Pembayaran KPR BTN Lewat 15 Hari, Rumah Ditempel Stiker

Jadi ceritanya, saya beberapa tahun ini memberanikan diri untuk mencicil sebuah rumah subsidi tipe 36 melalui KPR Bank Tabungan Negara (BTN) Cab Kendari, Sulawesi Tenggara atas nama istri.

karena kesibukan pekerjaan saya dan istri lumayan padat beberapa bulan ini sampai kami jarang berada dirumah,

Singkat kata singkat cerita karena kesibukan pekerjaan saya dan istri lumayan padat beberapa bulan ini sampai kami jarang berada di rumah, jadi kami telat membayar cicilan bulanan ke bank tersebut. Seharusnya saya membayar cicilan setiap tanggal 7 setiap bulannya tapi bulan ini saya dan istri baru berkesempatan membayar ke Bank BTN pada tanggal 22-Februari-2019 jadi ada keterlambatan “15 hari”.

Saya merasa tidak ada masalah dengan Bank BTN karena saat saya dan istri membayar cicilan tersebut karyawan KPR Bank BTN tidak mengingatkan apapun ke saya, tidak menyinggung apapun tentang masalah rumah saya, dan tidak ada koordinasi apapun ke saya ataupun istri. Awalnya saya merasa tidak enak telat membayar 15 hari walaupun kata tetangga saya ya tidak apa-apa yang penting tidak lewat bulan.

Tapi saya sungguh sangat kaget, ketika keluarga saya memberitahu bahwa kaca depan rumah saya ditempel stiker pemberitahuan pembayaran dan diminta segera menghubungi Bank BTN. Di situ tercantum jelas nama lengkap istri saya sebagai pemilik rumah, alamat rumah saya beserta blok rumahnya. Mereka menempel stiker tersebut pada tanggal 20-Februari-2019 tanpa koordinasi ke saya ataupun istri, padahal nomor HP saya dan istri ada di data KPR Bank BTN bahkan kadang istri saya beberapa kali koordinasi ke salah satu karyawan KPR Bank tsb via Whatsapp.

Finally saya akhirnya menelepon nomor hp karyawan KPR Bank BTN yang tercantum di stiker tersebut, namanya Bapak Haer***** yang mengaku bagian lapangan KPR Bank BTN Kendari. Saya menanyakan apakah manajemen KPR Bank BTN sebegitu kerasnya dengan keterlambatan 15 hari langsung dipermalukan konsumen dengan cara langsung menempel stiker seperti itu? Apakah tidak bisa koordinasi terlebih dahulu kepada konsumen. Alasan si Bapak Haer***** bagian lapangan tersebut adalah karena tidak koneknya beliau, menurutnya pihak lapangan tidak memiliki nomor Hp saya yang ada nomor hp saya hanya orang kantor KPR Bank BTN. Dan memberitahu kalau saya tidak pernah ada di rumah saat dia datang dan saya tidak menjawab teleponnya.

Pertama, saya tidak berada di rumah saat beliau datang karena saya di luar kota bekerja dan rumah keadaan kosong, kecuali malam hari ada keluarga saya yang tinggal. Kedua, saya tidak pernah menerima telepon dari Bank BTN perihal janjian kedatangan beliau ataupun perihal tunggakan pembayaran saya 15 hari tersebut. Saya baru mengetahui semua saat keluarga saya memberi tahu dan ketika saya inisiatif untuk menelpon Bank BTN sendiri.

Tak puas hanya bicara lewat HP, saya dan istri akhirnya datang ke Kantor Bank Tabungan Negara Cab Kendari tanggal 25 Februari 2019 dan bertemu dengan Koordinator Collection KPR Bank BTN a/n Bapak So** dan menceritakan masalah tersebut dan pastinya juga dihadirkanlah sang penempel stiker tersebut yaitu Bapak Haer*****.

Jadi intinya ternyata adalah miskomunikasi, data-data saya dan istri tidak ter-update dengan baik di sistem Bank BTN cab Kendari, sehingga bagian lapangan hanya terpatok pada nomor hp kadaluarsa milik debitur (istri saya) beliau hubungi berkali kali tapi tidak aktif. Si Bapak tersebut tidak berinisiatif mencari tahu nomor hp terbaru kami kepada teman-teman satu ruangan kerjanya padahal setiap bulan saya dan istri selalu bolak balik setor pembayaran setiap bulan disitu.

Di ruangan Bpk Haer***** tersebut bahkan ada teman kerjanya yang selalu terhubung via Whatsapp dengan istri saya, loh kenapa bisa miskomunikasi juga mereka?? Anehnya lagi saya selalu dapat sms blast dari Bank BTN tentang pembayaran cicilan saya selama ini tapi kenapa di sistem Bank BTN Kendari tidak ter-update nomor tersebut malah nomor istri saya yang sudah kadaluarsa yang selalu dipakai.?

Kedepannya saya ingin pihak KPR Bank BTN lebih rendah hati untuk mau koordinasi dengan konsumen, tempel – tempel untuk mempermalukan pemilik rumah kalau bisa dijadikan sebagai cara terakhir yang dilakukan. Jika memang berbulan-bulan lamanya tidak ada pembayaran atau saya dan istri menghilang dari dunia tiba-tiba barulah jalan tersebut bisa dibuat karena sesungguhnya itikad baik saya membayar lebih terhormat dari pada kabur dari tanggung jawab.

Kalau bicara tidak enaknya begini, Bank BTN memberikan produk cicilan rumah subsidi kepada konsumen. 15 hari saja telat membayar rumah anda akan ditempel stiker-stiker pemberitahuan pembayaran di depan rumah agar tetangga komplek rumah Anda dan Anda tahu kalau anda menunggak 15 hari. Kira-kira begitu judulnya dan kira-kira siapa yang betah dan mau ya????

A. Salim
081242957**
Kendari, Sulawesi Tenggara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank BTN Cabang Kendari:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Pembayaran KPR BTN Lewat 15 Hari, Rumah Ditempel Stiker

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BTN Cabang Kendari?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pembayaran KPR BTN Lewat 15 Hari, Rumah Ditempel Stiker

oleh asalim dibaca dalam: 3 min
2