Refund Pembelian Token PLN di JD.iD Gagal, Namun Uang Belum Dikembalikan

Saya melakukan transaksi pembelian Token Listrik PLN (prabayar) dengan nomor pelanggan 3401xxxx533 di Jd.id, tercatat dengan nomor pesanan 251085924 senilai Rp 452.500 pada tanggal 26 Januari 2019 pukul 13:14 WIB, namun pembelian tersebut dinyatakan gagal oleh jd.id (screenshot terlampir) dan status pesanannya menjadi “Status pesanan:Pembayaran Gagal, Sedang Dalam Proses Refund”.

Saya telah mengisi form refund yang berisi nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening, namun hingga hari ini (8 Februari 2019) jd.id belum melakukan refund uang saya (Rp452.500) tersebut. Sebelum menulis surat pembaca ini, saya telah melakukan komplain melalui:

– Live Chat
Sekitar 5 atau 6x, dimana setiap chat selalu diulang-ulang pertanyaan oleh agen, nama akun, email, no hp dan masalah. Menurut cs refund maksimal 2x24jam namun uang tersebut tidak pernah di-refund oleh jd.id dan masalah ini tidak kunjung diselesaikan oleh agen di live chat dan kemudian saya diminta komplain ke email cs@jd.id

– Email
Saya email komplain yang berisi keluhan saya pada hari Rabu, 30 Januari 2019 pukul 20.03 namun sampai saat ini tanggapan yg datang hanyalah jawaban autoreply yang menyatakan kiriman mengalami keterlambatan (keluhan saya adalah produk digital, lelucon apa ini?)

– Telepon
Saya menelpon cs jd.id pada nomor 1500 618 pada hari Jumat, 1 Februari 2018 sekitar pertengahan hari (antara pukul 11.00 – 14.00, saya tidak ingat pastinya) dan menjelaskan kejelasan refund uang saya dan ditanggapi oleh cs jd.id yang kembali menanyakan tentang form refund (nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening) dan akan di input manual. CS kemudian mengatakan kalau proses refund maksimal akan dilakukan pada hari Jumat, 8 Februari 2019.

Sampai saat ini uang saya tidak dikembalikan oleh jd.id. Mohon kejelasan uang refund saya tersebut.

Hermanto
Jambi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Hermanto

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Hermanto pada 10 Februari 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Refund Pembelian Token PLN di JD.iD Gagal, Namun Uang Belum Dikembalikan

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Refund Pembelian Token PLN di JD.iD Gagal, Namun Uang Belum Dikembalik…

Hermanto 1 menit
3