti transfer. Namun hingga siang, status pembayaran di website IKEA belum berubah, masih tertulis pending payment. Pada pukul 13.33 WIB saya putuskan membalas email dari IKEA untuk memberitahukan bahwa pembayaran sudah dilakukan yang disertai dengan lampiran berupa bukti transfer.

Email yang saya kirim tersebut ternyata mendapatkan jawaban otomatis dari sistem yang intinya email akan dijawab dalam waktu 24 jam.

Dengan membaca notifikasi seperti itu, bagaimana IKEA akan memverifikasi pembayaran pembelinya? Tenggat pembayaran dan periode balas email tidak relevan waktunya. Saya pun mencoba menelpon berkali–kali ke nomor yang diberikan, hasilnya tetap saja dijawab mesin bahwa semua customer support sedang sibuk dengan pelanggan lain.

Pukul 17.51 WIB masih pada tanggal 2 Jan 2019, IKEA kembali mengirimkan email reminder terkait pembayaran yang belum dilakukan. Saya pun membalas email tersebut dengan menyebutkan sudah melakukan pembayaran disertai buktinya. Jawaban otomatis dari sistem seperti di atas saya terima lagi. Status pembayaran tidak berubah juga ketika saya cek di website IKEA.

Pada tanggal 3 Januari 2019 dini hari, saya mengirimkan email untuk memberitahukan bahwa saya sudah melakukan pembayaran yang disertai dengan bukti transfer. Tepat pukul 05.51 WIB, IKEA mengirimkan 2 email yang berisikan info bahwa oder telah dibatalkan dan disarankan untuk menelpon. Email tersebut langsung saya reply dengan komplain/keluhan

Kemudian, saya mencoba menelpon customer support IKEA dari siang hingga malam, tetap tidak bisa terhubung. Masih di tanggal 3 Januari 2019 pada pukul 18.57 WIB, IKEA memberikan tanggapan yang diwakili oleh Ibu Olala (customer support center) dengan mengkonfirmasikan bahwa dana tidak terproses oleh sistem dan dana akan dikembalikan ke rekening saya. Selain itu ybs meminta data bank dan copy KTP untuk proses pengembalian dana. Email itu pun saya reply dengan komplain/keluhan lagi

Hal yang lucu terjadi ketika tanggal 4 Januari 2019 pukul 13.35 WIB, IKEA mengirimkan email bahwa pembayaran sukses. Helllllloooooo… sistem Anda kok lama sekali sampai 2 hari untuk verifikasi???

Ibu Olala memberikan tanggapan atas komplain saya pada pukul 17.00 WIB dan berjanji pengembalian dana akan dilakukan dengan estimasi 7-14 kerja.

Pada tanggal 9 Januari 2019, saya mengirimkan email kembali ke onlinesales@ikea.co.id dengan maksud untuk menanyakan status pengembalian uang saya, apakah sudah menginstruksikan pihak bank untuk proses pengembalian dana. Namun jawaban pihak IKEA, diwakili oleh Bpk Idhil Martadinata mengecewakan. Ybs menyebutkan bahwa perihal pengembalian dana telah diteruskan ke bagian terkait guna dilakukan pengecekan dan investigasi lebih lanjut.

Investigasi seperti apalagi? Merujuk pada janji pengembalian dana yang telah disebutkan oleh Ibu Olala pada tanggal 4 Januari 2019, anggaplah proses mulai dilakukan pada hari Senin tanggal 7 Januari 2019, maka hari ini tanggal 22 Januari 2019 sudah 12 hari kerja, namun dana saya belum juga dikembalikan oleh IKEA. Maka, tanggal 24 Januari 2019 harusnya adalah batas akhir 14 hari kerja atas janji pengembalian dana. Mari kita lihat dalam 2 hari kedepan, apakah IKEA akan menepati atau ingkar janji?

Barang incaran gagal didapat, dana tertahan, yang ada hanya janji dan maaf. Saya sebagai pembeli sudah melakukan kewajiban pembayaran sebelum batas waktu 1 hari namun IKEA sudah berhari-hari (18 hari kalender) belum menjalankan kewajibannya untuk mengembalikan hak saya. Jadi, bagi teman-teman yang ingin berbelanja online di website IKEA, baiknya pilih pembayaran dengan kartu kredit jangan transfer bank untuk menghindari masalah serupa.

Pembelian via www.ikea.co.id
Order ID # 109610
Nomor Pesanan # WEBO16074117

Ade Wardani
Palangka Raya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Menunggu Bukti Bukan Janji dari IKEA

  • 26 Januari 2019 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Selamat Siang Media Konsumen,

    FYI, alhamdulillah pihak IKEA telah mengembalikan dana saya di tanggal 23 Jan 2019.
    terima kasih sudah menjadi wadah yang bermafaat bagi konsumen.

    -Ade Wardani-

  • 11 Juli 2019 - (20:49 WIB)
    Permalink

    saya juga brg yg sy terima ga lengkap, ajukan refund sampe skrg ga di respon. walaupun yg di refund itu nilainya ga banyak, tapi apabila sdh menyangkut hak konsumen, ya harus di pertanggung jawabkan seberapa pun nilainya. Sy sdh baca sana sini rupanya mmg IKEA msh bnyk kurangnya baik belanja lgsung ataupun via website, msh banyak sistem yg hrs dibenahi, jadi agak trauma sedikit iyess, tp bukan berarti ga akan belanja di IKEA lg, jujur barangnya mmg bagus dan sy sgt suka. ya mudah2an saja IKEA bs lebih baik lagi kedepannya ya…

  • 13 Juli 2020 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya sama persis kak.. saya harus berkali-kali telp ke ikea. Konfirmasi stock kosong 5 hari setelah order, dan katanya uang akan dikembalikan. Hari itu jg saya lengkapi data-data. Setelah itu tidak ada balasan apa-apa, lalu 2 hari kemudian saya telp ke cs. Baru deh ada email masuk klo data telah di terima dan akan di teruskan ke bagian terkait utk proses pengembalian dana, dan membutuhkan waktu 7-14 hari kerja. Kata cs nya terhitung tgl 1 july, membutuhkan waktu 3-7 hari sesuai kebijakan pihak bank. Tp aneh di email katanya 7-14 hari kerja. Dan sampai sekarang belum ada refund. Kemarin saya coba telp lagi dan alasannya beda lagi, pengembalian dana dilakukan oleh PT Hero, sekarang sdh kita submit, dan membutuhkan waktu cukup lama krn keterbatasan waktu, mrk kerja hanya hari senin sampai jumat. Lha apa urusannya dgn customer?? Dan setelah 10 hari kerja terhitung tgl 1 july, ternyata baru mau diproses tgl 13 july?? Tolong dong sistemnya diperbaiki lagi. Waktu terbuang, pulsa keluar, barang tdk dapat, uang tertahan. Kami sbg customer sangat dirugikan. Apa susahnya sih hanya transfer uang, apalagi kata cs klo ke BCA bisa lebih cepat.

 Apa Komentar Anda mengenai IKEA Indonesia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Menunggu Bukti Bukan Janji dari IKEA

oleh adew dibaca dalam: 3 menit
3